Resort Ski dan Liburan Musim Dingin di Hokkaido

You are here Home  > Musim di Jepang, Wisata Jepang >  Resort Ski dan Liburan Musim Dingin di Hokkaido

Liburan musim dingin di Hokkaido adalah impian bagi para wisatawan mancanegara termasuk wisatawan dari Indonesia. Tim Info Jepang melayani banyak pertanyaan mengenai tempat liburan musim dingin di Hokkaido atau tempat bermain ski atau seluncur yang mudah diakses dari Sapporo melalui layanan Panduan Online Info Jepang. Dalam artikel ini, Tim Info Jepang sudah merangkum beberapa resort ski dan seluncur yang terkenal dan punya akses yang mudah dari pusat kota Sapporo atau Bandar Udara Shin Chitose di tengah-tengah Hokkaido. Tersedia juga informasi akses dari resort ski tersebut ke kota Sapporo dan gambaran biaya bermain di resort ski. Berikut liputan selengkapnya.

Kenapa berlibur musim dingin di Hokkaido?

Hokkaido yang terletak di utara negara Jepang adalah wilayah pertama yang mengalami musim dingin, mulai dari akhir November hingga Desember. Dibandingkan dengan wilayah lainnya seperti Nagano, Gunma atau Niigata yang lebih dekat dengan Tokyo, Hokkaido cukup jauh. Namun, kita pasti bisa menemukan salju di tempat ini tanpa tergantung tanggal atau cuaca tempat tersebut. Di resort ski di Nagano, Gunma atau Niigata salju memang turun, namun bila masih awal musim dingin seperti bulan Desember, lapisan salju masih tipis dan akan segera hilang jika hujan turun. Nah, di Hokkaido karena suhu yang dingin stabil, hujan yang turun adalah hujan salju sehingga tidak menyapu salju yang telah menumpuk, namun membuatnya makin tebal dan empuk. Pada bulan Desember salju setinggi 2-3 meter akan menumpuk, dan bisa mencapai 14-18 meter di akhir musim dingin. Teman-teman dapat bermain ski dan seluncur, membuat boneka salju, atau bermain perang salju selama liburan musim dingin sepuasnya. Selain itu harga hotel per malamnya juga jauh lebih murah dibandingkan dengan resort ski di daerah-daerah dekat Tokyo.

Artikel terkait wisata ke Hokkaido (selengkapnya)

Kembang api di Sapporo

Festival kembang api Toyohira di kota Sapporo menjadi festival musim panas terfavorit di Jepang. Festival ini biasanya dilakukan setiap tahun pada hari Jumat terakhir di bulan Juli, dan menjadi puncak perayaan musim panas di Sapporo.

Kebun Bunga Lavender di Hokkaido

Hokkaido punya banyak sekali tempat wisata yang menarik dan seru bila dikunjungi. Ada kebun bunga di musim panas, atau juga lautan es di musim dingin, pemandangan kota dan kolam menakjubkan di siang hari, panorama malam yang romantis.

Farm Tomita di Furano Hokkaido

Liburan musim panas ke Jepang? Cek dulu informasi tempat wisata alam seru dan unik di Hokkaido.

Taman Odori di Sapporo

Itinerary Liburan di Sapporo: rute utama mengelilingi tempat-tempat wisata terkenal di kota Sapporo: Taman Maruyam, Kuil Hokkaido, Gunung Moiwa, Taman Odori, Gedung Sapporo Clock yang bersejarah.

biei musim gugur

Bukit Biei Hokkaido atau yang sering disebut Shikisai-no-oka (Bukit Empat Musim) adalah sebuah bukit seluas 7 hektar di daerah dataran tinggi Biei.

Festival es di Danau Shikotsu

Festival Es Danau Shikotsu merupakan festival es yang istimewa karena seluruh patung, perosotan, terowongan es untuk pengunjung ternyata dibuat dari air Danau Shikotsu yang sengaja dibekukan. Di musim dingin, sinar matahari berpadu menyinari salju-salju putih yang membuat warna langit dan tanah menjadi keemasan! Festival musim dingin di Danau Shikotsu biasanya diadakan dari 24 Januari hingga 16 Februari setiap tahunnya, dan jangan lupa kenakan pakaian lengan panjang dan jaket tebal.


