Distrik Samurai Nagamachi Kanazawa

Home / Museum / Distrik Samurai Nagamachi Kanazawa
Item image

Distrik Nagamachi adalah distrik tradisional yang bagus dan masih terjaga di kota Kanazawa prefektur Ishikawa. Konon pada jaman Heian, tempat ini dikenal sebagai tempat tinggal para penguasa atau samurai di sekitaran Kanazawa. Kita bisa melihat bermacam-macam bangunan tradisional, rumah samurai, taman-taman yang cantik, museum dengan koleksi sejarah, dengan dinding-dinding batu yang bagus dan pemandangan sungai Onagawa dan Otokogawa yang bersih dan indah. Kita dapat berkeliling dan mengunjungi tempat-tempat wisata, atau berfoto di distrik Samurai Nagamachi. Berikut adalah informasi tempat wisata utama dan kegiatan wisata seru yang bisa dilakukan di Distrik Samurai Nagamachi Kanazawa.

Tempat Wisata Utama di Distrik Samurai Nagamachi

1. Rumah Samurai Nomura

Rumah Samurai Nomura mungkin adalah bangunan terbesar di Distrik Samurai Nagamachi, sekaligus satu-satunya rumah samurai (bukei yashiki dalam bahasa Jepang) yang terbuka untuk umum. Rumah ini adalah hasil renovasi rumah samurai yang sebenarnya dan kemudian dibuka kepada masyarakat sebagai museum. Kalau teman-teman masuk ke dalamnya, kita akan bisa menemukan banyak warisan keluarga Nomura, barang-barang peninggalan yang antik, dan artefak bersejarah. Kita juga bisa melihat taman Jepang yang indah dengan pohon sakura yang sudah berumur lebih dari 400 tahun. Ada juga pendopo tempat minum teh, di mana kita bisa mencicipi teh Jepang melalui upacara minum teh Chadou sambil menikmati keelokan taman Jepang di rumah Samurai Nomura.

Rumah Samurai Nomura buka setiap hari, kecuali tanggal 26-27 Desember. Di bulan April-September buka mulai dari jam 08.30-17.30, sedangkan di bulan Oktober-Maret tutup lebih cepat hingga pukul 16.30. Biaya masuknya adalah 550 yen untuk dewasa, 400 yen untuk 15-17 tahun, dan 250 yen untuk 7-14 tahun.

Pintu masuk rumah samurai Nomura di Distrik Samurai Nagamachi

Pintu masuk rumah samurai Nomura di Distrik Samurai Nagamachi

Rumah samurai Nomura di Distrik Samurai Nagamachi

Rumah samurai Nomura di Distrik Samurai Nagamachi

2. Kanazawa Shinise Kinenkan

Jika menyusuri jalan di pinggir sungai kecil dari Rumah Samurai Nomura, kita akan sampai di Shinise Kinenkan. Shinise Kinenkan ini adalah sebuah museum yang dibuat dalam rumah kayu bersejarah. Jika teman-teman masuk ke dalam museum, kita akan menemukan banyak koleksi terkait dengan kehidupan para saudagar pada jaman samurai dahulu, ada juga toko obat, pendopo minum teh, taman Jepang tradisional, dan beberapa koleksi cenderamata lokal yang memang disimpan sebagai koleksi museum. Kenapa ada toko obat? Ini karena bangunan Kanazawa Shinise Kinenkan sebenarnya adalah donasi keluarga Nakaya pada pemerintah kota Kanazawa tahun 1962, yang merupakan saudagar penjual obat sejak jaman dahulu. Di beberapa dokumen sejarah yang ada di dalam museum, tertulis bahwa keluarga Nakaya sudah mengembangkan teknik pengobatan sejak tahun 1579. Sejarah panjang itulah yang ingin dilestarikan dan disampaikan pada generasi berikutnya lewat museum di Distrik Samurai Nagamachi Kanazawa.

