Kachikachi-yama Ropeway

Home / Attraction / Kachikachi-yama Ropeway
Item image

Kachikachi-yama Ropeway atau kereta gantung Kachikachi adalah salah satu spot yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi area Gunung Fuji dan Danau Kawaguchi. Tempat ini sangat kami sarankan jika teman-teman tidak mempunyai banyak waktu untuk berkeliling di sekitaran Danau Kawaguchi namun ingin melihat mengabadikan momen foto dengan latar belakang Gunung Fuji. Banyak orang Indonesia dan turis asing yang belum tahu tempat ini, jadi kita tidak perlu takut mengantri atau sesak saat berada di atas. Stasiun bawahnya terletak di tepi timur Danau Kawaguchi dan stasiun atasnya ada di Gunung Tenjo. Nah, dari puncak Tenjo dengan ketinggian sekitar 1075 meter di atas permukaan laut, kita bisa melihat kemegahan dan kesempurnaan panorama Gunung Fuji dengan Danau Kawaguchiko. Simak kunjungan kami menyaksikan keindahan Gunung Fuji dari atas Gunung Tenjo berikut ini.

Mengenal sejarah Kachikachi-yama

Kachikachi yama sendiri adalah cerita rakyat atau legenda) yang muncul di masyarakat sekitar kaki Gunung Tenjo sejak ratusan tahun lalu. Alkisah ada rakun Jepang dengan kemampuan berubah wujud bernama Tanuki yang sering mencuri dan mengganggu manusia. Lalu kelinci, hewan kesayangan manusia berusaha untuk menghentikan tanuki yang jahat. Ia kemudian menantang tanuki untuk membuktikan siapa hewan yang lebih pintar. Mereka kemudian berlomba membuat perahu untuk menyeberangi Danau Kawaguchi. Siapa yang paling cepat, maka ialah pemenangnya dan lebih pintar dari lawannya, dengan taruhan hidup dan mati.

Tanuki kemudian dengan cerdik membuat perahu dari lumpur di tepi danau. Ia lebih cepat dan mulai mendayung menyeberangi danau. Kelinci membuat perahu dari kayu pohon yang tumbuh di kaki gunung. Kelinci ketinggalan beberapa jam dari tanuki yang sudah sampai di tengah danau. Namun, kapal tanuki yang dibuat dari lumpur mulai tenggelam. Ia tidak tahu kalau lumpur itu akan larut jika terkena air. Tanuki pun akhirnya mati tenggelam dan kelinci menjadi pemenangnya. Kelinci begitu senang dan berteriak, “Kachi-kachi yama…Kachi-kachi yama.”

Objek wisata di Kachikachi-yama

Kisah inilah yang menjadi tema utama kereta gantung Kachi-kachi yama. Teman-teman bisa melihat beragam patung dan gambar kelinci lucu yang menghiasi stasiun, bagian dalam dan luar kereta gantung, dan juga di stasiun puncak. Bahkan, salah satu spot favorit para wisatawan adalah berfoto bersama si kelinci pintar dengan latar belakang Gunung Fuji. Tersedia layanan foto dan cetak foto langsung seharga 1.000 yen untuk foto ukuran 2L (5×7 inchi).

Gunung Fuji dari Kachikachi-yama

Gunung Fuji dari Kachikachi-yama

Dari stasiun bawah (Stasiun Kohan), kita akan dibawa ke Stasiun Fujimidai di puncak Gunung Tenjo selama 3 menit. Selain menikmati keindahan Gunung Fuji dan Danau Kawaguchi dari ketinggian, kita bisa mengunjungi beberapa objek wisata lain juga. Pertama, kita bisa mengunjungi tempat minum teh Tanuki. Tersedia minuman kopi, jus jeruk dan jus peach (buah persik) yang menyegarkan, dan juga minuman favorit Tanuki Dango yakni minuman teh khas Kawaguchiko.

Danau Kawaguchiko dari Kachikachi-yama Ropeway

Danau Kawaguchiko dari Kachikachi-yama Ropeway

Selain itu, kita bisa mencoba melempar Karawake. Karawake adalah gelas sake yang dibuat dari tanah liat. Kalau kita melempar karawake melalui bagian tengah lingkaran sambil mengucapkan keinginan atau cita-cita, keinginan kita itu akan terkabul. Karawake sendiri bisa dibeli di area tempat minum teh Tanuki seharga 100 yen.

Ada juga Bell of Tenjo. Monumen berbentuk lonceng berbentuk hati dan terletak tepat di hadapan Gunung Fuji. Dengan menyatakan perasaan atau harapan lalu membunyikan bel, maka dipercaya hubungan cinta akan bertahan selamanya. Selain itu, juga ada Kuil Usagi dimana kita bisa berdoa dan memanjatkan permohonan kita untuk kesehatan, umur panjang, dan keberhasilan usaha.