Resort Ski dan Tempat Liburan Musim Dingin di Hokkaido

Resort Ski terkenal di hokkaido

Peta lokasi resort ski terkenal di Hokkaido

Di sekitar Sapporo

1. Niseko (100 km barat daya Sapporo dengan akses bus langsung Hokkaido Resort Liner dan kereta) mulai dari 26 November 2016

Resort Ski Niseko adalah yang paling terkenal di Hokkaido mencakup daerah pegunungan Annupuri dan Gunung berapi Yotei, dengan beragam pilihan lintasan ski/ seluncur, dan banyak pilihan hotel tempat menginap. Ongkos bus langsung 4.000 yen untuk dewasa dan 2.000 yen untuk anak-anak. Anak di bawah dua tahun gratis. Informasi selengkapnya mengenai Hokkaido Resort Liner dan daftar nama-nama hotel yang disinggahi oleh bus bisa dilihat di halaman berikut.

Suasana lintasan ski Niseko Hokkaido

Suasana lintasan ski di Niseko Hokkaido

2. Moiwa (15 menit dari Sapporo dengan akses kereta subway)

Moiwa menjadi tempat bermain ski dengan akses terdekat dari kota Sapporo sehingga tidak perlu memesan hotel lagi. Untuk winter season, buka mulai dari jam 11.00 hingga 22.00 dari awal Desember hingga akhir bulan Maret (Tahun 2015/2016 dari tanggal 12 Desember 2015 – 31 Maret 2016). Informasi selengkapnya bisa dicek di halaman website pengelola Resort Ski Moiwayama Hokkaido.

3. Sapporo Teine (20 km barat laut Sapporo dengan akses kereta dan bus langsung)

Resort ski Sapporo Teine menyediakan paket hemat penggunaan lintasan ski 1 hari (7 jam) ditambah ongkos pulang pergi bus dari Sapporo seharga 6.700 yen untuk dewasa dan 4.300 yen untuk anak SD ke bawah. Alternatif lain dengan naik kereta JR Hokkaido dari Sapporo sampai ke Stasiun Teine (260 yen) dilanjutkan dengan naik JR Hokkaido Bus (390 yen) sampai ke Resort Ski Sapporo Teine selama kurang lebih 15 menit.

Resort Ski Sapporo Teine sangat populer diantara penduduk lokal karena letak dan aksesnya yang mudah dari pusat kota. Jika bermain di malam hari, kita juga bisa menyaksikan keindahan kota Sapporo sambil berseluncur menuruni bukit. Resort ski ini buka dari akhir November sampai awal April (untuk tahun 2017/2018 buka dari tanggal 21 November 2017 sampai 10 April 2018 dari jam 09.00 – 17.00). Bagi kamu yang hanya ingin main salju bisa ke snowpark atau tempat bermain salju yuki di dekat lokasi gedung loket penjualan tiket. Biayanya 800 yen (gratis kalau punya pass satu hari) dan buka dari pukul 10.00-16.00. Tersedia juga snow tube dan sled dengan biaya rental gratis.

4. Sapporo Kokusai (46 km barat Sapporo dengan akses bus langsung dari Sapporo : paket 1 hari+ bus 4980 yen)

Perlu diperhatikan bahwa tidak ada hotel tempat menginap di Sapporo Kokusai, sehingga kamu harus pulang pergi ke hotel di Sapporo. Untuk dapat pergi dari hotel di Sapporo ke resort ski Sapporo Kokusai, tersedia bus langsung dari terminal bus Sapporo di Sapporo Station langsung ke Sapporo Kokusai dengan ongkos pulang pergi 2500 yen dengan durasi perjalanan 90 menit. Jika membelinya bersama dengan paket bermain 1 hari plus tiket bus pulang pergi harganya menjadi 5.300 yen. Sangat menguntungkan jika dibandingkan dengan tiket masuk Sapporo Kokusai dan gondola pass yang harganya 4.500 yen untuk sehari. Informasi mengenai akses bus langsung bisa dibaca di halaman berikut. Sapporo Kokusai buka dari akhir November sampai akhir Maret (untuk tahun 2015/2016 buka dari tanggal 18 November 2016 sampai 7 Mei 2017 dari jam 09.00 – 17.00). Bagi kamu yang hanya ingin main salju bisa ke snowpark atau tempat bermain salju yuki di dekat lokasi gedung loket penjualan tiket. Biayanya gratis dan buka dari pukul 09.00/10.00-16.00. Tersedia juga snow tube dan sled dengan biaya rental 500 yen dan 800 yen.

5. Kiroro (43 km barat Sapporo dengan akses bus langsung Hokkaido Resort Liner)

Resort Ski Kiroro relatif lebih dekat dibandingkan dengan resort Ski Niseko dan ongkos perjalanan yang lebih murah. Ongkos bus langsung 3300 yen untuk dewasa dan 1650 yen untuk anak-anak. Anak di bawah dua tahun gratis. Informasi selengkapnya mengenai Hokkaido Resort Liner dan daftar nama-nama hotel yang disinggahi oleh bus bisa dilihat di halaman berikut.

