Former Hokkaido Government Office

Home / Attraction / Former Hokkaido Government Office
Item image

Saat jalan-jalan di Sapporo, teman-teman pasti sudah memasukkan Odori Park, Sapporo Factory, kawasan Susukino, Gedung Jam Sapporo, dan Pabrik Shiroikoibito. Namun di kota ini, ada satu bangunan yang sangat ikonik yang harus dikunjungi. Tempat itu adalah Former Hokkaido Government Office atau lebih dikenal sebagai “Akarenga Chosha” (Gedung Bata Merah). Sebagai salah satu bangunan bersejarah yang sangat dicintai oleh penduduk setempat, gedung ikonik ini selalu ramai dikunjungi wisatawan Sapporo. Gedung dengan bata merah ekspos ini mengingatkan saya saat mengunjungi Yokohama Akarenga Soko di kawasan Minatomirai Yokohama. Simak perjalanan saya mengunjungi bangunan yang kini juga menjadi museum sejarah kota Sapporo.

Informasi mengenai Former Hokkaido Government Office

Former Hokkaido Government Office adalah gedung kantor lama pemerintah Prefektur Hokkaido. Setelah dipergunakan lebih dari 80 tahun, operasional pemerintahan akhirnya dipindah ke gedung baru pada akhir tahun 1888 yang berada di bagian belakang gedung lama. Sejak saat itu, bangunan dan taman di sekitarnya berubah fungsi menjadi museum dan ikon wisata.

Satu pemandangan yang paling terkenal adalah saat musim gugur. Kita bisa melihat pohon-pohon ginkgo berbaris rapi di jalan menuju ke bangunan. Pada musim gugur, daun-daun ini akan mengubah warna kuning keemasan yang mempesona, kontras dengan bata merah bangunan. Pemandangan yang luar biasa! Tidak heran, spot ini adalah salah satu spot momiji paling terkenal di Sapporo.

Bangunan ini menggunakan gaya arsitektur Neo-Baroque Amerika yang populer di luar negeri pada waktu itu. Kaca gelap satu sisi, serta pintunya yang berlapis didesain untuk melindungi penghuninya dari hawa dingin Sapporo. Saya sempat berfoto dengan latar belakang gedung ini. Wah, keren deh. Sekitar 2,5 juta batu bata digunakan dalam pembangunan Bekas Gedung Kantor Pemerintah Hokkaido. Yang hebatnya, seluruh bangunan ini tahan api dan sudah teruji saat tahun 1909 saat ada kebakaran yang terjadi. Struktur bangunan tetap kuat, hanya saja bagian interiornya diperbaiki sekaligus memperluas ruangan di dalamnya.

Musim semi di Former Hokkaido Government Office

Musim semi di Former Hokkaido Government Office

Kita bisa masuk ke dalam tanpa perlu membayar tiket masuk alias gratis. Di sini ada banyak pemandu yang akan menjelaskan mengenai sejarah Hokkaido, juga beberapa foto presentasi acara penting atau bangunan di Sapporo yang selesai dibangun.

Area taman di sekitar bangunan juga sayang untuk dilewatkan. Ada sekitar 1.000 spesies dan 1.000 pohon ditanam di halaman depan. Antara lain, pinus merah, ginkgo, Satozakura, tulip, maple Jepang, Hamanasu, Harunire, dan poplar. Pohon harunire disebut Elm dalam bahasa Inggris dan Thixani di Ainu dan merupakan pohon perintis yang tumbuh pertama-tama saat lahan Hokkaido mulai dibuka untuk ditinggali manusia. Seluruh pohon dan bunga-bunga bewarna-warni ini akan mekar bergantian sepanjang tahun, dan memberikan pemandangan yang sangat indah. Pemandangan inilah yang membuat tempat ini tidak pernah sepi dikunjungi oleh para wisatawan.

Keindahan bunga tulip di Former Hokkaido Government Office

Keindahan bunga tulip di Former Hokkaido Government Office

Di seberang jalan, kita juga bisa mengunjungi Akarenga Terrace. Melalui dek observasi di lantai 5, kita bisa melihat pemandangan yang sempurna dari Former Hokkaido Government Office lengkap dengan pepohonan gingko yang berjajar rapi. Nah, kalau di musim dingin, kita bisa melihat objek dari salju yang dibuat oleh masyarakat/ artis dari Sapporo. Misalnya saja patung salju raksasa di bagian depan halaman Former Hokkaido Government Office seperti gambar di bawah ini. Ini bisa jadi tempat foto yang lucu ditambah dengan tulisan We Love Hokkaido!

Musim salju di Former Hokkaido Government Office

Musim salju di Former Hokkaido Government Office

Akses menuju ke Former Hokkaido Government Office

Dari Stasiun Sapporo, kita bisa keluar melalui West Exit, dan jalan sekitar 8 menit menuju ke sini. Selain itu, jika teman-teman dari Odori atau Susukino, bisa naik subway Namboku Line atau Toho Line dan turun di Stasiun Subway Sapporo. Keluar dari Exit No.10, lalu jalan sekitar 5 menit. Lokasinya berada di pusat pertokoan dan hotel-hotel di sebelah selatan Sapporo Station menuju ke arah Odori Station.

Hotel di Sapporo (sponsored by Booking.com)

Pesan sekarang, bayar pas check in!

New Otani Inn Sapporo
1 km away
New Otani Inn Sapporo
from ¥24796/night
Nest Hotel Sapporo
0 km away
Nest Hotel Sapporo Ekimae
from ¥7958/night
Hotel Sunroute Sapporo
1 km away
Hotel Sunroute Sapporo
from ¥9180/night
Cross Hotel Sapporo
0 km away
Cross Hotel Sapporo
from ¥14324/night

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Resort Ski Teine Sapporo
12 km away
bermain ski di resort ski teine di sapporo
Taman Odori
0 km away
Suasana Odori Park Sapporo di siang hari
Sapporo Factory
1 km away
Pusat perbelanjaan Sapporo Factory
Taman Nakajima
2 km away
Lighting up di Taman Nakajima Sapporo

Sumber gambar: Sapporo Tourist Information, Sapporo Tourist Information, Sapporo Tourist Information, Sapporo Tourist Information


Recommended for you


Last modified: May 3, 2020 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!