Keliling Objek Wisata Fuji Kawaguchiko dengan Mt Fuji Pass

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Keliling Objek Wisata Fuji Kawaguchiko dengan Mt Fuji Pass

Mau keliling objek wisata Fuji Kawaguchiko murah dan praktis? Kini telah hadir Mount Fuji Pass buat kamu para pecinta keindahan Gunung Fuji. Daya tarik utama Gunung suci di Jepang ini telah menarik jutaan wisatawan setiap tahunnya. Dan, hal ini telah membuat banyak investor dan pemerintah lokal membangun banyak tempat wisata di sekitaran Gunung Fuji. Kita bisa bermain di taman bermain, keliling kebun bunga, hingga berlayar di danau-danau Gunung Fuji (Fuji Goko Lakes) untuk menghabiskan waktu.

Berapa harga Mt Fuji Pass?

  1. Pass 1 hari, 5.500 yen
  2. Pass 2 hari, 8.000 yen
  3. Pass 3 hari, 10.000 yen

Beli Online Langsung
Mount Fuji Pass

Apa saja yang tercover dengan Mt Fuji Pass?

  1. Beberapa tempat wisata di kawasan Fuji Kawaguchiko (lengkapnya silahkan dibaca di bagian bawah)
  2. Jalur kereta Fujikyu Railway dari Stasiun Otsuki sampai Stasiun Kawaguchiko
  3. Fujikyu Bus dari Stasiun Kawaguchiko ke Gotemba
  4. Bus hop on hop off bus Kawaguchiko Sightseeing Bus (Red-Line dan Green-Line)
  5. Narusawa, Danau Shojiko, dan Danau Motosuko Sightseeing Bus
  6. Danau Saiko Sightseeing Bus
  7. Danau Yamanakako dan Oshino Hakkai Sightseeing Bus (rutenya: Gotemba Premium Outlets-Stasiun Gotemba-Danau Yamanakako-Stasiun Kawaguchiko)
  8. World Cultural Heritage Site Loop Bus.

Selain itu, Mt. Fuji Pass juga mencover bus-bus lainnya yang menghubungkan tempat-tempat wisata, seperti:

  1. Stasiun Kofu-Stasiun Isawaonsen-Stasiun Kawaguchiko-Mt. Fuji Station
  2. Stasiun Mishima-Stasiun Gotemba
  3. Stasiun Shin-Fuji-Danau Motosuko-Danau Shojiko-Stasiun Kawaguchiko-Mt. Fuji Station (bisa digunakan untuk ke Festival Shibazakura).
  4. Gotemba IC-Stasiun Gotemba-Kebun Bunga GrinpaSnow Town Yeti
  5. Stasiun Mt.Fuji-Fuji Subaruline-Fuji 5th Station
  6. Stasiun Shinfuji-Stasiun Fujinomiya-Fujinomiya 5th Station
  7. Stasiun Mishima-Fujinomiya 5th Station
  8. Gotemba Premium Outlets/ Stasiun Gotemba-Gotemba Trail Mt.Fuji New 5th Station Mizugatsuka Park.
  9. Gotemba Premium Outlet/ Stasiun Gotemba-Subashiri 5th Station

Bagaimana cara memesannya secara online?

Teman-teman bisa membeli Mt. Fuji Pass secara online melalui website. Setelah konfirmasi pembayaran menggunakan kartu kredit, teman-teman akan mendapatkan voucher. Setibanya di Jepang, nanti bisa langsung ditukar dengan voucher fisik Mt Fuji Pass. Tempat penukarannya antara lain:

  1. Reservation Counter Fujikyu Railway di Stasiun Otsuki
  2. Reservation Counter Fujikyu Railway di Stasiun Kawaguchiko
  3. Fujikyu Bus Ticket Counter di Stasiun Mishima
  4. Fujikyu Bus Ticket Counter di Stasiun Gotemba

Voucher fisik ini nanti tinggal ditunjukkan kepada para petugas di pintu masuk tempat wisata atau petugas bus dan stasiun kereta. Semuanya gratis dan praktis, tinggal tunjukkan pass ini, kita bisa liburan sepuasnya tanpa harus memikirkan mengantri di loket tiket.

Selain itu, kita juga bisa membeli Mt. Fuji Pass di Stasiun Otsuki, Stasiun Kawaguchiko, Stasiun Mt. Fuji, Terminal Bus Asahigaoka, Stasiun Shin-Fuji, Stasiun Gotemba, Stasiun Mishima, dan Stasiun Fujimiya.

Tempat wisata yang tercover dengan Mt Fuji Pass

1. Fujikyu Highland

Kompleks taman bermain ini terkenal dengan roller coasternya yang menyandang beberapa rekor dunia. Fujiyama mulai dibuka tahun 1996 dan menjadi primadona dunia, karena menjadi roller coaster pemegang rekor tertinggi dan tercepat di dunia, ada Dodonpa, Eejainika, dan Takabisha. Buat yang liburan ke Jepang bersama dengan anak, bisa juga mampir ke wahana Thomas Land dengan figur kereta lucu dari Film Serial Thomas. Enaknya, kita bisa bermain sambil menikmati keindahan Gunung Fuji. Fujikyu Highland beroperasi jam 09.00-17.00 di hari biasa dan 09.00-18.00 di hari libur dan akhir pekan). Yang tercover dengan Mt. Fuji Pass adalah tiket masuk Fujikyu Highland adalah 1.500 yen dan bermain 1 atraksi.

2. Taman Bunga Grinpa

Selain bisa menikmati keindahan bunga sakura mekar di awal musim semi, kita bisa melihat simbol musim semi yang sesungguhnya, yakni bunga tulip. Lalu, sepanjang musim panas, seluruh taman akan dihiasi dengan keluarga Slyvanian (racoon yang imut) dan ajak anak-anak bermain di Big-Red-Roofed house, atau berolahraga di arena bermain Picasso Egg. Di musim gugur, ada juga festival dahlia, penta, cosmos, serta bermain ski di musim dingin. Taman Bunga Grinpa beroperasi jam 09.30-16.00 di hari biasa dan 09.30-16.30 di hari libur dan akhir pekan). Tiket masuk ke taman bunga ini adalah 1.200 yen untuk orang dewasa, dan 800 yen untuk anak-anak. Catatan: kalau ingin bermain wahana, kita harus membayar lagi secara terpisah.