Bermain ski dan seluncur di Resort Ski Kiroro

Bermain ski dan seluncur di Resort Ski Kiroro

Bagian timur Hokkaido

6. Furano (113 km timur laut Sapporo dengan akses kereta+taksi 10 menit)

Resort Ski Furano memang tidak  terlalu terkenal dibandingkan dengan Kiroro dan Niseko, namun resort ski ini terkenal dengan cuacanya yang sering cerah. Mungkin ini juga yang jadi alasan mengapa banyak wisatawan datang ke sini dalam liburan musim dingin di Hokkaido. Menurut pengalaman memandu wisatawan oleh Tim Info Jepang, banyak wisatawan yang langsung pergi ke Resort Ski Furano dari Bandara Shin Chitose di Sapporo tanpa ke Sapporo terlebih dahulu. Biasanya para wisatawan mengambil jalur memutar berlawanan arah jarum jam melalui Furano, Asahikawa, baru terakhir berkeliling tempat-tempat wisata di Sapporo.

Suasana Resort Ski Furano dari gondola

Suasana Resort Ski Furano dari atas gondola

Resort Ski Furano ini dibuka untuk umum dari minggu terakhir November hingga awal Mei (Untuk tahun 2015/2016 dari 28 November 2015 sampai 5 Mei 2016). Namun, Tim Info Jepang menyarankan untuk datang di bulan Desember-Maret, di mana ketebalan salju sudah cukup dan kita bisa bermain ski dengan lebih menyenangkan. Ada dua hotel tempat menginap yakni Hotel Prince Resorts dan New Furano Prince Hotel. Kedua hotel ini dihubungkan dengan bus langsung Hokkaido Resort Liner dengan beberapa hotel di Sapporo. Perjalanan menempuh waktu sekitar 3 jam dengan ongkos 3980 yen untuk dewasa dan 1990 yen untuk anak-anak. Untuk dapat naik bus ini harus memesan terlebih dahulu. Informasi selengkapnya mengenai Hokkaido Resort Liner dan daftar nama-nama hotel yang disinggahi oleh bus bisa dilihat di halaman berikut. Informasi lebih lanjut mengenai fasilitas di resort ski Furano dapat dilihat di halaman website Prince Snow Resorts (dalam bahasa Jepang)

7. Tomamu (150 km timur Sapporo dengan akses kereta dan bus langsung)

Tomamu menjadi resort ski yang paling terkenal di Hokkaido saat musim dingin. Selain punya trek ski/seluncur dengan banyak variasi, kamu juga bisa menikmati keindahan pemandangan dan juga fenomena alam lautan awan (Unkai dalam bahasa Jepang) di resort ski yang terletak di pegunungan Tomamu. Di musim dingin (bulan Desember sampai akhir Maret) ada bus langsung dari Bandara Shin Chitose. Perjalanan menempuh waktu sekitar 2 jam dengan ongkos 3980 yen untuk dewasa dan 1990 yen untuk anak-anak. Untuk dapat naik bus ini harus memesan terlebih dahulu karena biasanya penuh booking. Informasi mengenai bus menuju ke Tomamu Ski Resort bisa dilihat di halaman berikut.

8. Daisetsuzan-Kurodake (kereta dari Sapporo sampai Kamikawa station lanjut naik bus umum sampai Sounkyo)

musim dingin di gunung kurodakeDi musim dingin, Gunung Kurodake menjadi rumah bagi para pecinta olahraga ski. Kurodake menjadi salah satu daerah yang pertama merasakan musim dingin, lengkap dengan saljunya yang tebal. Tenang saja, jalur-jalur ski sudah ditandai oleh penduduk sekitar Sounkyo sehingga kita tidak akan mungkin kesasar. Teman-teman tinggal naik ke puncak gunung dengan kereta gantung dan memulai berseluncur! Nikmatilah bermain ski sambil melihat pemandangan Gunung Kurodake yang diselimuti salju putih. Informasi lebih lanjut di halaman website Rinyu Kanko (dalam bahasa Jepang)

Bagian selatan Hokkaido

9. Rusutsu (75 km barat daya Sapporo)

Resort Ski Rustsu menjadi tempat liburan musim dingin Hokkaido yang berikutnya. Letaknya berada di bagian selatan Hokkaido, dekat dengan taman nasional alam Shikotsu dan Danau Toya yang terkenal dengan pemadangan alam dan festival musim dinginnya. Ongkos bus langsung Hokkaido Resort Liner adalah 3300 yen untuk dewasa dan 1650 yen untuk anak-anak. Anak di bawah dua tahun gratis. Informasi selengkapnya mengenai Hokkaido Resort Liner dan daftar nama-nama hotel yang disinggahi oleh bus bisa dilihat di halaman berikut.

