Hida no Sato Takayama

Home / Attraction / Hida no Sato Takayama
Item image

Teman-teman pasti sudah cukup familiar atau setidaknya pernah mendengar wilayah Takayama Jepang. Bersama dengan Shirakawago, Takayama memang dikenal sebagai objek wisata unik dan yang paling khas dari negara Jepang. Buat teman-teman yang sudah pernah berkunjung ke Tokyo, Kyoto, Osaka, atau Gunung Fuji, saya pribadi menyarankan untuk coba mengunjungi wilayah Takayama dan Shirakawago. Deretan rumah tradisional gassho-zukuri Jepang, berpadu dengan pesona alam yang cantik, dan masyarakat Jepang yang ramah, objek wisata Shirakawago dan Takayama worth it buat dikunjungi. Saya sudah pernah menuliskan kisah perjalanan saya ke Shirakawago, kali ini saya ingin bercerita tentang perjalanan ke Takayama, lebih tepatnya ke Hida No Sato Takayama.


Pemandangan Hida no Sato

Pemandangan Hida no Sato

Perjalanan ke Hida No Sato di Takayama

Hida No Sato atau Desa Tradisional Rakyat Hida adalah area museum terbuka seluas hampir 10 hektar di sisi timur kota Takayama. Museum terbuka ini dibuat dan mulai dibuka untuk umum sebagai objek wisata sejak tahun 1971. Desa ini termasuk ke dalam situs warisan bersejarah Jepang karena keunikannya. Ada sekitar 30 bangunan beratap jerami Gassho-zukuri, mirip dengan yang ada di Shirakawago. Buat teman-teman yang belum tahu, sebutan Gassho-zukuri ini berasal dari bentuk atap jerami yang berbentuk seperti tangan yang berdoa (gassho–dalam bahasa Jepang). Bentuk khas dan nilai kebudayaan yang terkandung dalam rumah tradisional inilah yang membuat UNESCO menetapkan Shirakawago sebagai situs warisan dunia.

Tiga puluh bangunan yang ada di Hida No Sato ini terdiri dari rumah, museum dan juga sekolah tempat pelatihan membuat kerajinan dari jerami maupun selimut dari kapas (Sashiko) yang terkenal dari Hida Takayama. Selain itu, ada juga sawah dan kebun tradisional Jepang di mana kita bisa melihat proses cocok tanam dan bertani penduduk asli Jepang. Satu lagi atraksi yang sayang dilewatkan adalah melihat para penduduk menyalakan perapian di dalam rumah. Asap putih yang keluar dari cerobong berpadu dengan kabut tipis jadi pemandangan yang keren. Namun, untuk bisa melihatnya, kita harus menginap satu malam di sekitar Hida no Sato.

Hida no Sato juga terkenal dengan pemandangan musim gugurnya. Sepanjang akhir Oktober sampai November (saat puncak musim gugur), kita bisa menikmati pemandangan pepohonan maple yang berubah warna. Iluminasi musim gugur dengan lampu-lampu yang diletakkan di pohon jadi salah satu atraksi yang tidak dapat saya lupakan. Kalau berkunjung di musim dingin, kita juga bisa melihat rumah tradisional Jepang dengan latar belakang putihnya salju yang bagus seperti gambar di bawah ini.

Hida no Sato saat musim dingin

Hida no Sato saat musim dingin

Kegiatan Seru di Hida no Sato Takayama Jepang

1. Mengunjungi Museum Rakyat Hida (Museum Hida Minzoku Museum)

Salah satu alasan orang-orang berkunjung ke ke Hida no Sato maupun Shirakawago adalah ingin melihat rumah tradisional Jepang Gassho-zukuri secara langsung. Bangunan Gassho-zukuri biasanya terdiri dari 4 lantai dengan bentuk atap seperti tangan yang berdoa. Salah satu rumah yang bisa kita kunjungi adalah rumah milik keluarga Wakayama dan juga Nokubi.

Museum terbuka ini buka setiap hari dari jam 08.30 sampai jam 17.00. Untuk berkunjung, kita dikenakan biaya tiket masuk sebesar 700 yen.

