Tateyama Kurobe Alpine

Home / Attraction / Tateyama Kurobe Alpine
Item image

Sudah pernah pergi ke Tokyo, Osaka, Kyoto, atau Yokohama? Maka Tateyama Kurobe Alpine Route, objek wisata alam pegunungan adalah yang cocok buat kamu. Dengan pergi ke sini, kita bisa menikmati suasana asri pegunungan tinggi Jepang dan keindahan alam negeri matahari terbit ini.

Transportasi Tateyama Kurobe Alpine Route

Salah satu lokasi favorit para wisatawan adalah Tateyama Kurobe Alpine Route. Rute ini dibuka setelah musim dingin lewat, dari tanggal 15 April hingga 30 November 2018 ini menawarkan pengalaman menakjubkan. Rute menembus pegunungan dan di ketinggian 2.500 meter ini menghubungkan dua kota yakni Tateyama di Prefektur Toyama dan Shinano-Omachi di Prefektur Nagano.

Tateyama Kurobe Alpine Route merupakan tempat di mana kita bisa menikmati panorama dan pemandangan alam Jepang, daun hijau di musim semi, dan merah di musim gugur, hingga salju putih di musim salju. Semenjak dibuka sejak Juni 1971, tempat ini berubah 180 derajat dari tempat terisolasi menjadi lokasi terbaik untuk melihat panorama alam. Tak heran jutaan pengunjung datang ke Tateyama Kurobe Alpine Route setiap tahunnya.

Kita bisa naik bus dari Bijodaira hingga ke Murodo di sisi prefektur Toyama, dan berjalan kaki dengan salju setinggi 20 meter di sisi kanan dan kiri jalan dan mengunjungi Yuki no Otani atau disebut juga The Great Snow Canyon. Pada musim panas, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan indah ketika bendungan Kurobe dibuka. Debit air yang tercurah dari bendungan tertinggi di Jepang ini sangat fantastis dan airnya tercurah hingga jarak 500 meter. Di musim gugur, kita bisa melihat keindahan momiji (daun berubah warna menjadi merah) di lereng gunung Tateyama dari atas kereta Torokko. Pokoknya ga rugi deh pergi ke Prefektur Toyama!

Peta Tateyama dan Shirakawago Jepang

Peta Tateyama dan Shirakawago, serta kota-kota lainnya

transportasi di tateyama

Transportasi di Tateyama Alpine Route

Toyama Chiho Railway

Kereta ini menghubungkan Dentetsu Toyama Station (dekat JR Toyama Station) di pusat kota Toyama ke Tateyama Station di bagian pegunungan dalam waktu 1 jam. Beroperasi sepanjang tahun. Ongkos sekali jalannya 1.200 yen. Kereta pertama dari stasiun Dentetsu Toyama berangkat pukul 05.28. Silakan naik kereta pertama ini untuk mengejar tateyama cable car yang pertama berangkat pukul 07.00. Kereta Toyama Chiho Railway ini berangkat kira-kira satu kali dalam satu jam.

Tateyama Cablecar

Perjalanan dilanjutkan dengan naik cablecar bernama Tateyama Cablecar. Cablecar ini menghubungkan Tateyama Station ke Bijodaira Station dalam waktu 7 menit dengan ongkos 720 yen. Tateyama cable car ini berangkat setiap 20 menit sekali. Paling awal pukul 07.00 dan keberangkatan terakhir pukul 15.00 untuk yang ke arah Shinano-Omachi.

Highland Bus

Highland Bus atau bus dataran tinggi menghubungkan Bijodaira Station dan Murodo selama 50 menit perjalanan dengan ongkos 1.710 yen. Saat musim semi pertengahan April hingga akhir Mei, bus ini akan melewati jalur tembok salju atau Yuki no Ootani. Informasi lebih lengkapnya bisa dibaca di artikel berikut. Tembok salju Tateyama ini adalah daya tarik utama Tateyama, di mana kita bisa berjalan diantara tembok salju setinggi 20 meter. Keberangkatan paling awal dimulai pukul 07.50 dan keberangkatan terakhir pukul 15.20 untuk yang ke Shinano-Omachi.

Tiba di Murodo, kita bisa melihat pemandangan Pegunungan Tateyama yang sangat indah karena Murodo adalah titik tertinggi yang bisa dicapai dengan naik kendaraan. Di Murodo, kita juga bisa melihat Hotel Tateyama, hotel tertinggi di Jepang.