Bermain ski di Rusutsu Hokkaido

Serunya bermain ski di Rusutsu Hokkaido

10. Noboribetsu (75 km barat daya Sapporo)

Noboribetsu adalah kawasan wisata alam pegunungan dan pemandian air panas (onsen) terbaik di Jepang. Berlokasi di ujung barat daya Pulau Hokkaido, Noboribetsu bisa dijangkau dari Sapporo maupun Hakodate dengan dua jam berjalan. Selain ikon wisata lembah neraka Jigokudani, seluruh kota Noboribetsu juga dikenal dengan pemandian air panasnya dan resort skinya yang terkenal.

Recommended Hotels in Sapporo [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Route-Inn Sapporo
Hotel Route-Inn Sapporo Ekimae
from ¥11900/night
JR Inn Sapporo
JR Inn Sapporo
from ¥10292/night
Sapporo Grand Hotel
Sapporo Grand Hotel
from ¥14006/night
Hotel Sapporo Sun Plaza
Hotel Sapporo Sun Plaza
from ¥6510/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Nijo Market
nijo market
Resort Ski Teine Sapporo
bermain ski di resort ski teine di sapporo
Taman Nakajima
Keindahan musim gugur di Taman Nakajima Sapporo
Gedung Jam Sapporo

Sumber gambar: Flickr MikemRichie Johns, Lionel Leong, schmid91


Recommended for you

Last modified: July 12, 2017

Comments (14)

  1. Pa nugroho, mau tanya klu sy maen ski di kokusai biaya 4980 yen selain bus PP dan paket 1hr,,itu dah include gondolo dan lift ? Sy rcn ke sapporo tgl 24 des 2017 ini,, dan utk beli tiket sehari seblumya kbrktan atau lsg dibeli dadakan mau brkt ke kokusai, mhn info tks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam ibu. Paket bus PP dan paket satu hari bisa dibeli di dalam bus seperti tertulis dalam link terkait.
      Biayanya juga sedikit berubah dari 4.980 yen di tahun 2016 menjadi 5.300 yen di tahun 2017. Salam

    • Laela fauza  |  

      Maaf nanya lg Pa, klu di kokusai ini dibln desember sy pergi sdh recomend utk maen ski pa ? Atau ada bln yg terbaik mengunjungi kokusai ini, alasan sy memilih kesana krn mempunyai paket hemat itu, klu boleh pa tau ada rincian klu penyewaan baju , alat ski dll disn ?tks, mhn infonya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Untuk Sapporo Kokusai, sepertinya sudah buka di bulan Desember, melihat jadwal tahun 2016/2017 buka dari tanggal 18 November 2016 sampai 7 Mei 2017.
      Untuk rental peralatan ski/snowboard one day harganya 5.200 yen, half day 4.200 yen.
      Kemudian baju/celana anti air, topi, dan sarung tangan totalnya 4.200 yen. Salam

    • laela fauza  |  

      Slmt malam pa nugroho, nanya lg, klu penyewaan alat ski atau snowboard boleh kan dipake bergantian ? Disapporo teine atau kokusai klu kita gak maen ski hanya mau maen salju sj, ada fasilitas (area bermaen hanya maen salju aja) utk itu pak ? Tks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Penyewaan alat-alat ski dan snowboard tidak bisa dipakai bergantian.
      Ibu harus memesan keduanya kalau ingin mencobanya. Tanda garis miring di jawaban sebelumnya menunjukkan harga yang sama untuk rental peralatan ski/ snowboard.
      Lalu baik di Sapporo Teine dan Sapporo Kokusai ada space untuk bermain salju. salam

    • Laela fauza  |  

      Pa nugroho, maaf maksud sy dipakai bergantian disini, sy kel .ada 4 org, jd mau nyewa alat ski 2 aja, nti saat maen memakai alat ski bergantian, kan msk ke area resort seharian, menghemat budget hehe, krn mayan jg sewa mahal ..tks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Harga tiketnya adalah untuk perjalanan one way. Maaaf sekarang harganya sudah 4.000 yen untuk dewasa dan 2.000 yen untuk anak-anak dari hotel di Sapporo menuju ke Niseko Snow Resort. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!