Kanazawa Shinise Kinenkan buka setiap hari (hanya tutup 2 hari dalam setahun yakni pada 31 Juli 2017, 30 November 2017), mulai dari jam 09.30 sampai jam 16.30. Biaya masuknya sangat murah, hanya 100 yen untuk orang dewasa.

Indahnya Distrik Samurai Nagamachi

Indahnya Distrik Samurai Nagamachi

3. Rumah Keluarga Takada

Kalau teman-teman kembali ke jalan menuju rumah samurai Nomura, dan berjalan terus, maka kita akan menemukan rumah keluarga Takada di sebelah kiri, yang ditandai dengan gerbang pintu yang megah layaknya sebuah rumah. Rumah ini juga adalah sebuah rumah panjang hasil renovasi yang bisa memberikan gambaran mengenai rumah samurai pada jaman kerajaan Jepang dahulu. Satu yang menarik dari Rumah Keluarga Takada ini adalah taman Jepang nya yang sangat bagus. Rumah ini sengaja membangun jalur aliran air dari sungai di distrik Nagamachi, dan disalurkan ke dalam kolam yang berada di dalam taman. Bunyi air yang gemericik dan sekaligus membasahi tanaman-tanaman taman inilah yang kini dipuji sebagai keajaiban arsitektur taman jam Edo.

Rumah keluarga Takada buka setiap hari mulai pukul 09.30-17.00 dan biaya masuknya gratis.

4. Nagamachi Yuzenkan

Tidak jauh dari Rumah Keluarga Takada, kita bisa menemukan bangunan unik lainnya namanya Nagamachi Yuzenkan. Di sini kita bisa melihat sekaligus mencoba teknik pewarnaan pakaian ala Kimono Khas daerah Kaga Yuzen (daerah Kanazawa). Bangunan Nagamachi Yuzenkan terdiri dari 3 lantai, di mana di lantai dua kita bisa melihat koleksi dan contoh-contoh kerajinan tangan khas daerah Kaga Yuzen, seperti kimono, saputangan, kain pembungkus makanan, sementara di lantai 3 ada foto-foto dan penjelasan teknik pembuatan dan pewarnaan ala Kaga Yuzen. Teman-teman juga bisa mencoba mengenakan kimono di lantai 1, harganya cukup murah 4000 yen untuk satu hari, sudah sekaligus biaya rias dan petugas yang membantu mengenakan kimono.

Nagamachi Yuzenkan buka setiap hari dari pukul 09.00-17.00, dengan biaya masuk 350 yen. Informasi selengkapnya bisa dibaca di homepage Nagamachi Yuzenkan.

5. Ashigaru Shiryokan, Museum Dokumen Ashigaru

Satu lagi bangunan museum yang bisa ditemukan di Distrik Samurai Nagamachi, Museum Dokumen Ashigaru. Lokasinya bisa ditempuh berjalan kaki lagi dari Rumah Keluarga Takada, menjauhi rumah samurai Nomura. Museum ini juga adalah bangunan hasil renovasi rumah peninggalan keluarga Takanishi dan Shimizu. Rumah ini tergolong sederhana bila dibandingkan dengan rumah keluarga samurai lainnya di Distrik Samurai Nagamachi, seperti rumah samurai Nomura. Di dalamnya kita bisa menemukan koleksi dokumen-dokumen yang menceritakan dengan Ashigaru selama hidupnya. Museum Dokumen Ashigaru buka setiap hari dari jam 09.30 hingga 17.00 dan biaya masuknya GRATIS.

Papan nama Museum Ashigaru di Distrik Samurai Nagamachi

Papan nama Museum Ashigaru di Distrik Samurai Nagamachi

Akses ke Distrik Samurai Nagamachi

Kita dapat naik Bus Loop Kanazawa dari pintu keluar timur Kanazawa Station dan turun di halte bus Korinbo (waktu perjalanan sekitar 7 menit). Biayanya 200 yen. Kemudian bisa lanjut jalan kaki 5 menit dari Korinbo sampai ke Distrik Samurai Nagamachi.

