Kuil Hida Kokubunji

Home / Temple / Kuil Hida Kokubunji
Item image

Kuil Hida Kokubunji ini adalah kuil pertama yang dibangun di wilayah Takayama. Kuil ini sendiri adalah kuil Buddha yang masih aktif digunakan sampai dengan hari ini. Lokasinya yang dekat dengan Stasiun Takayama (cukup dengan berjalan kaki) membuat Kuil Kokubunji ini selalu jadi objek wisata yang favorit untuk dikunjungi oleh para wisatawan di Takayama. Kuil ini dibangun sekitar tahun 746 oleh Kaisar Shomu dengan dengan desain aula yang luas dan juga bangunan pagoda tiga lantai yang ikonik. Area taman di sekitar Kuil Kokubunji juga terkenal dengan pemandangan musim gugurnya. Ada ribuan pohon gingko yang berubah warna menjadi kekuningan yang amat cantik. Simak serunya kegiatan kami berkeliling area Kuil Hida Kokubunji. 

Kuil Kokubunji tersebar di hampir seluruh wilayah Jepang. Selain di Hida Takayama, salah satu kuil Kokubunji yang terkenal lainnya adalah yang terletak di kota Nara, dengan patung Buddha berukuran raksasa.

Di dalam area aula utama (Hondo), saya bisa melihat patung Buddha Yakushi yang disebut Nyorai Onzo Seikanzeon Bosatsu. Patung ini sendiri masuk sebagai aset budaya nasional. Aula ini sendiri biasanya digunakan sebagai tempat ibadah atau upacara keagamaan para penduduk Takayama. Selain itu, kita juga bisa melihat juga patung Amida Nyorai Fudoumyouo. Di pelataran kuil, kita juga akan melihat boneka-boneka berwarna merah yang dikenal dengan Sarubobo, yakni maskot asli kota Hida Takayama. Sebagai catatan, boneka Sarubobo ini mulai dikenal di sekitar abad ke-17. Saat itu ada penyakit smallpox (sejenis virus mematikan) yang mewabah di Hida. Boneka ini dibuat oleh para ibu dari sisa atau potongan kain untuk kimono dan diwarnai merah karena dipercaya bisa menolak penyakit. Boneka ini tidak memiliki mata dan wajah yang mencerminkan perasaan kita yang melihatnya. Kalau kita sedang bersedih, maka kita akan melihat muka boneka Sarubobo bersedih. Sebaliknya, saat gembira, muka boneka terlihat gembira. Teman-teman bisa membeli boneka ini sebagai oleh-oleh di toko suvenir di sekitar Kuil Kokubunji.

Jalan-jalan di area luar bangunan aula kuil, jangan lupa untuk mampir sebentar dan melihat satu-satunya pagoda di Hida. Pagoda ini dibangun bersamaan dengan bangunan utama kuil (sekitar tahun 764) dengan tinggi tujuh lantai. Namun pagoda ini mengalami kerusakan akibat bencana dan perang hingga tinggal tersisa tiga lantai. Pagoda setinggi tiga lantai kemudian dibangun tahun 1821 dengan struktur khusus yang tahan gempa yang membuatnya tetap berdiri kokoh sampai dengan hari ini.

Nah, di awal tadi, saya sudah menceritakan mengenai indahnya pemandangan musim gugur di kuil ini. Ribuan pohon gingko tumbuh tersebar di hampir keseluruhan area taman kuil, termasuk satu pohon gingko berukuran raksasa berusia hampir 1300 tahun. Pohon gingko setinggi 38 meter ini jadi ikon Kuil Kokubunji karena merupakan pohon gingko terbesar yang ada di Jepang. Dalam kepercayaan penduduk sekitar, pohon gingko ini dikenal sebagai pohon gingko ibu menyusui. Banyak ibu yang awalnya tidak bisa menyusui, berdoa kepada dewa di bawah pohon ini dan kemudian bisa menyusui anaknya.

Musim gugur di Kuil Hida Kokubunji

Musim gugur di Kuil Hida Kokubunji

Masih di area taman kuil, ada juga makam Shiramayumi, seorang pegulat sumo terkenal yang lahir dan menjalani masa kecil di Takayama. Shiramayumi ini begitu terkenal karena sulit dikalahkan. Namanya diabadikan sebagai salah satu jenis minuman sake tradisional Jepang.

Akses ke Kuil Kokubunji

Kuil ini bisa dicapai dengan lima menit berjalan kaki dari Stasiun Takayama.

Akses ke Takayama

Bagi teman-teman yang juga ingin mengunjungi kota Takayama, Stasiun Takayama, Shirakawago, dan juga Kanazawa terhubung dengan bus Nohi dan bus Hokutetsu. Lama perjalanannya sekitar 60 menit untuk rute Takayama-Shirakawago, dan 80 menit untuk rute Takayama hingga Kanazawa.

DARI TOKYO DENGAN SHINKANSEN VIA NAGOYA

Dari Tokyo Station kita bisa naik kereta Tokaido Shinkansen sampai Stasiun Nagoya. Lama perjalanan sekitar 100 menit, dengan ongkos 10.360 yen. Lalu dilanjutkan dengan naik kereta JR Takayama Main Line sampai Stasiun Takayama. Lama perjalanan sekitar 4 jam, dengan ongkos 3.350 yen.

DARI TOKYO DENGAN SHINKANSEN VIA TOYAMA

Rute lainnya yang Tim Info Jepang sarankan untuk menuju Takayama adalah melalu Kanazawa atau Toyama. Teman-teman bisa juga naik kereta Hokuriku Shinkansen sampai Stasiun Kanazawa, dilanjutkan dengan naik bus Nohi atau Hokutetsu.

Recommended Hotel near Takayama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

K’s House Takayama
0 km away
from ¥2732/night
The Takayama Station Host
0 km away
from ¥8197/night
Hotel Hotaka
33 km away
Hotel Hotaka
from ¥15210/night
Ayun Takayama Central Hot
0 km away
from ¥5465/night

(sponsored by Booking.com)

Objek wisata dekat Kuil Hida Kokubunji

Gattan Go
20 km away
Pemandangan rel kereta waktu Gattan Go
Kuil Hida Kokubunji
0 km away
Menara lonceng di Kuil Hida Kokubunji Takayama
Museum Matsuri no Mori Ta
0 km away
Berkeliling Museum Matsuri no Mori Takayama
Shirakawa-go
34 km away
Pemandangan Shirakawa-go dari atas gunung Shiroyama

Sumber gambar: Flickr bryan…, Toby Oxborrow


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!