Shiroyone Senmaida

Home / Nature / Shiroyone Senmaida
Item image

Apa yang teman-teman bayangkan sewaktu ingin berlibur ke Jepang? Wah, pasti banyak bangunan-bangunan bersejarah dan kuil-kuil. Atau gedung-gedung bertingkat dan pusat-pusat perbelanjaan yang penuh dengan orang. Buat kamu yang ingin mencari sisi lain negara Jepang maka tempat ini adalah tempat wisata yang cocok untuk kamu. Shiroyone Senmaida adalah daerah di pantai utara Jepang yang terkenal dengan pemandangan sawahnya yang unik, beda 180 derajat dengan daerah-daerah wisata terkenal Jepang yang lainnya. Daerah Shiroyone Senmaida ini berada di kaki Gunung Koushuzan, dan membentang di area seluas 3,8 hektar. Sawah Shiroyone Senmaida yang bertingkat-tingkat, ditambah panorama alam pegunungan yang berubah-ubah tiap musim, dan pemandangan laut Jepang yang biru menjadikan tempat ini tujuan utama para pelancong internasional. Saking indah dan uniknya panorama Shiroyone Senmaida, tempat ini menjadi salah satu dari “Place of Scenic Beauty” sejak 29 Januari 2001. Apa saja kegiatan wisata yang bisa dilakukan di sini? Simak informasinya.

Kegiatan Wisata di Shiroyone Senmaida

1. Saksikan pemandangan unik Shiroyone Senmaida

Shiroyone Senmaida adalah perpaduan pemandangan alam dengan sawah buatan manusia. Terletak di area terjal di Shiroyone, kota Wajima di prefektur Ishikawa, tempat ini menjadi favorit para wisatawan internasional yang ingin mengambil foto indahnya tempat ini.

Total ada lebih dari 1004 buah petak-petak sawah mungil yang dibuat bertingkat-tingkat mengikuti lekuk kaki gunung. Sawah biasanya akan mulai diairi pada bulan April, kemudian ditanami pada awal bulan Mei, dan panen di sekitar bulan September dan Oktober. Saat musim menanam padi, petani-petani yang juga adalah warga sekitar beserta para volunteer selalu mengadakan event menanam padi, yang banyak diikuti oleh anak-anak kecil.

Ketika batang padi sudah mulai meninggi dan siap dipanen, pemandangan sawah yang menguning bewarna keemasan akan sangat kontras dengan lautan biru cerah di depannya. Pemandangan menjelang panen padi inilah yang banyak dicari oleh orang banyak.

Shiroyone Senmaida saat senja hari

Shiroyone Senmaida saat senja hari

2. Jangan lupa lihat iluminasi musim dingin Shiroyone Senmaida

Tidak usah kecewa kalau tidak bisa datang di musim gugur menjelang panen padi, di musim dingin Shiroyone Senmaida juga memiliki pemandangan indah yang sayang kalau dilewatkan. Selama musim dingin, persawahan bertingkat Shiroyone Senmaida akan dihias dengan lampu-lampu bewarna-warni. Total ada lebih dari 21 ribu lampu LED yang menghias petakan sawah. Lampu ini memiliki dua warna emas dan pink dan akan berubah-ubah setiap 30 menit. Teman-teman bisa menikmati pemandangan menakjubkan lampu hias, sawah dan juga laut di depan mata yang semuanya melebur menjadi satu. Pada tahun 2016, iluminasi musim dingin Shiroyone Senmaida diadakan dari tanggal 10 Oktober 2015 hingga 13 Maret 2016 mulai dari pukul 18.00-20.00.

Tip Tim Info Jepang: Jangan lupa untuk mengenakan pakaian tebal untuk menjaga suhu tubuh tetap hangat, mengingat udara malam saat musim dingin bisa sampai minus 3 derajat celcius, ditambah terpaan air dari laut yang kencang. Teman-teman juga hati-hati saat menapak anak-anak tangga di pinggir persawahan.

Lampu iluminasi di Shiroyone Senmaida

Lampu iluminasi di Shiroyone Senmaida

Akses menuju ke Shiroyone Senmaida

Dengan Bus dari Kanazawa Station

Dari Kanazawa Station East Exit, teman-teman bisa naik Hokutetsu Bus Wajima Express Bus sampai Wajima Roadside Station Furatto-homu. dan turun di halte Wajima-eki Mae (depan Wajima Station). Perjalanan bus ekspres adalah selama 2 jam. Kemudian, bisa lanjut naik Hokutetsu Oku Noto Bus Machino Line sekitar 20 menit sampai ke Shiroyone.

