Museum Seni Kanazawa

Home / Museum / Museum Seni Kanazawa
Item image

Museum Seni Kanazawa atau Museum Seni Kontemporer Abad ke 21 adalah museum seni yang terletak di pusat kota Kanazawa, tidak jauh dari Taman Kenrokuen dan kawasan Kastil Kanazawa. Bangunan yang berbentuk lingkaran ini didesain oleh dua orang arsitektur terkenal Jepang bernama Kazuyo Sejima dan Ryue Nishizawa diperuntukkan untuk menampilkan koleksi seni kontemporer (modern) dari berbagai seniman Jepang maupun dunia. Selain koleksi seni yang cukup lengkap, pemandangan area taman di sekeliling yang bisa kita lihat langsung juga semakin menambah keseruan kita berkeliling di museum ini. Buat yang masih penasaran, simak kunjungan kami ke Museum Seni Kanazawa berikut ini!

Total ada 13 galeri yang menampilkan beragam lukisan dan karya seni tiga dimensi di museum ini. Karya seni yang bisa kita lihat di museum ini antara lain:

  1. Michael Lin People’s Gallery 09.10.04-21.03.05, dari tahun 2004, karyanya bisa kita lihat tersebar di area taman di sisi selatan museum.
  2. James Turrell Blue Planet Sky, dari tahun 2004
  3. Florian Claar Klangfeld Nr.3 für Alina, dari tahun 2004
  4. Olafur Eliasson Colour activity house, dari tahun 2010
  5. LAR / Fernando Romero Wrapping, dari tahun 2005, karyanya bisa kita lihat tersebar di area taman di sekitar gerbang utara museum yang menghadap Taman Kenrokuen.
  6. Jan Fabre The Man Who Measures the Clouds, dari tahun 1999. Lukisannya dipasang di langit-langit museum.
  7. Visitors can enter the pool interior from Gallery 6. *No ticket needed to view the work from above.
  8. Patrick Blanc Green Bridge, dari tahun 2004 (perlu tiket pameran)
  9. Leandro Erlich The Swimming Pool, dari tahun 2004 (perlu tiket pameran). Namun jika hanya ingin melihat dari atas, kita tidak perlu membeli tiket pameran.
  10. Pipilotti Rist You Renew You, dari tahun 2004 (perlu tiket pameran)
  11. Anish Kapoor L’ Origine du monde, dari tahun 2004 (perlu tiket pameran)

Salah satu karya yang paling terkenal adalah Leandro Erlich The Swimming Pool, di mana kita seakan-akan berada di dalam kolam renang namun tidak basah. Wah keren deh! Di luar galeri seni utama, setiap bulannya selalu ada event atau acara spesial yang diadakan di museum ini, mulai dari pameran sementara karya seni dunia, diskusi membahas koleksi seni terbaru, atau kuliah umum mengenai seni kontemporer dari para dosen maupun pengamat seni. Tak lupa, ada juga objek kaca transparan bewarna-warni di halaman luar Museum Seni Kanazawa yang keren.

The Swimming Pool di Museum Seni Kanazawa

The Swimming Pool di Museum Seni Kanazawa

Pemandangan luar Museum Seni Kanazawa

Pemandangan luar Museum Seni Kanazawa

Setelah berkeliling melihat berbagai maca koleksi seni, kita juga bisa mengikuti upacara minum teh tradisional Jepang yang diadakan di ruangan upacara minum teh dekat pintu selatan museum. Selain itu, masih ada perpustakaan seni di mana kita bisa membaca beberapa sejarah seni kontemporer dan presentasi berupa gambar dari seniman kontemporer dunia lainnya.

Kalau lapar atau ingin beristirahat sejenak, ada restoran dengan menu tradisional Kanazawa juga di sini. Sambil menikmati makanan, kita bisa melihat keindahan Taman Kenrokuen melalui jendela kaca besar di sekeliling restoran. Buat yang mencari oleh-oleh, bisa berburu aneka lukisan atau kartu pos dengan tema seni kontemporer di toko oleh-oleh museum.

