Kachikachi-yama Ropeway

Home / Attraction / Kachikachi-yama Ropeway
Item image

Kachikachi-yama Ropeway atau kereta gantung Kachikachi adalah salah satu spot yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi area Gunung Fuji dan Danau Kawaguchi. Tempat ini sangat kami sarankan jika teman-teman tidak mempunyai banyak waktu untuk berkeliling di sekitaran Danau Kawaguchi namun ingin melihat mengabadikan momen foto dengan latar belakang Gunung Fuji. Banyak orang Indonesia dan turis asing yang belum tahu tempat ini, jadi kita tidak perlu takut mengantri atau sesak saat berada di atas. Stasiun bawahnya terletak di tepi timur Danau Kawaguchi dan stasiun atasnya ada di Gunung Tenjo. Nah, dari puncak Tenjo dengan ketinggian sekitar 1075 meter di atas permukaan laut, kita bisa melihat kemegahan dan kesempurnaan panorama Gunung Fuji dengan Danau Kawaguchiko. Simak kunjungan kami menyaksikan keindahan Gunung Fuji dari atas Gunung Tenjo berikut ini.

Mengenal sejarah Kachikachi-yama

Kachikachi yama sendiri adalah cerita rakyat atau legenda) yang muncul di masyarakat sekitar kaki Gunung Tenjo sejak ratusan tahun lalu. Alkisah ada rakun Jepang dengan kemampuan berubah wujud bernama Tanuki yang sering mencuri dan mengganggu manusia. Lalu kelinci, hewan kesayangan manusia berusaha untuk menghentikan tanuki yang jahat. Ia kemudian menantang tanuki untuk membuktikan siapa hewan yang lebih pintar. Mereka kemudian berlomba membuat perahu untuk menyeberangi Danau Kawaguchi. Siapa yang paling cepat, maka ialah pemenangnya dan lebih pintar dari lawannya, dengan taruhan hidup dan mati.

Tanuki kemudian dengan cerdik membuat perahu dari lumpur di tepi danau. Ia lebih cepat dan mulai mendayung menyeberangi danau. Kelinci membuat perahu dari kayu pohon yang tumbuh di kaki gunung. Kelinci ketinggalan beberapa jam dari tanuki yang sudah sampai di tengah danau. Namun, kapal tanuki yang dibuat dari lumpur mulai tenggelam. Ia tidak tahu kalau lumpur itu akan larut jika terkena air. Tanuki pun akhirnya mati tenggelam dan kelinci menjadi pemenangnya. Kelinci begitu senang dan berteriak, “Kachi-kachi yama…Kachi-kachi yama.”

Objek wisata di Kachikachi-yama

Kisah inilah yang menjadi tema utama kereta gantung Kachi-kachi yama. Teman-teman bisa melihat beragam patung dan gambar kelinci lucu yang menghiasi stasiun, bagian dalam dan luar kereta gantung, dan juga di stasiun puncak. Bahkan, salah satu spot favorit para wisatawan adalah berfoto bersama si kelinci pintar dengan latar belakang Gunung Fuji. Tersedia layanan foto dan cetak foto langsung seharga 1.000 yen untuk foto ukuran 2L (5×7 inchi).

Gunung Fuji dari Kachikachi-yama

Gunung Fuji dari Kachikachi-yama

Dari stasiun bawah (Stasiun Kohan), kita akan dibawa ke Stasiun Fujimidai di puncak Gunung Tenjo selama 3 menit. Selain menikmati keindahan Gunung Fuji dan Danau Kawaguchi dari ketinggian, kita bisa mengunjungi beberapa objek wisata lain juga. Pertama, kita bisa mengunjungi tempat minum teh Tanuki. Tersedia minuman kopi, jus jeruk dan jus peach (buah persik) yang menyegarkan, dan juga minuman favorit Tanuki Dango yakni minuman teh khas Kawaguchiko.

Danau Kawaguchiko dari Kachikachi-yama Ropeway

Danau Kawaguchiko dari Kachikachi-yama Ropeway

Selain itu, kita bisa mencoba melempar Karawake. Karawake adalah gelas sake yang dibuat dari tanah liat. Kalau kita melempar karawake melalui bagian tengah lingkaran sambil mengucapkan keinginan atau cita-cita, keinginan kita itu akan terkabul. Karawake sendiri bisa dibeli di area tempat minum teh Tanuki seharga 100 yen.