Kincir angin di Taman Bunga Grinpa
Kincir angin di Taman Bunga Grinpa

3. Danau Yamanaka

Dikebun bunga Hananomiyako, kita bisa melihat beragam bunga beraneka warna yang mekar dengan Gunung Fuji sebagai latar belakangnya. Lalu di musim gugur, kita bisa mampir ke Taman Asahiokakohan Ryokuchi yang berada di bibir danau sebelah selatan dekat pelabuhan tempat naik Bus Kaba, yakni bus amphibi yang bisa beroperasi di darat dan air menyusuri danau. Danau Yamanaka buka setiap hari dari jam 09.30-15.15. Dengan Mt. Fuji Pass, kita bisa naik kapal wisata Swan Lake berkeliling Danau Yamanaka.

Pemandangan Danau Yamanaka di Yamanashi
Pemandangan Danau Yamanaka di Yamanashi

4. Naik kapal En-Soleil di Danau Kawaguchiko

Danau Kawaguchiko merupakan danau yang paling populer dengan infrastruktur pariwisatanya yang paling berkembang di antara ke-5 danau di Fujigoko. Danau ini bisa dicapai dengan sedikit berjalan kaki dari Stasiun Kawaguchiko. Dengan kapal wisata En Soleil kita bisa melihat pemandangan Gunung Fuji dari tengah-tengah Danau Kawaguchiko. Tiket naik kapal wisata ini adalah 930 yen untuk orang dewasa dan 470 yen untuk anak-anak, yang tercover dengan Mt. Fuji Pass. Atraksi ini beroperasi setiap hari dari jam 09.00-16.30.

5. Kachikachiyama Ropeway

Mau melihat pemandangan Gunung Fuji dan Danau Kawaguchiko dari ketinggian? Maka kereta Ropeway Kachi-Kachi Yama adalah jawabannya. Dari ketinggian 1075 meter kita bisa melihat kemegahan dan kesempurnaan panorama Gunung Fuji dengan Danau Kawaguchiko. Kereta gantung Kachikachiyama Ropewat beroperasi setiap hari dari jam 09.30-17.00. Tiketnya seharga 800 yen untuk pulang pergi dan 450 yen untuk sekali perjalanan. Tiketnya tercover dengan Mt. Fuji Pass.

Danau Kawaguchiko dari Kachikachi-yama Ropeway
Danau Kawaguchiko dari Kachikachi-yama Ropeway

6. Naik kapal Moguran di Danau Motosuko

Danau Motosu (Motosuko) merupakan danau terdalam dan paling jernih dari kelima danau yang ada di sekitaran Gunung Fuji. Kita akan berlayar selama 30 menit dengan naik kapal. Dengan lantai kapal transparan, kita bisa melihat langsung kehidupan bawah air di Danau Motosu. Atraksi ini beroperasi setiap hari dari jam 09.30-15.30, dari tanggal 1 September sampai 26 November, dengan harga tiket masuk 900 yen untuk orang dewasa dan 450 yen untuk anak-anak.

Gunung Fuji dan Danau Motosuko
Gunung Fuji dan Danau Motosuko

7. Fuketsu Wind Cave

Disebutkan gua angin bukan karena banyak angin atau angin bertiup kencang loh di sini. Gua ini mirip dengan gua es yang sudah diceritakan saya sebelumnya. Suhu di dalam gua cukup dingin dan kini digunakan sebagai tempat penyimpanan biji atau benih tanaman dan kepompong ulat sutra. Beroperasi setiap hari dari jam 09:30-16:15, dengan tiket masuk seharga 350 yen.

Beli Online Langsung
Mount Fuji Pass

8. Hyoketsu Ice Cave

Es di dalam gua ini memang tidak pernah mencair, bahkan di musim panas sekalipun, itulah mengapa Gua ini dikenal sebagai Gua Es Hyoketsu. Sampai dengan hari ini, para penduduk menggunakannya sebagai tempat penyimpanan es-es batu untuk pengawetan ikan yang akan dikirim.  Beroperasi setiap haridari jam 09:30-16:15, dengan tiket masuk seharga 350 yen.

9. Museum Fujiyama

Museum Fujiyama ini menyimpan semua lukisan bertema Gunung Fuji. Para turis sering berkunjung ke sini untuk melihat karya seni dari para seniman dunia tentang Gunung Fuji. Gak perlu bingung, museum ini letaknya di belakang Fuji Resort Hotel di kawasan Fujikyu Highland, jadi bisa sekalian mampir setelah bermain. Museum ini beroperasi setiap hari dari jam 10.00-17.00, dengan harga tiket masuk 1.000 yen.

Hitung-hitungan ala Tim Info Jepang

Kalau teman-teman ingin berkeliling objek wisata di sekitara Gunung Fuji, Kawaguchiko, hingga Gotemba selama 1 hari penuh, bisa mempertimbangkan membeli Mt. Fuji Pass. Namun ingat, harganya 5.500 yen, dan membutuhkan perencanaan serta waktu yang ketat. Ada baiknya, pass ini juga digunakan kalau teman-teman menginap di kawasan Kawaguchiko atau Gotemba, supaya bisa mulai perjalanan pagi-pagi sekali.

