Gattan Go

Home / Attraction / Gattan Go
Item image

Kota Kamioka di dekat Hida Takayama jadi tujuan wisata baru di Jepang. Sebab di sini, kita bisa mencoba pengalaman yang sangat unik, tidak ada di lain tempat, yakni naik sepeda di atas rel kereta namanya Gattan Go! Wah kayaknya seru banget ya bisa menggoes sepeda di atas rel, sambil merasakan hembusan angin pegunungan yang sejuk dan melihat pemandangan alam yang indah. Tapi gimana dong kalau nanti keretanya lewat?! Tenang saja, jalur Gattan Go ini menggunakan jalur kereta Kamioka dan Okuhida yang adalah bekas rel pertambangan yang sudah tidak aktif. Kita bisa menyusuri terowongan, melihat pemandangan bukit dan lembah di jalur kereta Gattan Go ini. Seperti apa sih kegiatan wisata Gattan Go ini, berikut liputan Tim Info Jepang selengkapnya.

Informasi Wisata Kereta Gattan Go

Kita bisa menyewa sepeda gunung yang sudah dimodifikaksi dan menyusuri jalur rel kereta sepanjang kurang lebih 3 kilometer. Tenang saja, sepeda berada kanan-kiri berdampingan, sehingga kita tidak mungkin jatuh. Roda sepeda juga dimodifikasi menjadi 4 roda sehingga kita dapat pergi bersama dengan pasangan atau keluarga (lihat macam-macam model sepeda di bagian bawah). Perjalanan ini kurang lebih satu jam setengah, menempuh rute bolak-balik Okuhida-Kameoka-Okuhida. Karena relnya yang terbatas, maka Gattan Go ini hanya diadakan 5-8 kali sehari dan harus dengan pemesanan terlebih dahulu. Jalur wisata sepeda Gattan Go ini juga tutup di musim dingin karena tebalnya salju di kawasan ini, dan biasanya beroperasi dari pertengahan April sampai akhir November (mirip-mirip seperti Tateyama Kurobe Alpine Route).

Di musim semi dan musim panas, kita bisa sambil melihat pemandangan bunga-bunga yang mekar di sepanjang rel kereta. Tentu akan sangat menyenangkan bisa bercerita sambil menggoes sepeda bersama dengan pasangan dan keluarga. Dapat santai menikmati panorama pegunungan Jepang tanpa harus repot dibanding bila berlibur ke kota-kota besar di Jepang. Di musim gugur, kita juga bisa menikmati pemandangan momiji sambil naik sepeda! Saat bertanya kepada petugas yang berjaga di stasiun Gattan Go, bulan Oktober dan awal November adalah waktu terbaik bila ingin melihat momiji. Tapi jangan lupa lho, untuk menggunakan baju plus jaket lengan panjang, supaya jangan kedinginan, hehe!

Serunya bersepeda Gattan Go

Serunya bersepeda Gattan Go

Tempat sewa sepeda Gattan Go

Tempat sewa sepeda Gattan Go

Paket Wisata Gattan Go dan Nohi Bus

Bagi teman-teman yang ingin mencoba Gattan Go bisa mengkombinasikannya dengan itinerary tour dari Nohi Bus. Bisa PP Nohi Bus dari Takayama Station (pergi jam 12.40 dan kembali ke Takayama 17.40), dengan harga tiket 4.000 yen untuk dewasa dan 3.300 yen untuk anak-anak. Atau plan lainnya yakni mampir ke pemandian air panas Hirayu Onsen di pagi hari sebelum mencoba Gattan Go di siang hari. Berangkat jam 09.40 dari Takayama Station dan kembali ke Takayama pukul 17.40. Biayanya 5.500 yen untuk dewasa dan 4.100 untuk anak-anak. Plan tour yang sangat murah dibandingkan bila harus mencari dan memesan sendiri tiket bus, taksi dan sepeda Gattan Go!

Macam-macam Sepeda Gattan Go

1. Sepeda Hybrid (digoes+mesin)

Sepeda ini bisa berjalan dengan tenaga mesin+tenaga manusia, sehingga akan sangat ringan digoes. Cocok untuk 2 orang dan biayanya 3.000 yen untuk 2 orang.