Ada juga Bell of Tenjo. Monumen berbentuk lonceng berbentuk hati dan terletak tepat di hadapan Gunung Fuji. Dengan menyatakan perasaan atau harapan lalu membunyikan bel, maka dipercaya hubungan cinta akan bertahan selamanya. Selain itu, juga ada Kuil Usagi dimana kita bisa berdoa dan memanjatkan permohonan kita untuk kesehatan, umur panjang, dan keberhasilan usaha.

Teman-teman bisa mencoba menuruni Gunung Tenjo melalui trek menuruni gunung selama kurang lebih 30 menit. Jadi, teman-teman bisa naik kereta gantung (ropeway) lalu turunnya dengan berjalan kaki. Kita bisa melihat sekaligus mengunjungi objek-objek wisata seperti monumen Dazai Osamu, lalu Kuil Gokoku melalui hamparan kebun bunga hydrangea yang indah. Dari jalur pendakian ini, kita bisa melihat keindahan Gunung Fuji dari sudut pandang yang lain loh!

Pemandangan di atas gunung Kachikachi-yama

Pemandangan di atas gunung Kachikachi-yama

Informasi tiket naik kereta gantung Kachikachi-yama Ropeway

Kereta ropeway ini buka setiap hari dari jam 09.00 – 17.20 (ada sedikit perbedaan waktu berdasarkan musim). Tiketnya seharga 800 yen untuk pulang pergi dan 450 yen untuk sekali perjalanan. Untuk anak-anak, harga tiketnya 400 yen untuk pulang pergi dan 230 yen untuk sekali perjalanan.

Sebagai catatan, jika kondisi udara mendung atau awan tebal, Gunung Fuji akan terhalang atau tidak begitu jelas dari Kachikachi-yama Ropeway. Sebaiknya teman-teman mengubah destinasi ke tempat lainnya seperti Danau Kawaguchiko, Iyashi no Sato, Fujikyu Highland, atau ke Danau Yamanaka.

Akses ke Kachikachi-yama Ropeway

Stasiun kereta Kachi-Kachi Yama letaknya di sebelah utara Stasiun kawaguchiko, bisa ditempuh 20 menit berjalan kaki. Atau teman-teman bisa naik bus Retro dari Stasiun Kawaguchiko dan turun di halte Yuransen Ropeway Iriguchi. Lama perjalanannya sekitar 10 menit dengan ongkos 150 yen.

Cheap Hotels near Lake Yamanakako [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hatago Ichiya
11 km away
from ‎¥8327/night
Pension Avenue
13 km away
from ‎¥9534/night
Hotel Mt. Fuji
11 km away
from ‎¥13043/night
Cottage Jokigen
12 km away
from ‎¥33309/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Iyashi No Sato
10 km away
Rumah tradisional di Iyashi No Sato
Makan Udon di Fudo Chaya
2 km away
Pintu masuk restoran Hoto Fudo Chaya
Mishima Skywalk
44 km away
Meniti jembatan Mishima Sky Walk
Danau Yamanaka
13 km away
Pemandangan Danau Yamanaka di Yamanashi

Donwload peta Ropeway: Kachikachi-yama Ropeway

Sumber gambar: Flickr Yoshihide Urushihara, Kuruman, Nao Iizuka,


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (103)

  1. Selamat siang pak nugroho. Rencn sy akan ke daerah kawaguchiko di tgl 1 may, apakah pd tgl segitu bunga lavender sudah ada di oishi park?

  2. Hallo selamat siang pak Nugroho,

    Saya ingin bertanya, saya akan membeli JR Tokyo Wide Pass dan berkunjung ke Nikko dan Kawaguchiko Lake,serta Takayama Hokuriko Pass menuju Shirakawago, saya ingin bertanya secara detail (nama JR, Gate, timetable) perjalanan menuju lokasi tersebut. Tolong jelaskan:

    1. Akses menuju Kawaguchiko (all covered by Tokyo Wide Pass) dan menuju pagoda Chueritto?
    2. Akses menuju Nikko dan tempat distinasi coverd by Tokyo Wide Pass?
    3. Apakah ada destinasi menarik lainnya yang tercover oleh Tokyo Wide Pass selain rekomendasi yang tertera di brosur (Nikko,Mt Fuji, Gala Yuzawa,dll) Tokyo Wide Pass?
    4. Noshi Buss itu reservations requaired dan tercover kah?jadi apakah pembookingan kursi melalu telpon? apakah pembookingan berlaku untuk pp? lalu waktu terbaik untuk pemesanan kursi kapan?
    5. (Jika via phone) Setalah dibooking apakah kita mendapatkan email konfirmasi atau tinggal menuju Noshi buss center atau bagaimana?
    6. Apakah ada lokasi wisata di Kanazawa/Nagoya yang tercover dengan pass tersebut?

