Festival Shibazakura

Home / Park / Festival Shibazakura
Item image

Pernah merasakan bagaimana surga? Belum ya? Tapi, Tim Info Jepang sudah pernah merasakan bagaimana rasa dan suasana surga itu. Ah, yang bener? Udah meninggal kok masih bisa nulis? hehe. Bukan, surganya masih ada di dunia. Salah satu surga itu adalah di Prefektur Yamanashi, Jepang, saat berkesempatan mengunjungi Festival Shibazakura tahun 2015-2017 yang lalu. Bagaimana suasana Festival Shibazakura di Gunung Fuji? Lalu cara aksesnya dari Tokyo dan Kawaguchiko? Simak liputan selengkapnya.

Apa yang spesial dari Festival Shibazakura?

Shibazakura dalam bahasa Jepang bunga phlox (bunga kecil berwarna merah jambu). Di Festival Shibazakura, ada lebih dari 800.000 tanaman bunga phlox merah jambu dengan latar belakang Gunung Fuji. Saat bunga-bunga ini bermekaran sempurna, bunga-bunga ini seperti menjadi alas atau karpet bagi Gunung Fuji.

Ada lima jenis tanaman bunga Shibazakura yang mekar bersamaan, antara lain jenis McDaniel’s Cushion, Scarlet Flame, Autumn Rose, Tama-no-Nagare, dan Little Dot. Semua bunga ini mekar di waktu yang hampir bersamaan. Tim Info Jepang masih terkagum-kagum bagaimana orang Jepang bisa merawat 800.000 bunga dengan begitu baik.

Orang-orang biasanya berkeliling dan berfoto dengan latar belakang Shibazakura serta Gunung Fuji yang megah. Di beberapa kesempatan, banyak juga loh para pasangan yang melangsungkan foto-foto pre-wedding mereka di sini.

Kapan Festival Shibazakura ini diadakan?

Tahun 2020, festival ini akan diselenggarakan tanggal 13 April – 26 Mei, mulai dari jam 8 pagi sampai 5 sore. Saran dari Tim Info Jepang, teman-teman bisa ke sini di minggu kedua atau minggu ketiga penyelenggaraan festival (25 April-7 Mei) karena bunga-bunga sedang mekar sempurna. Sementara itu di minggu-minggu awal atau minggu terakhir bunga kadang belum mekar atau sudah ada yang layu.

Keindahan Fuji Shibazakura Festival

Keindahan Fuji Shibazakura Festival

Untuk biaya tiket masuknya juga sangat terjangkau, hanya 600 yen per orang. Teman-teman bisa puas melihat “surga” sekaligus berfoto dan mengabadikan momen dengan latar belakang Gunung Fuji yang indah. Instagrammable banget deh pokoknya! Buat teman-teman yang ingin mencoba hal baru saat liburan di Jepang, ayo deh coba ashiyu! Ashiyu ini sebenarnya menunjuk pada kegiatan merendam kaki di pemandian air panas sambil menikmati pemandangan. Jadi kita bisa relaks sejenak dan menghangatkan kaki-kaki (yang mungkin kedinginan) sambil menikmati panorama Festival Shibazakura dan Gunung Fuji di belakangnya.

Teman-teman juga bisa mencicipi kuliner-kuliner lezat Jepang di Mt. Fuji Gourmet Festival yang dilaksanakan di tempat Festival Shibazakura. Ada soba, udon, motsuni (daging kukus), dan aneka ragam kue yang bewarna pink seperti warna bunga shibazakura yang dijual di Observation Decks Cafe Fujiyama.

Puas menikmati keindahan bunga-bunga di Festival Shibazakura, teman-teman bisa melanjutkan perjalanan ke tempat-tempat wisata di sekitaran Fuji Kawaguchiko, seperti Kachi-kachi Ropeway, Taman Oishi, Taman Yagisaki, atau Kawaguchiko Music Forest.

Gunung Fuji dengan karpet merah jambu Shibazakura

Gunung Fuji dengan karpet merah jambu Shibazakura

Bagaimana cara ke tempat Festival Shibazakura?