Tateyama Trolley Bus

Bus troli bertenaga listrik ini menghubungkan Murodo dengan Daikanbo lewat terowongan menembus puncak Gunung Tateyama. Meskipun hanya 10 menit perjalanan, ongkosnya cukup mahal yakni 2160 yen. Paling awal pukul 07.45 dan keberangkatan terakhir pukul 15.15 untuk yang ke Shinano-Omachi.

Tateyama Ropeway

Setibanya di Daikanbo, teman-teman bisa bersantai sejenak di dek observasi kecil yang menghadap ke jajaran Pegunungan Tateyama. Tateyama Ropeway menghubungkan Daikanbo dengan Kurobedaira. Ropeway sepanjang 1,7 kilometer ini terbentang dari stasiun atas (Daikanbo) sampai stasiun bawah (Kurobedaira) tanpa tiang support sama sekali. Inilah mengapa Tateyama Ropeway memegang rekor sebagai ropeway dengan span terpanjang. Perjalanan akan ditempuh selama 7 menit dengan ongkos 1.300 yen.

Kurobe Cablecar

Setibanya di Kurobedaira, kita bisa bersantai sejenak di restoran yang ada di sini. Selain itu, ada juga toko oleh-oleh serta spot foto dengan latar belakang Pegunungan Tateyama. Kereta kabel menghubungkan Kurobedaira dan Kurobeko (Danau Kurobe) Station lewat terowongan yang curam dan menegangkan. Perjalanan sekitar 5 menit dengan ongkos 860 yen. Paling awal pukul 08.30 dan keberangkatan terakhir pukul 16.00 (musim diingin) atau pukul 17.00 (selain musim dingin) untuk yang ke Shinano-Omachi. Sepanjang perjalanan cablecar, kita bisa menikmati pemandangan Pegunungan Tateyama yang terkenal. Kurobe Cablecar ini adalah salah satu bottleneck dalam Tateyama Kurobe Alpine.

Kanden Trolley Bus

Sama seperti Tateyama Trolley Bus, bus bertenaga listrik ini menghubungkan Kurobe Dam dan Ogizawa Station lewat terowongan yang menembus gunung. Durasi perjalanan 15 menit dengan ongkos 1.540 yen. Paling awal pukul 09.05 dan keberangkatan terakhir pukul 16.35 (musim dingin) atau pukul 17.35 (selain musim dingin) untuk yang ke Shinano-Omachi. Selama perjalanan, kita gak bisa melihat apapun karena busnya ada di dalam terowongan.

Ogizawa-Omachi Bus

Bus ini menghubungkan Ogizawa Station dengan JR Shinano-Omachi Station di prefektur tetangga yakni Prefektur Nagano. Lama perjalanan 40 menit dengan ongkos 1.360 yen. Seluruh transportasi melintasi Pegunungan Tateyama ini tercover dengan Tateyama Kurobe Option Ticket yang bisa menghemat sampai dengan 3.000 yen.

Atau, jika mau lebih cepat, teman-teman bisa naik bus Alpico yang menhubungkan Ogizawa dengan Stasiun Nagano. Lama perjalanannya sekitar 2 jam dengan ongkos 2.600 yen. Setibanya Stasiun Nagano, teman-teman bisa bisa melanjutkan perjalanan berkeliling Nagano atau naik kereta Shinkansen menuju Tokyo.

ongkos transportasi di Tateyama

Tabel ongkos transportasi di Tateyama

Seluruh transportasi di Tateyama bisa teman-teman beli secara satuan/ ketengan, atau sekaligus sesuai dengan rute yang ingin teman-teman jelajahi. Misal Toyama-Murodo-Toyama, atau Ogizawa-Murodo-Ogizawa. Tempat membeli tiketnya di Stasiun Dentetsu Toyama, Stasiun Tateyama, Stasiun Ogizawa, Terminal Bus Stasiun Nagano, dan Stasiun Shinano-Omachi.

8 yang Super dari Tateyama Kurobe Alpine Route

  1. Air terjun Shomyo yang adalah air terjun tertinggi di Jepang (350 meter)
  2. Murodo Station yang adalah stasiun paling tinggi dari permukaan laut (2450 meter)
  3. Pemandian air panas Mikurigaike yang adalah pemandian air panas tertinggi di Jepang
  4. Persinggahan Tateyama Murodo, rumah persinggahan paling tua di Jepang
  5. Bus troli, satu-satunya di Jepang, bus tanpa gas pembuangan
  6. Tateyama Ropeway, ropeway tanpa tiang penyangga terpanjang di Jepang
  7. Kurobe Dam, dam tertinggi di Jepang dengan 186 meter.
  8. Kapal Garube, kapal penumpang yang beroperasi paling tinggi dari permukaan laut

Berikut 5 kegiatan yang bisa dilakukan waktu berlibur dan menjelajahi Tateyama Kurobe Alpine Route

5 Kegiatan yang Seru di Tateyama Kurobe Alpine Route

1. Melihat Panorama Kurobe Dam yang luar biasa besarnya!

Anda harus melihat panorama menakjubkan Kurobe Dam. Dam ini berada di ketinggian sekitar 2.000 meter, dan merupakan dam terdalam di Jepang. Kalau datang saat musim panas, kita bisa melihat pemandangan menakjubkan saat pintu air dam dibuka. Air dari dam akan memancur keluar dengan derasnya.