Dengan kereta dari Kanazawa Station

Dari Kanazawa Station bisa naik kereta JR Nanao Line sampai ke Nanao Station atau Wakura Onsen Station (hanya berbeda satu stasiun, sesuaikan dengan tujuan kereta). Bisa juga naik kereta ekspress Noto atau limited express Thunderbird sampai Wakura Onsen Station. Jika memiliki Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass dan JR Pass, maka ongkos keretanya tercover. Dari Nanao Station atau Wakura Onsen Station, lanjut naik kereta Noto Line sampai Anamizu Station (dari Wakura Onsen Station ongkosnya 680 yen untuk dewasa dan 340 yen untuk anak-anak, dari Nanao Station ongkosnya 830 yen untuk dewasa dan 420 yen untuk anak-anak). Kemudian naik Hokutetsu Bus sampai ke Wajima Furatto Homu. Ongkosnya 480 yen untuk dewasa dan 240 yen untuk anak-anak.

Akses menuju Kanazawa

1. DARI TOKYO

Dari Stasiun Tokyo, Ueno, atau Omiya, teman-teman bisa naik kereta Hokuriku Shinkansen Kagayaki. Lama perjalanan sekitar 2,5 jam dengan harga tiket 14.000 yen. Menggunakan Japan Rail Pass maupun Tokyo Hokuriku Arch Pass sangat berguna untuk perjalanan ke Kanazawa.

Selain itu, teman-teman juga bisa naik bus (siang atau malam) dari Tokyo sampai Kanazawa. Harga tiketnya mulai dari 4.500 yen untuk sekali jalan dan 8.000 yen untuk tiket pulang pergi.

Selain itu, dari Bandara Haneda tersedia penerbangan menuju Bandara Komatsu yang terletak sekitar 40 menit perjalanan naik bus dari pusat kota Kanazawa. Namun, harga tiketnya yang berkisar 15.000-20.000 yen membuat naik kereta Shinkansen jadi pilihan utama yang murah dan juga praktis.

2. DARI KYOTO ATAU OSAKA

Dari Stasiun Kyoto, kita bisa naik kereta JR limited ekspress Thunderbird sampai Stasiun Kanazawa. Lama perjalanannya sekitar 2 jam dengan ongkos 6.380 yen.

Sementara itu, dari Stasiun Osaka, kita bisa naik kereta JR limited ekspress Thunderbird sampai Stasiun Kanazawa. Lama perjalanannya sekitar 2,5 jam dengan ongkos 7.130 yen. Rute Kyoto/Osaka ke Kanazawa masuk ke dalam cakupan Japan Rail PassTokyo Hokuriku Arch Pass, atau Takayama Hokuriku Pass.

3. DARI NAGOYA

Dari Stasiun Nagoya, kita bisa naik kereta JR Hida Takayama sampai Stasiun Takayama. Lama perjalanannya sekitar 135 menit dengan ongko s5.510 yen. Dilanjutkan dengan naik bus dari Takayama menuju Kanazawa. Rute Nagoya ke Kanazawa masuk ke dalam cakupan Takayama Hokuriku Pass.

4. Dari Shirakawago, Gokayama, dan Takayama

Kanazawa adalah salah satu tempat transit paling dekat dari atau menuju Shirakawago, Gokayama, dan Hida no Sato Takayama, yakni objek wisata desa-desa tradisional Jepang. yang terkenal. Dari Stasiun Kanazawa tersedia bus Nohi dan Hokutetsu dengan lama perjalanan sekitar 75-80 menit. Teman-teman bisa membaca jadwal dan panduan lengkap naik bus Toyama-Kanazawa-Shirakawago-Takayama.

Cheap Hotels near Kanazawa Station [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Guest House Ochakare
98 km away
Guest House Ochakare
from ¥5400/night
Kanazawa Guest House East
99 km away
Kanazawa Guest House East Mountain
from ¥8500/night
APA Hotel Kanazawa-Katama
101 km away
from ¥3774/night
Toyoko Inn Kanazawa Kenro
100 km away
Toyoko Inn Kanazawa Kenrokuen Korimbo
from ¥8560/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Pasar Omicho Ichiba
99 km away
Pintu masuk Pasar Omicho Ichiba di Kanazawa
Distrik Higashi Chaya
99 km away
Suasana Distrik Higashi Chaya di Kanazawa
Bus Keliling Kanazawa
101 km away
Bus Keliling Kanazawa bewarna merah
Taman Kenrokuen
100 km away
Info Wisata di Kanazawa Taman Kenrokuen

Sumber gambar: Flickr flysun52, sugar4684, ZEKKEI Japan, Hino Naoki


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!