Festival ini diadakan di kawasan Kawaguchiko, Prefektur Yamanashi, tepatnya sebelah barat Gunung Fuji, sekitar 2 jam perjalanan dari Tokyo. Teman-teman bisa mencapainya dengan naik mobil atau kereta api. Namun, mobil tidak praktis dan biayanya mahal.

Dari Stasiun Shinjuku di Tokyo, naik kereta ekspess JR Chuo Line (Kaiji atau Takao) sampai di Stasiun Otsuki (sekitar 1 jam, dengan harga tiket 1.320 yen, gratis dengan JR Pass). Kemudian naik kereta Fujikyu sampai Stasiun Kawaguchiko (sekitar 55 menit dengan harga tiket 1.140 yen). Kalau punya JR Tokyo Wide Pass, maka ongkos kereta dari Shinjuku sampai ke Stasiun Kawaguchiko semuanya tercover.

Dari Stasiun Kawaguchiko teman-teman bisa naik bus Shibazakura Liner (shuttle bus) untuk sampai di lokasi Festival Shibazakura di Fuji Motosuko Resort. Lama perjalanannya 30 menit dengan biaya tiket bolak-balik 2.000 yen (dewasa) atau 1.000 yen (untuk anak dibawah 13 tahun). Bus nya berangkat dari Platform No.7, dan setiap jamnya ada 2 bus yang siap mengantar teman-teman ke Festival Shibazakura.

Tiket ini bisa dibeli di loket bus dekat Platform 1 Kawaguchiko Station, dan sudah termasuk tiket masuk ke Festival Shibazakura (harga tiket masuk saja 520 yen untuk dewasa dan 210 yen untuk anak-anak). Tentu sangat menguntungkan kalau teman-teman membeli tiket PP. Kalau teman-teman mempunyai Retro Bus Pass, juga bisa ke sini secara gratis, namun hanya bisa naik bus lokal (sedikit lebih lama) dibandingkan dengan bus ekspress dengan frekuensi keberangkatan yang terbatas.

Jadwal bus Shibazakura Liner dari Stasiun Kawaguchiko-Fuji Shibazakura Festival adalah sebagai berikut.

Stasiun KawaguchikoFuji Shibazakura FestivalFuji Shibazakura FestivalStasiun Kawaguchiko
07.5008.2009.0009.30
08.5009.2010.0010.30
09.0810.0010.3011.00
09.4010.1011.0011.52
10.1010.4011.3012.00
10.4011.1012.0012.30
11.0812.0012.3013.00
11.4012.1013.0013.52
12.3013.0013.3014.00
13.0013.3014.0014.30
13.4514.1515.0015.52
14.0815.0015.3016.00
15.0015.3016.0016.30
15.3016.0017.0017.30

Buat teman-teman yang datang dari Kyoto atau Tokyo dengan shinkansen, bisa naik bus lokal yang berangkat dari stasiun shinkansen Shin-Fuji (hanya dilewati oleh shinkansen Kodama). Dari Stasiun Shin Fuji, bisa naik bus yang menuju ke Fujisan Station atau Kawaguchiko Station dan turun di halte 富士芝桜まつり会場 (Fuji Shibazakura Matsuri Kaijou). Durasi perjalanan adalah 1 jam 15 menit dengan ongkos 1.540 yen, dan waktu keberangkatan busnya adalah 07.15, 09.45, 11.45, 13.45. Bus ini juga bisa digunakan kalau teman-teman dari Stasiun Kawaguchiko. Lama perjalanan sekitar 50 menit dengan ongkos 1.320 yen, ongkos bus lokal ini tercover dengan Mt. Fuji Pass.

Cheap Hotels near Gunung Fuji [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kawaguchiko Station Inn
16 km away
from ¥2826/night
Umeya Annex
18 km away
from ¥9792/night
Wafu Guesthouse Kashiwaya
16 km away
from ¥3331/night
K’s House Fuji View
15 km away
from ¥4341/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kawaguchiko Station
16 km away
Pemandangan Gunung Fuji dari Stasiun Kawaguchiko
Gunung Fuji
14 km away
Tempat Wisata di Fuji-Kawaguchiko
Makan Udon di Fudo Chaya
15 km away
Pintu masuk restoran Hoto Fudo Chaya
Taman Asahiokakohan
25 km away
Pemandangan dari Taman Asahiokakohan

Sumber gambar: Flickr u dou, Ankur P


Recommended for you


Last modified: June 4, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (269)

  1. Siang pak, mau bertanya nih klo sy ada di tokyo mau ke mt
    Fuji rute apa yg paling worth it, apakah 1hr cukup PP atau harus nginap 1 malam?
    Klo nginap bgs nya dimana?