Kita juga bisa melihat Kurobe Dam dan panorama Tateyama Kurobe Alpine dari atas dengan kereta gantung Tateyama atau Tateyama Ropeway. Wah, seru sekali ya menikmati pemandangan yang indah ini sambil menaiki kereta gantung! Tenang saja, Tateyama Kurobe Alpine route memberikan pemandangan menakjubkan setiap musimnya, dedaunan berwarna cerah saat musim gugur, pegunungan yang diselimuti salju saat musim dingin, serta pohon-pohon hijau saat musim semi dan musim panas.

Kurobe Dam di Musim Panas

2. Menikmati pemandangan alam Pegunungan Tateyama

Sambil berjalan, lihatlah pemandangan sekitar. Kita bisa melihat pemandangan 360 derajat dari pegunungan Tateyama yang merintang di rute ini.

Pegunungan Tateyama di Toyama kala musim gugur

3. Mencoba berjalan di antara Tembok Salju Yuki no Ootani

Berjalan di antara tembok salju? Ini cuma bisa dilakukan di Tateyama Kurobe Alpine Route. Datanglah ke Jepang sekitar bulan April hingga Mei dan jangan lupa pakai baju tebal ya!

Lihat INFO TATEYAMA KUROBE ALPEN

Tateyama Kurobe Alpine Route Tembok Salju di Tateyama

4. Menyaksikan bayangan Tateyama terbalik di Danau Mikurigaike

Danau Mikurigaike merupakan danau yang terbentuk di kaldera Gunung Tateyama. Kita bisa melihat bayangan Gunung Tateyama di permukaan air danau di hari yang cerah.

Tambahan: Menyaksikan Momiji di Tebing Kurobe Kyokoku: di sisi lain Tateyama Alpine Route

Jangan lupa melihat keindahan momiji di Tebing Kurobe Kyokoku. Dengan naik kereta Torokko, perjalanan mengitari lereng gunung, sambil berkelok-kelok mengikuti tebing, sambil melihat daun-daun pepohonan yang memerah pasti jadi pengalaman tak terlupakan.

Tebing Kurobe Kyokoku Toyama tour online ads NEW1

Download Gratis Tateyama Kurobe Alpine Route Map

  1. Peta lengkap perjalanan Tateyama Kurobe Alpen Route
  2. Link langsung ke reservasi tiket

Akses termudah dari Tokyo

Buat teman-teman yang berangkat dari Tokyo, akses termudah dari Tokyo adalah Stasiun Toyama dan Stasiun Shinano-Omachi. Dari Stasiun Shinano-Omachi, tinggal naik bus lokal menuju ke Ogizawa. Kalau menurut jarak, lebih dekat dari Shinano-Omachi, tapi kalau mau melihat-lihat pemandangan juga, bisa mencoba pergi dari Stasiun Toyama.

DARI STASIUN SHINJUKU KE STASIUN TOYAMA

Ambil kereta JR Shonan-Shinjuku Line (via Utsunomiya Line) sampai di Stasiun Omiya (Saitama). Transfer ke Hokuriku Shinkansen Max Toki turun di Stasiun Toyama. Total waktu 2 jam 56 menit, total biaya 12.000 yen.

DARI STASIUN SHINJUKU KE STASIUN SHINANO-OMACHI

Dari Shinjuku naik Limited Express Azusa, turun di Stasiun Matsumoto. Transfer ke JR Oito Line, turun di Stasiun Shinano-omachi. Total waktu 4 jam 5 menit, total biaya 7.130 yen.

DARI STASIUN TOKYO KE STASIUN TOYAMA

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta Hokuriku Shinkansen turun di Stasiun Toyama. Total waktu perjalanan paling singkat adalah 2 jam 10 menit, dengan total biaya 12.930 yen.

Bisa juga menggunakan tiket kereta api murah dari JR (otoku tateyamakurobe)

Dari Stasiun Toyama atau Shinano-Omachi bisa mengikuti Tateyama-Kurobe Alpen Route.

