Kanal Otaru

Home / Canal / Kanal Otaru
Item image

Otaru adalah sebuah kota pelabuhan yang terletak di barat laut kota Sapporo. Otaru berbatasan langsung dengan lautan Teluk Ishikari dan menjadi pintu masuk barang-barang produksi dan konsumsi dari utara Hokkaido. Kota pelabuhan Otaru terkenal karena menjadi salah satu produsen ikan herring di Jepang, di mana hampir sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan. Masyarakat yang ramah ditambah pemandangan alam yang indah yaitu bukit dan lautan yang tenang menjadikan Otaru sebagai objek wisata favorit dekat Sapporo. Selain itu, ada banyak bangunan bersejarah dengan arsitektur bagus bergaya Eropa yang masih dipertahankan sampai dengan hari ini.

Otaru paling dikenal karena kanal otaru yang sudah mendunia. Dahulu, kapal-kapal bisa masuk sampai ke tengah kota melalui kanal-kanal ini, untuk kemudian dibawa ke bangunan-bangunan sepanjang kanal yang berfungsi sebagai pergudangan. Dari pergudangan inilah, truk atau kereta api akan mendistribusikannya ke Sapporo dan seluruh penjuru Hokkaido.

Suasana romantis di kanal otaru
Suasana romantis di Kanal Otaru

Sejak tahun 1980-an, kanal ini tidak dipergunakan lagi sebagai lalu lintas kapal. Bangunan pelabuhan dan dermaga yang lebih lebih luas dengan fasilitas yang lengkap sudah dibangun langsung di Teluk Ishikari. Penduduk Otaru kemudian mengubaah wajah kanal ini menjadi objek wisata. Jalan dibangun di kiri kanannya, lengkap dengan toko-toko dan restoran bagi para turis atau penduduk lokal yang ingin sejenak menikmati keindahan kanal. Lokasinya yang hanya sejam dari ibukota Hokkaido yakni kota Sapporo membuat kota Otaru menjadi salah satu kota wisata yang terkenal di Hokkaido.

Kita bisa mencoba Canal Cruise, yakni tour naik kapal menyusuri keindahan Kanal Otaru. Harganya mulai dari 1.500 yen untuk siang hari dan 1.800 yen untuk malam hari (malam hari lebih mahal karena suasananya romantis!). Dermaga keberangkatannya terletak dekat Jembatan Chuo, sekitar 8 menit berjalan kaki dari Stasiun Otaru.

Iluminasi malam hari di kanal otaru
Iluminasi malam hari di Kanal Otaru

Di siang hari, teman-teman bisa berkeliling di toko-toko sambil melihat karya-karya lukisan seniman Otaru. Lukisan bertema kanal Otaru menghiasi setiap halaman depan toko atau restoran, memberikan kita gambaran kejayaan kanal-kanal ini. Siang hari yang cerah, teman-teman juga bisa melanjutkan perjalanan ke pelabuhan otaru dan melihat kesibukan bongkar muat kapal, atau melihat daratan Rusia dari Otaru. Kita juga bisa berkunjung ke Museum Kotak Musik Otaru yang akan mengajak kita bernostalgia.

Sementara di malam hari, lampu-lampu tradisional dinyalakan sepanjang kanal, dan memberikan kesan romantis bagi para pejalan kaki. Santap malam romantis di pinggir kanal adalah kegiatan favorit para turis di Otaru, tentu akan sangat spesial bagi Anda dan pasangan. Khusus pada bulan Februari, hampir bersamaan dengan Festival Salju di Kota Sapporo, diadakan juga iluminasi musim dingin Yukiakarinomichi, di mana seluruh jalan protokol kota Otaru dihias dengan lampu lentera, yang menambah kesan indah dan romantis di musim dingin. Bagi teman-teman yang datang ke Otaru pada musim dingin, jangan lupa untuk berkeliling kota Otaru menikmati pemandangan ini ya.

Akses ke Otaru

Dari Sapporo, kita bisa mengambil kereta JR Hakodate Main Line. Ongkosnya sebesar 640 yen dengan waktu perjalanan 30 menit (kereta ekspress) atau 45 menit (kereta lokal).

Teman-teman bisa membeli Sapporo-Otaru Welcome Pass seharga 1.700 yen yang mencakup tiket kereta JR antara Sapporo dan Otaru dan seluruh jalur kereta subway di Sapporo dalam satu hari.

Cheap Hotels near Otaru [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Sapporo Grand Hotel
32 km away
Sapporo Grand Hotel
from ¥14006/night
Best Western Hotel
31 km away
Best western Hotel Fino Sapporo
from ¥10822/night
Nakamuraya Ryokan
31 km away
Nakamuraya Ryokan
from ¥16632/night
JR Inn Sapporo
31 km away
JR Inn Sapporo
from ¥10292/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Moerenuma Snow Park
35 km away
Bermain di Moerenuma Snow Park
Taman Bir Sapporo
33 km away
Bangunan di dalam Taman Bir Sapporo
Moerenuma Park
35 km away
Panorama Moerenuma Park di Sapporo
Taman Nakajima
33 km away
Lighting up di Taman Nakajima Sapporo

Sumber gambar: Flickr DongKiMith HuangSteFou!


Recommended for you


Last modified: October 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Jessica
2017-02-08 17:28:21
Sangat romantis, recommended kalau sedang ada di Sapporo

Close Comments

Comments (15)

  1. Selamat malam pak nugroho,

    Saya akhir januari ini ke sapporo, hari trakhir sblm sorenya sy terbang ke tokyo, sy ingin jalan2 ke otaru, apakah di otaru ada tempat penitipan koper pak? Krn sy membawa 2 koper besar, dan pinginnya dr otaru lgsg menuju ke airport new chitose. Apakah kereta dr otaru ke airport ada stiap saat pak? Atau di jam2 tertentu?