Informasi Tiket Masuk Museum Seni Kanazawa

Untuk dapat masuk dan berkeliling di area publik museum, kita tidak dikenakan tiket masuk (alias gratis). Namun untuk masuk dan berkeliling di area pameran atau galeri, kita dikenakan biaya 1.000 yen untuk orang dewasa, 800 yen untuk mahasiswa, dan 400 yen untuk anak-anak/ pelajar.

Akses menuju Museum Seni Kanazawa

Dari Stasiun Kanazawa, teman-teman bisa naik bus loop Kanazawa (terletak di terminal bus nomor 7 di pintu keluar timur Stasiun Kanazawa) dan turun di halte Hirosaka 21st Century Museum (Ishiura Jinja-mae). Lama perjalanan sekitar 20 menit. Dari halte, kita tinggal berjalan 1-2 menit sampai ke area museum.

Selain itu, kita juga bisa naik bus lokal Hokutetsu (terletak di terminal bus nomor 3 dan 6 di pintu keluar timur Stasiun Kanazawa) dan turun di halte Hirosaka 21st Century Museum dan bisa jalan kaki menuju Museum Seni Kanazawa.

Akses menuju Kanazawa

Dari Stasiun Tokyo, Ueno, atau Omiya, teman-teman bisa naik kereta Hokuriku Shinkansen Kagayaki. Lama perjalanan sekitar 2,5 jam dengan harga tiket 14.000 yen. Untuk Hokuriku Shinkansen ini masuk ke dalam cakupan Japan Rail Pass maupun Hokuriku Arch Pass.

Selain itu, teman-teman juga bisa naik bus (siang atau malam) dari Tokyo sampai Kanazawa. Harga tiketnya mulai dari 4.500 yen untuk sekali jalan dan 8.000 yen untuk tiket pulang pergi.

Cheap Hotels near Kanazawa Castle [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

APA Hotel Kanazawa-Ekimae
2 km away
from ¥5483/night
Kanazawa Guesthouse Stell
2 km away
Kanazawa Guesthouse Stella
from ¥6980/night
APA Hotel Kanazawa-Nomach
1 km away
from ¥4096/night
APA Villa Hotel Kanazawa-
1 km away
from ¥5472/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Ninja Myoryuji
1 km away
Pintu masuk Kuil Ninja Myoryuji
Museum Seni Kanazawa
0 km away
Human gallery di Museum Seni Kanazawa
Kanazawa Castle
1 km away
Pasar Omicho Ichiba
1 km away
Pintu masuk Pasar Omicho Ichiba di Kanazawa

Sumber gambar: Flickr Yanai TakahiroDaishi Naruse, Yoshihide Urushihara, Ann Hung


Recommended for you


Last modified: September 16, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (18)

  1. Pak mau tanya, museum seni ini, taman kenrakuen dan kastil kanazawa dan distrik higashi chaya dekatan tidak ya? Saya menginap di sektar distrik chaya

  2. siang Pak. untuk turis yang masih pelajar / mahasiswa bagaimana menunjukkan dirinya masih pelajar / mahasiswa? apakah harus membawa kartu pelajar?

    area public itu kita bisa foto-foto apa saja y? atau tidak ada hal yang bisa difoto?

    untuk area publik, apakah kita bisa ke area yang 3D kolam renang?

    mohon infonya. Terima kasih banyak.

    • Nugroho Christian  |  

      Ya, kalau bisa bawa kartu pelajar saja bu, dengan nama yang sesuai dengan paspor, dan umurnya masih usia pelajar juga. Disebut area publik itu adalah area umum yang menampilkan exhibit umum dan bukan exhibit khusus/ temporer (biasanya exhibit khusus ini perlu bayar tiket lagi). Area 3D kolam renang itu termasuk area publik bu. Salam.