Rute yang kami sarankan antara lain:

  1. Stasiun Kawaguchiko-naik kapal En-Soleil di Danau Kawaguchiko-naik Kachikachiyama Ropeway-main sebentar di Fujikyu Highland (1 atau 2 wahana)-Museum Fujiyama-naik bus ke Gotemba-Gotemba Premium Outlet-kembali ke Stasiun Kawaguchiko.
  2. Stasiun Kawaguchiko-naik kapal En-Soleil-naik Kachikachiyama Ropeway-main sebentar di Fujikyu Highland (1 atau 2 wahana)-Stasiun Kawaguchiko-Danau Saiko (Gua Es dan Gua Angin)-Stasiun Kawaguchiko.
  3. Stasiun Kawaguchiko-main sebentar di Fujikyu Highland (1 atau 2 wahana)-Museum Fujiyama-naik bus ke Gotemba-Kebun Bunga Grinpa-Gotemba-kembali ke Stasiun Kawaguchiko.
  4. Stasiun Kawaguchiko-Gotemba-Kebun Bunga GrinpaGotemba Premium Outlets-Stasiun Kawaguchiko.
  5. Gotemba-Kebun Bunga Grinpa-Gotemba Premium Outlets-Danau Yamanaka-Stasiun Kawaguchiko.

Cheap Hotels near Lake Kawaguchiko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Fuji Backpackers Capsule
from ¥2321/night
Yabuki
from ‎¥8932/night
Tagaogi
from ¥20000/night
Subashiri Condominium
from ¥12350/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Taman Yagisaki
Gunung Fuji dari Taman Yagisaki di Kawaguchiko
Fujikyu Highland
fujikyu gate
Museum Itchiku Kubota
Pintu masuk Museum Seni Itchiku Kubota
Kebun Bunga Hananomiyako
Kebun bunga Hananomiyako di musim semi

Sumber gambar: Ankur PNguyen Hung Vu, Kuruman, hoge asdf


Recommended for you

Last modified: July 1, 2019

Comments (121)

  1. Malam Pak Nugroho.. Mau tanya jika saya ingin ke Chureito pagoda, kawaguchiko, oshino hakai, gotemba, iyashi no sato, fuji station 5 , dalam 1 hari, menurut Bapak perlukah saya membeli Mt Fuji Pass?
    Saya memiliki JR pass..

    Apakah loops bus di Mt Fuji berbayar?
    Terima kasih banyak…

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak perlu bu, Mt. Fuji Pass baru akan untung kalau ibu mau mengunjungi banyak tempat wisata dalam 2-3 hari. Kalau 1 hari yang 5500 yen, rasanya akan sulit balik modal. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Loop Bus di Fuji berbayar karena tidak tercover oleh JRPASS.
      Kalau melihat rute perjalanan ibu, Mt Fuji Pass sudah akan balik modal. Namun ibu perlu menghitung betul-betul waktu perjalanannya. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak bu Vita, dari Otsuki-Kawaguchiko itu tidak tercover dengan Mt. Fuji Pass. Salam.

    • Rute saya takayama/nagoya – Fujikawaguchiko- tokyo. Apakah ada pass yg saya dapat gunakan untuk lebih berhemat? Tks pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau melihat rute perjalanan ibu, tidak ada pass kereta yang cukup menguntungkan. Salam

  2. Salam Pak Nugroho
    Saya berencana ingin mengunjungi skawaguchiko, namun rencananya hanya setengah hari saja jadi dengan menghitung waktu perjalanan pp 5 jam dari Tokyo kira-kira tempat apa selain Danau Kawaguchi yang bisa saya kunjungi dan worth the time? saya berangkat pukul 08.00 pagi dan kalau bisa pukul 14.00 sudah berangkat kembali ke Tokyo.
    terima kasih.

  3. Salam kenal pak Nugroho, sy dan keluarga (sy, suami, 2anak, dan 1org tua) rencana berlibur ke Jepang di tgl 18-27 mei ini, dgn itinerary sbb:

    Hari 1 (18 okt)
    Tiba di Haneda PKL.09.00
    Hotel asakusa tgl 18-22 mei
    Wisata: sensoji temple, nakamise, skytree, Ginza

    Hari 2 (19 okt)
    Shinjuku, Harajuku, sibuya, omotesando

    Hari 3 (20 okt)
    Disneyland

    Hari 4 (21 okt)
    Disneysea

    Hari 5 (22 okt)
    Kawaguchiko, oshino Hakau

    Hari 6 (23 okt)
    Hotel: takayama
    Takayama old town

    Hari 7 (24 okt)
    Hotel: Osaka 24-26 okt
    Shirakawago

    Hari 8 (25 okt)
    Nara park, shinsaibashi, dotonbori

    Hari 9 (26 okt)
    Kyoto kiyomizu,Fushimi Inari, arashiyama

    Hari 10 (27 okt)
    Akihabara, ueon, bandara Haneda (balik indo)

    Yg mau sy tanya
    1. apakah susunan itinerary nya sudah oke atau harus ada yg dirubah?
    2. Atau ada masukan tempat wisata yg lebih menarik?
    3. Klo mau ke alphine roud apa msh cukup waktu?
    4. PASS apa saja yg harus saya pakai?
    Maaf ya pak pertanyaannya banyak, baru pertama sy ke Jepang 🙏🙏. Terima kasih pak.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Untuk susunan itinerarynya sudah benar kok bu.
      2. Ibu bisa mengunjungi Osaka Castle, Namba, dan Umeda saat di Osaka.
      3. Bisa digabung dengan rute perjalanan ke Shirakawago. Jadi Osaka-Shirakawago, menginap di Toyama, lalu ke Tateyama Kurobe Alpiine.
      4. Ibu bisa menggunakan JR Pass, dipakai 7 hari terakhir saja. Salam.

