Hotaruika Toyama

Home / Attraction / Hotaruika Toyama
Item image

Toyama, hayoo siapa yang tidak tahu? Memang namanya belum setenar Tokyo, Kyoto, atau Osaka, namun teman-teman pasti pernah mendengar Tateyama Kurobe Alpine. Nah, sekadar informasi, Toyama sebenarnya adalah kota terdekat dengan wilayah pegunungan dengan pemandangan spektakuler ini. Namun, Toyama gak hanya punya objek wisata Pegunungan Tateyama loh. Masih ada Taman Kansui Toyama, Taman Kaiwomaru Toyama, dan Hotaruika Toyama. Di Hotaruika, kita bisa melihat fenomena alam firefly squid (cumi-cumi bercahaya) yang mendekat ke pantai di daerah Namerikawa, persisnya di tepi pantai Laut Jepang. Mari simak perjalanan kami mengikuti tur dini hari (beneran dilakukan dini hari) melihat salah satu harta terbaik Toyama di Hotaruika Toyama.

Seperti Apa Hotaruika di Toyama?

Firefly squid sebenarnya adalah hewan yang tinggal di kedalaman laut (sekitar 200 meter di bawah permukaan). Di kedalaman itu, hewan-hewan tidak akan merasakan sinar matahari. Selama ribuan bahkan jutaan tahun, spesies bawah laut ini berevolusi di mana bagian tubuhnya bisa mengeluarkan cahaya. Nah, sekitaran bulan April-Mei setiap tahunnya, jutaan cumi-cumi ini naik ke permukaan untuk bertelur di tepi Teluk Toyama. Di saat itulah, para nelayan akan melaut dan berburu cumi-cumi bercahaya ini. Nelayan diijinkan untuk menangkap cumi-cumi ini dalam jumlah terbatas karena memang dagingnya yang lezat sebagai menu sashimi. Kita bisa bergabung dalam tur naik kapal dan melihat dari dekat pemandangan spektakuler laut yang berwarna biru cerah, karena kehadiran cumi-cumi bercahaya ini.

Keunikan dan daya magis lautan dalam di Namerikawa di tepi Teluk Toyama ini jadi daya tarik utama para wisatawan. Pemerintah Jepang menyebutnya sebagai monumen alam spesial Prefektur Toyama. Tidak heran, atraksi ini semakin populer di telinga para wisatawan. Para wisatawan akan datang dan berkumpul dini hari sekitar pukul 02.30 di pinggir laut dekat Stasiun Namerikawa, lalu bergabung dalam tur Firefly Squid sampai pukul 04.30. Siapkan jaket tebal (karena angin malam laut yang cukup dingin), dan kamera untuk mengabadikan momen spesial alam di sini.

Hotaruika di Pantai Namerikawa Toyama

Hotaruika di Pantai Namerikawa Toyama

Bagaimana cara melihat Hotaruika ini?

Untuk melihat cumi-cumi bercahaya ini, hanya ada satu cara, yaitu dengan bergabung dalam tur. Tur ini berangkat pukul 03.00 tepat, di mana kita harus berkumpul dahulu sebelumnya sekitar jam 02.30. Setelah naik kapal sekitar 20 menit ke tengah laut, kita akan berhenti di spot-spot yang sudah diputuskan nelayan. Saya tidak bisa melihat apapun, langit dan air laut gelap gulita. Lampu-lampu neon dinyalakan dan jala/ jaring mulai diturunkan. Setelah menunggu kira-kira 15 menit, lampu mulai dimatikan dan jaring mulai ditarik ke atas. Perlahan-lahan, warna biru mulai muncul memecah kegelapan laut, semakin jaring ditarik, warna biru itu makin banyak dan berkumpul. Beberapa dari cumi-cumi ini berloncatan untuk melarikan diri, membuat kita seperti melihat kembang api di udara. Wah keren deh! Dan gak terlupakan! Untuk mengikuti tur ini, teman-teman harus membayar 5.000 yen untuk dewasa dan 3.000 yen untuk anak-anak.

Kalaupun tidak sempat ikut tur dini hari itu, teman-teman bisa mampir ke Museum Hotaruika Toyama. Museum ini menampilkan live show Firefly Squid setiap 30 menit sekali dari jam 09.00 sampai 16.30. Kita bisa menontonnya dengan membayar tiket seharga 800 yen. Melihat keajaiban lautan ini secara dekat sungguh keren!

Akses menuju Hotaruika Toyama – Namerikawa

Kita bisa mencapai Hotaruika di tepi Pantai Namerikawa Toyama ini dengan naik kereta Ainokaze Toyama Railway dari Stasiun Toyama sampai Stasiun Namerikawa. Lama perjalanannya sekitar 15 menit dengan ongkos 360 yen. Dari Stasiun Namerikawa, kita tinggal berjalan kaki 8 menit ke arah utara/ pinggir pantai Namerikawa,

Baca juga: Info Wisata di Toyama Info Wisata di Toyama dan akses menuju Toyama

Cheap Hotels in Toyama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Enraku
22 km away
Enraku
from ¥17454/night
Hotel Prime Toyama
15 km away
from ¥5500/night
Unazuki Kokusai Hotel
21 km away
Unazuki Kokusai Hotel
from ¥21972/night
Hotel Grand Terrace Toyam
14 km away
from ¥6998/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Zuiryuji
30 km away
Iluminasi malam di Kuil Zuiryuji Toyama
Kurobe Dam
37 km away
Kurobe Dam di Musim Panas
Tebing Kurobe Kyokoku
35 km away
Tebing Kurobe Kyokoku Toyama di musim gugur
Matsukawa River Cruise
15 km away
Suasana Matsukawa River Cruise

Sumber gambar: Flickr way12go, Masahiro Kurata, Tommy Adey


Recommended for you


Last modified: March 21, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (2)

  1. Malam pak,
    Saya plan ke jepang bln Nov.
    Ada bbrp hal yg ingin ditanyakan:
    Hokuriku arch pass itu bisa di pakai seperti rute saya:
    Tokyo 4hari (apakah cocok menggunakan suica selama perjalan di tokyo?)
    Mt fuji 1 hari kembali ke tokyo (bisa bantu link info transportasi dan pass apa yg harus dibeli?)
    Alpine route 1 hari (menginap di toyama)
    Shirakawago 1 hari (apakah ok menginap di takayama?)
    Osaka 1 hari
    Kyoto 2 hari.

    Dimana saya bisa beli hokiru arch pass?
    Untuk anak 4 th perlu beli pass ini juga?
    Apakah saya boleh tau biaya sewa wifi utk 11 hari?
    Terima kasih banyak sebelumnya

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!