Stasiun Kanazawa

Home / Attraction / Stasiun Kanazawa
Item image

Stasiun Kanazawa adalah stasiun utama kota Kanazawa dan merupakan stasiun akhir trayek kereta Shinkansen Hokuriku yang melintasi Tokyo, Nagano, Kurobe-Unazuki Onsen, Toyama, Takaoka, hingga berakhir di Kanazawa. Stasiun ini dikelola oleh JR-West, dan dikenal dengan keindahan kubah kaca Motenashi Dome-nya yang berbentuk payung kaca raksasa dan juga gerbang kayu Tsuzumi-mon sebagai simbol instrumen musik Jepang, Tsuzumi (gendang atau drum tangan). Tim Info Jepang sudah membahas beragam tempat wisata seru yang ada di Kanazawa, seperti Kastil Kanazawa, Taman Kenrokuen, Museum Seni Abad 21 dengan koleksi yang unik dan juga distrik Higashi Chaya yang terkenal. Namun, kurang lengkap jika kita tidak mengetahui pintu gerbang kota Kanazawa, yakni Stasiun Kanazawa.

Mengenal sekilas Stasiun Kanazawa

Selesai dibangun lebih dari seratus tahun lalu, Stasiun Kanazawa memegang peranan penting dalam perkembangan wisata Kanazawa hari ini. Dengan beroperasinya Shinkansen Hokuriku, perjalanan dari Tokyo sampai Kanazawa hanya membutuhkan waktu 2,5 jam saja.

Pintu Gerbang Ikonik Stasiun Kanazawa

Pintu Gerbang Ikonik Stasiun Kanazawa

Peron stasiun ini dibagi menjadi dua bagian besar, peron untuk kereta Hokutetsu (kereta menuju Uchinada) di bawah tanah. Lalu ada peron untuk kereta JR yang letaknya ada di atas permukaan tanah.  Ada 7 trek yang ada di peron untuk kereta JR.

Suasana Stasiun Kanazawa

Suasana Stasiun Kanazawa

  • Jalur 1: kereta lokal Hokuriku Main Line ke Fukui dan Komatsu, kereta limited ekspress Shirasagi menuju Maibara dan Nagoya, kereta limited ekspress Raicho dan kereta malam Nihonkai menuju Tsuruga, Kyoto, dan Osaka.
  • Jalur 2: kereta lokal Hokuriku Main Line, kereta limited ekspress Shirasagi, kereta limited ekspress Raicho dan Thunderbird menuju Tsuruga, Kyoto, dan Osaka.
  • Jalur 3: kereta lokal Hokuriku Main Line, kereta limited ekspress Shirasagi, dan kereta lokal Nanao menuju Wakura Onsen di Semenanjung Noto.
  • Jalur 4: kereta lokal Nanao dan kereta Ainokaze dan kereta IR Ishikawa menuju Takaoka dan Toyama.
  • Jalur 5: kereta limited ekspress Oyasumi ke Fukui dan Komatsu, dan juga kereta malam jalur Wakura Onsen-Ueno.
  • Jalur 6: kereta lokal Nanao, kereta Ainokaze dan kereta IR Ishikawa.
  • Jalur 7: kereta malam Nihonkai menuju Akita dan Aomori, kereta Ainokaze dan kereta IR Ishikawa, dan kereta limited ekspress Shirasagi, Thunderbird, dan Ohayo menuju Takaoka dan Toyama.

Selain itu, dari Terminal Bus Stasiun Kanazawa, kita bisa naik bus Nohi yang menuju Shirakawago atau Takayama (halte keberangkatan nomor 2), bus JR ke arah Kenrokuen, Kastil Kanazawa dan Korinbo (halte nomor 4), atau Kanazawa Left Loop Bus atau Right Loop Bus (halte keberangkatan nomor 7).

Informasi Loker di Kanazawa Station

Banyak pertanyaan yang masuk ke website Tim Info Jepang perihal ketersediaan loker di Kanazawa Station, mengingat tempat ini sangat strategis untuk penitipan barang buat yang ingin berkeliling kota Kanazawa, maupun ke Tateyama Kurobe Alpine Route atau Shirakawago.

Di Kanazawa Station ada total 5 lokasi loker, dengan 3 lokasi yang menyediakan loker ukuran besar. Tempat pertama adalah sebelah kiri kalau keluar pintu karcis Stasiun Kanazawa, ada 78 loker berukuran sedang, dan 16 loker berukuran besar. Tempat kedua, keluar pintu karcis belok ke sebelah kanan ada 21 loker ukuran sedang dan 10 loker berukuran besar. Harganya sama 400 yen per hari untuk loker ukuran sedang dan 600 yen per hari untuk loker ukuran besar. Ketiga, belok kanan setelah keluar pintu karcis di dalam ruang Fureiai-kan, ada 5 loker berukuran jumbo harganya 600 yen.