2. Jalan-jalan berkeliling  Hida no Sato

Di desa ini, bukan hanya rumah Gassho-zukuri yang bisa kita lihat. Masih ada juga kuil Shinto, area sawah Kurumada, dan juga galeri kerajinan khas Hida. Khusus Kurumada, teman-teman bisa melihat sistem bertani khas Jepang, dengan sistem tanam berbentuk spiral. Dengan bentuk ini, tanaman padi lebih mudah dirawat dan dipanen sepanjang tahun, plus pola sawahnya yang keren untuk difoto. Musim tanam padi Kurumada dimulai di bulan Mei-Juni lalu masa panennya berlangsung sekitar bulan September sampai Oktober bersamaan dengan penyelenggaraan iluminasi musim gugur.

Hida no Sato di Takayama Jepang

Hida no Sato di Takayama Jepang

3. Coba membuat kerajinan tangan khas daerah Hida

Nah, seperti yang sempet saya ceritakan sebelumnya, di Hida no Sato ada galeri kerajinan khas Hida. Namanya adalah Hida Takayama Crafts Experience Center. Cukup dengan membayar 600 hingga 1.600 yen, kita bisa mencoba membuat kerajinan lokal langsung seperti gantungan kunci manik-manik, boneka sarubobo (boneka khas Takayama), gelas keramik, maupun gantungan pintu. Setelah selesai, kita juga bisa langsung membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Seru kan? 

Akses ke Hida no Sato Takayama

Desa Tradisional Hida no Sato bisa dicapai dengan 30 menit berjalan kaki atau naik bus Sarubobo selama 10 menit dari Stasiun Takayama. Ongkos tiketnya 210 yen dan tersedia keberangkatan setiap 20-40 menit dari Stasiun Takayama.

Stasiun Takayama, Shirakawago, dan juga Kanazawa terhubung dengan bus Nohi dan bus Hokutetsu. Lama perjalanannya sekitar 60 menit untuk rute Takayama-Shirakawago, dan 80 menit untuk rute Takayama hingga Kanazawa.

Baca juga: Akses transportasi dari dan menuju Takayama 


Kaetsuno Bus ke Takaoka-Gokayama-Shirakawago

Namun kalau teman-teman ingin mengunjungi Gokayama dan Shirakawago, maka bisa naik Kaetsuno Bus ke Takaoka-Gokayama-Shirakawago.


bus nohi ke shirakawago

Berikut ini adalah jadwal bus-bus di rute Toyama-Kanazawa-Shirakawago-Takayama. Teman-teman bisa mengatur jadwal keberangkatannya sesuai dengan jadwal berikut.

Tour ke Takayama, Shirakawago, dan Gokayama

  1. Half Day Tour, dengan rute Takayama-Shirakawago-Takayama (DETAIL LENGKAPNYA)
  2. One Day Tour, dengan rute Takayama-Gokayama Ainokura Shirakawago-Takayama (DETAIL LENGKAPNYA)
  3. Kanazawa-Shirakawago-Gokayama (1 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)
  4. Kanazawa-Shirakawago-Takayama (1 Days) (DETAIL LENGKAPNYA)
  5. Tour Japan Fuji Alpine Shirakawago (5 Night 4 Day) (DETAIL LENGKAPNYA)

Recommended Hotel near Takayama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Guest House Ouka
2 km away
from ¥3542/night
Tsukamoto Sou
1 km away
from ¥5161/night
Sora-Ama Hostel
2 km away
from ¥3946/night
K’s House Takayama
2 km away
from ¥2732/night

(sponsored by Booking.com)

Objek wisata dekat Hida no Sato Takayama

Shirakawa-go
33 km away
Pemandangan Shirakawa-go dari atas gunung Shiroyama
Shin Hotaka Ropeway
35 km away
Pegunungan Alpen Jepang dari Shin Hotaka Ropeway
Takayama Betsuin
3 km away
Gerbang Takayama Betsuin
Gujo Hachiman Gifu
49 km away
Pemandangan kota air Gujo-Hachiman

Sumber gambar : Flickr John Weiss, Kate, Chi Tranter, Andrew and Annemarie, Alexis


Last modified: June 7, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (124)

  1. Malam Pak.. saya nanya lagi karena masih bingung dengan tour yg ke alpine road.
    Periode Perjalanan saya dari tgl 16 Juni – 27 Juni. PP semua lewat Narita.
    Tgl 16 Juni sampai di Narita jam 16.40. Rencana awal saya tgl 17 Juninya mau wisata alpine road dan tgl 18 Juninya mau ke takayama old town dan shirakawa go.. nah setelah itu di hari yang sama tgl 18 Juninya mau lgs lanjut ke Osaka.

