Museum Perdamaian Hiroshima

Home / Museum / Museum Perdamaian Hiroshima
Item image

Museum Perdamaian Hiroshima atau Hiroshima Peace Memorial Museum terletak di area Hiroshima Peace Memorial Park. Museum ini selesai dibangun tahun 1955 dan didedikasikan untuk mengenang sejarah bom atom di kota Hiroshima tanggal 6 Agustus 1945, sekaligus sebagai menjadi lambang perdamaian dunia. Lokasinya dibangun di tepi sungai Ota, Hiroshima, tidak jauh dari Atomic Bomb Dome, satu-satunya bangunan yang bertahan dari serangan bom atom pada perang dunia kedua. Setiap tahunnya lebih dari satu juta pengunjung dari seluruh dunia mengunjungi kompleks taman dan museum perdamaian Hiroshima dan menjadikannya objek wisata paling terkenal di Hiroshima. Simak liputan Tim Info Jepang mengunjungi museum perdamaian ini.

“We have known the agony of war. Let us now find courage, together, to spread peace and pursue a world without nuclear.”

“Kita telah dikenal karena penderitaan perang. Mari bersama-sama kita memberanikan diri, bersama, untuk menyebarkan perdamaian dan berupaya mewujudkan dunia tanpa nuklir.”

Itu adalah pesan yang dituliskan oleh Presiden Barrack Obama di atas kertas putih dan ditandatangani dalam kunjungannya ke Hiroshima Jepang, pada 27 Mei 2016. Obama merupakan Presiden Amerika Serikat pertama yang datang kembali ke Hiroshima setelah AS menjatuhkan bom atom lebih dari 70 tahun yang lalu. Selain menulis pesan perdamaian, Obama juga membuat dua burung bangau kertas yang menjadi simbol perdamaian di Jepang.

1. Sejarah Bom Atom Hiroshima

Mungkin masih banyak taman-teman yang bingung apa sebenarnya yang terjadi pada tanggal 6 Agustus di Hiroshima dan kemudian tiga hari kemudian di Nagasaki? Berikut ini Tim Info Jepang menjelaskannya.

Hiroshima dan Nagasaki terletak di sisi selatan Jepang, dan menjadi pusat komando militer dan politik selama perang dunia kedua. Penduduk Hiroshima saat itu berjumlah 350.000 orang. Pagi itu, tepat pukul 08.15 pagi, bunyi ledakan keras terdengar di udara. Bom “Little Boy” meledak 600 meter di atas permukaan tanah dan menghasilkan bola-bola api di udara. Bola-bola api ini kemudian beraksi fisi dengan melepaskan energi dalam jumlah besar berupa panas yang mencapai hampir 4.000 derajat celcius. Bayangkan, besi saja akan meleleh pada suhu 1.536 derajat! Seluruh bangunan dalam radius 2 kilometer dari pusat ledakan (di atas Rumah Sakit Shima, kini menjadi kompleks taman dan museum) langsung rata dengan tanah. Ada lebih dari 140.000 orang meninggal baik secara langsung maupun tidak langsung (meninggal beberapa hari setelah ledakan), dan kebanyakan tidak dapat diidentifikasi lagi.

2. Berkeliling Museum Perdamaian Hiroshima

Bangunan museum ini dibagi menjadi dua, bangunan utama dan bangunan baru di sisi timur. Di dalam bangunan utama, kita bisa mempelajari seluruh hal yang berkaitan dengan ledakan bom atom di Hiroshima. Ada beragam foto, film, dan liputan koran dan majalah mengenai ledakan bom. Ada galeri yang menampilkan barang-barang yang tersisa setelah ledakan bom atom seperti jam yang berhenti pukul 8.15 (disumbangkan oleh keluarga Kazuo Nikawa), pakaian sekolah yang terbakar (lihat gambar di bawah), sepeda, sendal, tas, kacamata, bahkan tempat bekal makan siang yang hangus terbakar.