    • johnady  |  

      salam pak Nugroho
      saya mau tanya..apakah tempat wisata2 yg tercover dlm mt fuji pass.bisa dikunjungi lebih dari 1x dgn fuji pass.tanpa biaya tambahan lagi.
      misal ke fujikyu highland dihari ke 1 ..kemudian pergi lagi dihari ke 2..terima kasihohnady

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Betul pak, seluruh tempat wisata bebas dikunjungi berapa kali pun karena seluruh ongkosnya tercover oleh Mt Fuji Pass.
      Namun, Mt Fuji Pass hanya mengcover 1 tiket atraksi wahana di Fujikyu Highland. Salam

  4. Mohon sarannya Pak
    Lebih murah menggunakan Jr all nation pass atau kombinasi subway metro bus dsbnya?
    Saya akan berangkat ke jepang di 12-17 Des ini dgn itinerary sbb

    Hari 1
    Tiba di tokyo (Narita) pukul 12.25 – hotel di shinjuku
    Wisata : seputaran shinjuku shibuya harajuku

    Hari 2
    Wisata : tsukiji market, sensoji temple, tokyo skytree, nakamise, odaiba kalau cukup waktu

    Hari 3
    Lake kawaguchi, fujiten snow, gotemba

    Hari 4
    Tokyo – osaka rencananya shinkansen
    Wisata di osaka castle dan dotonbori

    Hari 5
    USS

    Hari 6
    Flight dari kansai jam 15.00

    • Nugroho Christian  |  

      Karena hanya ada rute searah dari Tokyo-Osaka, sepertinya tidak akan balik modal jika bapak membeli JR Pass. Cukup dengan kartu SUICA untuk mengcover ongkos kereta dalam kota, dan tiket shinkansen ketengan ke Osaka, dan naik bus dari Tokyo-Kawaguchiko dan Gotemba ke Tokyo baliknya. Salam.

  5. Salam kenal Pak Nugroho, saya dan keluarga (suami dan 3 anak kami) berencana berlibur ke Kawaguchiko pada 9 Januari 2020 ini. Tidak menginap jd hanya pulang hari. Rencananya pagi2 akan naik JR dr hotel Kami di IIdabashi – Shinjuku/St. Tokyo – Otsuki naik Fujikyu Express/Fujisan Express bus ke Kawaguchiko (mohon bantuannya mengkoreksi apabila ada yg tidak tepat). Mengingat saat itu cuaca akan sangat dingin apakah worth it untuk membeli MT. FUJI PASS atau cukup membeli Retro bus pass saja ? Saya tidak tau apakah bbrp wahana yg ada akan tetap beroperasi pd musim dingin. Dan jam berapa baiknya kembali ke Tokyo? Mohon masukannya pak. Terima kasih banyak.

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk rute kereta nya sudah benar. Tidak perlu membeli Mt. Fuji Pass bu, cukup dengan kartu SUICA/ Pasmo saja. Atau kalau ibu mau mengunjungi Iyashi no Sato atau tempat wisata yang lumayan jauh dari Stasiun Kawaguchiko, bisa mempertimbangkan membeli Retro Bus Pass. Salam.

  6. Selamat sore Pak Nugroho.
    Dr tgl 24-26 nov kami mau keliling Fuji Hakone.
    Sy menginap di sekitar Kawaguchiko Sta. Jd rencana 1 hr mau k Oshino Hakkai, Snow town Yeti, kalo masih keburu mao ke Gotemba Premium Outlet.
    Rencana yg sy susun kira2 spt ini:
    * kawaguchiko sta ( bus 07.45 )-oshino hakkai by fujikko-go bus.
    * oshino hakkai ( bus 10.23) – gotemba sta.
    * gotemba st ( bus 12.35 ) – snowtown yeti
    * yeti ( bus 16.23 ) – gotemba sta
    * gotemba sta – GPO pake shuttle bus
    * GPO ( bus 19.20 ) – kawaguchiko

    Mohon sarannya pak, kira2 keburu tdk dgn susunan spt diatas.
    Thanks ya pak.

    • Selamat sore pak.
      Maaf pak, sy agak kurang faham dgn penjelasan bpk, mksdnya gmn ya pak.
      Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Secara itinerary sudah benar dan bisa bu. Saya hanya memberikan saran, untuk rute Snow Town Yeti-Gotemba Sta-GPO-Kawaguchiko itu bisa lebih mudah karena ada bus dari Gotemba Station ke Kawaguchiko. Jadinya Snow Town Yeti-Gotemba Sta-Kawaguchiko. Semoga mengerti bu. Salam.

  7. Selamat Siang Pak…

    saya ingin bertanya, saya akan menjelajahi wisata di hakone pada tnggl 5 nov 2019
    kira2 jalur kereta yg harus saya ambil jika saya menginap di daerah Taito, Jepang.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Mohon maaf bisa memberitahu lokasi tepatnya di Taito sebelah mana? Apa nama stasiun terdekatnya? Setelah dari Hakone rencananya kemana lagi? Apakah pulang pergi dari penginapan di Taito? Salam

  8. Finny Fitry Yani  |  

    Dear Pak Nugroho

    Kami ber5 akan ke Danau Kawaguchi dan Mt Fuji dan sekitarnya 30 Juni 2019 sejak pagi, dari hotel di Chiba. Alternatif pilihan yang saya rencanakan :
    1. ikut one day tour , kembali lagi ke Shinjuku Tokyo, besoknya ke Hamamtsu , atau
    2. menginap di Danau Kawaguchi, dan besoknya ke Hamamtsu

    Kami juga ingin mampir di Gotemba FO

    Mohon asupan…

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya bisa keduanya bu, silakan disesuaikan dengan tour nya. Kalau tournya juga mengunjungi ke Gotemba Premium Outlets, tidak perlu menginap.
      Tapi kalau di tournya tidak ada, dan ingin lama berbelanja di Gotemba Premium Outlets, bisa menginap satu malam. Salam

  9. Salam kenal pak,
    Apakah bus retro saiko termasuk dalam mt fuji pass? saya berencana untuk mengunjungi Iyashi nosato village pada saat menginap di Kawaguchiko.
    Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Iya termasuk bu, ongkos bus Retro tercover dengan Mt. Fuji Pass ini. Salam.

  10. Saya mau ke Mt Fuji pada tanggal 15 April 2019. Berapa suhu udara di kawaguchiko dan area sekitar Mt. Fuji?
    Rencananya saya mau
    1. Naik En soleille
    2. Ropeway kachi kachi yama
    3. Naik Kapal Moguran
    4. Ice cave
    5. Naik Swan Lake
    Jika saya naik bus jam pertama dari Shinjuku dan kembali ke Hanedha malam hari.
    5 rute tersebut cukup tidak ya waktunya?
    Sebaiknya saya membeli Mt. Fuji Pass atau beli tiket ketengan saja ya?
    Adakah bus langsung dari Kawaguchi ke Haneda?