  3. Pagi Mas..mohon info:
    1. utk tour Mt. Fuji 3 org ..apakah bisa sekalian ke gotemba?

    2. Kami ingin ke 21st museum of contemporary art, Kanazawa dari osaka..naik apa ya yg tercepat?

    Thanks

    • Mas..kalau saya mau land tour utk mt fuji dan danau kawaguci utk 3 org harga nya berapa dan bgmn detailnya..stlh mt fuji km lgsg gotemba

    • Nugroho Christian  |  

      Ada paket tur rute Fuji 5th station of Mt Fuji, Danau Kawaguchiko dan Oshino Hakkai, lalu ke Gotemba Premium Outlets, serta berendam di Onsen dengan pemandangan gunung Fuji. Biaya paketnya mulai dari 1,7 juta (sudah termasuk makan siang dan penjemputan dari Shinjuku). Apa berminat?

    • Mas..kalau saya mau ambil tur rute 5th station of Mt Fuji,danau kawaguchiko dan Gotemba Outlet bisa?atau apakah semacam pengaturan beli tiket bis atau gimana ya?kami stay di Sugamo.

    • Nugroho Christian  |  

      Itu paket one-day tour yang kami tawarkan. Jadi tinggal ketemu di Shinjuku saja, transportasi ke Fuji, Gotemba, dan Kawaguchiko sudah include. Malam harinya, kamu akan diantarkan ke Shinjuku lagi. Salam.

    • Siang mas..ada bbrp pertanyaan :
      1. Saya rencana 5 malam di tokyo dan 2 malam di osaka dan sehari ke kyoto..tiket kereta apa yg palinv efektif yg hrs saya beli?perlu membeli tiket Pasmo tidak?
      2. Ke kanazawa sperti yg mas infokan itu dari osaka naik di stasiun mana ya?apakah namba?
      3. Dari shibuya kami ingin ke Hitachi Seaside Park..bagaimana caranya?
      4. Apakah sinkansen dr tokyo-osaka itu termasuk di JR railway pass?
      Terimakasih🙏

    • Nugroho Christian  |  

      1. Mohon itinerary detail Kanti, supaya kami bisa rekomendasikan pass yang paling tepat penggunaannya.
      2. Naik kereta limited ekspress Thunderbird bisa dari Stasiun Osaka atau Shin-Osaka.
      3. Silahkan naik JR Yamanote Line ke Stasiun Tokyo atau Ueno, lalu naik kereta kereta ekspress Hitachi, atau kereta ekspress Tokiwa dengan waktu 1 jam 23 menit sampai stasiun Katsuta. Dari Stasiun Katsuta kemudian naik bus Ibaraki Kotsu dari halte nomor 2 stasiun Katsuta sampai ke halte pintu selatan Hitachi Seaside Park
      4. Ya, ongkos naik kereta shinkansen tercover dengan JR Pass.

  4. Selamat pagi, Saya akan ke Jepang bulan Desember nanti dgn keluarga 4 org, rute saya adalah: Jakarta – Osaka – Kyoto – Kanazawa – Takayama – Tokyo selama 2 minggu, mohon kiranya bisa dibantu pola transportasi apa yang paling cocok untuk kami ? Terima kasih atas bantuannya.

    • Nugroho Christian  |  

      Siang pak andreas, berikut ini listnya:
      Osaka-Kyoto, naik kereta JR Kyoto Line
      Kyoto-Kanazawa, naik kereta Ekspress Thunderbird
      Kanazawa-Takayama, naik kereta ekspress Hida (via Toyama), atau naik bus Nohi/Hokutetsu.
      Takayama-Tokyo, bisa melalui ke Kanazawa/Toyama/Nagoya dulu baru naik Shinkansen ke Tokyo.
      Melihat rutenya, mungkin bisa dipertimbangkan membeli Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass
      Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Sebaiknya beli sebelum pergi ke Jepang (by online, karena ada potongan 1000 yen). Tinggal ditukar setibanya di bandara Kansai. Info selengkapnya mengenai Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass bisa dibaca di sini.
      Salam dan selamat datang di Jepang:)

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!