    Terimakasih,

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Tidak ada penitipan koper yang cukup banyak di Otaru bu. Ibu bisa menitipkan koper di Sapporo Station, nantinya perjalanan dari Otaru ke Shin Chitose Airport juga pasti melewati Sapporo. Kereta menuju ke Shin Chitose Airport dari Otaru Station berangkat setiap 30 menit sekali. Salam

  2. Selamat malam pak nugroho,

    Sy akhir januari ini ke sapporo, hari trakhir sebelum ke airport utk terbang ke tokyo, sy ingin jalan2 ke otaru. Apakah di otaru ada tempat penitipan koper pak? Krn sy membawa 2 koper besar dan pengennya dari otaru lgsg ke new chitose airport. Dan apakah jadwal keretanya ada setiap saat pak? dari otaru ke airport.

    Trimakasih,

  3. selamat pagi pa Nugroho
    Saya rencana akhir oktober mau ke Asahikawa di hokkaido, nginap 2 malam, kira2 itinerary saya seperti apa di asahikawa pak? bisa kasi saran? makasih sebelumnya.

  4. Selamat siang pak, tolong tny. Saya ingin ke cape kamui dr sapporo tp msh blm terlalu mengerti cara kesananya tp sepertinya bisa dijangkau dgn bus chuo. Saya bs naik bis tersebut dimana pak? Dan paling pagi jam brp ad keberangkatan ke cape kamui krn diatas diinfokan jam kembali ke sapporo hanya ad jam 13.43. Dr statiun bis tmp kita berhenti..brp lama jalan kaki menuju cape kamui nya pak? Just in case kita ketinggalan bis yg jam 13.45 itu..ad rekomendasi tmp menginap di sekitar cape kamui pak? Makasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Jarak dari Cape Kamui dan terminal bus Cape Kamui adalah sekitar 600 meter (ini link google maps).
      Kalau ketinggalan bus yang 13.43 ya berarti harus menunggu keberangkatan bus berikutnya, atau naik taksi sampai terminal bus terdekat yang lebih besar.
      Kalau kelewatan dan harus menginap bisa naik taksi ke arah kota Yobetsu, 10-15 menit dengan naik taksi. Salam

  5. Halo selamat siang pak admin, saya mau tanya.
    Kebetulan skrg saya lgi di Cape kamui Hokkaido. Mau tanya jam keberangkatan bus dari Cape Kamui ke sapporo ada jam berapa aja ya? Kalo Bisa jgan dikasih dalam bentuk jdwal dlm huruf Jepang , karena saya bingung.
    Kalau bisa juga agak cepat. Mohon maaf kalo bnyak permintaan dan merepotkan.
    Trima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Dari Cape Kamui busnya hanya ada jam 13.43 dan tiba jam 16.58 di Sapporo Bus Terminal. salam

  6. Hallo selamat sore Pak / Admin info Jepang.
    Saya ingin bertanya mengenai :
    1. Saya berencana dari Cape Kamui akan ke otaru canal , saya harus menaiki apa ya pak? Dan kira kira berapa lama ?

    2. Lalu saya berencana ke kamikawa ice pavilion, setelah saya sampai di kamikawa station , apakah ada bus untuk menuju ke kamikawa ice pavilion? Karena bila jalan kaki cukup jauh bisa sampai 30 menit apakah benar?

    3. Saya ada berencana ke Tomita farm, apakah saya bisa naik kereta lokal menuju ke naka furano station? Lalu dri nakafurano station ke tomita farm saya bisa naik bus atau berjalan kaki? Kira kira berapa lama?

    4. Saya ada rencana dari Hakodate station Menuju ke Hakata station di Kyushu, apakah bisa naik Shinkansen dan selesai dalam waktu 13 jam? Dan apakah berpindah pindah Shinkansen?

    5. Bagaimana cara menuju ke shimanami kaido dari Hiroshima station? Dan berapa lama?

    Terima kasih pak / admin.

    • Nugroho Christian  |  

      1. Silahkan naik bus Chuo yang melayani rute dari Otaru ke Shakotan-Yobetsu (tidak jauh dari Cape Kamui), tapi hanya tersedia pada selain musim dingin. Berikut ini jadwal keberangkatan busnya: bus Chuo Otaru ke Shakotan Kamui
      2. Bisa jalan kaki atau naik taksi pak. Kalau jalan kaki sekitar 2,7 km, atau sekitar 30 menit.
      3. Ya bisa. Bapak bisa naik kereta lokal dari Sapporo Station dengan rute Sapporo-Takikawa-Furano-Nakafurano dengan ongkos 3940 yen dan waktu perjalanan 2 jam 15 menit. Info akses lengkapnya bisa langsung di cek di Tomita Farm Hokkaido. Dari Naka Furano bisa berjalan kaki sekitar 20 menit sampai ke pintu masuk Taman Furano.
      4. Ya bisa. Bapak setidaknya harus berpindah 3 kali. Hakodate-Tokyo dengan Hokkaido Shinkansen, lalu naik Tokaido Shinkansen dari Tokyo-Shin Osaka/Himeji. Lalu berpindah ke Kyushu Shinkansen dari Shin-Osaka/Himeji ke Hakata Fukuoka.
      5. Dari Stasiun Hiroshima, bapak bisa naik Shinkansen Kodama atau kereta lokal sampai Stasiun Onomichi. Dilanjutkan dengan naik bus ke Shimanami Kaido. Total perjalanan sekitar 90 menit jika naik shinkansen atau 150 menit jika dengan kereta lokal.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!