    • Nugroho Christian  |  

      1. Bisa saja, namun jadwalnya cukup ketat bu, dan cukup dengan retro bus pass.
      2. Dari Kawaguchiko, ada bus ke Haneda langsung, bisa langsung dicek di tulisan saya tentang Bus ke Kawaguchiko. Salam.

    • Selamat siang sekitar 6 maret 2020 saya ada rencana ke snow town yeti, gotemba. Dan kawaguchi. Mohon saran dan pertimbangan nya apakah saya harus menginap 1 hari di kawaguchi atau kembali ke shinjuku di hari yang sama. Mempertimbangkan saya membawa 2 anak 10th dan 7th. Bolehkah minta info urutannya yang efisien.. transportasi yang digunakan dan jika ada referensi hotel murah dan terjangkau di sekitar kawaguchi. Apakah utk area ini tercover oleh tokyo wide pass.. dan 1 lagi mana yang lebih baik bermain salju di gala yuzawa atau resort yeti. Karena yg kami inginkan hanya bermain snow sliding, melihat gn fuji dan gotemba. Mohon sarannya .. maaf banyak sekali pertanyaan nya. Terimakasih.

  11. Sore Pak, saya berencana ingin ke festival shibazakura, dan gotemba. Rencana saya berangkat dr shinjuku, dan sore nya kembali lg ke shinjuku. Pertanyaannya: apakah waktunya cukup? , dan sebaiknya menggunakan transportasi apa? (Rencana saya akan membeli JR pass). Mohon infonya pak. Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk bus ke Kawaguchiko sebaiknya di reservasi, namun untuk bus ke Motosuko Resort dan Gotemba Premium Outlet adalah bus lokal, jadi tidak perlu di reservasi. Salam.

  12. Selamat siang, Pak…
    Pada saat musim dingin jika saya ingin ke Kebun Bunga Grinpa, apakah ada yang bisa dilikat?
    Apakah pada musim dingin saya lebih baik ke Mt Fuji 5th Station?
    Terima kasih atas bantuannya, Pak…

    • Nugroho Christian  |  

      Pada musim dingin, di Kebun Bunga Grinpa ada area untuk bermain salju dan es. Namun untuk bunga dan tanaman tidak ada, semuanya putih tertutup salju. Saat musim dingin, rute ke Fuji 5th malah tidak disarankan karena suhunya sangat dingin. Salam.

  13. Siang pak,, saya mau tanya untuk penggunaan mt fuji pass 1 day.

    Rute saya dari tokyo-otsuki-kawaguchiko stations. Tempat yang saya kunjungi lebih kurang shibazakura festival, gotemba premium outlet. Jika memungkin saya tertarik untuk ke fuji 5th Station.
    Apa menggunakan mt fuji pass cover transportasi dan tiket masuk pak?

    Mohon infonya pak. Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Mt Fuji Pass hanya mengcover ongkos transportasi saja bu, namun tidak tiket masuk. Salam

  14. Hi Infojepang

    Mau bertanya, saya akan menginap 2 hari di mystays fuji. Utk perjalanan dari tokyo menggunakan jr pass ke otsuki. Dasri otsuki dicover kah dgn mt fuji pass? lalu itinerary 2 hari di lake kawaguchi kemana saja apakah worthed membeli 2 days pass mt fuji. Dan dari st kawaguchiko utk ke osaka melalui station mishima apakah dicover juga dgn mt fuji pass?

    Lebih worth diaktifkan dari otsuki – kawaguchiko atau saat pulang nya kawaguchiko – mishima?

    Thanks

  15. Deddy Yudianto  |  

    Selamat pagi Pak Nugroho, kalau saya mau pesan tiket bus dari bandara haneda ke stasiun kawaguchiko via on line bagaimana caranya ? Saya sudah coba berkali kali tetapi gagal terus karena harus register dulu nama harus huruf kanji . Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Ya pak, memang harus kanji pak. Bapak bisa gunakan google translate saja pak. Salam.

  16. Selamat malam pak Nugroho, jika saya berencana ke danau kawaguchi lake, naik kachi2 & Gotemba outlet apakah sy perlu membeli mt fuji pass ? Atau sebaiknya pass apa yg hrs sy beli ?

  17. Sore Pak, saya ingin bertanya. Saya berencana ke Fuji pada tanggal 05-06 May 2019, dengan tujuan Chureito Pagoda, Oshine Hokka (hari 1) menginap di dekat Kawaguchiko St kemudian hari ke 2 saya pergi ke Fuji Shibasakura, Lake Kawaguchiko.

    Mohon informasinya untuk transport yang sebaiknya saya beli, saya sudah coba cari yang saya dapatkan:
    1. Saya harus bayar Fuji Kyukoline untuk menuju ke Kawaguchico st. (Y1140/way)
    2. Setelah drop luggage saya ke Shimoyoshida st. (Y300/way)
    3. lanjut ke Oshino Hakkai (belum busnya)
    keesokan harinya
    4. Membeli bus Shibazakura Liner (Y 2000)
    5. Ke kawaguchi lake (belum ketemu busnya)
    6. Kembali ke Otsuki (Y1140/way)

    Mohon bantuannya pak, untuk rute saya diatas apakah sudah benar? dan adakan Pass yang saya bisa pakai di sana yang lebih hemat?

    terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      1. Dari Pagoda Chureito, ibu naik Fujikyu Railway kembali ke Stasiun Kawaguchiko, lalu naik bus Fujikyuko ke Oshino Hakkai ongkosnya 550 yen.
      2. Untuk nomor 5, biaya 2000 yen untuk Shibazakura Liner itu sudah termasuk biaya tiket bus PP ke Kawaguchiko-Motosuko Resort. Salam.

