Distrik Samurai Nagamachi Kanazawa

Home / Museum / Distrik Samurai Nagamachi Kanazawa
Item image

Distrik Nagamachi adalah distrik tradisional yang bagus dan masih terjaga di kota Kanazawa prefektur Ishikawa. Konon pada jaman Heian, tempat ini dikenal sebagai tempat tinggal para penguasa atau samurai di sekitaran Kanazawa. Kita bisa melihat bermacam-macam bangunan tradisional, rumah samurai, taman-taman yang cantik, museum dengan koleksi sejarah, dengan dinding-dinding batu yang bagus dan pemandangan sungai Onagawa dan Otokogawa yang bersih dan indah. Kita dapat berkeliling dan mengunjungi tempat-tempat wisata, atau berfoto di distrik Samurai Nagamachi. Berikut adalah informasi tempat wisata utama dan kegiatan wisata seru yang bisa dilakukan di Distrik Samurai Nagamachi Kanazawa.

Tempat Wisata Utama di Distrik Samurai Nagamachi

1. Rumah Samurai Nomura

Rumah Samurai Nomura mungkin adalah bangunan terbesar di Distrik Samurai Nagamachi, sekaligus satu-satunya rumah samurai (bukei yashiki dalam bahasa Jepang) yang terbuka untuk umum. Rumah ini adalah hasil renovasi rumah samurai yang sebenarnya dan kemudian dibuka kepada masyarakat sebagai museum. Kalau teman-teman masuk ke dalamnya, kita akan bisa menemukan banyak warisan keluarga Nomura, barang-barang peninggalan yang antik, dan artefak bersejarah. Kita juga bisa melihat taman Jepang yang indah dengan pohon sakura yang sudah berumur lebih dari 400 tahun. Ada juga pendopo tempat minum teh, di mana kita bisa mencicipi teh Jepang melalui upacara minum teh Chadou sambil menikmati keelokan taman Jepang di rumah Samurai Nomura.

Rumah Samurai Nomura buka setiap hari, kecuali tanggal 26-27 Desember. Di bulan April-September buka mulai dari jam 08.30-17.30, sedangkan di bulan Oktober-Maret tutup lebih cepat hingga pukul 16.30. Biaya masuknya adalah 550 yen untuk dewasa, 400 yen untuk 15-17 tahun, dan 250 yen untuk 7-14 tahun.

Pintu masuk rumah samurai Nomura di Distrik Samurai Nagamachi

Pintu masuk rumah samurai Nomura di Distrik Samurai Nagamachi

Rumah samurai Nomura di Distrik Samurai Nagamachi

Rumah samurai Nomura di Distrik Samurai Nagamachi

2. Kanazawa Shinise Kinenkan

Jika menyusuri jalan di pinggir sungai kecil dari Rumah Samurai Nomura, kita akan sampai di Shinise Kinenkan. Shinise Kinenkan ini adalah sebuah museum yang dibuat dalam rumah kayu bersejarah. Jika teman-teman masuk ke dalam museum, kita akan menemukan banyak koleksi terkait dengan kehidupan para saudagar pada jaman samurai dahulu, ada juga toko obat, pendopo minum teh, taman Jepang tradisional, dan beberapa koleksi cenderamata lokal yang memang disimpan sebagai koleksi museum. Kenapa ada toko obat? Ini karena bangunan Kanazawa Shinise Kinenkan sebenarnya adalah donasi keluarga Nakaya pada pemerintah kota Kanazawa tahun 1962, yang merupakan saudagar penjual obat sejak jaman dahulu. Di beberapa dokumen sejarah yang ada di dalam museum, tertulis bahwa keluarga Nakaya sudah mengembangkan teknik pengobatan sejak tahun 1579. Sejarah panjang itulah yang ingin dilestarikan dan disampaikan pada generasi berikutnya lewat museum di Distrik Samurai Nagamachi Kanazawa.

Kanazawa Shinise Kinenkan buka setiap hari (hanya tutup 2 hari dalam setahun yakni pada 31 Juli 2017, 30 November 2017), mulai dari jam 09.30 sampai jam 16.30. Biaya masuknya sangat murah, hanya 100 yen untuk orang dewasa.

