Resort Ski Rusutsu

Home / Attraction / Resort Ski Rusutsu
Item image

Resort Ski Rusutsu dikenal sebagai resort ski paling terkenal di Hokkaido bersama dengan Niseko. Kalau Niseko ada di sisi barat gunung Yotei, Rusutsu terletak di sisi timurnya. Dengan tiga puncak gunung dan jalur lintasan dengan total panjang 42 kilometer ditambah dengan lereng-lereng curam dan landai dan pepohonan pinus yang khas, teman-teman bisa puas bermain ski di sini. Bersama dengan Niseko, Rusutsu adalah wilayah di mana kita pasti bisa melihat dan bermain salju di musim dingin. Karena wilayahnya yang ada di wilayah pegunungan sama seperti wilayah Daisetsuzan dan Niseko, Rusutsu adalah wilayah pertama di Jepang yang merasakan musim dingi. Tidak heran, bahkan di awal Desember, salju sudah cukup tebal dan siap menjadi jalur-jalur untuk bermain ski.

Informasi Mengenai Resort Ski Rusutsu

Resort Ski Rusutsu dibuka setiap tahunnya dari minggu ketiga November sampai dengan minggu pertama bulan April. Namun, waktu terbaik untuk bisa menikmati musim dingin dengan bermain ski adalah sekitar Desember sampai dengan Februari. Pada waktu tersebut, salju sudah cukup tebal (lebih dari 12 meter) sehingga kita bisa lebih puas untuk bermain ski dan melihat aneka ragam atraksi lainnya.

Kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan di Resort Ski Rusutsu

1. Bermain ski dan menikmati semua fasilitas lengkap di Resort Ski Rusutsu

Fasilitas yang tersedia di Resort Ski Rusutsu ini bisa dibilang cukup lengkap, mulai dari hotel-hotel seperti Westin Rusutsu (Rusutsu Tower) dan Rusutsu Resort Hotel, lalu ada restoran, onsen (pemandian air panas), toko-toko, hingga taman bermain di pusat kota Rusutsu. Toko-toko di sini menjual aneka wine dari seluruh dunia, pernak-pernik natal, mainan dan boneka, oleh-oleh berbahan kayu khas Hokkaido, hingga pajangan dan gelas kaca dari Otaru. Di musim dingin kita juga bisa menikmati iluminasi musim dingin, di mana lampu-lampu menghiasi pohon dan arena trek lintasan ski dan seluncur menghasilkan pemandangan yang indah.

2. Menyaksikan Iluminasi musim dingin di Rusutsu

Iluminasi musim dingin di Resort Ski Rusutsu mungkin adalah yang paling meriah di antara resort-resort ski di Jepang. Disemarakkan oleh lebih dari 250 ribu lampu-lampu, musim dingin di Resort Ski Rusutsu tidak akan membuat kamu kesepian. Kita bisa menyaksikan iluminasi cahayya sepanjang 300 meter yang menghiasi seluruh area depan hotel, bangunan hotel, objek-objek berbentiuk binatang dan lainnya. Iluminasi musim dingin berlangsung sepanjang winter season Resort Ski Rusutsu, mulai dari 23 November 2019 hingga 5 April 2020, mulai dari pukul; 16.00-22.00.

East Mountain Center Station di Resort Ski Rusutsu

East Mountain Center Station di Resort Ski Rusutsu

Suasana Resort Ski Rusutsu di Hokkaido

Suasana Resort Ski Rusutsu di Hokkaido

3. Bermain ski sepuasnya dengan peralatan yang siap disewa

Selain itu, mulai April 2016, sudah tersedia kereta monorail juga yang menghubungkan hotel Westin Rusutsu dan North and South Wing Hotel. Selain mempermudah akses dan transportasi para pengunjung resort, kita juga bisa menikmati kota dan area taman bermain dari atas kereta monorail. Nah, bagi teman-teman yang ingin mencoba atau merasakan bermain ski, tenang saja. Kita tidak perlu repot-repot membeli atau membawa peralatan bermain ski, karena ada penyewaan yang menyediakan semua perlengkapan, mulai dari perlengkapan ski hingga pakaian.

