Gujo Hachiman Gifu

Home / Attraction / Gujo Hachiman Gifu
Item image

Gujo Hachiman Gifu adalah kota kecil di Prefektur Gifu yang terkenal dengan kanal-kanalnya. Kanalnya begitu bersih dan terjaga, ada ikan koi yang hidup bebas di selokan, bahkan orang-orang bahkan bisa mencuci beras dan sayuran secara langsung. Di malam hari, suasana kota begitu romantis dan tidak akan terlupakan. Suasana kota di masa lampau masih dipertahankan sampai dengan hari ini, sehingga tidak heran, kota ini juga dikenal sebagai “Little Tokyo”. Di sini kita bisa menikmati keindahan kota dan juga menghadiri Gujo Odori, sebuah festival tari berusia lebih dari 400 tahun pada Liburan Obon. Buat teman-teman yang mengunjungi Shirakawago dan Takayama dan masih memiliki waktu lebih, mengapa tidak mengunjungi Gujo Hachiman? Berikut ini laporan perjalanan Tim Info Jepang yang dijamin bakalan membuat teman-teman terpesona.

Kegiatan seru di Gujo Hachiman Gifu

1. Mengunjungi Kastil Gujo Hachiman

Kastil Gujo Hachiman bisa dibilang unik, karena bangunannya dibuat dari kayu, tidak dari beton seperti kastil atau istana lainnya. Sempat mengalami kerusakan saat Periode Meiji, kastil ini dibangun kembali tahun 1933. Beruntung, lokasi Gifu yang berada di tengah-tengah daratan dan dikelilingi pegunungan membuatnya aman dari ancaman Perang Dunia saat itu. Dari lantai atas kastil, kita bisa menikmati pemandangan kota Gujo-Hachiman yang indah. Selain itu, di musim gugur area taman kastil dengan ratusan pohon maple nya menjadi salah satu spot favorit momiji yang indah. Kastil ini bisa dicapai dengan berjalan kaki selama 20 menit dari pusat kota, atau dengan 5 menit naik mobil sewaan atau taksi di Jepang.

2. Berkeliling beragam tempat wisata di pusat kota

Ada banyak tempat wisata eksotis yang bisa kita kunjungi di Gujo Hachiman, antara lain: museum, kuil, dan juga sumber-sumber mata air. Salah satu yang menarik perhatian saya adalah Museum Kota Gujo Hachiman Hakurankan yang menampilkan cerita mengenai sejarah kota, termasuk sejarah pembangunan kanal-kanal kota yang eksotik. Selain itu ada juga Museum Saito yang menampilkan sejarah upacara minum teh di Jepang. Ada juga Museum Yudokan dan Museum Omodakaya yang menampilkan beragam benda seni karya seniman Masao Mizuno dan Ryujin Mizuno.

Pemandangan kota air Gujo-Hachiman

Pemandangan kota air Gujo-Hachiman

Berjalan sedikit, kita bisa mengunjungi mata air Sogisui. Sumber mata air yang jernih begitu luar biasa, bahkan bisa diminum langsung. Kita bisa melihat banyak penduduk lokal yang melakukan beragam aktivitas rumah seperti mencuci beras dan sayuran, atau mencuci peralatan di sini. Yang keren, mereka sama-sama saling menjaga sumber mata air ini.

Lalu ada selokan Igawa dan selokan Yanaka di mana kita bisa melihat ikan-ikan koi berwarna yang hidup bebas di sini. Beneran loh! Mereka hidup bebas di selokan, layaknya got yang ada di Indonesia. Kita bisa berfoto dan melihat ikan koi berwarna cerah ini sambil mengunjungi museum atau berkeliling kota.

[/image]Ikan koi di selokan Gujo Hachiman Gifu[/image]

Ikan koi di selokan Gujo Hachiman Gifu

3. Mengunjungi Kuil Jionzenji

Kuil Jionzenji terkenal karena keindahan taman Zen yang begitu indah bernama Tetsuso-en. Dari area bangunan kuil, kita bisa melihat perpaduan antara kolam, air terjun buatan, sungai kecil, dan juga pepohonan maple yang tersusun dengan rapi. Kuil ini bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar 10 menit ke arah selatan dari Pusat Informasi Turis. Kuil ini buka dari jam 09.00-17.00, dengan tiket masuk sebesar 500 yen.

Akses ke Gujo Hachiman Gifu

1. Dengan naik bus

Pusat kota Gujo Hachiman bisa dicapai dengan berjalan kaki atau naik sepeda dari Stasiun Gujo-Hachiman. Teman-teman juga bisa naik bus Loop Community dari Stasiun Gujo-Hachiman sampai ke Jokamachi Plaza, cukup dengan ongkos 100 yen.

Dari Stasiun Nagoya, teman-teman bisa naik bus Gifu dengan rute Meitetsu Bus Center (di sebelah Stasiun JR Nagoya) ke Shirakawago. Teman-teman bisa turun di Jokamachi Plaza. Lama perjalanan sekitar 80 menit dengan ongkos 2.210 yen.

Selain itu, bisa juga naik bus Nohi, bus Meitetsu, atau bus Tokai dengan rute Meitetsu Bus Center-Takayama, dan turun di halte pinggir tol Gujo-Hachiman Inter. Lama perjalanannya sekitar 90 menit dengan ongkos 1.850 yen.

2. Dengan naik kereta

Dari Stasiun Nagoya, bisa naik kereta lokal atau kereta ekspress View Hida (40 menit, 2.320 yen) atau kereta lokal JR Chuo Line dan JR Taita Line (75 menit, 970 yen) sampai Stasiun Mino-ota. Ongkos keretanya tercover dengan JR Pass. Setelah itu, kita bisa naik kereta Nagaragawa Railway sampai Stasiun Gujo-Hachiman. Lama perjalanan 80 menit dengan ongkos 1.350 yen (tidak tercover dengan JR Pass).

Kereta Nagaragawa Railway di Stasiun Gujo-Hachiman

Kereta Nagaragawa Railway di Stasiun Gujo-Hachiman

Tiba di Stasiun Gujo-Hachiman

Tiba di Stasiun Gujo-Hachiman

Baca juga: Akses Menuju Nagoya

Sumber gambar: Dokumentasi Tim Info Jepang


Recommended for you


Last modified: September 13, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!