Selain itu, kita juga bisa melihat video testimoni keluarga yang selamat dan juga gambar anak-anak korban ledakan bom saat mereka diterapi untuk menhilangkan ketakutan mereka. Semua benda ini ditata dengan baik sehingga kita bisa merasakan dan seakan-akan dibawa ke hari setelah terjadinya ledakan bom tanggal 6 Agustus 1945 itu. Museum ini dibangun bukan untuk mengingatkan hari kelam dan menyedihkan bagi penduduk Hiroshima dan Jepang, melainkan sebagai pengingat kepada dunia bahwa perang tidak akan pernah memberikan dampak yang baik bagi manusia. Ada beragam foto-foto awan jamur yang muncul saat bom atom meledak di atas langit Hiroshima.

Sisa baju korban ledakan atom di Museum Perdamaian Hiroshima

Bangunan di sisi timur menampilkan miniatur dari tiga bangunan yang tersisa (tidak hancur total) setelah terjadi ledakan, termasuk replika Atomic Bomb Dome. Fokus utama bangunan ini adalah menampilkan pembangunan kembali kota Hiroshima setelah ledakan, di mana kita bisa melihat foto-foto pembangunan sekolah, stasiun kereta, pelabuhan, dan jalan. Salah satu yang bisa kita pelajari adalah bagaimana Jepang bisa cepat bangkit dari suasana duka dan membangun kembali kota yang hancur selepas perang.

Miniatur replika Dome di Museum Perdamaian Hiroshima

Cara menuju Museum Perdamaian Hiroshima

Dari Hiroshima

Dari stasiun kereta JR Hiroshima, naik kereta trem nomor 2 atau 6  dan turun di halte Genbaku-Domu (lama perjalanan sekitar 15 menit, dengan harga tiket 160 yen). Dari halte trem ini, kita tinggal berjalan kaki sekitar 5 menit sampai ke taman dan museum perdamaian.

Cheap Hotels in Hiroshima [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Santiago Guesthouse Hiros
1 km away
from ‎¥2315/night
Oriental Hotel Hiroshima
1 km away
from ‎¥9447/night
Hiroshima Peace Hotel
2 km away
from ‎¥4243/night
Granvia Hotel Hiroshima
2 km away
from ‎¥10717/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Bus Keliling Hiroshima
2 km away
Loop Bus Hiroshima
Museum Perdamaian Hiroshi
0 km away
Museum Perdamaian Hiroshima tampak luar
Miyajima Aquarium
17 km away
Suasana atraksi di Miyajima Aquarium
Hiroshima Castle
1 km away
Berfoto di depan Hiroshima Castle

Sumber gambar: Dokumentasi pribadi Tim Info Jepang


Recommended for you


Tiket masuk Museum Perdamaian Hiroshima: 200 yen
Last modified: February 25, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (38)

  1. Pak, saya ada rencana ke jepang akhir mei bersama orang tua, dengan itinerary sbb :
    Day 1 – 2: haneda – kawaguchiko (via bus), dan menginap disana
    Day 3 – 4: kyoto, keliling2
    Day 5 -6 : osaka, keliling2
    Day 7 : kobe
    Day 8 : nara
    Day 9: hiroshima
    Day 10 : kyoto
    Dr day 3- 4, kami menginap di kyoto
    Day 11 – 15 : tokyo, menginap di tokyo.
    Kami sudah membeli jr pass 7D.
    Tp kami bingung kapan waktu terbaik mengaktifkannya (rencana diaktifkan saat hr ketiga). Dan kami jg berencana membeli pasmo utk di tokyo, serta bus pass kyoto saat di kyoto

    Apakah sudah benar/efisien rencana sy, atau malah mubazir.
    Jika boleh tolong dibantu info train/bus pass yg efisien pak. Krn sy bingung sekali.

    Terima kasih banyak.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Tanggal 9 malam itu menginapnya di mana bu? Kalau sudah di Kyoto, silakan diaktifkan di hari ketiga. Salam

    • Di hari 9 rencana kami menginap di kyoto, jd hy 1day trip (msh rencana loh pak, tolong saran yah pak jika rencana ini menjadi hal yg tidak mungkin).
      Utk keliling2 kyoto lebih baik menggunakan pasmo atau menggunakan kyoto day pass, krn di kyoto kami benar2 tanpa tujuan (sekuat kaki orang tua sy melangkah). Mohon sarannya.
      Terima kasih