Teman-teman bisa mencoba menuruni Gunung Tenjo melalui trek menuruni gunung selama kurang lebih 30 menit. Jadi, teman-teman bisa naik kereta gantung (ropeway) lalu turunnya dengan berjalan kaki. Kita bisa melihat sekaligus mengunjungi objek-objek wisata seperti monumen Dazai Osamu, lalu Kuil Gokoku melalui hamparan kebun bunga hydrangea yang indah. Dari jalur pendakian ini, kita bisa melihat keindahan Gunung Fuji dari sudut pandang yang lain loh!

Pemandangan di atas gunung Kachikachi-yama

Pemandangan di atas gunung Kachikachi-yama

Informasi tiket naik kereta gantung Kachikachi-yama Ropeway

Kereta ropeway ini buka setiap hari dari jam 09.00 – 17.20 (ada sedikit perbedaan waktu berdasarkan musim). Tiketnya seharga 800 yen untuk pulang pergi dan 450 yen untuk sekali perjalanan. Untuk anak-anak, harga tiketnya 400 yen untuk pulang pergi dan 230 yen untuk sekali perjalanan.

Sebagai catatan, jika kondisi udara mendung atau awan tebal, Gunung Fuji akan terhalang atau tidak begitu jelas dari Kachikachi-yama Ropeway. Sebaiknya teman-teman mengubah destinasi ke tempat lainnya seperti Danau Kawaguchiko, Iyashi no Sato, Fujikyu Highland, atau ke Danau Yamanaka.

Akses ke Kachikachi-yama Ropeway

Stasiun kereta Kachi-Kachi Yama letaknya di sebelah utara Stasiun kawaguchiko, bisa ditempuh 20 menit berjalan kaki. Atau teman-teman bisa naik bus Retro dari Stasiun Kawaguchiko dan turun di halte Yuransen Ropeway Iriguchi. Lama perjalanannya sekitar 10 menit dengan ongkos 150 yen.

Cheap Hotels near Lake Yamanakako [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Cottage Mont et Lac
14 km away
from ‎¥10685/night
PICA Yamanakako Village
14 km away
from ‎¥23686/night
Guesthouse Teatime Cottag
13 km away
from ‎¥30500/night
Guest House Sekimotoya
13 km away
from ‎¥8430/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Oshino Hakkai
7 km away
Pemandangan Gunung Fuji dari Oshino Hakkai
Makan Udon di Fudo Chaya
2 km away
Pintu masuk restoran Hoto Fudo Chaya
Oishi Park
3 km away
Suasana Oishi Park di tepi Danau Kawaguchiko
Kebun Bunga Hananomiyako
10 km away
Kebun bunga Hananomiyako di musim semi

Donwload peta Ropeway: Kachikachi-yama Ropeway

Sumber gambar: Flickr Yoshihide Urushihara, Kuruman, Nao Iizuka,


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (113)

  1. Selamat siang pak nugroho. Rencn sy akan ke daerah kawaguchiko di tgl 1 may, apakah pd tgl segitu bunga lavender sudah ada di oishi park?

  2. Pak Nugroho, mohon bantuannya mau nanya beberapa pertanyaan. Saya nginap di Fuji 1 malam di pertengahan April. Dan lanjut ke Tokyo setelah itu.
    1. Mt. Fuji brp derajat ya? Krn bw anak2 + ortu.
    2. Dr Mt. Fuji ke Tokyo naek apa? Perlu booking?
    3. 5st station ada apa ya? Perlu ke sana? Rencana di Mt Fuji naek Kachi2 Rope…Festival Shibasakura…ada yg bagus lg ga ya?

    Tq infonya.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Pertengahan april siang hari sekitar 14-17 derajat celcius, dan malam hari 10-11 derajat.
      2. Ibu bisa naik salah satu dari bus di atas, bisa booking di loket bus di Stasiun Kawaguchiko. Bus nya itu PP kok, Tokyo-Gunung Fuji-Tokyo lagi.
      3. Fuji 5th Station adalah stasiun awal jalur pendakian Gunung Fuji bu, wisatawan ke sana untuk lihat Gunung Fuji lebih dekat atau mau naik gunung. Ibu bisa mengunjungi Pagoda Chureito atau Iyashi no Sato juga. Salam.

    • Malam pak, apakah ada yg punya pengalaman bawa baby stroller saat naik sightseeing bus di area fuji kawaguchiko? Trims

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau naik bus cukup nyaman, namun karena kondisi bus sering penuh, saya sarankan untuk menggunakan gendongan bayi di depan, dan stroller di lipat dan dipegang oleh istri. Saat jalan-jalan stroller nanti bisa digunakan kembali. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!