Gunung Fuji

Home / Nature / Gunung Fuji
Item image

Berlokasi di Pulau utama Jepang yakni Pulau Honshu dan berada di antara dua prefektur, Shizuoka dan Yamanashi, Gunung Fuji merupakan gunung tertinggi sekaligus gunung paling terkenal di Jepang. Banyak juga yang menyebut bahwa Gunung Fuji ini adalah identitas negara Jepang, karena mendengar kata Fuji atau Gunung Fuji, kita pasti akan mengingat Jepang. Gunung Fuji ini bisa terlihat hingga jarak 100 kilometer, sampai ke Hamamatsu di sebelah barat dan Chiba di sebelah timur dalam kondisi cuaca cerah. Ciri khas Gunung Fuji ini adalah bentuknya yang simetris (tipe gunung strato) dan puncaknya yang putih bersalju.

Gunung Fuji termasuk 3 Gunung suci di Jepang bersama dengan Gunung Tate dan Gunung Haku. Tak heran UNESCO menjadikan Gunung Fuji menjadi warisan budaya dunia. Selain itu, kita juga bisa berwisata ke tempat-tempat wisata dekat Fuji yang jumlahnya mencapai 25 buah. Misalnya saja, Fujisan Hongu Sengen Taisha, Danau Yamanakako, Danau Kawaguchi, Oshino Hakkai, dan Air terjun Shiraito.

5 Kegiatan Seru di Gunung Fuji dan Sekitarnya

1. Mendaki Gunung Fuji

Mendaki Gunung Fuji

Fuji telah menjadi inspirasi budaya dan kehidupan orang Jepang sejak jaman dahulu. Itulah sebabnya gunung tertinggi di Jepang ini selalu ramai dikunjungi orang Jepang tiap tahunnya. Orang-orang Jepang ingin berterimakasih dan mendaki Gunung yang paling sakral di Jepang ini.

Beberapa periode populer yang disukai untuk pendakian adalah mulai Juli hingga Agustus, di mana kondisi cuaca relatif tenang dan suhu yang hangat. Biasanya para pendaki akan mulai mendaki gunung pada sore hingga malam hari. Mereka kemudian beristirahat sejenak, dan kemudian berangkat menuju puncak pada tengah malam. Akhirnya saat fajar menyingsing, kita bisa melihat matahari terbit dari puncak gunung. Panorama matahari terbit di ini dinamakan goraikou.

Kita bisa mulai mendaki dari 4 rute favorit pendaki yakni Kawaguchi, Subashiri, Gotenba, dan Fujinomiya. Rute Fujinomiya adalah yang paling ramai, sedangkan rute dari kota Gotemba adalah yang paling sedikit orangnya karena jalur pendakian yang jauh lebih sulit dan butuh waktu pendakian yang lebih lama. Saran dari Tim Info Jepang, buat teman-teman yang ingin mendaki gunung fuji siapkan 2 hari 1 malam. Juga bawa uang tunai sebab banyak tempat di sekitaran Fuji yang tidak menerima pembayaran dalam kartu kredit.

Baca juga: Panduan lengkap Mendaki Gunung Fuji

2. Melihat Keindahan Shibazakura

Kita juga bisa melihat karpet bunga sakura atau yang sering disebut Shibazakura, di lereng Fuji. Berfoto dengan latar belakang 800 ribu bunga bewarna-warni tentu menjadi pengalaman tak terlupakan di Jepang bukan? Festival Shibazakura biasanya diadakan pertengahan bulan April hingga awal bulan Mei. Festival Shibazakura ini biasanya berlangsung sejak 16 April hingga 29 Mei. Informasi selengkapnya bisa mengeceknya di website Festival Shibazakura.

3. Melihat Kemeriahan Festival Yabusame

Pada bulan Mei, Kuil Fujisan Hongu Sengen Taisha mengadakan Festival Yabusame. Dalam festival ini kita dapat melihat para samurai Jepang beraksi dengan busur dan panah berkeliling dengan kuda. Letak kuil yang berada di kaki Fuji membuat aksesnya mudah dan banyak yang datang untuk melihat festival tahunan ini. Kuil ini didirikan untuk menghormati Dewi Asama no Okami, Dewi yang dipercayai melindungi Gunung Fuji. Kita bisa mencapainya dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dari Stasiun Fujinomiya.

4. Pergi ke Oshino Hakkai

Di Oshino Hakkai ada kolam bening yang sumber airnya terhubung langsung dengan air bawah tanah Gunung Fuji. Selain terkenal dengan mata air sucinya, Oshino Hakkai juga punya pesona bangunan tradisional Jepang yang masih dipertahankan. Bangunan kayu dengan atap kayu dan rumbia ini merupakan rumah asli penduduk yang dijadikan restoran, toko oleh-oleh, dan juga museum. Kita bisa menikmati makanan khas seperti biskuit atau crackers dari beras maupun mochi yang manis. Bersama dengan pasangan kita dapat menikmati keindahan alam, menyantap makanan lezat yang menggunakan air Gunung Fuji, dan melihat Gunung Fuji dari kejauhan.

Kawasan Gunung Fuji dan sekitarnya adalah tempat wisata non-kota paling terkenal dan paling banyak dikunjungi di Jepang. Teman-teman bisa membaca lebih lanjut mengenai Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko.