  18. Selamat malam pak nugroho, saya mau ke fuji dari tokyo. Yang mau saya tanyakan apakah itinerary saya sudah benar
    1. Shinjuku – kawaguchiko by bus
    2. langsung naik ropeway mt kachi kachi
    3. Lalu ke lake shore boarding pier
    4. Lake cruise
    5. Kembali ke kawaguchi station
    6. Kawaguchi station ke gotemva
    7. Lalu otw ke hakone to owakudani
    Dan terakhir ke lake ashi
    Kalo boleh tolong dibantu mengatur perjalanan, yang sejalan yang mana terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya rute perjalanannya sudah searah kok bu, namun sepertinya tidak bisa dikejar dalam 1 hari bu. Salam

  19. Selamat malam pak nugroho, saya mau ke fuji dari tokyo. Yang mau saya tanyakan apakah itinerary saya sudah benar
    1. Shinjuku – kawaguchiko by bus
    2. langsung naik ropeway mt kachi kachi
    3. Lalu ke lake shore boarding pier
    4. Lake cruise
    5. Kembali ke kawaguchi station
    6. Kawaguchi station ke gotemva
    7. Lalu otw ke hakone to owakudani
    Dan terakhir ke lake ashi
    Kalo boleh tolong dibantu mengatur perjalanan, yang sejalan yang mana terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya rute perjalanannya sudah searah kok bu, namun sepertinya tidak bisa dikejar dalam 1 hari bu. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk Green Line, beroperasi dari jam 09.00-17.00, untuk Red Line, operasinya dari jam 09.00-18.00, dan untuk Motosuko (blue line) dari jam 09.20-17.30. Salam.

  20. Selamat siang pak Nugroho.

    Saya rencana mau ke fuji tapi hanya di sekitaran kawaguchiko saja. Saya mau tanya, kalo saya hanya mengunjungi 2-3 tempat saja yg ada di kawaguchiko, lebih baik saya membeli Mt. Fuji Pass atau tidak perlu yah?
    Mohon informasi dan masukannya pak. Terima kasih.

  21. Selamat siang pak Nugroho.

    Saya bulan november nanti rencana mau 1 day trip kawaguchi – gotenmba berangkat dari St. Tokyo/St. Shinjuku by Bus.

    Setelah saya baca-baca dari tulisan bapak di atas, sepertinya saya memilih untuk melakukan 1 day trip pada pilihan rute yg nomor 1.

    Pertanyaan saya ;

    1. Apakah transportasi untuk ke tempat-tempat tersebut sudah ter-cover oleh Fuji Pass?

    2. Jika saya mengambil opsi trip rute nomor 1, apakah waktu yg saya punya (1 hari) itu cukup?

    3. Pukul berapa saya sudah harus tiba di st. Kawaguchi (start) dan pukul berapa saya sudah harus kembali ke st. Kawaguchi lagi (pulang ke Tokyo) ?

    Mohon pencerahannya pak. Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Ya, ongkos transportasinya sudah tercover oleh Mt. Fuji Pass. Yang jelas bapak harus naik kereta paling pagi dari Tokyo sekitaran jam 07.00 dan kembali ke Tokyo sekitaran jam 11-12 malam. Bus terakhir dari Gotemba Premium Outlets kembali ke Kawaguchiko itu jam 19.20 dan di Kawaguchiko jam 21.00, tiba di Tokyo sekitaran jam 00.00. Salam

  22. Sore pak Nugroho,

    Mohon rekomendasinya, jika saya membeli Fuji Pass 2 hari dan saya berangkat dari Shinjuku station, lebih baik menggunakan train dan ganti train di Otsuki station atau naik bus direct ke Kawaguchiko station?
    Apakah ada rute yang disarankan untuk 2 hari di Fuji dan sekitarnya?

    Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Sama saja bu, karena ongkos yang tercover baru mulai dari Stasiun Kawaguchiko.
      Rutenya salah satunya bisa: Stasiun Kawaguchiko-naik kapal En-Soleil di Danau Kawaguchiko-naik Kachikachiyama Ropeway-main sebentar di Fujikyu Highland (1 atau 2 wahana)-Museum Fujiyama-naik bus ke Gotemba-Gotemba Premium Outlet-kembali ke Stasiun Kawaguchiko, atau ada 4 rute lain yang bisa ibu coba (sudah saya tuliskan di atas sebenarnya). Salam.

  23. Pak nugroho mohon rekomendasinya kalau sy mah pakai fuji pass ini seharian tour fuji dari tokyo harus start jam brp dan pulang jam brp ya dari kawaguchiko station? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau bisa start dari paling pagi, naik kereta yang jam 06.30 atau 07.00 dari Shinjuku.
      Kalau sudah di atas itu banyak waktu yang akan hilang dan rasanya sulit untuk balik modal. Pulangnya bisa jam 20.00-21.00 dari Kawaguchiko Station. Salam

  24. selamat malam pak Nugroho,
    SAYA RENCANA TANGGAL 23 OKT KE JEPANG, ITINERARY NYA SBB:
    23 OKT SORE TIBA DI NARITA—-NGINAP DI HTL NIKKO NARITA
    24 OKT NAIK PESAWAT KE SAPPORO NGINAP DI SAPPORO 3 MALAM
    25 & 26 OKT: TOUR DI SAPPORO
    27 OKT NAIK PESAWAT KEMBALI KE NARITA—->TOKYO
    28 OKT KE KAWAGUCHIKO NGINAP SEMALAM DI GOTEMBA
    29 OKT KE HAKONE DARI GOTEMBA ,SORE DARI HAKONE KEMBALI KE TOKYO
    30 OKT SORE DARI TOKYO KE OSAKA
    31 OKT KE KYOTO—-> SORE KEMBALI KE OSAKA
    01 NOV KE USJ—> SORE KE NAGOYA
    02 NOV TOUR DI NAGOYA
    03 NOV MALAM KE BANDARA KANSAI OSAKA
    PERTANYAAN SAYA: “PASS” APA YANG PALING COCOK UTK SAYA DENGAN RUTE SEPERTI DIATAS? KAMI ROMBONGAN BERJUMLAH 12 ORG. TERIMA KASIH ATAS SARANNYA PAK.
    SALAM-DANIEL.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Kalau boleh memberi saran, Nagoya itu lokasinya berada di antara Tokyo dan Osaka/ Kyoto, jadi nanti bisa ditukar tour di Nagoya nya.
      Bapak bisa menggunakan Fuji Hakone Pass untuk tanggal 28-29 Oktober. Salam

  25. Selamat malam, saya sekarang sudah berada di Jepang ( Osaka ), Bgmn cara nya saya bisa dapat beli / pesan Mount Fuji Pass di Jepang …???
    Terimakasih sebelum dan sesudahnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Anis bisa membeli Mt. Fuji Pass di Stasiun Otsuki, Stasiun Kawaguchiko, Stasiun Mt. Fuji, Terminal Bus Asahigaoka, Stasiun Shin-Fuji, Stasiun Gotemba, Stasiun Mishima, dan Stasiun Fujimiya. Salam.