Indahnya Distrik Samurai Nagamachi

Indahnya Distrik Samurai Nagamachi

3. Rumah Keluarga Takada

Kalau teman-teman kembali ke jalan menuju rumah samurai Nomura, dan berjalan terus, maka kita akan menemukan rumah keluarga Takada di sebelah kiri, yang ditandai dengan gerbang pintu yang megah layaknya sebuah rumah. Rumah ini juga adalah sebuah rumah panjang hasil renovasi yang bisa memberikan gambaran mengenai rumah samurai pada jaman kerajaan Jepang dahulu. Satu yang menarik dari Rumah Keluarga Takada ini adalah taman Jepang nya yang sangat bagus. Rumah ini sengaja membangun jalur aliran air dari sungai di distrik Nagamachi, dan disalurkan ke dalam kolam yang berada di dalam taman. Bunyi air yang gemericik dan sekaligus membasahi tanaman-tanaman taman inilah yang kini dipuji sebagai keajaiban arsitektur taman jam Edo.

Rumah keluarga Takada buka setiap hari mulai pukul 09.30-17.00 dan biaya masuknya gratis.

4. Nagamachi Yuzenkan

Tidak jauh dari Rumah Keluarga Takada, kita bisa menemukan bangunan unik lainnya namanya Nagamachi Yuzenkan. Di sini kita bisa melihat sekaligus mencoba teknik pewarnaan pakaian ala Kimono Khas daerah Kaga Yuzen (daerah Kanazawa). Bangunan Nagamachi Yuzenkan terdiri dari 3 lantai, di mana di lantai dua kita bisa melihat koleksi dan contoh-contoh kerajinan tangan khas daerah Kaga Yuzen, seperti kimono, saputangan, kain pembungkus makanan, sementara di lantai 3 ada foto-foto dan penjelasan teknik pembuatan dan pewarnaan ala Kaga Yuzen. Teman-teman juga bisa mencoba mengenakan kimono di lantai 1, harganya cukup murah 4000 yen untuk satu hari, sudah sekaligus biaya rias dan petugas yang membantu mengenakan kimono.

Nagamachi Yuzenkan buka setiap hari dari pukul 09.00-17.00, dengan biaya masuk 350 yen. Informasi selengkapnya bisa dibaca di homepage Nagamachi Yuzenkan.

5. Ashigaru Shiryokan, Museum Dokumen Ashigaru

Satu lagi bangunan museum yang bisa ditemukan di Distrik Samurai Nagamachi, Museum Dokumen Ashigaru. Lokasinya bisa ditempuh berjalan kaki lagi dari Rumah Keluarga Takada, menjauhi rumah samurai Nomura. Museum ini juga adalah bangunan hasil renovasi rumah peninggalan keluarga Takanishi dan Shimizu. Rumah ini tergolong sederhana bila dibandingkan dengan rumah keluarga samurai lainnya di Distrik Samurai Nagamachi, seperti rumah samurai Nomura. Di dalamnya kita bisa menemukan koleksi dokumen-dokumen yang menceritakan dengan Ashigaru selama hidupnya. Museum Dokumen Ashigaru buka setiap hari dari jam 09.30 hingga 17.00 dan biaya masuknya GRATIS.

Papan nama Museum Ashigaru di Distrik Samurai Nagamachi

Papan nama Museum Ashigaru di Distrik Samurai Nagamachi

Akses ke Distrik Samurai Nagamachi

Kita dapat naik Bus Loop Kanazawa dari pintu keluar timur Kanazawa Station dan turun di halte bus Korinbo (waktu perjalanan sekitar 7 menit). Biayanya 200 yen. Kemudian bisa lanjut jalan kaki 5 menit dari Korinbo sampai ke Distrik Samurai Nagamachi.