  2. Selamat siang Pak Nugroho,
    saya Yanti, rencana perjalanan saya jkt ke tokyo, hakone, mt.fuji, shirakawago, kyoto, hiroshima, osaka, dr osaka balik ke jkt.
    1. saya jg berencana menginap di hakone/kawaguchiko, nginap dimana yg efesien ya Pak utk rute di atas.
    2. selain Fuji Hakone Pass , Pass apa yg cocok utk rute saya ya Pak, JR Pass ato Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass?
    3. untuk perjalanan di sekitar tokyo apa perlu beli tiket tokyo subway, dan di osaka- kyoto apa masih perlu membeli pass lokal lainnya , kalau udh punya JR Pass ato Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass?

    Mohon bantuannya Pak.
    Terima Kasih.

    • Terima Kasih Pak untuk arahannya.
      jadwal lengkapnya sbb hari ke:
      1, tiba di Narita jam 10.50, mau keliling tokyo spt akihabara, shinjuku, harajaku, sibuya, asakusa, ginza. bisa terjelajahi ga Pak? dan urutannya gimana? bisa dg 1 day Tokyo subway pass ga?
      bermalam di tokyo

      2. Tsukiji Fish Market, disneysea, bermalam di tokyo
      3. Fuji Hakone, bermalam di hakone
      4. Fuji Hakone, membeli Fuji Hakone Free Pass , bermalam di hakone
      5. Hakone menuju Shirakawago, bermalam di kyoto
      6.Kyoto, berkeliling dengan kyoto bus pass
      7. Hiroshima, ke peace memory park/museum, hiroshima castle, shukkein garden dan miyajima, bermalam di osaka.
      8 Osaka, ke universal studio
      9. Osaka- jkt, etd 17.20 sisa waktu kemana ya Pak? dan pakai Pass apa Ya?

      oh ya, rute di atas kan dg kondisi saya membeli JR Pass 7 Hari, kalau di ganti dengan Buss Pass 3 hari apa bisa ya Pak? kalo bisa gimana pengaturannya.
      Mohon arahannya lagi Pak.

      Terima kasih banyak sebelumnya.
      Salam.

  3. Selamat malam mas Nugroho
    Mhn infonya, saya punya JR pass dari Osaka ke Hiroshima (pp setengah hari siang) naik kereta apa, naik dari stasiun apa & turun di stasiun apa? rencana akan lihat Hiroshima castle, atomic bomb dome & untuk keliling di sana transport apa yg murah?
    Terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Dari stasiun Osaka, ibu bisa naik JR Kyoto line sampai ke Shin Osaka Station.
      Kemudian naik shinkansen Sakura sampai ke Hiroshima Station. Untuk perjalanan ke Hiroshima Castle dan Atomic bomb dome bisa naik trem.
      Informasi lengkapnya nomor berapa dan turun di stasiun apa, sudah dijelaskan di artikel itu. Silakan cek linknya. Salam

  4. page-3

    #15-Apr-2019
    1. Check out dari Kyoto, Lanjut naik KA ke OSAKA —-> JR PASS
    2. Check in hotel (taruh bagasi)
    3. Naik KA ke HIROSHIMA —-> JR PASS
    4. Istana Kerajaan Horoshima
    5. Peace Flame & Museum Hiroshima
    6. Kembali ke OSAKA / Naik KA —-> ? JR PASS

    DI OSAKA
    1. Osaka Castle
    2. Shopping di MITSUI OUTLET PARK OSAKA TSURUMI
    3. Shopping di Grand Front Osaka
    4. Naik Perahu di Kanal Dotonbori (menjelang malam) —-> Beli tiket langsung atau pake JR?
    5. Jalan-jalan di Dotonbori
    6. Diner
    7. Check in Hotel Capsule Hotel Astil Dotonbori (1malam)
    NOTE :
    DI HARI INI JR PASS 7 HARI SUDAH HABIS MASA PAKAINYA
    MAKAN, UNTUK 2 HARI SELANJUTNYA BAGAIMANA YA…?