    mohon sarannya Pak, pas tanggal 16, apakah saya lebih baik lgs jalan ke Toyama dan nginep disana selama 2 hari utk cover alpine road dan shirakawa atau baiknya gimana ya. Makasih ya Pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Sebaiknya di hari kedatangan bapak bisa stay di Tokyo dahulu (mungkin 2 hari), baru ke Toyama dan eksplor Tateyama Kurobe Alpine (Toyama-Murodo-Toyama). Supaya badan sudah lebih fit dan siap untuk eksplorasi pegunungan. Malamnya bisa stay di Toyama, lalu besoknya bisa naik bus Nohi dari Toyama-Shirakawago-Toyama, lalu lanjut ke Osaka. Takayama itu mirip-mirip dengan Shirakawago, jadi rasanya sama saja. Bapak bisa saving waktu (PP Toyama-Shirakawago), malamnya bisa lanjut ke Kanazawa-Osaka. Salam.

    • Oh nginep di tokyo dulu ya.. klu gitu mending saya main2 di Tokyo dulu ya.. s.d tgl 20 Juni.. saya ke mount fujinya jadi PP dari Tokyo saja. Tanggal 21nya baru ke Alpine trus 22 ke shirakawa lanjut ke osaka. 23-26 main di Osaka.. Begitu juga ok kan Pak? Trus satu lagi pak.. klu saya pulang dari Narita ke Jakarta jam 11.40, tapi saya paginya baru jalan dari Osaka lgs ke Bandara.. keburu ga ya Pak? Makasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ada naik kereta JR Tokaido Line. Namun harus beberapa kali berganti kereta dan makan waktu yang lama. Salam

  2. Siang pak..
    Saya ingin bertanya pak. Rencananya nov saya akan ke jepang. Itin nya,
    Day 1 : full di tokyo
    Day 2 : hakone PP dari tokyo (apakah memungkinkan ke hakone PP dari tokyo? Jika memungkinkan pukul brpa saya harus kembali ke tokyo untuk mendapatkan kereta terakhir?)
    Day 3 : ke alpine route, berangkat dari tokyo dan pulangnya langsung ke hotel di takayama (apakah memungkinkan selesai dari alpine route langsung ke takayama? Kereta terakhirnya jam brp?
    Day 4 : ke shirakawa go, berangkat dari takayama. Dan pulangnya langsung ke osaka. Kereta terakhirnya jam brp ya?

    Saya masih sangat bingung dgn transportasi di jepang. Dan aplikasi terbaik apa ya di hp yg dapat menunjukan cara2 saya pergi ke itin tsb.? Dan apakah saya harus reservasi kursi kereta dari skrg2 atau bisa setelah saya sampai di jepang? Rencananya saya mau beli JR pass. Terimakasih pak

    • Nugroho Christian  |  

      1. Bisa bu, ibu bisa mengikuti contoh perjalanan saya Itinerary 1 hari ke Hakone
      2. Saya sarankan, setelah dari Tateyama Kurobe Alpine Route, ibu bisa ke Toyama, lalu naik kereta ke Kanazawa. Ibu menginap di Kanazawa saja, lalu esoknya tinggal naik bus Nohi ke Shirakawago. Kanazawa jauh lebih praktis dan tidak jauh dari Toyama. Pulang dari Shirakawago, tinggal balik ke Kanazawa, lalu naik kereta limited ekspress Thunderbird ke Osaka/ Kyoto. Salam.

    • Nida Fadhilah Utami  |  

      Sayangnya saya sudah booking ryokan di takayama pak. Dari takayama jg bisa naik nohi bus kan ya pa?
      Oiya pak untuk reservasi kursi di kereta apakah harus beli JR pass online terlebih dahulu dan lakukan reservasi dari sekarang atau bisa reservasi terlebih dahulu dan nanti setelah sampai di jepang baru beli JR pass nya?