Cheap Hotels near Kanazawa Station [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

APA Hotel Kanazawa-Katama
1 km away
from ¥3774/night
Kanazawa Central Hotel
2 km away
Kanazawa Central Hotel
from ¥7700/night
Ryokan Yamamuro
1 km away
Ryokan Yamamuro
from ¥13400/night
Guest House Ochakare
2 km away
Guest House Ochakare
from ¥5400/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Stasiun Kanazawa
1 km away
Pintu Gerbang Ikonik Stasiun Kanazawa
Museum Seni Kanazawa
1 km away
Human gallery di Museum Seni Kanazawa
Machinori Keliling Kanaza
1 km away
Machinori Keliling Kanazawa dengan sepeda
Kuil Ninja Myoryuji
1 km away
Pintu masuk Kuil Ninja Myoryuji

Sumber gambar: Flickr Toshiaki NANBA, keyaki, ɑlɑstɑr ó clɑonɑ́ın, Kentaro Ohno


Recommended for you


Last modified: February 17, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (89)

  1. Numpang nanya mass…
    JR pass bisa digunakan dengan rute berulang gak yahh.. contohnya saya dr kyoto – ke kobe- nara-nagoya-kanazawa-toyama-nagano-tokyo… kl rute seperti ni bisa gak yahh pake jr pass??

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Selama masih dalam masa aktif, JR PASS bisa dipakai sepuasnya, untuk daerah baru atau berulang-ulang di rute yang sama. Salam

    • Mass ni kan kami posisi di kyoto… rencanya dr kyoto kami mau
      Nagasaki
      Hiroshima
      Nagoya
      Toyama
      Nara
      Kobe
      Hokaido
      Tokyo (selama ditokyo kami menggunakan tokyo metro)

      Kira” dr rute ni… rute mana yg kmi utamakan yah mass…kmi ad waktu 10 hari tp 3 hari akan kami pake selama di tokyo

      Mohon petunjuknya yah mass 🙏😇 #panggil yusni ajah mas.. #☺️

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Maksudnya diutamakan apa ya Pak? Mana yang bisa dihapus begitu maksudnya? Bapak pergi bulan berapa ya? Mungkin bisa dicocokkan dengan event atau festival yang sedang ada di Jepang pada tanggal terkait. Salam

    • Pagi mas nugroho… maaf pagi” udh nanya”☺️…

      Yahh mass… dr rute kami td.. mana kira” yg perlu dihapus??? Brgktnya nanti mlm mass dr kyoto..

      #yusni cewek mas#☺️

  2. G.A Wisalawathy  |  

    Saya mau bertanya:
    1. Berapa derajat kira-kira suhu di Jepang, khususnya Tokyo, Kanazawa/Shirakawago, Osaka, Kyoto sekitar mid Desember? Saya berencana ke tempat2 itu tanggal 15-23 Des. 2018.
    2. Apakah masih bisa melihat autum (momiji) atau sudah snowing di tanggal tersebut?
    3. Outfit yang perlku dibawa seperti apa?

    Thanks sebelumnya.
    Regards, Wisa

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Berikut jawaban pertanyaanya.
      1. Sekitar 8-12 derajat celcius, tergantung cuaca.
      2. Masih ada, namun mayoritas sudah gugur Momiji paling akhir di minggu pertama Desember.
      3. Jaket tebal, sarung tangan , kaos kaki, dan sepat boot. Silahkan lengkapnya dibaca di Liburan Musim Dingin di Jepang

    • Nugroho Christian  |  

      1. Sekitar 8-12 derajat celcius, tergantung cuaca.
      2. Masih ada, namun mayoritas sudah gugur Momiji paling akhir di minggu pertama Desember.
      3. Jaket tebal, sarung tangan , kaos kaki, dan sepat boot. Silahkan lengkapnya dibaca di Liburan Musim Dingin di Jepang

  3. Siang pak, Mau tanya jika saya ingin berkeliling Tokyo – Fuji – Tateyama Kurobe – kanazawa – kyoto – osaka lebih baik menggunakan JR pass ordinary atau Tokyo Osaka hokuriku arch pass ya?