Kegiatan wisata seru di Stasiun Kanazawa

1. Berfoto dengan gerbang Tsuzumi yang ikonik

Terletak di pintu masuk Stasiun Kanazawa dan terminal bus stasiun, kita bisa melihat ikon kota Kanazawa yakni gerbang Tsuzumi bewarna merah dan megah. Gerbang ini dibuat dari kayu yang mengambil bentuk drum tangan yakni alat musik khas Jepang. Sepanjang jalan di pinggir gerbang tsuzumi juga menjadi halte keberangkatan bus left loop, right loop, dan bus malam.

platform bus nohi dan hokutetsu di Stasiun Kanazawa

Buat teman-teman yang langsung ingin pergi ke Shirakawago, Gokayama, atau Takayama setibanya di Stasiun Kanazawa, bisa langsung menuju halte nomor 2. Halte nomor 2 ini berada di dekat pintu keluar timur (East Gate) atau sering juga dibilang Kenrokuen Gate karena menghadap ke arah Taman Kenrokuen. Semua bus Nohi maupun Hokutetsu (bus yang menuju Shirakawago-Gokayama-Takayama) akan menunggu di tempat ini.

2. Belanja oleh-oleh di Kanazawa Hyakubangai

Kanazawa Hyakubangai adalah pusat perbelanjaan yang terletak di dalam stasiun Kanazawa. Ada beragam barang yang bisa dibeli, seperti pakaian, tas, sepatu, dompet, hingga jam tangan dari merek-merek ternama Jepang dan dunia. Selain itu, di sini juga kita bisa menemukan aneka oleh-oleh khas Kanazawa. Toko-tokonya mulai buka dari jam 08.30-20.00.

Pusat perbelanjaan Hyakubangai di Stasiun Kanazawa

Pusat perbelanjaan Hyakubangai di Stasiun Kanazawa

3. Menyantap aneka makanan khas di Kanazawa Forus

Kanazawa Forus adalah area pusat makanan yang terletak di dekat pintu keluar timur Stasiun Kanazawa. Di sini kita bisa menemukan beragam toko, bioskop, dan restoran yang menjual menu makanan Jepang dan Eropa dan juga minuman sake.

Akses menuju Kanazawa

1. Dari Tokyo

Dari Stasiun Tokyo, Ueno, atau Omiya, teman-teman bisa naik kereta Hokuriku Shinkansen Kagayaki. Lama perjalanan sekitar 2,5 jam dengan harga tiket 14.000 yen. Menggunakan Japan Rail Pass maupun Hokuriku Arch Pass sangat berguna untuk perjalanan ke Kanazawa.

Selain itu, teman-teman juga bisa naik bus (siang atau malam) dari Tokyo sampai Kanazawa. Harga tiketnya mulai dari 4.500 yen untuk sekali jalan dan 8.000 yen untuk tiket pulang pergi.

Selain itu, dari Bandara Haneda tersedia penerbangan menuju Bandara Komatsu yang terletak sekitar 40 menit perjalanan naik bus dari pusat kota Kanazawa. Namun, harga tiketnya yang berkisar 15.000-20.000 yen membuat naik kereta Shinkansen jadi pilihan utama.

Peta Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass

Peta Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass

2. Dari Kyoto atau Osaka

Dari Stasiun Kyoto, kita bisa naik kereta JR limited ekspress Thunderbird sampai Stasiun Kanazawa. Lama perjalanannya sekitar 2 jam dengan ongkos 6.380 yen. Jika memiliki Japan Rail Pass atau Hokuriku Arch Pass ongkos kereta Thunderbird semua tercover.

Dari Stasiun Osaka, kita bisa naik kereta JR limited ekspress Thunderbird sampai Stasiun Kanazawa. Lama perjalanannya sekitar 2,5 jam dengan ongkos 7.130 yen. Jika memiliki Japan Rail Pass atau Hokuriku Arch Pass ongkos kereta Thunderbird semua tercover.

3. Dari Nagoya

Dari Stasiun Nagoya, kita bisa naik kereta JR limited ekspress Shirasagi sampai Stasiun Kanazawa melalui Maibara. Lama perjalanannya sekitar 3 jam dengan ongkos 6.810 yen.

