Museum Kotak Musik Otaru

Home / Museum / Museum Kotak Musik Otaru
Item image

Otaru, adalah kota pelabuhan di sebelah barat laut kota Sapporo yang dikenal dengan keindahan kanalnya, yakni Kanal Otaru. Keindahan dan suasana romantis yang ditawarkan Kanal Otaru sudah dikenal dunia. Tidak heran, ada jutaan pengunjung yang datang ke Otaru setiap tahunnya. Nah, selain melihat keindahan kanal dan suasana pelabuhan di Otaru yang begitu eksotis, kita juga bisa mengunjungi Museum Kotak Musik Otaru terletak di Jalan Sakaimachi atau Sakaimachi-dori. Letaknya berada di pusat Kota Otaru, dan dapat dicapai dengan berjalan kaki sekitar 10 menit dari kanal Otaru. Nah, tahun 2015 kemarin, Tim Info Jepang berkesempatan mengunjungi Sapporo dan Otaru, termasuk ke Museum Musik Otaru. Mau tahu keseruan kunjungannya? Simak yuk!

Apa saja Kegiatan Seru di Museum Kotak Musik Otaru?

Bangunan tua bergaya Eropa dengan dinding-dinding batu yang berwarna merah kecoklatan menjadi ciri khas dari Museum Kotak Musik Otaru. Selain itu, ada juga jam besar yang menjadi ikon museum. Kerennya, setiap 15 menit, jam ini akan akan memainkan melodi/ irama lagu yang berasal dari angin yang terkena tabung-tabung logam yang ada di dalam jam. Para turis yang sedang berjalan di Sakaimachi biasanya akan menoleh dan berkumpul setiap kali melodi ini terdengar sambil keheranan. Dari mana asalnya? Nah setelah pada tahu, eh, langsung pada mengambil foto atau ber-selfie ria di depan jam unik ini.

Tampak luar bangunan Museum Kotak Musik Otaru

Tampak luar bangunan Museum Kotak Musik Otaru

Di dalam museum kotak musik ini, kita bisa melihat beragam koleksi kotak musik dan orgel dari seluruh Jepang. Salah satu yang menarik perhatian saya adalah organ Aeolian Pipe yang dibuat di Inggris pada abad ke-18 yang merupakan organ pertama yang ada di Jepang.

Kotak musik unik di Museum Kotak Musik Otaru

Kotak musik unik di Museum Kotak Musik Otaru

Selain melihat beragam kotak koleksi yang unik dan mendengar beragam melodi dan suaranya yang indah, kita bisa mencoba membuat kotak musik sendiri, Dengan biaya mulai dari 1.800 yen per orang, kita bisa mengikuti workshop dan membuat kotak musik versi kita, dan tentunya, bisa kita bawa pulang ke rumah!

Satu kotak musik kaca di Museum Kotak Musik Otaru

Satu kotak musik kaca di Museum Kotak Musik Otaru

Tersedia juga toko suvenir yang menjual kotak musik dengan aksen Jepang yang unik, cocok banget buat oleh-oleh buat sahabat atau pacar biar mereka selalu bisa inget kita saat kotak musik dimainkan.

Museum Kotak Musik Otaru dibuka dari pukul 09.00-18.00, dan tidak ada tiket masuk alias gratis. Setelah mengunjungi museum, teman-teman bisa melanjutkan perjalanan di Otaru dengan mengunjungi Museum Venetian dengan koleksi gelas dan perabotan gelas khas Venice Italia. Selain itu, masih ada juga Museum Bank of Japan, dengan koleksi uang Jepang dari jaman kekaisaran (dengan menggunakan uang perak atau uang logam) hingga sekarang (menggunakan uang kertas).

Di sepanjang jalan Sakaimachi, teman-teman juga bisa menyantap makanan atau berburu oleh-oleh. Jangan lupa untuk melihat keindahan Kanal Otaru dan pemandangan laut Teluk Ishikari di malam hari yang romantis.

Akses ke Museum Kotak Musik Otaru

Dari Sapporo, kita bisa mengambil kereta JR Hakodate Main Line dan turun di Stasiun Minami-Otaru. Ongkosnya sebesar 640 yen dengan waktu perjalanan 28 menit (kereta ekspress) atau 40 menit (kereta lokal). Dari Stasiun Minami Otaru, kita tinggal jalan ke arah barat sekitar 5 menit untuk sampai ke Museum Kotak Musik Otaru yang ada di ujung jalan Sakaimachi.

Teman-teman bisa membeli Sapporo-Otaru Welcome Pass seharga 1.700 yen yang mencakup tiket kereta JR antara Sapporo dan Otaru dan seluruh jalur kereta subway di Sapporo dalam satu hari.

Cheap Hotels near Otaru [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Nest Hotel Sapporo
31 km away
Nest Hotel Sapporo Ekimae
from ¥7958/night
Hotel Sapporo Sun Plaza
29 km away
Hotel Sapporo Sun Plaza
from ¥6510/night
JR Inn Sapporo
31 km away
JR Inn Sapporo
from ¥10292/night
Porte
32 km away
Porte
from ¥7958/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Hokkaido
29 km away
kuil hokkaido
Gunung Moiwa
32 km away
Dek observasi Gunung Moiwa
Stasiun Sapporo
31 km away
Sapporo Station
Gedung Jam Sapporo
31 km away

Sumber gambar: Flickr


Recommended for you


Last modified: October 6, 2016 by

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!