    Terimakasih
    Terimakasih.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Ya tercover dari Tokyo-Otsuki-Kawaguchiko Station dan Shimo Yoshida Station (Stasiun terdekat dengan Pagoda Chureito)
      2. Ya, yang tercover adalah ongkos dari Tokyo ke Stasiun Nikko atau Stasiun Kinugawa Onsen saja. Tempat wisata yang bisa dikunjungi bisa di cek di tulisan saya tentang Info Wisata di Nikko.
      3. Silahkan baca lengkapnya dalam tulisan saya tentang Tokyo Wide Pass.
      4. Takayama Hokuriku Pass mengcover ongkos dan reservasi bus Nohi itu harus ditelepon, kalau mau langsung on the spot takutnya gak dapat. Waktu terbaik untuk pemesanan bergantung, ibu mau kapan ya? Kalau saat peak season, harus secepatnya melalui telepon atau setibanya di Jepang.
      5. Ya.
      6. Tidak ada, yang tercover oleh Takayama Hokuriku pass hanya ongkos kereta sampai ke Stasiun Kanazawa dan Stasiun Nagoya. Ibu harus jalan kaki lagi untuk mengunjungi Tempat-tempat Wisata di Kanazawa dan Tempat-tempat Wisata di Nagoya. Salam.

    • Ok baik terimakasih Pak,
      Ada beberapa pertanyaan lagi Pak
      1. Tokyo wide pass juga mengcover JR YAMANOTE kan ya untuk berkunjung ke Shibuya, Asakusa,Harajuku? Karena saya lihat maps rute tidak Ada tulisan station tersebut.

      2. Menyambung jawaban diatas dan melihat rute maps menujukan strip abu(non-JR East line) berati untuk sampai ke Tobu-Nikko dari Niko ada additional fee lagi ya?

      3. Apakah shinkansen kagayaki dan yamamido termasuk dalam Tokyo Wide Pass?

      4. Apakah setelah Kita sampai Otsuki menuju Kawaguchi-ku diharuskan reservasi until Fujikyu railway?

      Sekaian pertanyaan saya.. terimakasih banyak atas bantuannya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ini adalah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ibu.
      1. Asakusa bukan kereta JR, jadi tidak tercover oleh JR Tokyo Wide Pass. Tokyo Wide Pass mengcover juga Shibuya dan Harajuku di jalur kereta Yamanote Line.
      2. Tobu Nikko dan Nikko Station itu berdekatan bu, bisa jalan kaki.
      3. Shinkansen Kagayaki tercover oleh JR Tokyo Wide Pass selama dalam area coverannya. Yamagata Shinkansen juga seperti itu.
      4. Kereta Fujikyu railway tidak perlu reservasi tiket kok, bisa langsung naik dengan menunjukkan JR Tokyo Wide Pass.
      Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tidak ada parkir sepeda khusus. Ibu bisa parkir atau sela-sela di pinggir parkir mobil. Salam

    • Apabila kami membeli Fuji Hakone Pass, otomatis segala biaya transportasi dan roppeway di sana sudah tercover semua kan ya ?
      lalu jika ke Chureito Pagoda, apakah sudah tercover dgn Fuji Hakone pass ataukah tidak ya?

    • Sore Pak Nugroho,
      maaf…saya masih bingung untuk Free Pass harus beli yang mana? (karena fungsinya berbeda2 ini yg bikin bingung)

      Jika route kami 4hari sbb :
      Jenis kartu Free Pass apa saja yang harus saya beli ?

      Mohon penecerahannya, supaya tidak gagal faham dan gagal beli Free Pass nantinya

      Day-1
      7an : Hitachi seaside park – Ueno Park – Tokyo Skytree – Sumida park – Hotel di Asakusa

      Day-2
      7an : Disneyland – dan kembali ke hotel di Asakusa

      Day-3
      7an : Chidori park boat parking – Tokyo castle – Takeshita streeth – Roppongi hill – back to Asakusa

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Setelah hari keempat bagaimana pak? Kalau melihat rute perjalanan bapak selama 3 hari, tidak ada pass yang cukup efektif dan menguntungkan. Salam

    • dwi hasnawati  |  

      Dengan kata lain, JR PASS itu hanya diperuntukkan utk KA jarak jauh saja…?
      Berarti tetap kami harus membeli Free Pass lainnya juga ya…?