    #16-Apr-2019
    1. Cup Noodles Museum Osaka Ikeda
    2. Shopping ke Shinsaibashi Aracade
    3. Shopping ke Ichiba Market
    4. Shopping yang toko serba 100Yen di mana ya?
    5. Kembali ke hotel utk check out, ambil bagasi
    6. Pindah ke Hotel : KARAKSA SPRING HOTEL KANSAI AIR
    7. Diner
    8. Istirahat

    #17-Apr-2019
    1. Check out
    2. Ke Bandara Kansai —-> Beli tiket KA type apa?
    3. Pulang ke Indonesia (GA di gate brp?)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Koreksi untuk bagian ini
      1. Naik Perahu di Kanal Dotonbori (menjelang malam), tiket tidak tercover oleh JR PASS, harus membeli tiket sendiri.
      2. Toko 100 yen ada di Cando 100 yen shop yang lokasinya di Namba.
      3. Perjalanan dari Hotel menuju ke Bandara Kansai di hari terakhir bisa menggunakan SUICA yang dibeli dari Tokyo atau ICOCA yang dibeli di Osaka, menggunakan kereta Nankai Line. Salam

  5. Salam sejahtera pak Nugroho…

    Pak sy berencana liburan ke Jepang bersama keluarga (+2 anak remaja) pada tgl 29 Des – 5 Jan 19, dan itenerari nya sbb :

    1. 30 Des………around hotel Tokyo
    2. 31 Des………Gala Ski Resort
    Minta sarannya utk melewati malam pergantian tahun yg enak nya di daerah mana ya pak???
    3. 01 Jan……….Tokyo (GINZA, SHIBUYA, HARAJUKU, ETC)
    3. 02 Jan……….Tokyo – Osaka (pp)/Hiroshima (Atomis Bome Domb)
    4. 03 Jan……….Tokyo – Kyoto (pp)
    5. 04 Jan……….Masih bingung hehehe
    6. 05 Jan………Tokyo – Jakarta

    PERTANYAAN :…
    1. Untuk transportasinya apa cukup dengan membeli JR PASS saja??
    2. Apa itenerary nya sudah benar pak??
    3. Mohon masukan nya pak Nugroho…

    Best Regard

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Tahun baru di Tokyo itu sepi bu, hampir semua toko tutup dan tidak ada acara spesial. Untuk tanggal 2 Januari, kalau berencana PP ke Osaka dari Tokyo, shinkansennya one way sudah makan waktu sekitaran 3,5 jam. Sementara ke Hiroshima waktunya sekitaran 4 jam. Kenapa tidak menginap 2-3 malam di Osaka pak? Salam

  6. Slmt mlm, mohon masukkan transportasi yg tercover dengan JR pass untuk itin sy sbb:
    Tiba di haneda malam naik limousine bus ke hotel di shinjuku
    1. Ke kawaguchiko naik bus pp
    2.Shinjuku ke tateyama malmnya nginap di
    Kanazawa.
    3.shirakawago malamnya ke osaka stay di
    Osaka selama 5 hari.
    4.osaka castle umeda sky building
    Dotonbori nanba shinsaibashi.
    5 .osaka nara kobe pp.
    6.osaka ke hiroshima pp
    7. Osaka to kyoto : fushimi inari Arashiyama
    Kuil emas dan gion.
    8.osaka ke gala yuzawa mlm stay di
    Niigata .
    Apakah itin sy sdh maksimal ? dan JR pass sy aktifin rute ke 2 ..selama perjalanan sy di atas mohon petunjuk untuk kereta dan bus yg tercover dengan jr pass dr rute ke 2 sampai rute ke 8 . … Terima kasih sebelumnya.

    • Thx tuk infonya… Satu lg pertanyaan sy untuk itin sy yg no 2 dr shinjuku ke toyama kan sdh agak siang rencananya mo beli tiket kurobe alpin ke tateyama apakah waktunya cukup? Kl sy hari itu langsung ke kanazawa check in trus ke shirakawago nti besoknya ke tateyama biar agak lama waktunya di tateyama…apakah rute ini maksimal dgn jr pass? mohon masukkannya pak…thx.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kalau rutenya mau diubah antara Tateyama Kurobe Alpine Route dan Shirakawago juga bisa bu, sama saja bila menggunakan JR PASS.
      Ibu jangan lupa hitung dengan matang rute Nohi Bus menuju ke Shirakawago. Salam

    • irene lalamentik  |  

      Selamat pagi pak nugroho…perjalanan sy bisa berjalan dengan lancar berkat blog dan saran dr bpk ,terima kasih byk atas bantuannya .