Cheap Hotels near Kanazawa Station [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Toyoko Inn Kanazawa Kenro
0 km away
Toyoko Inn Kanazawa Kenrokuen Korimbo
from ¥8560/night
APA Hotel Kanazawa-Ekimae
2 km away
from ¥5483/night
Guest House Ochakare
2 km away
Guest House Ochakare
from ¥5400/night
Kanazawa Guest House East
2 km away
Kanazawa Guest House East Mountain
from ¥8500/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Distrik Samurai Nagamachi
0 km away
Suasana Distrik Samurai Nagamachi di Kanazawa
Kanazawa Castle
1 km away
Pasar Omicho Ichiba
1 km away
Pintu masuk Pasar Omicho Ichiba di Kanazawa
Distrik Higashi Chaya
2 km away
Suasana Distrik Higashi Chaya di Kanazawa

Sumber gambar: Flickr Toshiaki NANBA, keyaki, ɑlɑstɑr ó clɑonɑ́ın, Kentaro Ohno


Recommended for you


Last modified: February 17, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (61)

  1. Selamat Malam team Info Jepang

    Apakah ada informasi terbaru untuk mekarnya Bunga Sakura di Ishikawa (Kanazawa) ?
    Tertutama di tanggal 7~12 April 2019 mendatang…

    terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tempat paling bagus melihat sakura di Kanazawa adalah Taman Kenrokuen. Bunga sakuranya mekar antara awal sampai pertengahan April. Salam

  2. Nova yg bingung  |  

    Selamat pagi Pak. Saya ingin bertanya. Saya rencana ke Jepang, tiba di osaka, pulang lwt Haneda. Saya ingin ke shirakawa go & sapporo. Rencana Saya tiba d Osaka (1 hari) – Kanazawa: Shirakawago (2hari) – Sapporo (4hari) -Tokyo (2hari). Niat saya dari osaka k kanazawa dgn night bus. Pertanyaan saya:
    1. Apakah ada paket pass yg bisa d gunakan? Yg hemat waktu & biaya:) ? Saya terpikir pake JR pass agar bisa k sapporo, tp saya lihat waktunya >8 jam.
    2. Apakah ada paket osaka-kanazawa-shirakawa go? Saya agak bingung. Saya pernah baca punya bapak ttg kanazawa bus loop, right & left.
    3. Jika d sapporo saja, paket apa yg saya pake? Saya berniat lihat festival salju
    4. Lihat dari info jepang, saya di tokyo lebih baik dgn tokyo subway pass ya pak?
    Maaf banyak pertanyaan. Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ibu bisa menggunakan JR PASS, yang mengcover ongkos perjalanan ke Sapporo. Kalau tidak naik shinkansen, ibu bisa menggunakan Kansai Hokuriku Pass untuk perjalanan ke Shirakawago, kemudian naik pesawat dari Osaka ke Sapporo, kemudian Sapporo ke Tokyo.
      Kanazawa bus loop, right & left itu hanya bus dalam kota Kanazawa bu. Untuk perjalanan selama di Tokyo, ibu mau kemana saja? Menginap di Hotel daerah mana? Mohon informasinya yang lengkap. Salam

