Gedung Jam Sapporo

Home / Attraction / Gedung Jam Sapporo
Item image

Jika teman-teman berkunjung ke Sapporo, sempatkanlah singgah di gedung ini. Gedung Jam Sapporo atau The Clock Tower sudah ada sejak tahun 1878, lalu tiga tahun kemudian, tahun 1881, dipasanglah jam analog raksasa yang didatangkan dari Boston. Sejak saat itu, gedung dan juga jam raksasa ini dan menjadi ikon kota Sapporo. Selain berada di pusat kota Sapporo yang mudah diakses dari manapun, dekat dengan Taman Odori yang terkenal dengan keanggunan tamannya, gedungnya yang bersejarah dan unik membuat gedung jam Sapporo sering digunakan sebagai tempat pertunjukkan performa musik, tempat seminar, atau resepsi pernikahan. Sehari-harinya gedung adalah museum yang menjelaskan cara kerja jam analog.

Ada begitu banyak gambar tokoh-tokoh yang terlibat dalam penciptaan jam, lalu bagaimana cara kerja jam, lalu upaya meningkatkan ketelitian jam. Kita tidak hanya bisa melihat dan mendengar penjelasan, tapi juga bisa mendengarkan alunan musik-musik merdu, dan juga berfoto di depan megahnya jam kota. Gedung jam Sapporo buka setiap hari kecuali hari libur mulai dari jam 8.45 hingga jam 17.00. Biaya masuknya sangat murah untuk dewasa 200 Yen, sedangkan pelajar SMA ke bawah gratis.

Setelah puas berkeliling, teman-teman bisa berkunjung ke objek wisata lainnya yang dekat, seperti ke Taman Odori (5 menit berjalan kaki) atau ke Nijo Market (15 menit berjalan kaki).

Akses menuju Gedung Jam Sapporo

Dari Stasiun Subway Sapporo, teman-teman bisa naik kereta Sapporo City Subway Nanboku Line sampai Stasiun Odori. Lama perjalanan sekitar 2 menit dengan ongkos 200 yen, dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 5 menit. Buat teman-teman yang mau seklaian jalan-jalan dan melihat bangunan di Sapporo, cukup berjalan kaki  sekitar 10 menit dari Stasiun Sapporo atau 5 menit dari Taman Odori.

Selain itu, bisa juga naik Bus Loop 88 Factory Line dari depan Seibu Departement Store JR Stasiun Sapporo selama kurang lebih 15 menit dengan ongkos 210 yen. Teman-teman juga bisa naik bus ini ke Museum Bir Sapporo, Taman Odori, dan juga Sapporo Factory.

Hotel di Sapporo (sponsored by Booking.com)

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Dormy Inn Premium Otaru
33 km away
Dormy Inn Premium Otaru
from ¥22706/night
Nakamuraya Ryokan
1 km away
Nakamuraya Ryokan
from ¥16632/night
Hotel Route-Inn Sapporo
1 km away
Hotel Route-Inn Sapporo Ekimae
from ¥11900/night
Hotel Nord Otaru
32 km away
Hotel Nord Otaru
from ¥24722/night

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Moerenuma Snow Park
9 km away
Bermain di Moerenuma Snow Park
Pabrik Shiroikoibito
7 km away
Bangunan Pabrik Shiroikoibito
Taman Odori
1 km away
Suasana Odori Park Sapporo di siang hari
Museum Kotak Musik Otaru
31 km away
Tampak luar bangunan Museum Musik Otaru

Sumber gambar: Flickr MIKI Yoshihito


Recommended for you


Last modified: July 16, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (24)

  1. Pak mau tanya, apabila kt membeli JR pass, apakah bisa digunakan untuk transportasi di sapporo? karena rencananya saya mau ke odori park, clock tower dan susukino, mohon bantuan informasinya

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk perjalanan dengan subway ke Odori Park atau Susukino, ongkosnya tidak tercover dengan JR PASS. Salam

