Taman Kenrokuen

Home / Park / Taman Kenrokuen
Item image

Taman Kenrokuen di Kanazawa, Ishikawa merupakan salah satu dari tiga taman bergaya Jepang terindah. Meliputi area seluas lebih dari 11 hektar di pusat kota Kanazawa, taman ini selalu jadi tempat favorit bagi para wisatawan dan penduduk di Kanazawa. Seperti taman-taman bergaya Jepang lainnya, di Taman Kenrokuen, kita bisa melihat perpaduan unsur-unsur alam di dalam satu tempat: mulai dari kolam besar Kasumigaike dengan pulau kecil di tengah-tengahnya, air terjun bernama Midori, sungai kecil lengkap dengan pohon sakura di kiri-kanannya, air mancur, dan tentu jalan-jalan setapak untuk menyusuri taman. Saya sendiri berkesempatan mengunjungi Taman Kenrokuen dan Kastil Kanazawa yang berada persis di sebelahnya di medio tahun 2015 lalu. Ini dia keseruan mengunjungi Taman Kenrokuen Kanazawa.

Kegiatan Seru di Taman Kenrokuen

1. Menikmati keindahan pemandangan taman setiap musimnya

Dengan area lebih dari 11 hektar, pengunjung bisa menikmati keindahan kebun bunga dan pepohonan di taman. Di musim semi, kita bisa menikmati keindahan bunga plum dan sakura yang bermekaran. Area taman ini termasuk ke dalam tempat favorit untuk menyaksikan hanami yang berlangsung di minggu terakhir Maret sampai awal April. Kemudian di musim panas, kita bisa melihat bunga iries dan azalea. Di musim gugur, kita bisa melihat pemandangan daun-daun pohon yang berubah warna menjadi merah dan jingga. Nikmati juga iluminasi musim gugur, yang diadakan di malam hari setiap tahunnya. Untuk tahun 2017, iluminasi diadakan dari 17 November 2017 hingga 9 Desember 2017, dimulai dari pukul 17.30-21.00.

Di musim dingin, area Kanazawa dan Taman Kenrokuen akan diliputi oleh putihnya salju. Di musim salju kita bisa melihat keunikan di Taman Kenrokuen yakni Yukitsuri. Yukitsuri adalah sistem perlindungan dengan menghubungkan dahan-dahan pohon pada bambu penopang dengan tali supaya dahan pohon tidak patah karena salju yang berat. Bentuknya yang unik membuat pepohonan di Taman Kenrokuen berbentuk kerucut seperti pohon cemara raksasa dari salju.

kenrokuen saat hanami

Keindahan Taman Kenrokuen saat hanami

Taman Kenrokuen di musim dingin

Taman Kenrokuen di musim dingin

2. Melihat ikon Kenrokuen yakni lentera Kotojitoro

Di sisi utara kolam Kasumigaike, kita bisa melihat lentera Kotojitoro yang terkenal karena memiliki dua buah kaki. Unik dan tidak ada duanya di Jepang, di mana lentera-lentera di taman hanya memiliki satu buah kaki saja. Selain itu, lentera Kotojitoro ini sudah ada dari sekitar tahun 1800 dan menjadi salah satu harta bersejarah peninggalan keluarga Maeda, yang membangun Taman Kenrokuen ini sebagai taman keluarga.

Lentera Kotojitoro di Taman Kenrokuen

Lentera Kotojitoro di Taman Kenrokuen

3. Berkeliling dan menikmati keindahan taman

Kolam Kasumigaike adalah pesona sentral Taman Kenrokuen. Dengan pulau kecil di tengah-tengahnya, kita bisa melihat pepohonan sakura dan momiji yang terpantul di permukaan airnya. Kita bisa menyusuri area taman ini melalui jalan setapak dan tangga naik turun bukit-bukit kecil di area taman ini, atau duduk sebentar sambil merasakan semilir angin dan indahnya pemandangan. Di sisi selatan kolam Kasumigaike, teman-teman bisa juga melihat air terjun bernama Midori dan bangunan khusus upacara minum teh Shigure.

Kolam di tengah Taman Kenrokuen Kanazawa

Kolam di tengah Taman Kenrokuen Kanazawa

4. Makan atau membeli oleh-oleh khas Taman Kenrokuen

Di sisi barat taman berhadapan langsung dengan Kanazawa Castle, kita bisa menikmati aneka makanan tradisional Kanazawa di restoran dan cafe kecil. Makanan tradisional seperti aneka seafood (Kanazawa terletak di tepi laut Jepang), hasumushi, dan juga manisan Renkon bisa kita santap sebelum melanjutkan perjalanan ke Kanazawa Castle. Selain itu, juga ada toko oleh-oleh khas Kanazawa juga, jadi kita bisa sekaligus memborong oleh-oleh berupa pajangan atau aksesoris kayu, dan aneka lukisan Kanazawa Castle yang adalah ikon wisata Kanazawa.