4. Coba winter activities yang seru dan tak terlupakan

Masih di Rusutsu, kita juga bisa mencoba dog sled. Banyak yang mengatakan bahwa dog sled ini adalah pengalaman yang unik dan tidak ada bandingannya di dunia. Kita akan duduk berdua di sebuah kereta luncur dengan anjing-anjing Siberian Husky yang berlari di atas salju dan menarik kereta kita. Wah, pengalaman tak terlupakan deh!

Selain terkenal dengan resort ski musim dinginnya, Rusutsu juga adalah tempat dengan pemandangan musim gugur yang juga keren. Sepanjang Oktober hingga November, pepohonan di Rusutsu berubah warna menjadi kuning kemerahan sebelum akhirnya mulai berguguran di awal musim dingin. Resort ski menawarkan beberapa tur mengelilingi kaki gunung Yotei dan menikmati momiji musim gugur yang indah. Kami tunggu teman-teman di Rusutsu!

  • Dog Sled, tersedia setiap hari kecuali hari Rabu, dari pertengahan Desember sampai akhir Maret, jam 09.30-15.00. Harganya 3.780 yen/ orang. Lokasinya di Snow Activity Land.
  • Ice Fishing (memancing ikan di atas lapisan es), tersedia setiap hari dari awal Januari sampai pertengahan Maret, jam 09.45-12.45 (sesi 1) atau 13.30-16.30 (sesi 2). Harganya 13.580 yen untuk dewasa dan 9.450 untuk anak-anak 3-12 tahun. Harga paket ini sudah termasuk transportasi ke kolam dari Rusutsu Ski Resort.
  • Naik kuda keliling Lake Toya, tersedia setiap hari kecuali hari Selasa, dari pertengahan Desember sampai pertengahan Maret, jam 9:45 – 11:45 (sesi 1) atau 12:45 -14:45 (sesi 2). Harganya 5.400 yen/ orang. Lokasinya di Haruka Horse Ranch, sekitar 30 menit perjalanan dari Rusutsu Ski Resort.

5. Kunjungi Rusutsu Resort di musim panas

Eits, jangan salah, di luar musim dingin, Rusutsu tetap bisa dikunjungi juga. Di Rusutsu, kita bisa menikmati 8 wahana roller coaster, area Kids Land, area permainan air, serta permainan seru lainnya seperti Ferris Wheel, Merry-Go-Round, Flying Elephant, bahkan naik kereta Glasgow menikmati pemandangan lereng gunung. Buat teman-teman yang suka menantang adrenalin, bisa coba permainan Free Fall (jatuh bebas dari ketinggian 40 meter), Flying Water, Viking, Heart Beat, Wave Swinger, Monster, dan Space Shoot. Wah banyak banget!

Wahana permainan musim panas di Rusutsu Resort Jepang

Wahana permainan musim panas di Rusutsu Resort Jepang

Informasi Fasilitas dan Tiket Masuk Resort Ski Rusutsu

Untuk dapat bermain dan menikmati fasilitas di dalam resort, kita akan dikenakan biaya atau tiket masuk.

  • Tiket untuk bermain satu hari penuh dari jam 09.00-21.00: 5.900 yen
  • Tiket setengah hari untuk 6 jam bermain : 5.200 yen
  • Tiket setengah hari untuk 4 jam bermain : 4.600 yen
  • Tiket setengah hari (malam) dari jam 16:00 – 21:00 : 2.600 yen

Sementara itu, untuk penyewaan atau rental peralatan biayanya sebagai berikut.

  • Rental peralatan ski/snowboard untuk dewasa 6.000 yen/ 4.900 yen untuk 5 jam
  • Rental peralatan ski/ snowboard untuk anak-anak 4.400 yen/ 3.500 yen untuk 5 jam
  • Rental baju dan sepatu untuk dewasa 7.400 yen/ 5.900 yen untuk 5 jam.
  • Rental baju dan sepatu untuk anak-anak 5.900 yen/ 4.700 yen untuk 5 jam.

