Machinori Keliling Kanazawa Naik Sepeda

Home / Attraction / Machinori Keliling Kanazawa Naik Sepeda
Item image

Kanazawa adalah kota terakhir yang dilintasi oleh Hokuriku Shinkansen dari Tokyo atau kereta ekspress Thunderbird dari Osaka dan Kyoto. Tim Info Jepang hampir selalu menyebutnya bersamaan dengan Shirakawago, karena kota ini adalah kota transit transportasi yang paling dekat untuk ke Shirakawago. Meskipun hanya sebagai kota transit, namun Kanazawa punya banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, seperti Kanazawa Castle, Taman Kenrokuen, Museum Seni, dan juga kawasan kota tua Higashi-Chaya. Untuk berkeliling kota, kita bisa menggunakan Bus Loop Kanazawa, atau dengan Machinori. Eh, bentar, apa ya itu? Simak perjalanan Tim Info Jepang machinori keliling Kanazawa naik sepeda.

Bagaimana cara menggunakan Machinori di Kanazawa?

Cara untuk menggunakan Machinori gampang kok! Sistemnya ini seperti rental sepeda. Kita tinggal jalan ke Cycleport atau tempat penyewaan sepeda. Di panel sentuhnya, kita bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit atau IC Card (SUICA, Pasmo, atau ICOCA). Khusus untuk Cycleport di Stasiun Kanazawa, tersedia pilihan pembayaran secara tunai. Biaya awal saat pertama kali kita menyewa adalah 200 yen. Setelah pembayaran diverifikasi, kita akan memperoleh passcode untuk dapat melepaskan sepeda dari gantungan di Cycleport.

Lokasi rental Machinori di Kanazawa

Lokasi rental Machinori di Kanazawa

Biaya sewa ini berlaku untuk penggunaan selama 30 menit. Jika kita mengembalikan sepeda ke Cycleport sebelum 30 menit, maka tidak akan ada biaya tambahan. Tapi ingat setiap kelebihan waktu 30 menit, kita akan dikenakan biaya tambahan 200 yen lagi. Trik yang saya coba adalah mulai sewa sepeda, kayuh sepeda ke tempat wisata yang dituju, lalu segera kembalikan sepeda di Cycleport di tempat tujuan kita. Total ada 19 titik Cycle port di tempat wisata di Kanazawa dan 1 cycle port di kantor Machinori. Puas melihat dan berfoto di tempat wisata, kita tinggal ambil sepeda lagi dengan passcode yang awal kita dapatkan.

Beberapa lokasi cycleport yang terkenal adalah di Omicho Market, Kanazawa Castle, Kenrokuen Garden, Higashi Chaya. Menurut pengalaman Tim Info Jepang, hanya perlu waktu 10-15 menit untuk mencapai satu tempat wisata dari tempat wisata lainnya, sehingga batas waktu 30 menit sangat cukup dan tidak perlu buru-buru. Namun kalau harinya mendung atau hujan, lebih baik untuk naik Loop Bus atau naik taksi. Tim Info Jepang punya pengalaman harus berteduh di pinggir jalan sehingga waktunya lebih 30 menit sampai ke cycle stop berikutnya dan akhirnya harus menambah ongkos.

Mencoba naik machinori di Kanazawa

Mencoba naik machinori di Kanazawa

Saat mengembalikan sepeda, pastikan lampu dock nya berubah menjadi biru untuk mencegah biaya tambahan. Kalau dock sepeda di Cycleport sudah penuh, kita bisa memilih “Full Rack Return”. Dengan cara ini, kita akan mengembalikan kunci dengan menggembok sepeda. Setelah dikunci, kunci sepeda kita masukkan di dalam box, dan pilih Drop Box and Complete Return.

Akses menuju Kanazawa

Dari Stasiun Tokyo, Ueno, atau Omiya, teman-teman bisa naik kereta Hokuriku Shinkansen Kagayaki. Lama perjalanan sekitar 2,5 jam dengan harga tiket 14.000 yen. Untuk Hokuriku Shinkansen ini masuk ke dalam cakupan Japan Rail Pass maupun Hokuriku Arch Pass.

Selain itu, teman-teman juga bisa naik bus (siang atau malam) dari Tokyo sampai Kanazawa. Harga tiketnya mulai dari 4.500 yen untuk sekali jalan dan 8.000 yen untuk tiket pulang pergi.