Cheap Hotels in Tateyama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Choyomon
57 km away
from ¥8804/night
Business Hotel Tateyama
33 km away
from ¥9500/night
Unazuki Kokusai Hotel
28 km away
Unazuki Kokusai Hotel
from ¥21972/night
Hotel Route-Inn Toyama
33 km away
from ¥5850/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Hotaruika Toyama
29 km away
Suasana hotaruika di pantai Toyama
Kastil Takaoka
51 km away
Kolam di tengah Taman Kastil Takaoka
Pantai Amaharashi
53 km away
Naik kereta di tepi Pantai Amaharashi
Taman Kansui Toyama
34 km away
Menikmati pemandangan di Taman Kansui Toyama

Sumber gambar : Flickr foooomioskyseekermakiraPietro ZanariniHoshino Resort, www.alpen-route.com


Recommended for you


Last modified: September 22, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Fitria
2018-10-16 02:57:36
Mas mau tanya kalo saya pergi kesaya bulan desember / januari apakah saya masih bisa menikmati pemandangan dinding salju? Terimakasih
Angga Catur Setya Nugraha
2018-06-21 14:57:23
highly recommended
Eddy
2018-06-14 20:12:48
Tks Pak. Informasi yg diberikan membuat persiapan2 itinerary saya lebih reliable
Eddy
2018-06-14 13:50:33
Informasi cepat dan sangat membantu dalam penyusunan jadwal perjalanan 👍🙏
Dessy
2017-02-12 12:25:42
Thank bgt mas info nya cepet bgt balesnya hanya itungan menit dan infonya berguna bgt.
budi
2016-09-21 13:31:34
hai info jepang rute ke kurebo dari tokyo lebih enak diawali dari ogizawa atau dari toyama-tateyama yah? karena saya liat bus sore ogizawa-nagano hanya sd jam 16.30, bagaimana jika telat naik bus? jika begitu dari ogizawa lebih baik? sebenarnya berapa jam mulai dan akhir operasional kurebo alpine route
Algaffan
2016-05-28 05:40:19
Kurobe alpen memang tidak ada duanya

Close Comments

Comments (509)

  1. Salam pak nugroho.
    Pak tgl 17 november besok saya berencana akan ke alpine route tetapi di webnya untuk pemesanan alpine route tiket option tidak bisa dilakukan untuk tgl 17. Kira2 dimana saya bisa memesan/membeli tiketnya?
    Saya berangkat dari tokyo ke alpine route dan dari alpine route langsung ke takayama untuk menginap disana. Bagaimana dgn koper saya ya pak? Apakah harus disimpan di loker stasion? Di paketkan? Atau bagaimana?
    Trims

    • Ohh tiketnya beli ketengan di setiap stasiunnya ya pak? Di hari itu jg kan pak belinya? Tidak harus sehari sebelum?
      Iya pak saya akan ke osaka setelah dari takayama. Baik pak mgkn nanti saya langsung kirim koper aja dari tokyo ke osaka.
      Trims pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Ya bisa membeli tiket keretanya di masing-masing stasiun keberangkatan. Kalau sudah akhir November sudah tidak ramai kok bu. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Mohon maaf mungkin sedang di luar jangkauan. Ibu bisa menghubungi saya Nugroho di +8180-4386-3201. Pakai +81 ya bu. Salam

  2. Hi pak Nugroho, mau menanyakan kalau perginya hanya ke sekitar tokyo, fuji dan tateyama lebih baik beli jr pass atau tidak ya? Kemudian klo perginya sekitar tgl 20 november 18 krn option ticket ini sudah tdk dijual apakah msh bisa utk rute alphine route?

  3. Silvy Widyaningrum  |  

    Pak Nugroho, saya dan kelg rencana akan ke Alpine route tgl 5 Oct 2018. Yg saya ingin tanyakan:
    1. Site mana saja yang menarik dan bisa kami kunjungi
    2. Rute yg terbaik karena kami tgl 4 Oct rencana tinggal di takayama /kanazawa .

    Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Rute full dari Toyama sampai ke Shinano Omachi dibuka sampai tanggal 30 November setiap tahunnya menjelang musim dingin. Untuk rute yang ibu inginkan, bisa mencoba Toyama-Dentetsu Toyama-Murodo-kembali lagi ke Toyama, lalu naik kereta ke Kanazawa. Kalau ke Takayama agak jauh rutenya bu. Salam.