    • Nida Fadhilah  |  

      Sayangnya saya sudah booking ryokan di takayama pak. Dari takayama jg bisa naik nohi bus kan ya pa?
      Oiya pak untuk reservasi kursi di kereta apakah harus beli JR pass online terlebih dahulu dan lakukan reservasi dari sekarang atau bisa reservasi terlebih dahulu dan nanti setelah sampai di jepang baru beli JR pass nya?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Dari Takayama juga tersedia Nohi Bus ke Shirakawago.
      Untuk reservasi kursi dilakukan sewaktu di Jepang saja bu lebih praktis, langsung ke loket tiket. Kalau beli online ribet, harus pilih tanggal pengambilan, stasiun pengambilan, jam pengambilan dan pada akhirnya harus pergi juga ke loket tiket yang sama. JR PASS beli di Indonesia bu, kalau beli di Jepang harganya lebih mahal. Salam

    • Nida Fadhilah Utami  |  

      Untuk pembelian JR pass bisa beli di info jepang ya pa? Boleh minta kontaknya?
      Dan sekali lg terimakasih banyak pak nugroho atas infonya. Sangat bermanfaat sekali.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tim Info Jepang sekarang tidak sedang menjual JR PASS, kuota nya sudah habis menjelang akhir tahun.
      Ibu bisa membeli JR PASS Online kok, nanti dikirim langsung ke alamat ibu, silakan cek di sini. Salam

  3. Pak Chris, mohon bantuannya, sy akan pakai Takayama Hokuriku Pass pada Day 2:
    Day 1 tiba di Kansai airport siang. To hotel Osaka – sore ke Dotonburi.
    Day 2 Ke USJ
    Day 3 Kyoto : Fushimi Inari dan Kiyumizu
    Day 4 Ke Kobe /Nara siang Ke Nagoya – Takayama – Hida no sato menginap di Takayama
    Day 5 Ke Toyama – Tateyama Alpine Route – Murodo – Tateyana – Toyama – Takayama.
    Day 6 ke Shirakawago. Siang ke Toyama – Kanazawa-Osaka-Kansai airport flight 23.00

    1. Selain Takayama Hokuriku Pass unt 5 hari, sy beli JR Tokaido unt Kyoto -Nagoya. Unt Day 1 sebaiknya sy beli pass apa ya ?
    2. Lebih baik di Osaka 2 mlm dan 1 mlm di Kyoto atau 3 mlm di Osaka ?
    3. Rekomendasi hotel Osaka dimana yg dekat stasiun yg dicover THP supaya tdk pindah jalur atau subway.
    4.Di kyoto apa sy perlu beli pass lagi ?
    5. Day 4 better Nara atau Kobe ? Yg aksesnya mudah dan tdk butuh waktu lama.
    Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      1. Untuk day 1, bisa menggunakan kartu ICOCA saja.
      2. Kyoto dan Osaka sama saja bu Evi, keduanya hanya terpisah dengan kereta lokal selama 30 menit saja. Lebih baik di 1 tempat saja, jadi tidak perlu pindah-pindah hotel.
      3. Bisa di sekitaran Stasiun Osaka atau Tennoji saja.
      4. Kalau hanya mengunjungi 2 tempat itu, cukup gunakan kartu ICOCA yang dibeli di day-1.
      5. Kalau dari Kyoto, lebih dekat ke Nara. Keduanya sama saja, namun Nara bisa dibilang mirip dengan Kyoto (banyak kuil bersejarah). Kobe adalah kota modern dengan Kobe Chinatown, dan pemandangan Pantai Kobe.

  4. Maaf mau tany, rencana 12-21 des ini PP jkt – haneda ke jepang, pengen keliling tokyo gn fuji, gala yuzawa, shirakawa go, takayama old town, kyoto, osaka.
    Mhn info bagaimana sebaik by itinerary nya dan sebaikny sy beli jr pas atau bagaimana. Terimakasih

  5. Selamat malam pak nugroho. kami sekeluarga 4 orang akan berwisata ke jepang dr tgl 10-18 okt 2018, dan rencana nya kami ingin mengunjungi beberapa kota berikut ini : osaka-kyoto-takayama-tokyo-mount fuji. Saya ingin meminta saran dari pak nugroho, pass apa yg harus kami beli untuk menghemat biaya transportasi? Dan dimana onsen(ekonomis) yg bisa kami kunjungi yg 1arah dengan perjalanan kami? Trima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Jadi tiba di Osaka dan kembali dari Narita/ Haneda ya bu? Kalau melihat rute perjalanan ibu, ke Takayama, ibu bisa membeli JR PASS.
      Kalau mau lebih hemat lagi bisa naik bus malam. Untuk onsen yang ekonomis, bisa ke Tensui Onsen atau Oedo Onsen Monogatari di Tokyo. Salam