Gabung dalam Paket Tur
Tokyo Gunung Fuji 1 hari

5. Taman Bunga Grinpa

Taman Bunga Grinpa bisa jadi destinasi wisata baru bagi teman-teman yang selain Festival Shibazakura. Taman Bunga ini terletak di sebelah tenggara Gunung Fuji dan sangat terkenal dengan berbagai macam festival bunga-bunga sepanjang tahunnya. Ada fetival bunga tulip di musim semi, festival bunga musim panas, dan festival bunga dahlia di musim gugur. Sepertinya kita terus-menerus ingin pergi ke sini dan menikmati keindahan bunga-bunga dengan latar belakang Fuji yang indah. Aksesnya yang mudah dan banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan di tempat ini membuat Taman Bunga Grinpa.

Artikel terkait wisata ke Gunung Fuji (selengkapnya)


Berjalan sekeliling danau Kawaguchiko

Onsen dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain itu, berendam air panas sambil menikmati pemandangan indah Gunung Fuji di Danau Kawaguchiko tentu jadi pengalaman tak terlupakan selama liburan di Jepang.

Musim Gugur di Hakone dari Hakone Ropeway

Tim Info Jepang sudah merangkum tempat wisata dengan pemandangan indah musim gugur di Hakone. Susunan tempat ini diurutkan satu arah supaya bisa liburan efisien dan efektif di Hakone.

Bus ke Gunung Fuji dan Kawaguchiko

Mau ke Gunung Fuji tapi bingung gimana cara perginya? Berikut jawal lengkap keberangkatan bus ke Gunung Fuji dan Kawaguchiko dari Shinjuku, Tokyo, Haneda dan Narita Airport.

Ramainya hanami sakura di Kakunodate

Musim dingin di Jepang hampir segera berakhir. Akhir Maret hingga pertengahan April, sebagian besar wilayah Jepang akan menikmati musim semi. Tim Info Jepang sudah meliput 4 Tujuan Wisata Musim Semi di Jepang. So, jangan tunggu lagi...segera...

Akses menuju Gunung Fuji

Informasi lengkap mengenai tiket bus dari Shinjuku, Tokyo, Haneda Airport, dan Narita Airport ke Gunung Fuji lewat jalur pendakian Yoshida atau Fujinomiya bisa dilihat di halaman berikut. Ada juga bus menuju ke Fuji 5th Station, berangkat dari Gotemba Station. Jalur ini namanya jalur pendakian Subashiri dan jalur pendakian Gotemba.

Berikut adalah beberapa tour menuju ke Gunung Fuji dan sekitarnya.

1. Fuji Onsen & Gotemba Outlets
2. Tokyo Spectacular Mt. Fuji Day Bus Tour
3. Mount Fuji Classic Route Day Tour from Tokyo
4. Mount Fuji and Hakone Day Trip

Gunung Fuji ini berdekatan dengan kawasan wisata Danau Kawaguchiko dan juga Hakone, yang juga jadi dua rute akses utama menuju Gunung Fuji. Jika teman-teman berminat mengunjungi Kawaguchiko dan Hakone dari Tokyo, bisa menggunakan Fuji Hakone Pass yang bisa menghemat biaya transportasi di Hakone dan Gunung Fuji.

tour online ads NEW1

Cheap Hotels near Mount Fuji [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Teishaba Guesthouse&
15 km away
from ¥3028/night
Cottage Pension Marimo
16 km away
from ‎¥12943/night
PICA Yamanakako Village
14 km away
from ‎¥23686/night
Ichifujiso
16 km away
from ¥6865/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Museum Herbal Kawaguchiko
17 km away
Bangunan Museum Herbal Kawaguchiko
Oshino Hakkai
15 km away
Pemandangan Gunung Fuji dari Oshino Hakkai
Pagoda Chureito
17 km away
Keindahan Pagoda Chureito dan Gunung Fuji
Resort Ski Fujiten
10 km away
Resort Ski Fujiten di kaki Gunung Fuji

Sumber gambar : Flickr Banzai HiroakiMaxime Guilbot


Recommended for you


Last modified: June 5, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Walter
2016-05-26 11:00:01
Sayang cuma sampai 5th station. Waktu ga sempat lagi buat ke puncaknya
Donny
2016-04-01 08:27:33
Gunung Fuji yang terkenal di Jepang. Senang bisa pergi ke sini bersama keluarga
Tristan Galle
2016-03-28 13:53:56
Gunung paling terkenal di Jepang. Nice picture and review! Thanks

Close Comments

Comments (313)

  1. dhio fakhri fajari  |  

    pak, kalo pas musim panas pas mau foto di danau kawaguchiko dengan view gunung fuji, itu di puncak gunungnya keliatan putih putih saljunya gak pak?

    • Nugroho Christian  |  

      Ya kelihatan putih kok pak. Tapi kalau bisa di awal musim panas ya, semakin panas soalnya salju di puncak gunungnya berkurang. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Kalau melihat data-data selama ini, bulan Juli pertengahan sudah tidak ada lagi salju di Gunung Fuji. Salam

  2. Pak nugroho, kl sy hari 1 mau ke mt fuji dan sekitarnya dan hari ke2 mau ke disneysea lalu hari ke3 balik ke narita airport apakah semua bisa tecover dg JR tokyo wide pass dan apakah lbh baik drpd beli tiket train satuan? Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Iya bisa bu, sudah akan balik modal jika naik kereta ke Kawaguchiko dan Narita dengan menggunakan Tokyo Wide Pass. Salam.

  3. Malam pak nugroho, saya rencana awal juli ke gunung fuji, lake kawaguci dan gotemba factory outlet melalui tokyo, cari bus express di station mana ya? Apa harus dari shinjuku ya cari bus nya? Mohon d bantu transportasi dan itinarynya. Dan juga apa hotel my stays fuji onsen termasuk recomended hotel ya? Apa ada rekomendasi hotel lain yg cukup untuk 2 dewasa dan 2 anak usia 12 thn ? Thanx pak.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!