  2. Selamat siang pak .
    Kalau tujuan utama saya ke Shibazakura festival .adakah rekomendasi dari bapak untuk saya kunjungi diarea kawaguchiko lainnya yg berdekatan ( dalam 1 hari) ?
    Terima kasih

  3. Siang pak,
    Say sdh punya JR pass. Dari Shibazakura ingin lanjut ke gotemba , lalu balik pulang ke shinjuku bagaimana caranya. dan harus beli pass apa pak?. Tks

  4. Siang pak, apakah ada transportasi lain pak ke festival ini slain dengan kereta? Dan ongkos lebi murah? Sy tidak ada jr pass.

  5. Hai Pak nugroho,

    Saya dr ikebukuro mau ke kawaguchiko..tidak beli JR pass..dari terminal ikebukuro ada yg langsung dr kawaguchiko tdk?
    Setelah sampai dikawaguchiko,jika mau ke festival shibazakura dan naik kachi2 rope away..sebaiknya naik apa untuk maksimalkan waktu?

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak ada Ibah, bisa dengan JR Yamanote Line ke Stasiun Shinjuku, baru naik bus dahulu dari Shinjuku ke Kawaguchiko, baru naik bus ke Motosuko Resort untuk melihat Festival Shibazakura. Kembali lagi ke Kawaguchiko, lalu naik bus retro red line ke Kachikachiyama Ropeway. Salam.

  6. Siang Pak…mau tanya …sy Ada rencana ke gunung Fuji dari Tokyo balik lagi ke Tokyo dgn rute kawaguchi lake,kachikachi ropeway ,gotemba dan festival shibazakura ,rutenya bagaimana ya Pak agar menghemat waktu karena kami cuman 1 day trip trus perlu beli retro bus free pass ato tidak? Terimakasih Pak…

  7. Selamat malam pak Nugroho. Pak sy mau tny:
    1. Festival shibazakura apakah adanya di kebun bunga hananomiyako atau di luar kebun bunga hananimyako?
    2. Rencnnya sy mau ke daerah kawaguchiko, dengan kunjungan ke kawaguchiko lake, naek kachi2x ropeway, ke chureito pagoda,ke festival shibazakura dan terakhir ke gotemba dan sorenya kembali ke tokyo.baiknya rute yg efisien gmn ya pak? Biar searah dan sejalan semua pak.
    3. Sy sudah beli JR pass,kartu tambahan ap yg sy perlu utk kunjungan ke rute di atas yg lebih hemat?apa perlu beli tokyo wide pass lg?
    4. Kalo menurut pak nugroho lebih bagus kunjungan ke daerah kawaguchiko atau hakone pak.sy rencn berkunjung tgl 1 may’19
    Mohon pencerahannya ya pak krn jalan sendiri,tidak pakai agen dan membawa serta ibu sy dan anak sy yg berusia 3,5 thn
    Terima kasih byk pak🙏
    3.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Adanya di Motosuko Resort bu, berbeda dengan kebun bunga Hananomiyako.
      2. Dari Kawaguchiko, bisa naik bus retro ke Kachikachiyama, balik ke St. Kawaguchiko, lalu naik bus ke Motosuko Resort untuk melihat Festival Shibazakura, balik ke St. Kawaguchiko, lalu naik bus Fujikyu ke Gotemba Premium Outlet
      3. Tidak perlu bu. Nanti ibu bisa gunakan JR Pass rute Shinjuku-Otsuki (setengah jalan ke Kawaguchiko), dan pulang dari Gotemba-Kozu-Tokyo.
      4. Sama saja bu, Kawaguchiko itu spot utamanya GUnung FUji, kalau hakone kayak pegunungan. Salm.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!