  26. selamat malam..
    saya sekarang tinggal di jepang, saya memegang paspor untuk tinggal di jepang 1 tahun. apakah saya bisa fuji pass ini pak?. terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Selama ibu orang Indonesia (bukan permanent residence di Jepang), bisa membeli Mt. Fuji Pass. Salam

  27. oh iya saya bertanya ini karena sebelumnya baca ada syarat “as a temporary visitor” dan saya memegang paspor 1 tahun tinggal di jepang. tp untung deh ttp bisa beli mt fuji pass hehehe.

  28. selamat malam. saya kenshusei di jepang. libur musim panas ada niat untuk refresing. apakah saya bisa beli mt fuji pass dengan paspor kenshusei. terimakasih..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Mt Fuji Pass bisa dibeli oleh semua orang yang berpaspor Indonesia. Salam

    • terimakasih pak atas jawabannya..
      saya ingin belinya di gotemba. berarti dr gotemba mt fuji pass ini sudah bisa di gunakan ya untuk ke kawaguchiko. apakah ada saran itinerary pak untuk satu hari agar mt fuji pass ini maksimal hehehe. niatnya start dr kawaguchiko.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Bapak kapan ya perginya? Di bagian bawah artikelnya sudah dituliskan kok contoh rute-rutenya yang efektif. Salam

    • oh iya saya bertanya ini karena sebelumnya baca ada syarat “as a temporary visitor” dan saya memegang paspor 1 tahun tinggal di jepang. tp untung deh ttp bisa beli mt fuji pass hehehe.

  29. pagi pak mohon infonya
    saya mau beli mt fuji pass yang saya tanyakan
    dari st kawaguchi untuk ke kachi2 ropawey naik bus retro atau omni bus kan?
    kemudian dari kachi2 ropawey untuk ke fujiQ highland itu naik apa ya? yang biaya bus nya sudah tercover di mt fuji pass. jika tidak tercover harus naik bus apa?
    kemudian dari fuji Q ke gotemba premium outlet naik apa?
    mohon infonya saya akan brangkat sebentar lagi
    terimakasih banyak

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Kachi-kachi yama bisa naik bus kembali ke Kawaguchiko, lalu naik kereta Fujikyu sampai ke Stasiun Fujikyu Highland. Dari Fujikyu Highland bisa naik bus Fujikyu ke Gotemba. Salam.

  30. Pagi pak
    Saya baca Mt. FUJI PASS sudah mengcover kereta dari otsuki ke kawaguchiko. Sebaiknya dari tokyo saya naik apa ya ke otsuki ? Apakah naik Azusa train, atau ada bus ke otsuki? Bila naik Azusa, berapa tiketnya pp? Saya kesulitan searching timetable dan fare Azusa. Terimakasih pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kereta ekspress Azusa atau Super Azusa dari Shinjuku berangkat setiap jam pada menit 00 atau 30, dan ongkosnya 2250 yen sampai di Otsuki Station.
      Kalau mau naik bus bisa naik bus langsung ke Kawaguchiko Station, ongkosnya 1750 yen. Baca informasi bus ke Kawaguchiko dan Gunung Fuji. Salam

  31. malam pak Nugroho

    saya dari kyoto akan ke kawaguchi station lalu ke COTTAGE PASTORALE kawaguchi 3064.fujikawaguchi 401-0304 (tempat saya menginap)….naik apa ya pak?

    trima kasih

  32. siang pak…
    brarti kalo saya membeli mt fuji pass, tiket kereta dari otsuki ke kawaguchiko pp sdh tercover juga ya pak?
    trims

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya Mt Fuji Pass mengcover ongkos perjalanan dari Otsuki Station menuju ke Kawaguchiko Station PP dengan Fujikyu Line. Salam

  33. sore Pa, kalau sy datang dr shinjuku/tokyo, transport dr shinjuku sampai stasiun kawaguchiko nya tercover mt fuji pass gak? Kl tidak tercover sebaiknya dr shinjuku sy naik apa ya?

    • Nugroho Christian  |  

      Gak bu, Mt. Fuji Pass ini hanya mengcover ongkos dan tiket masuk tempat-tempat wisata di sekitaran Fuji Kawaguchiko. Dari Shinjuku, ibu bisa naik kereta ekspress Azusa atau Kaiji ke Otsuki, dilanjut dengan Fujikyu Railway sampai Stasiun Kawaguchiko, atau bisa dengan naik bus ke Kawaguchiko. Salam.

  34. Pagi Pak Nugroho,
    Mau tanya antara Danau Kawaguchi dan Hakone (Danau Ashi) lebih banyak atraksinya dimana ya? Terus untuk seight seeingnya lebih menarik yg mana?

    Terima kasih

  35. Siang pak,pak kalo mau k kawaguchi naek bus, ap tiket bisa beli d tempat? Atau harus beli online?Kalo di liat2, kayanya lbh gampang dan cepat naik bis yah pak?

    • Nugroho Christian  |  

      Naik bus ke Kawaguchiko dari mana ya bu Irena? Apa dari Tokyo? Silahkan baca lengkapnya dalam tulisan saya tentang Bus ke Kawaguchiko dari Tokyo. Memang benar, karena kita gak perlu transit di Otsuki, namun kalau ibu punya pass kereta, tentu akan lebih “memilih” untuk naik kereta dibandingkan bus kan. Salam.