Di sekitaran Westin Rusutsu (Rusutsu Tower) dan Rusutsu Resort Hotel, kita juga bisa menikmati fasilitas internet secara gratis. Tenang saja, kecepatan internetnya cukup kencang, sehingga kita bisa langsung meng-update atau berbagi foto-foto selama bermain ski di Rusutsu kepada teman-teman lainnya di Indonesia.

Akses menuju Resort Ski Rusutsu

1. Dari Sapporo

Khusus bagi teman-teman yang mengunjungi resort ski di Rusutsu, bisa menggunakan fasilitas bus shuttle gratis Rusutsu-gou dari Kantor Resort Rusutsu Kamori Tourist Office (lokasinya di dekat Stasiun Sapporo). Bus-bus ini tersedia dari minggu ketiga November sampai dengan minggu pertama bulan April. Bus-bus ini berangkat pada pagi hari ke Rusutsu dan kembali malam hari ke Sapporo. Lama perjalanan dari Sapporo sampai Rusutsu sekitar 2 jam, dan teman-teman harus melakukan reservasi terlebih dahulu 1 atau 2 hari sebelumnya. Perlu diperhatikan karena bus ini gratis, biasanya bus akan penuh dengan wisatawan yang ingin menuju ke Rusutsu.

Ada alternatif lain yakni bus langsung berbayar yakni Hokkaido Resort Liner yang menghubungkan hotel-hotel di Sapporo dengan resort ski Rusutsu. Ongkosnya 3300 yen untuk dewasa dan 1650 yen untuk anak-anak 3-12 tahun. Anak di bawah dua tahun gratis.

Reservasi Hokkaido Bus
ke Resort Ski Rusutsu
Ex-Sapporo City
Sapporo city ~ RUSUTSU Resort
#501 (Route A)
#501 (Route B)
#501 (Route C)
Hotel Clubby Sapporo
07:30
Hotel Monterey Sapporo
07:40
JR Tower Hotel Nikko Sapporo
07:50
Sapporo Aspen Hotel
08:00
Century Royal Hotel
08:10
Keio Plaza Hotel Sapporo
08:20
KITA Hotel
07:35
ANA Holiday Inn Sapporo Susukino
07:40
Sapporo Tobu Hotel
07:50
ANA Hotel Sapporo
08:00
New Otani Inn Sapporo
08:10
Sapporo Grand Hotel
08:20
Royton Sapporo
08:30
Art Hotels Sapporo
07:45
Sapporo Excel Hotel Tokyu
07:55
Sapporo Tokyu REI Hotel
08:05
Hotel Sunroute New Sapporo
08:15
Tokyo Dome Hotel Sapporo
08:25
Sapporo Prince Hotel Tower
08:35
via Rusutsu
Rusutsu Resort Hotel (North & South)
10:15
Westin Rusutsu Resort
10:20

Selain itu di saat musim dingin, tersedia juga bus Donan atau bus akses Hokkaido yang menghubungkan Sapporo dengan Rusutsu. Ongkosnya mulai dari 3.000 yen dengan 2 jam perjalanan. Bus ini bisa dipergunakan teman-teman jika ketinggalan bus shuttle pagi atau malas menunggu bus shuttle sampai malam hari. Sepanjang tahun, untuk mencapai Rusutsu kita bisa naik bus Donan dengan jalur Stasiun SapporoDanau Toya yang melalui Rusutsu.

2. Dari Niseko

Dari Resort Ski Niseko, kita bisa naik bus Donan untuk menuju Rusutsu. Lama perjalanannya sekitar 90-120 menit dengan ongkos 1.200 yen.

3. Dari Danau Toya

Dari Danau Toya, kita bisa naik bus Donan yang menuju Sapporo dan berhenti di Rusutsu. Lama perjalanannya sekitar 45 menit dengan ongkos 1.150 yen.