  7. Pak Nugroho…mohon tanya dong…
    Saya akan liburan ke Jepang Tgl.28 April s/d 13 May 2018
    Saya rencana mau liat Sakura di Sapporo kemudian mau ke Hakodate, Tokyo, Hiroshima, Kyoto dan Osaka kemudian balik Jakarta tgl.13 May dari Tokyo.
    Mohon petunjuk itinerary nya seperti apa agar supaya tidak muter2
    Saya rencana mau beli JR Pass…karena saya ke Sapporo ingin naik Kereta.
    Terima kasih banyak atas bantuannya….

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Rutenya sudah tepat bu: Hakodate, Tokyo, Hiroshima, Kyoto dan Osaka, lalu kembali ke Tokyo. Rutenya juga tercover oleh JR PASS. Salam

  8. selamat pagi, mohon info, saya dan keluarga menginap di osaka kemudian kami ingin mengunjungi Fushimi inari-gion-arashiyama dan ingin ke nara sebelum kembali ke osaka. Kami telah memiliki JR pass dan berencana membeli one day bus card selama di kyoto.
    apakah memungkinkan dalam satu hari ya pak? selama di nara, tempat mana yang direkomendasikan?
    hari berikutnya kami berencana keliling osaka sebelum bertolak ke hiroshima, lebih baik menggunakan osaka amazing pass atau wonder loop? atau yang lain?
    terimakasih sebelumnya

  9. Halo. Bolehkah minta saran.
    Saya mau ke jepang, tp 10 hari, kan nanggung ya mau beli JR pass yg 14 hr juga.
    Rutenya begini

    Hari 1 : sampai narita 20.30 -> nginap shinjuku
    Hari 2 : disneyland
    Hari 3 : fujiko fujio museum, tokyo tower, ebisu garden, harajuku, ginza -> balik shinjuku
    Hari 4 : ueno park, shibuya, asakusa, tokyo skytree -> balik shinjuku
    Hari 5 : kawaguchiko -> festival shibazakura (nginap sekitar kawaguchiko)
    Hari 6 : otw Osaka (nginap di Shin Osaka)
    Hari 7 : ke Kyoto (arashiyama, fushimi inari, kiyomizu dera, Gion) -> malam balik ke Osaka
    Hari 8 : universal studio osaka
    Hari 9 : otw Hiroshima (Hiroshima peace memorial dan sekitarnya) -> malam balik ke osaka
    Hari 10 : otw Nagoya (nagoya city science museum, nagoya castle, hisaya odori park) -> malam balik ke osaka
    Hari 11 : pagi-siang kemungkinan jalan2 di osaka aja.
    flight dr kansai jam 17.55.

    Kalau dgn itinerary spt di atas, lebih baik di tokyo perlu JR pass yg khusus Tokyo tdk ya?
    Klo JR Pass yg 7 hr rencananya saya mau pakai mulai hari ke 5 pas ke kawaguchiko

    • Selamat pagi Mas Nugroho, terima kasih pertanyaan saya telah dijawab. Saya mau tanya lagi:
      1. Bisakah saya minta jadwal Shinkansen yg dari Tokyo (Haneda) ke Hokaido? Soalnya Timetable yang ada saya tidak mengerti membacanya
      2. Bisa minta obyek wisata di kota-kota besar (provinsi di Jepang)? Artian di kotanya saja..
      Terima kasih.

  10. Dear Pak Nugroho, mohon advise nya untuk itinerary saya:
    Day 1: Tokyo
    Day 2: day trip to Yokohama
    Day 3: from Tokyo to Hakone/Kawaguchiko
    Day 4: Fuji
    Day 5: From Hakone to Kyoto
    Day 6: day trip to Nara
    Day 7: Kyoto
    Day 8: from Kyoto to Hiroshima, Matsuyama
    Day 9: from Hiroshima to Osaka
    Day 10: Osaka
    Day 11: Osaka
    Day 12: from Osaka to Tokyo
    Day 13: Tokyo
    Day 14: flight to jakarta
    -Untuk itinerary seperti diatas apakah pakai JR Pass 14 hari balik modal?
    -Apa lebih baik saya persempit supaya bisa pakai JR Pass 7 hari dan beli Suica card lagi?
    -Lebih hemat yang mana di antara 2 option tsb?
    Thank you sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau ibu bisa mengubah itinerarynya, ada baiknya ke Tokyonya pada day 11, sehingga ibu bisa menggunakan JR Pass 7 hari dari day 5 ke day 11. Selanjutnya untuk ke Hakone/Kawaguchiko ibu bisa gunakan Fuji Hakone Pass saja. Sisanya bisa mengunakan SUICA/Pasmo. Salam.