    • Siang pak nugroho, sesuai dgn jadwal perjlnan kami dr tgl 10okt (osaka) – 18 okt (haneda), tempat paling cocok utk melihat momiji di kota mana? Apakah takayama di tanggal segitu sudah bisa menikmati momiji? Trima kasih

  6. Selamat Siang Pak Nugroho..
    Mohon petunjuk nya.. tgl 9-17 Maret 2018 kami berencana akan berlibur ke Jepang..
    Rencananya akan mengunjungi.. Tokyo – Osaka – Kyoto – Takayama – Osaka
    Tiket JR apa yang cocok untuk perjalanan saya?
    Makasih sebelumnya Pak..

    • Pak.. tiba dan pulang dr Narita..
      Tokyo (narita)-osaka- kyoto- takayama – tokyo (narita)..
      Makasih sebelumnya pak..

    • Nugroho Christian  |  

      Oh, kalau begitu, ibu bisa membeli JR Pass reguler atau biasa saja yang 29.110 yen karena akan mengcover ongkos perjalanan ibu ke tempat-tempat tersebut. Salam.

    • Pak.. maaf setelah saya cek perjalanan dari tokyo ke osaka itu ada yang menggunakan Train” Tokaido-Sanyo Shinkansen Nozomi” apakah itu termasuk dalam layanan JR Pass Regular? karena yang saya baca adalah JR PAss tidak berlaku untuk kereta MIZUHO dan NOZOMI..
      Jadi JR PAss itu harus menggunakan kereta apa dr Tokyo ke Osaka?
      Makasih Sebelumnya Pak..

    • Nugroho Christian  |  

      Nozomi tidak tercover oleh JR Pass. Ibu bisa naik kereta Tokaido Shinkansen Hikari atau Kodama yang dicover oleh JR Pass. Rutenya sama persis dengna Nozomi, namun keretanya lebih lambat sedikit karena transit di lebih banyak Stasiun. Salam.

  7. Halo pak malam..
    Pak kl saya py takayama hokuriku pass..dari nagoya balik ke kyoto butuh brp lama perjalanan?dan apa hanya bisa dengan kereta wide view hida yg tercover oleh pass ini?
    Saya cek time nya dari nagoya ke toyama paling akhir jam 14.48..sedang saya mgkn akan brkt dr nagoya jam 16.00..
    Apa ada kereta yg ter cover pass ini pak..mohon petunjuknya..seblm saya booked hotel..biar tidak salah..
    Makasih pak..salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Dengan Takayama Hokuriku Pass, ibu harus memutar via Toyama supaya bisa gratis naik kereta. Total waktu perjalanannya adalah sekitar 7 jam (karena memutar jauh via Toyama).
      Kalau ingin naik shinkansen waktunya hanya 34 menit, namun ongkosnya sebesar 5070 yen tidak tercover oleh Takayama Hokuriku Pass. Salam

    • Pagi pak makasih utk penjelasan nya..
      Kalo naik shinkansen kl reserved seat 5070 yen ya pak..kalo ga reserved seat hrg ya 2590 yen..bener ga pak?..soalnya saya mau menghemat wkt..jd biar cepat dan ga buru2 saya akan naik shinkansen kalo hrgnya 2590 yen..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Tidak kalau naik shinkansen harganya 5070 yen. Biaya ini menunjuk pada ongkos kereta sesuai jarak dan ongkos shinkansen.
      Kalau yang 2590 yen itu menunjuk pada ongkos kereta sesuai jarak saja, dengan kata ongkos kalau naik kereta biasa, bukan shinkansen. Jadi 2590 yen itu tidak bisa naik shinkansen. Salam

    • Halo pak..makasih penjelasannya
      Oh jd uda pasti 5070 yen ya..soalnya saya cek di hyperdia hrgnya 5070 yen..
      Jd nanti saya atur perjalanan ke legoland dl dr shirakawago..bru balik ke takayama..
      Makasih pak..salam

    • Halo siang pak..sorry saya mau tanya lagi pak..(jangan bosan ya pak)biar lbh murah saya akan naik bus aja pak..jd dimana bisa beli tiket bus nya pak? Dan terminal terdekat dr JR nagoya?dan harganya brpa pak..apa ada websitenya bisa saya cek time table runs nya..
      Makasih pak..sebelumnya

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!