      Jika memang demikian, berarti kami harus hitung ulang keseluruhan ongkos (daripada tidak balik modal jika beli JR PASS)

      ROUTE KAMI SBB
      (utk minta petunjuk soal Kartu Free Pass apa saja yg harus kami beli di setiap kota?)
      Mengingat, info dari Pak Nugroho kemarin /Guide Online adalah JR PASS tidak bisa digunakan utk kereta selain yang berlogo JR pada keretanya. Padahal dalam perjalanan kami sangat banyak kereta-kereta yg akan kami tumpangi nantinya dan berbeda2 kereta sesuai arahan dari Google maps.

      Day-1, Day-2, Day-3 =Kami sekitaran kota tokyo (paling jauh ke Hitachi seaside park)
      Jika ke Hitachi seaside park, Free Pass apa yg harus kami beli…?

      Day-4 =Tokyo ~ Hakone ~ Kawaguchiko (kartu Free Pass apa yg kami beli…?)

      Day-5 =Kawaguchiko ~ Odawara station ~ Nagoya ~ Nabana no sato ~ Nagoya
      (Kartu Free Pass apa yang harus kami beli….?)

      Day-6 =Nagoya ~ Kyoto (Kartu Free Pass apa yg harus kami beli…?)

      Day-7 =Kyto ~ Osaka (Kartu Free Pass apa saja yg harus kami beli…?)

      Day-8 =Osaka ~ Biwako Valley Resort Ski ~ Osaka (Kartu Free Pas apa saja yg hrs kami beli…?)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Ya kalau lengkap seperti ini kan lebih mudah. Kalau melihat rute perjalanan Bapak, Bapak bisa menggunakan JR PASS Ordinary All Area Pak.
      Kalau melihat rute bapak di 3 hari pertama kemarin, perjalanan paling jauh itu ke Hitachi Seaside Park, ongkos PP nya dari Tokyo itu paling mahal 7800 yenan, akan sangat rugi kalau membeli JR PASS yang harganya 29.110 yen, namun hanya dipakai 7800 yen kan?
      Saran dari Tim Info Jepang, Hitachi Seaside Park nya dibuat di hari ketiga, kemudian JR PASS 7 hari nya bisa dipakai dari hari ketiga sampai ke sembilan.
      Jadi ongkos perjalanan hari ketiga sampai kesembilan pun tercover oleh JR PASS (JR PASS dimaksimalkan penggunaannya). Perjalanan ke Hakone dan Kawaguchiko sepertinya tidak mungkin dalam 1 hari. Kalau memilih ingin ke Hakone, bisa membeli Hakone Free Pass. Salam

  3. Haloo perjalanan saya tgl 11 Agustus ini, Bila destinasi sya ke jepang, wisata di sekitar tokyo, lalu jalan2 ke sekitar Mt. Fuji pulang lagi ke tokyo, sarannya beli Tokyo Wide Pass ini atau JR Pass ya..?? Terima Kasih

    • Pak Nugroho,
      Karna perjalanan sy sperti ini
      Tgl 12 tiba jalan area wisata dekat hotel di minato tokyo, lalu Tgl 13 perjalanan 1 hari keliling wisata di sekitar Mt. Fuji sampai ke stasiun 5th lalu balik Tokyo, tgl 14 perjalanan 1 hari keliling wisata Hakone, lalu balik Tokyo, Tgl.15 DisneySea, Tgl 16 tokyo tower,skytree,shibuya crowsing, shinjuku gyoen, restoran robot.
      Tolong informasinya pak, tiket pass apa yg paling sesuai dengan perjalanan sya untuk menghemat biaya. Terima Kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Bapak lokasi menginapnya di Tokyo di mana pak? Kalau ke Mitaka, nanti gak bisa naik kereta ekspress, sebab kereta ekspress nya hanya berhenti di beberapa stasiun saja. Salam

  4. dear Nugroho Christian

    apakah JR Pass mengcover JR bus dari shinjuku exprees bus terminal ke kawaguchi station ?

    dan dari gotemba factory outlet ke shinjuku express terminal ?