  4. Pagi mas. Mau tanya, kalo saya mau ke tateyama kurobe alpine pulang pergi (one day) dari tokyo sebaiknya rute nya gimana yah mas? Terus untuk transportasinya gimana yah? Terima kasih

  5. Malam Pak Nugroho. Saya rencana ke tateyama kurobe alpine route di 17nov 18 dapat pemandangan apa ya? Apa sudah dapat salju?

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk tanggal segitu, masih di akhir musim gugur bu. Rasanya belum ada salju yang turun. Kalau mau melihat salju, biasanya saat rute Tateyama Kurobe Alpine dibuka bulan april. Salam.

  6. Pak Nugroho, Saya Rencana Mau ke Kurobe Alpine Route pada tgl 24 Oktober 2018, Pertanyaannya :
    1. Untuk Bulan Oktober pemandangan apa yang bisa dilihat?
    2. Saya Rencana Memulai dari arah sebaliknya ( Nagano ke Dentetsu Toyama ) APakah rute ini disarankan karena saya mau meninap di Kanazawa?

    Mohon Pencerahannya Pak,Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      1. Oktober itu sudah mulai musim gugur, bapak bisa melihat pemandangan pepohonan di Tateyama Kurobe Alpine yang berubah warna menjadi kemerahan.
      2. Ya, bisa pak, kalau menginap di Kanazawa, memang sebaiknya mengakhiri perjalanan di Toyama. Bisa dengan rute Toyama-Tateyama Alpine-Toyama, atau seperti bapak Nagano-Tateyama Alpine-Toyama. Dari Toyama, nantik tinggal naik shinkansen Hokuriku sampai Stasiun Kanazawa.

  7. Angga Catur Setya Nugraha  |  

    Terima kasih banyak pak Nugroho atas saran nya,
    Untuk kunjungan kami sekeluarga ke Tateyama Kurobe Alpine pada tgl 8 Mei dengan rute Toyama – Tateyama – Bijodaira – Murodo (PP) berjalan dengan baik & penuh kesan.

    • Nugroho Christian  |  

      Baik, senang sekali bisa membantu bapak Angga dan para pembaca lainnya melalui website ini. Salam.

  8. Malam LG pak Nugroho

    Mau menanyakan jika saya dari Toyama hanya naik sampai muredo dan balik LG dari muredo,apakah bisa?
    Apakah cukup hanya sampai muredo menikmati salju Krn yg sy baca dari muredo ke Nagano hanya melihat dam saja,menurut BPK dgn sy hanya mau merasakan salju sy hanya sampai muredo lalu balik ke Toyama,dgn bgtu ongkos LBH murah,apakah sia2 ?

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak pak, biasanya wisatawan rutenya Toyama-Murodo-Toyama saja, lebih mudah dan praktis, keindahan Tateyama juga bisa dilihat dari Murodo. Yang rutenya Toyama-Murodo-Nagano itu biasanya yang muda atau yang memang tertantang menempuh 1 rute full Tateyama Kurobe Alpine. Salam.

  9. Selamat sore Pak Nugroho. Rencana tgl 19 Nov 2018 malam saya akan nginap di Toyama. Tgl 20 pagi akan menuju Alpine route dan sore/ malam saya akan berangkat dan menginap di Kanazawa.
    Untuk menghemat waktu, Rencana saya berangkat dari dan kembali ke Dentetsu Toyama, mengingat dari Kurobe Dam sampai Ogizawa, transportasinya hanya dengan bus dalam tunnel yg kita tidak bisa melihat apa2. Apakah rencana saya ini benar Pak daripada saya pulang lewat shinano omachi yg memerlukan waktu lebih lama untuk sampai kembali ke Toyama?

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau dari Shinano-Omachi bapak harus ke Nagano dahulu, baru ke Toyama lagi dengan naik kereta Hokuriku Shinkansen. Jauh lebih lama, namun para turis banyak yang mencoba untuk “pengalaman” menyusuri rute full Tateyama Kurobe Alpine Route. Salam.

    • Tulisan Bapak “melihat keindahan momiji di Tebing Kurobe Kyokoku. Dengan naik kereta Torokko, perjalanan mengitari lereng gunung”. Apakah kereta ini bagian dari transportasi Alpine Route? Lokasi mana di rute Alpine utk menaiki kereta ini?

    • Nugroho Christian  |  

      Tebing Kurobe Kyokoku memang di satu daerah yang sama, tapi pintu masuknya berbeda arah. Untuk melihat Tebing Kurobe Kyokoku, bisa naik kereta ke Kurobe Unazuki Onsen, dilanjutkan dengan kereta Toyama Chiho ke Stasiun Unazuki Onsen. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!