    • Joscelyn Kim  |  

      terima kasih untuk rekomendasinya. saya mau tanya lagi, waktu di kyoto dan osaka apakah ada one day pass seperti di tokyo untuk naik kereta dalam kota? Apakah pakai suica/pasmo sudah cukup?
      thank you

  11. mohon bantuannya pak. untuk itinerary Maret 2017 ini. apakah ok urutannya. saya gak mau jadi bolak-balik dan tidak menghemat waktu. misalnya urutan kyoto baiknya dimulai dari mana sampai mana supaya tidak bolak balik arah.

    berikut planning saya:
    KYOTO = Arashiyama -> Kinkakuji -> Ginkakuji -> Gion -> Kiyomizudera -> Fushimi inari Taisha

    OSAKA = Osaka Castle -> Shinsekai -> America Mura -> Dotonbori -> Shinsaibashi -> Namba -> Umeda Sky Building -> Tsutenkaku Tower

    HIROSHIMA = Miyajima Island ( Itsukushima Shrine ) -> a Bomb Dome -> Flame of Peace -> Taman Peringatan Perdamaian

    sangat butuh bantuannya.

    Hontouni arigatou

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk Kyoto, kunjungan ke Kuil Kiyomizudera bisa dihilangkan karena sedang ada renovasi besar di Bangunan Utama Hondo
      Osaka: Osaka Castle, lalu ke Umeda Sky Building (dekat Umeda) lalu ke ShinsekaiTsutenkaku Tower dengan Osaka Loop Line. Sore/ menjelang malam bisa ke Namba-Dotonbouri-America Mura bisa dibolak balik karena satu daerah.
      Hiroshima, kalau kamu mau menyeberang ke Torii Miyajima sebelum jam 9 pagi, dilanjutkan dengan ke Kuil Itsukushima. Siang harinya bisa jalan-jalan di Museum Perdamaian Hiroshima dan Atomic Bomb Dome.

  12. Selamat siang,

    saya rencana ke jepang akhir bulan ini.

    tanggal 24 tiba di Osaka, dan tanggal 29 tengah malam kembali ke indonesia dari Tokyo
    Rencana ingin ke (urutan perjalanan)
    Osaka
    Hiroshima
    Kyoto
    Kawaguchiko
    Nikko
    Tokyo

    apakah sebaiknya beli JRpass untuk 7 hari atau beli untuk masing-masing keberangkatan?
    jam berapakah kereta JR paling malam dari hiroshima ke Osaka / Kyoto?

    terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu/ Bapak. Silakan membeli JR Pass, karena sudah balik modal.
      Kereta shinkansen terakhir dari Hiroshima yang tercover JR Pass adalah Shinkansen Hikari berangkat jam 21.58 dan tiba di Shin Osaka pukul 23.32.
      Salam

  13. Kalo itinerary saya spt ini , tiket pass mana yg cocok :
    30 des mendarat di kansai osaka jam 15.30 , menuju kyoto , stay di rmh teman sd tgl 2 jan , rencana ke usj , wisata ke osaka castle , peace park hiroshima , kinkakuji kiyomizudera dan nara park
    2 sd 5 jan , keliling Tokyo , kalo salju blm turun mau ke gala yuzawa , Mt. Fuji.
    Tgl 5 jan malam kembali ke indonesia

    Nah info Shirakawa ini sgt menarik , bisa disisipkan tgl 2 jan ya mas , perjalanan kyoto to Tokyo. …apakah hrs nginap atau bs half day tur? Jadi tiket pass apa yg cocok , makasih byk infonya

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!