  36. Malam pak. Pak kalo saya turun di station kawaguchi, dan sy hanya ingin melihat dan foto dengan latr mt fuji,apa sudah bisa pak? Atau sy harus kemana, biar bisa melihat mt fuji? Trimakasih pak Nugroho

  37. Selamat Pak Nugroho. Apakah JR Hokuriku Arch bisa digunakan untuk ke mt. Fuji? Apakah kami perlu membeli lagi Fuji Pass ini? Terima Kasih..

  38. Siang pak,

    Mohon infonya apa beda mount fuji pass dengan fuji hakone pass? Saya berencana menginap di kawaguchiko 2 malam dan planning keliling kawaguchiko, gotemba dan tempat2 wisata spt danau yamanaka dan taman bunga, pass apa yg cocok ya pak? Apakah saya harus beli pass ini? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Nara jauh bu, di dekat Osaka dan Kyoto. Kalau ibu sudah ke Kyoto bisa dibilang Nara dan Kyoto hampir mirip. Namun Kawaguchiko dengan panorama Gunung Fuji nya selalu punya daya tarik tersendiri yang keren. Salam.

  39. Selamat pagi pak Nugroho, mohon pencerahannya, jadwal perjalanan saya mei ini rencananya kami mau ke Jepang, dgn itin Jkt – Tokyo – Osaka/Kyoto = Tokyo, dari Osaka mau kembali ke Tokyo hari ke 5 kami sedang bingung mau ke Nara atau Mt Fuji, mana yg lebih recommended pak ?

    Terima kasih.

  40. pagi Pak Nugroho…

    Pak, kalau dari station Shinjuku ke MT Fuji-Kawaguchi saya naik apa yang?
    info : saya punya JR pass
    trima kasih pak

  41. siang pak kristian, kalau saya ada rencana mau ke shibazakura dan gotemba sedangkan tempat tinggal di shinjuku, sebaiknya beli mt fuji pass atau ada alternatif lain pak?

  42. Pak Nugroho, kalau mau ke shibazakura (fuji motosu resort) dari kawaguchiko, apakah bisa naik bis lokal juga? dan apakah ongkosnya bayar lagi atau gratis dari mt. fuji pass?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya kalau memang ingin naik bus lokal, tercover ongkosnya dengan Mt. Fuji Pass, namun perlu dihitung waktunya, karena busnya sangat jarang dibandingkan dengan keberangkatan bus ekspress. Salam

  43. Nanda Ramadhani  |  

    Selamat siang, Pak. Saya mau tanya, kalo naiknya dari stasiun Kawaguchiko mau ke Shibazakura Festival apakah ada bus lokalnya? Dan turun dmn? Apakah langsung turun di Shibazakura Festival-nya persis atau hanya turun di Danau Motosuko saja? Krn saya liat di peta dari danau Motosuko ke Shibazakura Fest masih 2.9km lg. Atau saya salah?
    2. Apakah dgn mount fuji pass tetap harus bayar 1.320 yen lg utk naik bus ke Shibazakura Fest? Mohon pencerahannya, Pak. Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Memang bukan di danau Motosuko nya bu, namun halte bus Fuji Motosuko Resort (hanya dilewati bus lokal selama Festival Shibazakura).
      Kalau memiliki Mt. Fuji Pass, ongkos menuju ke Fuji Motosuko Resort sudah tercover. Salam

  44. Sore pak Kristian ,kita cuma ke kachi2,pagoda chureto,hakkai .itu pakai pass Fuji apa satuan ya pak. Kalau seandainya kita ngak pakai Tokyo wide pass naik bus apa lebih mahal aplebih menguntungkan. Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak perlu membeli Mt. Fuji Pass, sulit balik modal kalau dilihat. Tokyo Wide Pass (10.000 yen) juga tidak akan balik modal kalau hanya ke Fuji-Kawaguchiko, bapak harus ke tempat lainnya yang tercover dengan Tokyo Wide Pass. Kalau naik bus, ongkosnya sekitr 1.750-1.800 yen. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa bu, ibu bisa naik bus lokal dengan rute Stasiun Shin-Fuji-Danau Motosuko-Danau Shojiko-Stasiun Kawaguchiko-Mt. Fuji Station (turun di halte ). Lama perjalanan sekitar 50 menit dengan ongkos 1.320 yen.

  45. Hai pak Nugroho,
    Kami rencana akan ke Fuji, kawaguchiko dan sekitarnya dari Osaka, bermalam semalam (baiknya dimana?) dan balik ke osaka .
    Itin terbaik dan travel termurahnya bagaimana?

    Terima kasih banyak

  46. Pagi pak Nugroho, mohon bantuannya saya mau beli mount fuji pass secara online namun saya kesulitan dlm mengakses link klook. Saya sudah klik booking, hingga sampai daftar memasukkan alamat e-mail saja, dan selanjutnya tidak ada penjelasan untuk pemesanan tiket pass tersebut. Terima kasih atas bantuan bapak.

    • Nugroho Christian  |  

      Boleh tahu untuk tanggal berapa ya pak? Ada batasan tanggal pemesanan soalnya. Salam.

  47. Malam pak Kristian, saya mau ke kawaguchiko dari Shinjuku pake tokyo wide pass. Kalau pas di my Fuji nya saya beli pass khusus fuji apa gimana ya pak .terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Di Kawaguchiko nya rencananya mau ke mana saja ya Pak? Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau online, sementara ini hanya ada di website Klook bu. Selain itu, ya beli langsung saja di Jepang. Bisa di Otsuki Sta(Fujikyu Railway), Kawaguchiko Sta & bus sales window, Mt.Fuji Sta.(Fujikyu Railway), Yamanakako-Asahigaoka Bus Terminal, Gotemba Sta Fujikyu bus sales window, Mishima Sta Fujikyu bus sales window, dan Fujinomiya Sta.Fujikyu Bus sales window.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!