Kastil Takaoka

Home / Castle / Kastil Takaoka
Item image

Kastil Takaoka Toyama dibangun pada tahun 1609 oleh Toshinaga Maeda, penguasa wilayah Takaoka saat itu. Dia membangun kastil ini sebagai tempat untuk beristirahat setelah tidak lagi berkuasa. Keluarga Maeda tinggal di kastil ini sampai tahun 1615, setahun setelah Maeda wafat. Saat itu, keluarga Tokugawa menguasai wilayah Takaoka dan Toyama dan meminta supaya Kastil Takaoka dirubuhkan dan tidak dipergunakan lagi. Bekas reruntuhan kastil ini kemudian dibangun menjadi Taman Kastil Takaoka oleh pemerintah kota Takaoka di tahun 1875. Kanal air yang dahulu mengelilingi bangunan kastil tetap dipertahankan, begitu juga dengan area taman dengan dengan ribuan pohon bunga sakura. Kini, area Kastil Takaoka dan Taman adalah salah satu spot terbaik untuk menikmati pemandangan bunga sakura (hanami) di musim semi.

Informasi mengenai Kastil Takaoka

Buat teman-teman yang sedang mengunjungi Takaoka, silahkan berkunjung ke Taman Kastil Takaoka yang berada di sisi utara kota. Area ini adalah area favorit para penduduk kota di saat musim semi, di mana mereka akan berkumpul untuk makan siang atau sore hari untuk hanami bersama. Ada area taman luas, di mana kita bisa menggelar tikar dan piknik atau makan bersama. Di luar musim semi, kompleks taman bekas Kastil Takaoka ini juga jadi tempat favorit penduduk untuk beristirahat dan melepas lelah. Ribuan pohon dengan jalan setapak dan kanal-kanal kecil memang menawarkan pemandangan yang bisa “menenangkan” pikiran yang suntuk.

Pintu masuk Kastil Takaoka di Toyama

Pintu masuk Taman Kastil Takaoka di Toyama

Di sini, kita bisa melihat monumen Maeda yang sedang naik kuda atau duduk santai di gazebo yang terletak di tepi kolam. Selain itu, kita juga bisa turut dalam tur berkeliling area taman dengan menggunakan kapal. Pemandangan taman dari atas kapal ini sungguh spektakuler, tak terbayang bagaimana megahnya Kastil Takaoka jika kini masih berdiri tegak, mungkin akan mirip dengan Hiroshima Castle yang juga dikelilingi oleh kanal dan taman luas.

Beberapa tempat wisata yang bisa kita kunjungi di sekitar Taman Kastil Takaoka antara lain:

  1. Kuil Imizu. Kuil ini dibangun di atas taman samping Kastil Takaoka. Kita bisa melihat gerbang kuil (Torii) yang seluruhnya dibuat dari perunggu, sebagai tanda kebanggaan dan ucapan syukur penduduk kota atas hasil tambang perunggu yang berlimpah di Kota Takaoka. Bangunan utama kuil ini sering digunakan dalam upacara keagamaan juga.
  2. Museum Kota Takaoka. Untuk mencapai museum ini, kita harus menyeberangi kanal melalui jembatan ke sisi selatan. Di museum ini,kita bisa melihat sejarah kota Takaoka dan juga riwayat keluarga Maeda (pendiri dan penguasa wilayah Takaoka). Kita tidak dikenakan tiket masuk ke sini (gratis).
  3. Museum Seni Takaoka. Museum seni ini dikenal juga sebagai galeri seni Fujiko F. Fujio (pencipta kartun paling terkenal Jepang, Doraemon). Oiya, Takaoka ini adalah tempat lahir dan tempat tinggal Fujio saat masih anak-anak. Meskipun tidak sebesar dan semegah Museum Doraemon di Kanagawa, Di sini kita bisa melihat beberapa koleksi kartun Doraemon (khususnya komik-komik awalnya). Selain itu, ditampilkan juga beragam produk kerajinan lokal penduduk sekitar Takaoka. Kita dikenakan biaya tiket masuk sebesar 500 yen.
  4. Taman Kastil Takaoka juga terkenal dengan pemandangan bunga sakura di musim semi. Kita bisa melihat bunga sakura di sekeliling kolam di tengah taman, sambil juga berkeliling melihat keindahan taman dan tempat-tempat wisata yang lainnya.
Bunga sakura di Kastil Takaoka

Bunga sakura di Kastil Takaoka

Akses menuju Kastil Takaoka

Dari Stasiun Takaoka, teman-teman bisa naik trem Manyo Line sampai halte Hirokoji. Lama perjalanan sekitar 10 menit dengan ongkos 200 yen. Atau, jika ingin berjalan kaki sekaligus mengenal lebih dekat kota Takaoka yang terkenal dengan objek-objek Doraemon, kita juga berjalan sekitar 15-20 menit ke arah utara. Kalau teman-teman dari Stasiun Shin-Takaoka, kita bisa naik kereta JR Johana Line sampai ke Takaoka Station, kemudian naik JR Himi Line sampai di Etchu Nakagawa Station. Lama perjalanan total adalah 6 menit dengan ongkos 190 yen. Kalau dari Takaoka Station lama perjalanan adalah 3 menit dengan ongkos 150 yen.

Baca juga: Info Wisata di Toyama Info Wisata di Toyama dan akses menuju Toyama

Untuk mencapai Takaoka, kita bisa naik kereta Shinkansen Hokuriku dari Stasiun Kanazawa (lama perjalanan sekitar 15 menit dengan harga tiket 1.560 yen), dari Stasiun Toyama (lama perjalanan sekitar 8 menit dengan harga tiket 1.210 yen), atau dari Stasiun Tokyo (lama perjalanan sekitar 2 jam 20 menit dengan Kagayaki harga tiket 13.830 yen atau lama perjalanan 3 jam dengan Hakutaka harga tiket 13.300 yen). Kereta Shinkansen akan melintasi Shin Takaoka Station yang terletak sekitar 1,8 kilometer di sisi selatan pusat kota dan Stasiun Takaoka. Dari stasiun shinkansen Shin Takaoka, bisa naik kereta JR Johana Line sampai ke Takaoka (waktu perjalanan sekitar 3 menit). Semua tiket kereta ini masuk dalam cakupan JR Pass dan Hokuriku Arch Pass (kita tidak perlu  membayar tiket kereta lagi).

Selain itu, kalau teman-teman sedang ada di Toyama dan ingin menghemat biaya transportasi bisa mencoba naik kereta Ainokaze Toyama sampai ke Stasiun Takaoka. llama perjalanan sekitar 18 menit dengan harga tiket 370 yen.

Baca juga: Info Wisata di Toyama Info Wisata di Toyama dan akses menuju Toyama

Cheap Hotels in Takaoka [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel New Otani Takaoka
1 km away
from ¥11645/night
Seven Seven Takaoka
1 km away
from ¥6238/night
Asahi City Inn Hotel
1 km away
from ¥4366/night
APA Hotel Takaoka-Marunou
0 km away
from ¥4679/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Unazuki Onsen
51 km away
Pemandangan tebing di Unazuki Onsen
Takaoka Otogi no Mori Par
3 km away
Naik Tram Doraemon ke Takaoka Otogi no Mori Park
Pegunungan Tateyama
42 km away
Panorama Pegunungan Tateyama di musim panas
Tateyama Kurobe Alpine
51 km away
Momiji Jepang 2017 Murodo di Tateyama Kurobe Alpine

Sumber gambar: Flickr Izu navi, Takeshi KOUNO, Izu navi


Recommended for you


Last modified: April 10, 2020 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!