4. Warisan Budaya Dunia Shirakawago

Kanazawa adalah salah satu tempat transit paling dekat menuju Shirakawago yang terkenal. Dari Stasiun Kanazawa tersedia bus Nohi dan Hokutetsu dengan lama perjalanan sekitar 75-80 menit. Ongkosnya 1.850 yen untuk satu arah dan 3.290 yen untuk rute pulang pergi.

TOUR KE TAKAYAMA, SHIRAKAWAGO, DAN GOKAYAMA

Aduh ribet kayaknya ya kalau mau jalan-jalan backpacker ke Gokayama dan Shirakawago. Untuk kamu yang tidak mau ribet, bisa mencoba tour yang disediakan oleh perusahaan tour lokal di Jepang sebagai berikut.

  1. Half Day Tour, dengan rute Takayama-Shirakawago-Takayama (DETAIL LENGKAPNYA)
  2. One Day Tour, dengan rute Takayama-Gokayama Ainokura Shirakawago-Takayama (DETAIL LENGKAPNYA)
  3. Kanazawa-Shirakawago-Gokayama (1 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)
  4. Kanazawa-Shirakawago-Takayama (1 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)

Cheap Hotels near Kanazawa Station [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Guest House Ochakare
2 km away
Guest House Ochakare
from ¥5400/night
Kanazawa Guest House East
2 km away
Kanazawa Guest House East Mountain
from ¥8500/night
Kanazawa Central Hotel
2 km away
Kanazawa Central Hotel
from ¥7700/night
APA Villa Hotel Kanazawa-
0 km away
from ¥5472/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Distrik Samurai Nagamachi
1 km away
Suasana Distrik Samurai Nagamachi di Kanazawa
Stasiun Kanazawa
0 km away
Pintu Gerbang Ikonik Stasiun Kanazawa
Bus Keliling Kanazawa
0 km away
Bus Keliling Kanazawa bewarna merah
Pasar Omicho Ichiba
1 km away
Pintu masuk Pasar Omicho Ichiba di Kanazawa

Sumber gambar: Flickr Keiko Shih, Sewanin San, Kzaral


Recommended for you


Last modified: March 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Rio D.R
2018-06-23 21:43:21
tempatnya sangat bagus untuk para traveling di seluruh dunia

Close Comments

Comments (88)

  1. Saya dari kyoto mau ke shirakawago dan bermalam di takayama, sebaiknya menggunakan apa ya?
    Kalau dr kyoto ke kanazawa by train dan dr kanazawa by bus ?apakah koper bisa dititip di dalam bus ? Dan dr shirakawago ke takayama menggunakan apaa

    • Nugroho Christian  |  

      Dari kyoto ke kanazawa benar dengan naik kereta limited ekspress Thunderbird. Lalu dari Stasiun Kanazawa bisa naik bus Nohi ke Shirakawago. Ibu apa sudah pasti menginap di Takayama? Karena akan repot bawa kopernya dai Kanazawa-Shirakawago-Takayama dengan naik bus Nohi. Saran saya, ibu bisa menginap di Kanazawa saja, nanti kopernya bisa dititip di loker stasiun Kanazawa. Salam.

    • Cecilia  |  

      Iya sudah sy beli hotel di takayama, apakah bus yg digunakan bisa ada tempat titip bagasi ?

    • Nugroho Christian  |  

      Bus Nohi itu ada bagasinya (seperti bus di Indonesia). Saat turun dan mengunjungi Shirakawago, ibu bisa titip di loker koin di sekitar visitor center Shirakawago. Setelah berkeliling, bisa ambil lagi, lalu naik bu Nohi ke Takayama. Salam.

  2. Olyvia Angdreas  |  

    Hai ka saya mau tanya cara booking nohi bus. Apakah harus lewat telp / bisa pake website ? Lalu bagaimana cara pesan round trip ya ?

  3. Sy mau nanya,klo saya pergi ke Shirakawa Go dari Kanazawa kemudian lanjut untuk menginap di Toyama,apakah di stasiun bus Shirakawa Go ada loker penitipan koper?
    Utk bis menuju Shirakawa Go dari Kanazawa,apakah perlu booking duluan,atau bisa langsung in the spot?kmd bagaimana cara bookingnya?
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Bu Ratna bisa menitip koper di Stasiun Kanazawa. Jadi dari Kanazawa-Shirakawago-Kanazawa, ambil koper, baru ke Toyama. Untuk bus Nohi dari Kanazawa ke Shirakawago, harus dipesan terlebih dahulu karena biasanya penuh, linknya bisa langsung dicek dalam tulisan saya di Bus Nohi Kanazawa-Shirakawago. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!