Cheap Hotels near Kanazawa Castle [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kanazawa Guest House East
1 km away
Kanazawa Guest House East Mountain
from ¥8500/night
Guest House Ochakare
1 km away
Guest House Ochakare
from ¥5400/night
Kanazawa Central Hotel
1 km away
Kanazawa Central Hotel
from ¥7700/night
Toyoko Inn Kanazawa Kenro
1 km away
Toyoko Inn Kanazawa Kenrokuen Korimbo
from ¥8560/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Taman Kenrokuen
1 km away
Info Wisata di Kanazawa Taman Kenrokuen
Museum Seni Kanazawa
1 km away
Human gallery di Museum Seni Kanazawa
Distrik Samurai Nagamachi
1 km away
Suasana Distrik Samurai Nagamachi di Kanazawa
Bus Keliling Kanazawa
1 km away
Bus Keliling Kanazawa bewarna merah

Sumber gambar: Flickr SLTcSLTcAppie Verschoor


Last modified: August 14, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (7)

  1. Siang mas Nugroho, kami ber6 rencana akan ke Jepang tgl 5 – 12 April 2019 dan beli JR pass yang 7 hari. Hari pertama tiba di Narita jam 16.25 dan rencana akan langsung menginap di Osaka.
    Hari ke 2 sd ke 4 tetap menginap di Osaka tapi rencana akan eksplore Kanazawa/Shikarawago, Osaka, Kyoto, & Hiroshima.
    Hari ke 5 sd ke 7 menginap di Tokyo dan akan eksplore mt Fuji, gala yuzawa, gotemba & kota Tokyo (balik ke Jkt via Narita lg).
    Mohon informasinya:
    1. Dari Narita ke Osaka, kami harus naik kereta apa, dari stasiun apa, & turun di stasiun mana?
    2. Memperhatikan byk lokasi yg akan kami eksplore/mobilisasinya tinggi, lebih baik menginap di hotel dekat stasiun Shin Osaka, stasiun Osaka atau stasiun Namba atau ada saran lain yg lebih mudah?
    3. Kalau di Tokyo, lebih enak menginap di hotel dekat stasiun Tokyo atau stasiun Shinjuku atau ada saran lain?
    4. Dari jadwal kami di atas, apakah Tateyama Kurobe Alphine sudah buka?
    5. Supaya efisien transportasinya, apakah kami cukup dgn JR pass 7 hari?
    Warm regards, Ulfa

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore ibu, ya melihat rute perjalanan Ibu, ibu bisa menggunakan JR PASS Ordinary 7 hari.
      1. Dari Narita Airport, ibu bisa naik Narita Express sampai ke Tokyo Station, kemudian naik shinkansen sampai ke Shin Osaka Station.
      2. Untuk lokasi penginapan lebih baik di sekitaran Shin Osaka Station, jangan di Osaka atau Namba, karena pada akhirnya harus ke Shin Osaka Station juga.
      3. Kalau di Tokyo, ibu bisa menginap di sekitaran Akihabara, Ueno, atau Shinjuku Station.
      4. Melihat pengalaman selama ini, Tateyama Kurobe Alpine Route baru buka pertengahan bulan April, jadi kalau melihat jadwal perjalanan ibu sepertinya tidak bisa ke Tateyama Kurobe Alpine Route.
      Salam

  2. Selamat malam Pak Nugroho,

    Saya ada rencana ke Jepang bulan Maret 2018 mendatang. Rute perjalanan kami adalah Narita Airport – Tokyo – Kanazawa – Kyoto – Osaka – Nagoya dan kembali lagi ke Tokyo. Apakah saya bisa menggunakan JR PASS untuk berangkat ke kota-kota tersebut? Kalau bisa, apa Pak Nugroho punya info lengkap bagaimana dan di mana saya bisa membeli JR PASS tersebut? Mungkin info dapat berupa link agar cukup jelas. Terima kasih banyak sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Untuk kota-kota yang bapak sebutkan di atas, bapak bisa menggunakan JR PASS seharga 29.110 yen. JR PASS mengcover seluruh jalur kereta

    • Terima kasih untuk jawabannya Pak Nugroho.
      Untuk transportasi dari Narita ke Tokyo apakah bisa menggunakan JR PASS juga atau ada opsi lain yang ok?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Dari Narita menuju ke Tokyo bisa naik Narita Express yang tercover JR PASS. Alternatif lainnya bisa naik kereta Keisei via Nippori Station.
      Informasinya bisa dibaca di Akses dari Narita Airport. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!