  4. Malam pak, saya ada rencana mau ke jepang. Iternary spt ini :
    Osaka (2D) – kanazawa (1D) – shirakawago – kanazawa – Tokyo (5D)
    Kalau perjalanan seperti diatas perlu JR pass ga pak? Thx before jawabannya

  5. Pak Nugroho, saya berencana akan ke jepang selama 7 hari, dg tujuan kanazawa, shirakawago, takayama, kyoto, nara, osaka.
    Menurut Pak Nugroho jenis Pass apa yg cocok dan efisien,
    Saat ini saya masih mempertimbangkan utk membeli Takayama Hokuriku Pass, dan di Kyoto menggunakan one day pass bus, untuk nara dan osaka saya belum tahu, adakah Pass yg cocok menurut Pak Nugroho.

    • Nugroho Christian  |  

      Sebelumnya, bisa bapak sampaikan, tiba dan kembali ke Indonesia itu dari bandara mana ya pak? Salam.

  6. selamat pagi pak, saya ada rencana ke jepang bulan november, mau bertanya kalau ingin ke gotemba dari osaka apakah tercover tokyo osaka hokuriku arch pass ini pak? trm ksh sebelumnya

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak tercover bu untuk ongkos dari Gotemba ke Tokyo, setelah itu, baru tercover jika ibu naik kereta dengan rute Tokyo-Kanazawa-Osaka dengan Hokuriku Shinkansen dan kereta limited ekspress Thunderbird. Salam.

    • Nanda Paramita  |  

      ogt.. krn di artikel ttg gotemba dijelaskan rute dr osaka/kyoto tercover jr pass dan tokyo osaka hokuriku arch pass..
      rencana sy ke jepang 7 hari 6 malam pak, dg rute tokyo-gunung fuji-tokyo-osaka-kyoto-tokyo
      lebih baik saya ambil jr pass atau tokyo hokuriku arch pass + tiket bus pp tokyo kawaguchiko ya pak? karena stlh sy baca2 jr pass juga tidak mengcover seluruh tiket ke kawaguchiko hanya stghny.. mohon pencerahannya pak.. trm ksh

    • Nugroho Christian  |  

      Ya memang, tapi Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass itu baru akan untung kalau kamu memang ke Kanazawa atau Toyama. Secara hitungan, lebih murah memang Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass + tiket bus ke Kawaguchiko ketimbang JR Pass + tambahan biaya kereta Fujikyu Railway. Namun tolong diperhatikan perjalanan Tokyo-Kyoto lewat Kanazawa itu memakan waktu 5,5 jam (dengan Hokuriku Shinkansen+Limited Ekspress Thunderbird), ketimbang dengan Tokaido Shinkansen hanya 3 jam.

  7. Siang Mas Nugroho,

    Rencana saya ke Shirakawago via Kanazawa brgkt dr Osaka Mas.. Dan Saya ada rencana utk menginap di Kanazawa, mau ke taman kenrokuen, kanazawa castle, distrik Higashi Chaya..

    Pertanyaan saya :

    1. Naik kereta Express Thunderbird dr Osaka Station, kereta paling pagi jam 7 ya mas?
    Harus reservasi seat sehari sebelumnya atau bagaimana?
    2. Osaka – Kanazawa lama perjalanannya betul 3 jam mas? Berarti saya nyampe Kanazawa jam 10 ya mas? Apakah langsung bisa naik Nohi Bus ke Shirakawago jam 10.50? (Msh bingung cara baca tabelnya) atau saya ke hotel dl utk taro koper ya mas?

    3. Perjalanan Kanazawa-Shirakawago brp lama mas?

    4. Tabel Bus Nohi Shirakawago-Kanazawa itu tabelnya yg asal dr Shirakawago kan ya mas?

    5. Klo udah ke Kanazawa, perlu ke Takayama tidak Mas?

    Saya tunggu jawabannya ya Mas,
    Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Keretanya tersedia dari jam 06.01, dan ada keberangkatan setiap 30 menit.
      2. Lama perjalanan Osaka-Kanazawa 2 jam 40 menit -3 jam perjalanan, kalau ibu berangkat jam 7 dari Osaka, bisa mengejar bus yang berangkat dari Kanazawa jam 11.10 atau 12.40
      3. Sekitar 1 jam 20 menit, kasarnya 80-100 menit.
      4. Ya betul, busnya berangkat dari Takayama ke Shirakawago, berhenti sebentar, lalu lanjut ke Kanazawa.
      5. Takayama itu seperti Shirakawago bu, jadi tidak bisa dibandingkan dengan Kanazawa.