Cheap Hotels in Rusutsu [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Ohisama House
3 km away
from ¥8897/night
Pension Sky Be
3 km away
from ¥9896/night
Chise House
0 km away
from ¥4898/night
Hotel Romulus
3 km away
from ¥11996/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Pabrik Shiroikoibito
51 km away
Bangunan Pabrik Shiroikoibito
Sapporo Satoland
61 km away
Bunga lavender di Sapporo Satoland
Taman Bir Sapporo
55 km away
Bangunan di dalam Taman Bir Sapporo
Susukino
51 km away
Suasana Susukino di Sapporo

Sumber gambar: Flickr schmid91, Jeremy Eades, Jeremy Eades, Martin Lewison


Recommended for you


Last modified: November 11, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (15)

  1. Malam Pak/bu.. jika saya reserve bus shuttle gratis rusutsu-gou. Bus itu nantinya berhenti di resort apa ya? Apakah sudah reserve pasti ada tempat duduk?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Bus Rusutsu-gou akan berhenti di Rusutsu Resort Hotel dan Westin Rusutsu Resort.
      Bapak harus melakukan reservasi supaya mendapatkan tempat duduk. Salam

    • Saya sudah reserve. Apakah itu trmasuk pergi pulang? Atau hanya satu arah saja yakni dari sapporo ke rusutsu? Soalnya saya malamnya harus balik ke sapporo dan nginap di sapporo. Trima kasih sebelumnya pak Nugroho..

  2. Pagi Pa
    Kalo ke rusutsu, untuk menikmati fasilitas dog sled, ice fishing, main salju. Kita ga perlu menginap di hotelnya ya? Kita bisa nginap di sapporo dan pp? Jadi ongkos yg harus dibayar adalah tiket masuk bermain + biaya dog sled + biaya fishing ya?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya, betul ibu, bisa kok PP dari Sapporo menuju ke Rusutsu. Tapi ibu perlu menghitung benar-benar waktu perjalanannya. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau main di snow activity beda lagi harganya bu, masing-masing ada biayanya per activity. Yang 5500 yen itu tiket gondola untuk main ski.
      Salam

  3. Maaf pa nug..mau nanya lg, kmrin sy dah reservasi utk bus shutlle tgl 3 jan 2018 lewat web Rusutsu.gou, sdh dpt email balasan ,, Sehari sblum keberangktan tgl 2 perlu laporkah ke kamori building ini Atau tidak ? Tks..mhn infonya

    • Nugroho Christian  |  

      Email balasannya itu apakah email konfirmasi? Seperti tanggal, jumlah penumpang, dan jam? Kalau sudah ada email konfirmasinya tidak perlu bu. Salam.

  4. Siang pa nug.. Mau tanya klu mau naik dog sled itu brp biayanya/org ? Klu kita rental alat ski mis 2 buah aj, boleh dipake bergantian kan.. Kami ada 10 org, ceritanya mau ngirit pak.. Klu rental pakaian bisa bergantian jg ?
    Resortnya buka setiap hari atau ada hari tertentu mrk tutup ?, kami rcn kesana tgl 2 jan 2018,
    Diresort ini ada paket one day tour disekitarnya ? Sbg opsi lain
    mhn infonya, tks

    • Nugroho Christian  |  

      Biaya untuk dog sled adalah 3780 yen per orang dengan durasi 15-20 menitan. Kalau tidak ketahuan bisa saja bu diberikan bajunya ke teman yang lain, misalnya dibalik-balik pohon. Tapi tentu akan kedinginan. Kebanyakan pasti masuk ke rumah pondok tempat sewa sambil menghangatkan diri dan mengenakan baju. Nah kalau berganti baju di sini ya musti bayar lagi. Salam

  5. untuk shuttle bus gratis rusutsu go ini biasanya mulai dari jam berapa berangkatnya dan pulang jam berapa pak ? hanya sekali pemberangkatan saja atau ada bbrp kali ? thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa, tersedia bus shuttle gratis Rusutsu-gou dari Kantor Resort Rusutsu Kamori Tourist Office (lokasinya di dekat Stasiun Sapporo). Bus-bus ini tersedia dari minggu ketiga November sampai dengan minggu pertama bulan April. Lama perjalanannya sekitar 2 jam dari Sapporo, dan biasanya wisatawan naik bus ini buat bermain ski di Rusutsu

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!