Kuil Ninja Myoryuji

Home / Temple / Kuil Ninja Myoryuji
Item image

Prefektur Ishikawa dengan ibukota Kanazawa mungkin jarang terdengar di telinga orang-orang Indonesia. Memang prefektur yang terletak di utara pulau Honshu ini, berada sangat jauh dari jalur utama wisata Tokyo-Osaka-Kyoto di jalur kereta Tokaido Line. Namun, seiring dengan perkembangan transportasi, dengan dibukanya jalur kereta Hokuriku Shinkansen dari Tokyo menuju Kanazawa dan Toyama, semakin banyak wisatawan yang datang ke prefektur dengan budaya kerajaan Kaga yang masih kental. Beberapa objek wisata terkenal seperti gerbang Tsuzumi di Kanazawa Station, pasar Omicho Ichiba, Taman Kenrokuen, dan Kanazawa Castle jadi objek wisata utama. Tapi tahukah kamu, bahwa ada kuil ninja di daerah ini?

Ninja kebanyakan bertugas sebagai mata-mata atau pembunuh bayaran pada masa kerajaan-kerajaan di Jepang antara abad 15 hingga abad 19. Para ninja bisa menggunakan berbagai macam cara untuk memukul kalah targetnya atau perlindungan dan melarikan diri. Kuil Ninja Myoryuji tidak punya ninja namun kuil ini punya banyak jebakan-jebakan unik layaknya rumah seorang ninja.

Kegiatan wisata seru di Kuil Ninja Kanazawa

1. Berkeliling melihat jebakan-jebakan di Kuil Ninja

Kuil Ninja memiliki nama asli kuil Myoryuji dengan arti literal kuil tua dan aneh. Kuil ini dikenal juga dengan Ninja-dera atau Kuil Ninja dalam bahasa Indonesia. Dibangun pada abad 16 oleh penguasa klan Kaga (daerah kota Kanazawa dan prefektur Ishikawa) yakni Maeda Toshitsune pada 1643. Kuil ini jadi terkenal karena jadi tempat persembunyikan Maeda dari musuh-musuh yang ingin menyerang klan Kaga. Itulah sebabnya kita bisa menemukan banyak jebakan-jebakan di Kuil Ninja ini, yang berfungsi untuk menjebak musuh sambil memberikan waktu cukup untuk menyelamatkan diri.

Jebakan itu sudah terlihat dari luar Kuil Ninja. Dari luar nampak bangunan Kuil Ninja memiliki 2 lantai, namun setelah masuk kita bisa menemukan 4 lantai, dengan banyak ruangan yang berada di tengah-tengahnya. Total ada 7 tingkatan ruangan dengan 23 ruangan yang terhubung dengan 29 pintu dan tangga rahasia. Wah! Seru banget ya kayaknya menemukan jebakan-jebakan di sini. Selain itu kita bisa menemukan ruangan yang akan terkunci otomatis atau lantai yang bolong kalau dipijak.

Interior rumah ninja di Kuil Ninja Myoryuji

Interior rumah ninja di Kuil Ninja Myoryuji

2. Berkeliling sambil mendengarkan tour guide

Konon katanya tata ruangan di Kuil Ninja ini begitu sulit, tanpa guide tidak akan bisa keluar karena begitu banyaknya jalan rahasia dan jebakan. Tapi untunglah Kuil Ninja ini memberikan tour guide selama jam beroperasi Kuil Ninja dari jam 09.30 hingga 16.30. Untuk dapat mendengarkan penjelasan dari tour guide, harus melakukan reservasi online terlebih dahulu. Reservasi dibuka dari 3 bulan sebelum kedatangan dan bisa dilakukan dari website berikut. Penjelasan dilakukan dalam bahasa Jepang, namun booklet penjelasan dalam bahasa Inggris tersedia di pintu masuk.

Bagian dalam Kuil Ninja Myoryuji

Bagian dalam Kuil Ninja Myoryuji

Papan nama Kuil Ninja Myoryuji di Kanazawa

Papan nama Kuil Ninja Myoryuji di Kanazawa

Informasi Penting Pergi ke Kuil Ninja di Kanazawa

Meskipun kelihatannya seperti atraksi permainan, namun Kuil Ninja adalah kuil Buddha. Kita diwajibkan untuk menjaga ketenangan dan tidak diperbolehkan untuk mengambil foto. Selain itu, anak-anak kecil dibawah 6 tahun juga tidak diperbolehkan masuk ke dalam bangunan utama Kuil Ninja.

Akses Menuju ke Kuil Ninja

Myoryuji terletak di bagian selatan kota Kanazawa di distrik Teramachi. Buka setiap hari dari jam 09.00 sampai jam 16.30 atau sampai 16.00 di antara bulan Desember sampai Februari dalam musim dingin. Biaya masuknya 1000 yen untuk dewasa dan 700 yen untuk pelajar. Kita bisa naik bus keliling Kanazawa (Kanazawa Loop Bus: Right Loop dan Left Loop). Untuk jalur left loop bisa turun di halte nomor 5, halte Hirokoji (Teramachi Temple Area-Nishi Chaya District). Dari situ bisa jalan kaki 5 menit sampai ke Kuil Ninja Myoryuji. Sementara untuk jalur right loop bisa turun di halte nomor 12, halte Jusangen-machi. Berjalan lurus agak ke depan, menyeberang jembatan Saigawa Ohashi, kemudian jalan sekitar 10 menit sampai ke Kuil Ninja Myoryuji.

Cheap Hotels near Kanazawa Station [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kanazawa Central Hotel
3 km away
Kanazawa Central Hotel
from ¥7700/night
APA Villa Hotel Kanazawa-
1 km away
from ¥5472/night
Kanazawa Guest House East
3 km away
Kanazawa Guest House East Mountain
from ¥8500/night
Guest House Ochakare
3 km away
Guest House Ochakare
from ¥5400/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kanazawa Castle
2 km away
Stasiun Kanazawa
1 km away
Pintu Gerbang Ikonik Stasiun Kanazawa
Kuil Ninja Myoryuji
0 km away
Pintu masuk Kuil Ninja Myoryuji
Taman Kenrokuen
1 km away
Info Wisata di Kanazawa Taman Kenrokuen

Sumber gambar: Flickr hatayanorg, atari86, Kentaro Ohno, Kentaro Ohno


Recommended for you


Last modified: September 23, 2016 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!