Kios penjualan oleh-oleh di Taman Kenrokuen

Kios penjualan oleh-oleh di Taman Kenrokuen

5. Mengunjungi Museum Seni Kontemporer Abad ke-21

Bangunan yang berbentuk lingkaran ini didesain oleh dua orang arsitektur terkenal Jepang bernama Kazuyo Sejima dan Ryue Nishizawa diperuntukkan untuk menampilkan koleksi seni kontemporer (modern) dari berbagai seniman Jepang maupun dunia. Selain koleksi seni yang cukup lengkap, pemandangan area taman di sekeliling yang bisa kita lihat langsung juga semakin menambah keseruan kita berkeliling di museum ini. Buat yang masih penasaran, simak kunjungan kami ke Museum Seni Kanazawa berikut ini!

Bentuk bangunan museum Total ada 13 galeri yang menampilkan beragam lukisan dan karya seni tiga dimensi di museum ini. Salah satu karya yang paling terkenal adalah Leandro Erlich The Swimming Pool, di mana kita seakan-akan berada di dalam kolam renang namun tidak basah. Wah keren deh!

Informasi Tiket Masuk Ke Taman Kenrokuen

Untuk dapat masuk dan menikmati keindahan Taman Kenrokuen, dikenakan tiket masuk seharga 310 yen untuk orang dewasa, 100 yen untuk anak-anak hingga usia sekolah. Sementara itu untuk warga senior (usia 65 tahun ke atas), tidak dikenakan biaya masuk alias gratis. Taman ini juga buka sepanjang tahun dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore, atau jam 8 pagi sampai jam 5 sore selama musim dingin (Bulan Oktober-Februari).

Akses menuju Taman Kenrokuen

Dari Stasiun Kanazawa, teman-teman bisa naik bus sampai pintu gerbang Katsurazaka, Mayumi-zaka, atau Kodatsuno Taman Kenrokuen. Lama perjalanan sekitar 15-20 menit dengan ongkos 200 yen.

Selain itu, kalau teman-teman ingin berkunjung ke Taman Kenrokuen di akhir pekan atau hari libur, tersedia bus shuttle Kenrokuen (kode bus S8) atau Kanazawa Loop Bus (kode bus LL9 dan RL8) dari Stasiun Kanazawa. Lama perjalanan sekitar 20 menit dengan ongkos 200 yen.

Akses menuju Kanazawa

Dari Stasiun Tokyo, Ueno, atau Omiya, teman-teman bisa naik kereta Hokuriku Shinkansen Kagayaki. Lama perjalanan sekitar 2,5 jam dengan harga tiket 14.000 yen. Untuk Hokuriku Shinkansen ini masuk ke dalam cakupan Japan Rail Pass maupun Hokuriku Arch Pass.

Selain itu, teman-teman juga bisa naik bus (siang atau malam) dari Tokyo sampai Kanazawa. Harga tiketnya mulai dari 4.500 yen untuk sekali jalan dan 8.000 yen untuk tiket pulang pergi.

Cheap Hotels near Kenrokuen Garden [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Ryokan Yamamuro
1 km away
Ryokan Yamamuro
from ¥13400/night
APA Villa Hotel Kanazawa-
1 km away
from ¥5472/night
APA Hotel Kanazawa-Nomach
2 km away
from ¥4096/night
APA Hotel Kanazawa-Ekimae
2 km away
from ¥5483/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Taman Kenrokuen
0 km away
Keindahan Taman Kenrokuen di Kanazawa
Kuil Ninja Myoryuji
1 km away
Pintu masuk Kuil Ninja Myoryuji
Distrik Higashi Chaya
1 km away
Suasana Distrik Higashi Chaya di Kanazawa
Bus Keliling Kanazawa
1 km away
Bus Keliling Kanazawa bewarna merah

Sumber gambar: Flickr かがみ~Kimon Berlin, Happy Come, jpellgen, かがみ~, dokumentasi Tim Info Jepang


Recommended for you


Last modified: September 30, 2017 by

Close Comments

Comments (5)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Wah 2 jam sudah lebih dari cukup ibu. Di Higashi Chaya paling hanya perlu sekitar 1 jam untuk keliling dan berfoto-foto.
      Kecuali kalau mau mampir-mampir ke toko atau restorannya, mungkin perlu waktu lebih lama. Salam

  1. Selamat sore Pak Nugroho, saya tertarik artikel ini, ada beberapa pertanyaan:
    1. Perlu waktu berapa lama ya untuk melihat-lihat taman dan kastil ini?
    2. Apakah bisa pas masuk taman ini saya pakai 2 kali dalam hari yang sama. Misalnya: saya melihat-lihat taman ini pagi, lalu keluar (shirakawago) kemudian kembali lagi di sore hari untuk melihat2?
    3. Kalo saya datang 23 April apakah masih ada bekas2 Hanami?

    Terima kasih,

    Salam,
    Lia

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Ibu. Hanami bunga sakura di Taman Kenrokuen dan Kastil Kanazawa berlangsung pada awal hingga pertengahan April.
      Jadi sepertinya kalau datang akhir April, bunga sakura semuanya sudah rontok. Paling hanya bisa melihat pohon-pohon hijau seperti pohon biasanya.
      Untuk mengelilinginya sekitar 2-3 jam sudah pas. Ibu bisa masuk dua kali, di pagi dan sore hari, tapi mungkin harus membeli tiket lagi sore harinya. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!