2. Sepeda Hybrid+kereta di tengah

Sepeda ini bisa berjalan dengan tenaga mesin+tenaga manusia, sehingga akan sangat ringan digoes. Ditambah dengan satu kereta dengan tempat duduk di bagian tengah. Cocok untuk 2 orang dewasa ayah ibu beserta anak di bagian tengah. Biayanya 4.000 yen untuk 3 orang.

3. Sepeda Hybrid+kereta belakang

Sepeda ini bisa berjalan dengan tenaga mesin+tenaga manusia, sehingga akan sangat ringan digoes plus kereta berukuran besar di bagian belakang untuk maksimal 3 orang. Cocok untuk 4-5 orang dengan biaya 5.000 yen untuk 4 orang dan 6.000 yen untuk 5 orang.

4. Sepeda Tandem 4 orang

Sepeda tandem ini cocok untuk 4 orang dan bisa digoes bersama-sama. Cocok bagi pemuda-pemudi yang ingin bersenang-senang sambil menikmati pemandangan pegunungan. Cocok untuk 4 orang dengan biaya 6.000 yen.

5. Kereta Shincan dan Kumichan

Kereta ini seperti nomor 2 (sepeda hybrid plus kereta di tengah), namun dengan desain yang lucu, plus motor listrik sehingga tidak perlu capai menggoes. Cocok bagi orangtua yang ingin pergi dengan anak. Biayanya 2.500 yen per kereta.

6. Kereta Torokko

Sepertinya ini yang balik enak buat kamu yang malas menggoes, hehe. Dengan kereta Torokko kita dapat menikmati pemandangan sepuas-puasnya, karena ada petugas yang mengemudikan motor listrik menarik kereta torokko dari depan. Cocok untuk 4-6 penumpang dengan harga 1.000 yen untuk seorang penumpang.

Gimana seru kan ya! Buat kamu yang ke Shirakawago, Takayama, atau Shin Hotaka Ropeway jangan lupa untuk mampir ke wisata sepeda Gattan Go ya!

Recommended Hotel near Takayama [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

K’s House Takayama
20 km away
from ¥2732/night
Route Inn Grantia Hidatak
22 km away
from ¥7691/night
Ayun Takayama Central Hot
20 km away
from ¥5465/night
Country Hotel Takayama
20 km away
from ¥4250/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr 淳平 筈井, inazakira, 淳平 筈井


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (13)

  1. sore, pak nugroho! sya ingin minta saran dari bpk mengenai trip perjalanan jepang saya tgl 20 jan19. Adapun rute perjalanannya sbb:
    Day 1 = – bandara osaka kansai (tiba jam 12:35)
    – rencana dari bandara ke osaka aquarium kaiyukan
    (apakah dgn beli tiket osaka kaiyu ticket sudah cocok? sya liat jalur bandara ke osaka
    aquarium kaiyukan tidak terlalu cocok dengan memakai osaka kaiyu ticket, kalaupun cocok,
    jalur kereta mana yang harus saya naik y?)
    – malam hari explore daerah dotonburi
    Day 2 = Universal Studio
    Day 3 = kyoto (fushimi inari taisha, gion district, arashiyama bamboo)
    Day 4 = -pagi hari berangkat dari kyoto ke takayama
    takayama (takayama old town, gattan go, hida no sato)
    Day 5 = Shirakawago
    Day 6 = transit ke kanazawa menuju tokyo
    explore daerah shibuya, shinjuku
    Day 7 = Gala Yuzawa
    Day 8 = Kawaguchi go
    Day 9 = Disneyland
    Day 10 = DisneySea
    Day 11 = back to indonesia
    pertanyaan:
    kalau sya aktifkan JR Hokuriku Arch pada day 2 sampai day 8 apakah uda cocok?
    terus saya prnh baca katanya gala yuzawa, kawaguchiko, disney tidak bisa pakai JR y? terus harus pakai pass apa biar hemat y? thanks ko nugroho

    • Nugroho Christian  |  

      Sayangnya ongkos ke Kawaguchiko dan ke Gala Yuzawa tidak tercover oleh Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass. Ibu bisa memilih membeli JR Pass reguler supaya mengcover semua ongkosnya. Saran saya, untuk di Osaka, bisa menggunakan Osaka Kaiyu Ticket dimana ibu beli tiket ketengan Nankai dari Kansai sampai Namba, baru naik subway ke Kaiyukan Osaka. Nani ke Namba dan Dotonbori, bisa gunakan Osaka Kaiyu Ticket juga.

