Hiroshima Castle

Home / Castle / Hiroshima Castle
Item image

Hiroshima Castle atau Istana Hiroshima adalah objek wisata paling terkenal di Hiroshima. Istana ini dibangun tahun 1591 oleh Mori Terumoto dan dijadikan tempat tinggal keluarga Terumoto, Fukushima, dan Asano secara turun-temurun. Seperti istana-istana lainnya yang ada di Jepang, seperti Istana Kaisar Jepang atau Istana Kaisar Kyoto, Istana Hiroshima dikelilingi oleh taman luas dan indah. Dengan ratusan pohon sakura dan pohon maple yang tumbuh di area taman, pemandangan musim semi dan musim gugur di sini adalah yang terbaik di Hiroshima. Meskipun sempat hancur akibat bom atom di tahun 1945, Hiroshima Castle selesai dibangun kembali tahun 1958 dengan bentuk mirip aslinya. Simak liputan Tim Info Jepang di Istana Hiroshima ini.

Hiroshima Castle terdiri dari lima lantai sehingga kita dengan mudah dapat menemukannya. Kita bisa masuk ke dalam bangunan yang kini difungsikan sebagai museum, di mana kita bisa belajar sejarah kota Hiroshima, sejarah Istana Hiroshima, dan proses perbaikan istana pasca bom atom yang menghancurkan hampir seluruh area kota. Dari sini kita juga bisa melihat pemandangan indah kota Hiroshima, dengan pepohonan yang lebat, sungai besar yang membelah kota, dan pengaturan gedung-gedung kantor dan apartemen yang asri.

Suasana dari lantai teratas Hiroshima Castle

Suasana dari lantai teratas Hiroshima Castle

Area Hiroshima Castle dan tamannya dikelilingi oleh parit selebar 30-50 meter. Dahulu, parit ini digunakan sebagai dinding alami yang mencegah musuh untuk masuk ke kompleks istana. Pemandangan IHiroshima Castle dengan latar parit, pepohonan sakura, dan maple menjadi salah satu yang terbaik di Jepang. Tidak heran, kita bisa melihat banyak gambar, lukisan, dan kartu pos dengan pemandangan tersebut. Pemandangan tersebut diambil dari sekitar pintu masuk istana dengan menghadap ke sisi timur.

Parit besar di kompleks Hiroshima Castle

Parit besar di kompleks Hiroshima Castle

Setelah mengelilingi kompleks Hiroshima Castle dan menikmati pemandangan taman dan kanal yang asri, teman-teman bisa melanjutkan perjalanan ke museum Atomic Bomb Dome (10 menit berjalan kaki) yang menjadi saksi bisu dahsyatnya ledakan bom di masa perang dunia kedua. Salah satu tempat terbaik untuk mengenal sejarah kota ini sekaligus pengaruhnya kepada perdamaian dunia di masa sekarang.

Setelah puas berkelilign Kastil Hiroshima, saya melanjutkan perjalanan menyusuri halaman luarnya. Eits, jangan salah, halaman luar kastil juga punya spot-spot foto keren loh. Bangunan kastil dari kejauhan berpadu asri dengan pemandangan dari atas jembatan dan halaman luar kasti.

Patung Kuda lambang kerajaan
Patung Kuda lambang kerajaan yang dulu berkuasa di Hiroshima

Halaman luar Hiroshima Castle
Halaman luar Hiroshima Castle

Halaman luar Hiroshima Castle
Halaman luar Hiroshima Castle

Cara menuju Istana Hiroshima

1. Dari Hiroshima

Dari stasiun kereta JR Hiroshima, naik kereta trem dan turun di halte Kamiyacho (lama perjalanan sekitar 10 menit, dengan harga tiket 160 yen). Dari halte trem ini, kita tinggal berjalan kaki sekitar 10 menit sampai ke area Hiroshima Castle.