  8. Hellow Pak Nugroho
    Saya rencana liburan ke jepang tgl 30 masuk narita; tokyo sampai tgl 3, kyoto – osaka – Kanazawa, Tokyo. Saya sdh booking guest house di Prefektur Saitama. Dari Narita untuk sampai ke guest house saya lihat di google naik Narita Sky Access ke Higashi Matsudo Stasiun lalu sambung JR Mushashino Line ke Yoshikawaminami stasiun. Pertanyaan saya :
    1. Apakah jalur itu (Narita sky acces – JR Mushashino Line) tercover oleh JR Hokuriku Arch Pass?
    2. Hari ke 3 saya berencana ke danau Kawaguchiko untuk lihat Mount Fuji, apakah transport ke sana tercover oleh JR Hokuriku Arch Pass??
    3. Itinary saya : Narita – Prefektur Saitama – Tokyo (tgl 30 juni) – hari I di Jepang
    Prefektur Saitama – Tokyo keliling2 (tgl 30 juni – 3 juli)
    Tokyo – Osaka – Kyoto – Kanazawa – Shirakawago – Narita (4 juli – 6 juli)
    Narita – Denpasar (7 juli jam 07.00 waktu Narita)
    JR jenis apakah yang paling cocok untuk saya??
    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Narita Sky Access itu bukan kereta JR, namun kereta Keisei, jadi tidak tercover oleh Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass. Ongkos kereta JR dari Higashi Matsudo Station sampai ke Yoshikawaminami Station, lalu ongkos kereta ke Kawaguchiko juga tidak tercover. Bapak silakan membeli JR PASS 29.110 yen, yang mengcover semuanya. Salam

  9. Pagi pak mau nanya kalau naik thunder bird osaka ke kanazawa apakah ada reserved seat?apakah hokurku pass ada green class saat kita beli on line? Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Ada pak reserved seatnya. Untuk hokuriku arch pass, tidak ada green class pak, kalau bapak mau, bisa menambah ongkos tiket untuk green seat saat naik kereta Thunderbird. Salam.

  10. Selamat Sore Pak Nugroho,
    saya berencana melakukan perjalanan di januari ber-4 dengan anak-anak dari osaka – kanazawa – shirakawago-kanazawa-tokyo. Apakah memungkinkan utk perjalanan salam satu hari sampai tokyo ?
    Dan apakah di kanazawa station ada locker penitipan koper berukuran besar?
    Terima kasih.

  11. mohon info kalau saya berangkat di bulan april apakah lebih baik ke hokaido atau kanazawa?. Tempat mana yang masih bisa ditemui salju di bulan april apakah hokaido atau kanazawa?. Atau ada tips sebaiknya kemana?.

  12. Pak Nugroho, saya rencana akan dari Tokyo ke Osaka (1 malam ) , Kyoto ( 3 malam) dan Kanazawa ( 1 malam ) tapi mampir Shirakawago terdahulu dan Tatayama ( 1 malam kalo keburu, kalo tidak ya tidak visit Tatayama….

    Intinya adalah saya rencana beli JR pass yang 7 hari, dimana akan ke Japan liburan dari tgl 19 Dec sampai 8 Januari 2017..

    Kami mengunjungi anak kami di apartement di Itabashi terdahulu dan liburan keluar kota Tokyo utk 1 minggu, disesuaikan dengan kebutuhan JR Pass yang hanya cover 7 hari.

    rencana pengen mengunjungi kota Osaka, Kyoto, Shirakawago (mampir saja) dan Kanazawa dan Tatayama ( kalo keburu, kalo tidak ya tidak usaj ke Tatayama…

    Pertanyaan saya :
    1. apakah JR PAss saya berlaku alais dapat dipakai untuk dalam kota, seperti : Osaka, Kyoto, Shirakawago dan Kanazawa and Tatayama ? bila tidak sebaiknya beli tiket apa di Osaka utk 1 malam dan Kyoto ( 3 malam ) dan Kanazawa ( 1 malam) dan Tatayama ( 1 malam )

    2. Kyoto akan visit Arashiyama, Fushimi inari shrine, kuil Kiyomizudera and Kuil Kinkakuji , Gion and Hygashiyama ( kalo keburu) ==> apakah cukup untuk 3 malam atau berlebihan bermalamnya. FYI kami baru pertama kali visit jadi masih kurang tahu jalan dan takut cape juga karena suami 60 thn

    3. apakah Tatayama perlu untuk di visit juga ? selain Kanazawa.