    • sheliany  |  

      pagi, pak nugroho! link JR Pass Reguler nya gk ditulis rute2 / line perjalanannya.. trus saya liat tipe2 JR Pass ada 6, tp disana gk ada JR pass reguler,, dgn beli JR Pass terus saya aktifkan di ari kedua sampai hari kedelapan lbh menguntungkan? JR pass reguler bisa explore sama kanazawa , kyoto, osaka, tokyo y?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tipe JR PASS itu memang terbagi-bagi tiap daerah. Namun yang mengcover seluruh ongkos perjalanan rute ibu hanya JR PASS Ordinary All Area seharga 29.110 yen.
      JR pass reguler bisa explore daerah kanazawa, kyoto, osaka, tokyo. Salam

    • sheliany  |  

      thankyou atas saran yg sgt membantu, pak nugroho! jika dilihat dari rute perjalanannya.. kira2 lbh efektifnya kapan sya harus mengaktifkan JR pass ordinary all area nya ? apakah pas hari kedua atau hari ketiga?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu bisa mengaktifkannya di hari kedua atau ketiga, mempertimbangkan ongkos dari hotel ke USJ dan hotel ke Disneysea/ Disneyland.
      Kalau boleh tahu, ibu menginap di hotel daerah mana ya di Osaka dan Tokyo nya? Salam

    • sheliany  |  

      di osaka saya tinggal di:
      WBF Kitasemba EAST Hotel
      2 Chome-6-8 Awajimachi, Chuo Ward, Osaka, Osaka Prefecture 541-0047, Jepang

      pertanyaan:
      1) kalau beli tiket JR Pass Ordinary, berarti naik kereta Nankai-Limited Express (tu keretaya ada di lantai brp? terminal berapa y?)
      2) sesampainya di stasiun namba, gimana caranya menuju hotel? apakah di daerah hotel yang saya tinggal ada subway atau bus way?
      3) apakah bagusnya dari airport saya langsung ke osaka aquarium? klo iya, apakah disana ada tempat penitipan koper? klo ada, kena brp duit?
      3) apakah ada link mengenai tempat pemberhetian bus way dan sub way di jepang gk y?

      di tokyo saya tinggal di:
      APA Hotel Higashi-Nihombashi-Ekimae, 3 Chome-12-14 Higashinihonbashi, 中央区 Tokyo 103-0004, Jepang

      pertanyaan:
      1) apakah di hotel tersebut ada busway atau subway?
      2) bagusnya saya aktikan JR pass hari kedua atau hari ketiga?

      thanks pak nugroho

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, ibu bisa membeli JR PASS di Kansai Airport. Lokasi stasiun keretanya hanya ada di Terminal 1 lantai 2.
      Nah karena hari pertama JR PASS nya belum aktif, bisa menggunakan Nankai Line. Ibu bisa turun di Tengachaya Station, kemudian naik subway Sakaisuji Line sampai ke Kitahama Station.
      Kalau mau langsung ke Osaka Akuarium, kopernya akan membuat ribet, karena tidak ada loker di sekitaran Kaiyukan Akuarium.
      Ibu bisa mengaktifkan JR PASS di hari ketiga. Salam

    • boleh dong pak di infokan jalan2 di tokyo spt apa yg pas bagi kami. perjalanannya menggunakan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass? Terima kasih info2nya.

    • boleh dong pak di infokan jalan2 di tokyo spt apa yg pas bagi kami. perjalanannya menggunakan Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass? Minta infonya hotel murah daerah miyako messe kyoto.
      Terima kasih info2nya.

  2. Pak, menarik sekali wisatanya, mohon infonya untuk paket tour nohi bus yg 4000 jpy apakah sudah termasuk biaya sewa sepeda gattan go?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya sudah termasuk kok bu. Informasinya sudah dituliskan di link terkait. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!