2. Dari Tokyo

Dari Stasiun Tokyo atau Stasiun Shinagawa, kita bisa mengambil kereta api JR Tokaido Shinkansen sampai Stasiun Hiroshima. Ada tiga jenis kereta yang teman-teman bisa naiki. Pertama kereta Nozomi (238 menit, dengan harga tiket 18.040 yen untuk kursi biasa dan 19.080 yen untuk kursi pesanan). Atau bisa juga naik kereta Hikari (323 menit, dengan harga tiket 18.040 yen untuk kursi biasa dan 18.560 yen untuk kursi pesanan) atau Kodama (340 menit). Kereta Hikari dan Kodama masuk ke dalam cakupan JR Pass. Dari Stasiun Hiroshima, ikuti langkah nomor 1 sebelumnya.

Atau kita bisa naik penerbangan domestik dari Bandara Haneda atau Bandara Narita menuju Bandara Hiroshima. ANA dan JAL melayani penerbangan Tokyo-Hiroshima dengan kisaran harga tiket 32.000 yen. Namun, tersedia tiket penerbangan murah sekitar 12.000-17.000 yen khusus wisatawan asing. Lama perjalanan biasanya 90-100 menit. Dari Bandara Hiroshima kita bisa naik bus menuju Stasiun Hiroshima selama 90 menit dengan ongkos 1.340 yen.

3. Dari Osaka

Dari stasiun Shin-Osaka, kita bisa naik JR Sanyo Shinkansen sampai Hiroshima Station. Lama perjalanan sekitar 80 menit dengan tiket seharga 9.710 yen yang termasuk ke dalam cakupan JR Pass.

4. Dari Kyoto

Dari stasiun Kyoto, kita bisa naik kereta JR Sanyo Shinkansen sampai Hiroshima Station melalui Shin-Osaka. Lama perjalanan sekitar 95 menit dengan tiket seharga 10.570 yen yang termasuk ke dalam cakupan JR Pass.

Cheap Hotels in Hiroshima [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Ana Crowne Plaza Hiroshim
1 km away
from ‎¥8757/night
Oriental Hotel Hiroshima
2 km away
from ‎¥9447/night
Comfort Hotel Hiroshima
2 km away
from ‎¥6567/night
APA Hotel Hiroshima-Ekima
1 km away
from ‎¥6241/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Itsukushima
17 km away
Di depan bangunan utama Kuil Itsukushima
Taman Shukkeien
1 km away
pemandangan kolam di taman shukkeien
Museum Perdamaian Hiroshi
1 km away
Museum Perdamaian Hiroshima tampak luar
Bus Keliling Hiroshima
1 km away
Loop Bus Hiroshima

Sumber gambar: Dokumentasi Tim Info Jepang


Tiket masuk 360 yen
Last modified: June 16, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (14)

  1. pak, mohon advise sy ada 2mlm yg blom tau mau kemana dr hiroshima tgl 1 agst 2018 tapi tgl 3 agst’18 sdh hrs ada di osaka..sebaiknya wisata/kota apa yg dkt dan ada wisata nya ..thanks

  2. Dari Tokyo saya akan ke Osaka, Kyoto, Hiroshima, Yokohama dan Hokaido, Sapporo Akhir April selama 1 minggu dan kemudian balik lagi ke Tokyo. Pertanyaan saya: Mohon petunjuk itinerary dengan Shinkansen agar bisa maksimal kunjungan ke Jepang. Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Setelah keliling 1 hari di Tokyo dan Yokohama (bisa dengan kereta lokal JR Tokaido Line), hari kedua bapak bisa naik kereta Tokaido Shinkansen dari Tokyo-Shin-Osaka, lalu keliling Osaka Kyoto dengan kereta lokal JR Kyoto Line. (Stay di Osaka atau Kyoto selama 3 hari). Dari Shin-Osaka atau Stasiun Kyoto, bisa naik kereta shinkansen ke Hiroshima (PP). Lalu hari ke empat, pagi-pagi, bisa naik kereta dari Shin-Osaka atau Kyoto ke Tokyo, langsung ke Shin-Hakodate dan Sapporo, dengan kereta Tokaido Shinkansen, Hokkaido Shinkansen, dan kereta limited ekspress Hokuto. Semua ongkosnya tercover dengan JR Pass. Salam.