    Terima kasih

  5. pagi pak Nugroho
    mohon info type Pass yg cocok untuk wisata ke Fuji kawaguchiko dan Sendai. apakah JR Wide pass mengcover ke2 tempat ini. Terima kasih

  6. Malam Pak Nugraha, sy mau nanya di kachikachi ropeway, kalo kita beli 1way, di tmp turunnya kita bs lgs lanjut ke wisata terdekat nya apa ya? Mksh

  7. Hallo Pak Nugroho,

    mohon advice, kami rencananya bulan maret akan ke jpn dengan itin ke Tokyo – Osaka – Kyoto – Mount Fuji- Shirakawa Go, prefer menggunakan transportasi apa ya? terima kasih

  8. Halo Bapak,
    saya mau tanya untuk pemegang fuji hakone pass apakah gratis untuk naik kachi-kachi ropeway ini ?
    karena saya baca di artikel lain gratis.
    terima kasih.

    salam,
    Marsha

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Fuji Hakone Pass hanya mengcover ongkos bus sampai ke halte bus Kachi-kachi Yama Ropeway. Namun, tidak naik gratis. Salam

  9. Pak sy renc
    tgl 13 dec dari osaka menginap di gotemba 2 mlm tgl 14 jln2 ke snow town yeti, ropeway n danau kawaguchiko,
    Tgl 15 dari gotemba ke tokyo
    Pertanyaan sy, tiket apa saya sebaiknya sy beli? Sy tidak py JR Pass, tapi renc beli tokyo wide pass, apa bs di pakai?

    Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tokyo Wide Pass sepertinya tidak berguna. Dengan Tokyo Wide Pass 10.000 yen, hanya bisa digunakan untuk rute Kozu menuju ke Tokyo (tanggal 15) sebesar 1320 yen. Salam

    • Jd sebaiknya untuk rute sy diatas, pake apa ya pak?
      13 dec : Osaka – Gotemba check in htl, lanjut ropeway n kawaguchicho, balik gotemba u menginap
      14 dec : snow town yeti
      15 dec : Gotemba – Tokyo
      1. Apa efisien sy beli fuji hakone pass?
      2. Dari osaka sbaiknya naik apa dan turun dimana?
      3. Ke Tokyo juga naik apa dan dari mana?
      Yang kira2 bisa sambung dgn fuji hakone pass

      Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Kalau melihat dari rute itinerary nya, ibu lebih baik naik kereta menuju ke hotel di Gotemba sewaktu perjalanan dari Osaka. Kemudian pada tanggal 15 Desember juga lebih cepat naik kereta dari Gotemba menuju ke Tokyo (baca akses kereta menuju ke Gotemba). Kalau seperti itu rutenya, Ibu tidak perlu membeli Fuji Hakone Pass.

    • Untuk jalan2 snow town yeti, ropeway dan kawaguchiko naik apa pak? Ngeteng aja naik bus dr gotemba?

  10. Selamat pagi Pak Nugroho,

    Saya berencana day trip dr Shinjuku ke Kawaguchiko (rencananya saya mau naik Kachi Kachi Ropeway) lalu darisana saya ingin menuju ke Gotemba.
    1. Apakah rute ini memungkinkan?
    2. Apakah rute Shinjuku – Kawaguchiko tercover JR Pass atau saya harus membeli Fuji Hakone Pass?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya, rute ke Kachi-kachi yama ropeway lalu lanjut ke Gotemba Premium Outlet memungkinkan dalam 1 hari.
      Ongkos naik kereta dari Shinjuku sampai ke Kawaguchiko, hanya tercover sampai ke Otsuki Station. Ibu harus menambah ongkos 1140 yen dari Otsuki Station sampai ke Kawaguchiko Station. Kalau hanya ke Kachi-kachi yama ropeway lalu lanjut ke Gotemba Premium Outlet, tidak perlu membeli Fuji Hakone Pass. Salam

  11. pak nugroho kalau saya punya itinery narita-kyoto-osaka-kawaguchiko-tokyo-narita kira2 tiket kereta yg mana saja yg harus saya beli agar lebih efisien, terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau ingin naik shinkansen dari Tokyo ke Kyoto, lalu saat kembali ke Tokyo, bisa membeli JR PASS seharga 29.110 yen.
      Dengan rute di atas, JR PASS sudah balik modal. Salam

  12. Hi Pak..
    Mohon info, di pertengahan Oktober, apakah biasanya bisa melihat Gunung Fuji dengan “topi salju”-nya?
    Jika tidak, biasanya di bulan apa bisa melihat Gunung Fuji dengan “penampilan” terbaiknya?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Salju di puncak gunung Fuji dari bulan Oktober hingga pertengahan Juni. Namun, di bulan Oktober ada kemungkinan hujan atau badai yang nantinya akan menghilangkan salju. Mungkin bisa melihatnya dari bulan November. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!