    4. Lebih baik menginap di Shirakawago atau Kanazawa? krn menurut teman Shirakawago hanya ada rumah light up yang Unesco tapi lainnya biasa saja.

    5. Apakah Seebaiknya kami masuk dari Tokyo ke Shirakawago terdahulu – Kanazawa, Kyoto Osaka dan kemudian balik ke Tokyo ? karena kami harus pulang ke Tokyo untuk anter putri kami balik ke apartementnya dan kemudian baru dari Tokyo ke Jakarta.
    Mohon advisenya dan terima kasih .. karena kami harus booking hotel

    Oh ya rencana perrjalanan keluar kota Tokyo dari tgl 26 Dec sampai 2 Januari 2017. ==> karena ingin Natalan di Tokyo saja tgl 24 dan 25 Dec 2016

    Mohon advisenya soon and thanks a lot

    • Nugroho Christian  |  

      JR Pass mencover seluruh perjalanan seperti yang ibu tuliskan. Hanya untuk Tateyama Kurobe Alpine Route sudah tutup akhir November kemarin, dan baru akan buka April tahun depan. Jadi ibu bisa ke Kanazawa saja.
      Untuk liburan di Kyoto bisa naik bus kota Kyoto sampai ke halte dekat tempat-tempat wisata di Kyoto. Tapi sepertinya akan cukup berat karena banyak anak tangga atau tanjakan menuju ke tempat wisata di Kyoto.
      Untuk perjalanan ke Shirakawago, ibu bisa dari Kanazawa dengan Nohi bus PP. Jadi jadwalnya bisa Tokyo-Osaka-Kyoto-Kanazawa-Tokyo atau sebaliknya, sama saja Ibu.

  13. Selamat sore, Pak Nugroho
    Saya bersama keluarga berencana berlibur ke Jepang :
    – tgl.19-20 Des 2016 bermalam di Osaka
    – tgl. 21 Des 2016 bermalam di Kyoto
    – tgl. 22-23 Des 2016 bermalam di Kanazawa dan berminat 1 day trip ke Shirakawago
    – tgl. 24-26 bermalam di Tokyo dan berminat 1 day trip ke Mount Fuji dan Gotemba
    – tgl. 27 Des 2016 jam 17.30 kembali ke Indonesia lewat Narita Airport
    Saya kesulitan memilih JR Regional Pass agar lebih hemat dibanding JR Pass
    Juga apakah JR Pass berlaku untuk Bus tujuan Kanazawa-Shirakawago?
    Juga bagaimana dengan SUICA atau lainnya untuk hemat digunakan tiap kota tsb?
    Terima kasih atas perhatian dan bantuannya. Salam

  14. Selamat malam dan salam kenal,
    Saya berencana akan ke Jepang tgl 22 des – 1 jan 2017. Kami berangkat ber6. Apakah bisa dibantu utk dibuatkan itinerary slm disana? Kami berencana mau ke Tokyo, Osaka, Hokaido-Sapporo dan Kanazawa-Shirakawago. Apakah memungkinkan ke semua tmpt tsb dlm 10 hari dan menggunakan JR pass? Jadwal tiba di Narita tgl 23 pukul 6 pagi dgn ANA Airlines dan kembali tgl 1 jan pswt jam 10 pagi dr Narita.
    Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu Efi. Seluruh kota tujuannya tercover JR Pass.
      Kami bisa membantu mengurus jadwal perjalanan/itinerary selama di Jepang, juga mensupport liburan ibu sekeluarga di Jepang via whatsapp/line.
      Informasi lebih lanjut bisa membaca tentang Tour Guide Online Info Jepang dan add nomor whatsapp +62818.221.505 (Patrick Prayoga).
      Kami siap membantu.
      Salam

Ask questions

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!