  3. selamat Malam pak Nugroho,
    saya mau bertanya bila ingin membeli tiket Shinkansen Kodama menuju Hiroshima station apakah bisa di H-1 keberangkatan? dan dimanakah saya bisa memesan tiket tersebut /(kebetulan saya dari stasiun Shinagawa) terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa, silahkan beli di stasiun JR manapun. Kalau dekat dengan Shinagawa, bisa kok Vita di Shinagawa. Salam.

  4. Selamat malam pak Nugroho
    Pak, saya tgl 18 ini akan berangkat ke Jepang, sampai di Haneda sdh jam 22.30 sedangkan hotel daerah Asakusa, apakah memungkinkan untuk naik kereta lagi smp hotel jam segitu ?
    Rute saya di Jepang sbb :
    Tokyo-Yokohama-Tokyo
    Tokyo-Osaka
    Osaka-Kyoto-Osaka 2 hari berturut turut
    Osaka-Hiroshima-Osaka
    Osaka-Kansai
    Apakah dengan rute itu cocok pakai JR pass pak ? Terima kasih sebelumnya pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kereta terakhir menuju ke Asakusa adalah pukul 23.42 dengan Keikyu Line.
      Lalu karena ada shinkansen Tokyo-Osaka, dan Osaka-Hiroshima PP maka JR PASS sudah balik modal. Salam

  5. Saya akan ke jepang selama 7 hari, jika rute saya Osaka-Kyoto-Jepang apakah murah ambil JR Pass? dan kalau ambil JR Pass, kemungkinan saya nambah Hiroshima..

    eh 1 lagi, kalau menggunakan JR Pass, apakah willerbus Kyoto-Tokyo bisa tercover? atau bus/train malam lainnya untuk menghemat penginapan semalam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Kalau bapak perhatikan 400 lebih komentar di atas, tentu bisa membandingkan dengan itinerary perjalanan teman-teman yang lainnya.
      Kalau hanya ke Osaka, Kyoto, dan Hiroshima, sepertinya tidak perlu membeli JR PASS sebab belum balik modal. Maksud bapak Osaka-Kyoto-Jepang itu apa ya?
      Lalu JR PASS hanya mencover ongkos perjalanan kereta. Ongkos bus malam seperti willer bus tidak tercover. Salam

  6. Selamat Siang Mas Nugroho
    Saya mau tanya masukan dari anda. Jadi saya berencana ke Jepang bulan Maret – April 2017 nanti.
    PPnya dari Narita Airport. Dan rencananya saya stay selama 9D8N di Tokyo (3D), Osaka (3D) + Kyoto PP, Hiroshima (1D), dan kembali ke Tokyo (2D).
    Yang jadi pertanyaan :
    1. Apa saya harus membeli JR Pass? Dan kalau iya, pendapat anda saya harus aktifkan di hari keberapa?
    2. Apa saya harus membeli Suica / Passmo? Karena saya berencana untuk keliling dalam Tokyo juga
    3. Untuk reservasi seat dengan JR Pass apa dapat dilakukan di hari ketika akan berangkat menuju kota lain? karena mengingat periode saya pergi sedang peak season.

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Halo Avi, selamat siang :)

      1. Karena ada PP Tokyo-Kyoto/Osaka, lebih menguntungkan jika dengan JR Pass, apalagi ada rencana ke Hiroshima. Soal diaktifkannya kapan, kami butuh rencana detail kamu di Tokyo (khususnya 3 hari pertama dan 2 hari terakhir). Intinya, yang lebih sedikit memerlukan kereta ya tidak perlu menggunakan JR Pass. Jadi bisa pindah ke depan (dari day 1-7) atau mundur (aktif day 2-8 atau 3-9).
      2. Kalau mau keliling Tokyo bisa gunakan SUICA/PASMO buat kombinasi JR Pass. Jadi kereta yang tidak tercover JR Pass, naiknya pake SUICA/PASMO, sehingga tidak cape ngantri. Di Kyoto dan Osaka kamu bisa pake SUICA/PASMO juga buat naik bus/kereta swasta.
      3. Bisa. Tapi amannya, 1 hari sebelum untuk memastikan aja (kami sarankan). Karena mungkin aja semua orang berpikiran sama dengan Avi kan? :)

      Salam dan selamat datang di Jepang!

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!