    • Nova yg bingung  |  

      Selamat Pagi Pak.
      Terima kasih jawabanya, atas waktunya. Rencananya di Tokyo akan ke sensoji temple, shibuya, Meiji shrine, harajuku, Tokyo tower, asakusa. Kalo sempat & ada dana cukup k disneysea :) . Saya menginap di daerah Chuo-ku Pak. Pak, kalo naik pesawat k Sapporo saya kembali Osaka ya, tidak dari Kanazawa?
      O iya pak, selama d Sapporo ada pass tidak ya? Saya menginap d Sapporo, rencana keliling Sapporo, ke otaru canal, lihat tokamachi Yuki matsuri, minamiuonuma-shi Yuki matsuri.
      Terima kasih Pak.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau naik pesawat dari Kanazawa bisa, namun pakai ANA atau JAL yang ongkosnya mahal.
      Pesawat LCC murah biasanya hanya dari Kansai Aiport Osaka atau Narita Airport Tokyo. Lalu minamiuonuma-shi Yuki Matsuri itu bukan di Sapporo bu. Mohon dicek.
      Salam

    • Nova yg bingung  |  

      Selamat siang.
      Terima Kasih Sarannya.
      Iya, saya lihat Minamiuonuma ada di Niigata. Kalo d Hokkaido ada pass tidak ya yg cocok untuk d Sapporo, otaru canal, asahikawa? Saya 4 hari d Hokkaido.
      Untuk d Tokyo, pass yg lebih baik saya gunakan apa ya pak? Saya menginap d Chuo-ku. Rencana ke sensoji temple, shibuya, Meiji shrine, harajuku, tokyo tower, asakusa. Kalo sempat & dana cukup k disneysea. Lebih baik gunakan pass atau apa ya?
      Terima kasih waktu & perhatianya

  3. Dear pak Nugroho,
    Mohon info untuk jadwal trip dibawah ini, apakah worth it bila memakai JR Pass ?

    18 – 21 Maret di Tokyo, menuju Nagoya
    21 – 24 Maret di Nagoya, menuju Kanazawa
    24 – 27 Maret di Kanazaya, menuju ke Tokyo
    28 Maret balik Jakarta

    Rencana akan mengambil JR pass seminggu yaitu 21 – 27 Maret

    Selama di luar pemakaian kartu tsb, kartu apa yang sebaiknya dipakai untuk di Nagoya dan Kanazawa ?

    Terimakasih pak…

    IR

    • Nugroho Christian  |  

      Melihat rutenya Tokyo-Nagoya-Kanazawa-Tokyo, sepertinya bisa membeli JR Pass. Tokyo-Nagoya (Tokaido Shinkansen) itu 10.360 yen, lalu Nagoya-Kanazawa 6.810 yen (Shirasagi), Kanazawa-Tokyo (Hokuriku Shinkansen) 14.320, sepertinya sudah balik modal.

    • Terimakasih masukannya pak..
      Selama di Nagoya dan Kanazawa..bisa memaki suica atau pasmo kan?
      Atau adakah Pass lain yang lebih ekonomis ?
      Thx
      IR

  4. Selamat siang, Pak Nugroho. Bulan Januari nanti saya berangkat dan turun di Haneda, kemudian pada hari 1-3 keliling tokyo, kemudian hari ke 4 akan tur ke Fuji, dan hari ke 5 akan ke osaka kemudian dilanjutkan ke shirakawago hari ke 6-7 jalan2 di dalam kota osaka-kyoto, dan kembali ke indonesia melalui kansai airport. baiknya saya menggunakan SUICA saat di tokyo, FUJI-HAKONE PASS untuk ke fuji, lalu menggunakan KANSAI HOKURIKU AREA PASS saat di osaka-kyoto, atau cukup menggunakan JR PASS untuk semua transportasinya? jika dilihat dari sisi efisiensi dan uang yang dikeluarkan. terima kasih

    • Anindita  |  

      untuk yang ke Fuji, saya tanpa travel pak, jadi perlu Fuji Hakone Pass kah?lebih murah mana menggunakan fuji hakone pass dan hokuriku arch pass atau menggunakan JR Pass? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Fuji Hakone Pass dan Hokuriku Arch Pass atau JR PASS tidak beririsan cakupannya.
      Yang jelas Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass tidak mengcover ongkos ke Fuji atau Hakone sama sekali, namun JR PASS mengcover kurang lebih setengahnya. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!