  2. Pak rute perjalanan saya dari tokyo ke hokaido 2 hr lanjut ke sapporo 2 hr lanjut ke osaka.. sebaiknya transportasi yg lbh hemat naik apa ya Pak. Apakah rute perjalanannya sdh benar..? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Maksudnya Hokkaido itu kemana ya? Sapporo dan Hokkaido itu dalam 2 hari? Salam

    • Maksud saya ingin menanyakan ke bapak sebaiknya saya naik apa dari tokyo ke hokkaido. Di hokkaido sy ke shiro koibito park. Ramen republik.. susukino distrik.. otaru.. sakaimachi street 1 day tour ke kimyubetsu tulip.. kemudian sy lanjutkan perjalanan saya dari sapporo ke osaka sebaiknya saya naik apa ya pak dari tokyo ke hokkaido dan dari sapporo ke osaka.. transportasi apa yg lbh hemat.sy stay di tokyo 4 hr hokkaido sapporo 4 hr osaka 3 hr. Terima kasih pak..

    • Nugroho Christian  |  

      Ibu bisa naik kereta Hokkaido Shinkansen sampai Stasiun Sapporo (lewat Shin-Hakodate Hokuto) atau dengan pesawat mendarat di Bandara Shin Chitose. Kalau mau ke Osaka, bisa kembali ke Tokyo dengan kereta yang sama, lalu naik kereta Tokaido Shinkansen ke Stasiun Shin-Osaka. Silahkan beli JR Pass saja bu.

    • Nugroho Christian  |  

      Tidak ada bu lidya, rute nya Sapporo – Hakodate (dengan kereta limited ekspress) – Tokyo (hokkaido shinkansen)- Shin-Osaka (tokaido shinkansen). Salam

    • Pagi Pak.. maaf mau tanya lagi.. apakah ada penerbangan dari sapporo ke osaka.terima kasih banyak..

  3. Mohon Infonya pak, Saya akan liburan ke sapporo 25-29, ada recomended tempat wisata di sapporo pak? kebetulan saya mau ke Asahikawa. Mohon infonya transportasi ke sana apakah perlu menginap? berapa lama perjalanan dari saporo ke asahikawa apakah bisa one day trip?

  4. Selamat pagi Pak …Desember ini kami berencana liburan 14 hari di Jepang dengan itu itenerary :
    Day 1 : tiba di narita flight ke mew chitose Sapporo , menuju hotel di kita 24 jo
    Day 2 : main ski di Sapporo kokusai ( rencana membeli paket tiket bus + maen ski seharian 5300 yen )
    Day 3 : Sapporo Clock tower , Sapporo beber museum , format Hokkaido government office
    Day 4 : flight ke Osaka
    Menuju hotel dekat Osaka sih apartemen
    Day 5 : Dotonburi – Osaka castle – Umeda building
    Day 6 : Universal Studio
    Day 7 : Osaka Kyoto
    Fushimi Inari , hutan bambu , arashima
    Day 8 : Gion – Gotemba
    Night bus ke Tokyo
    Day 9 : Hatchiko , Tokyo Tower , Shinjuku
    Day 10 : Mount Fuji ( rencana rental mobil krn kita Berpergian berempat )
    Day 11 : Disney Sea
    Day 12 : Sanrio Puraland Hellokitty
    Day 13 : Kawasaki Museum Doraemon , Shibuya
    Day 14 : flight balik Jkt

    Yang ingin saya tanyakan apakah itinerary saya uda pas ? Dan dgn itinerary spt itu apakah lbh baek menggunakan kartu Icoca saja atau icoca + haruka , dan apakah masi perlu dicombined dgn Osaka Day pass dan Kyoto sightseeing pas ?Dan berapa min top up untuk kartu icoca …thanks ya Pak atas bantuannya
    Saya jg sangat terbantu membaca bahasan di info Jepang dlm menyusun itinerary.
    Thanks Pak

    Day 9 :

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau melihat rute perjalanan Ibu sudah tepat menggunakan Suica/ ICOCA bu. Osaka Day Pass dan Kyoto Sighseeing Pass tidak perlu sebab tidak akan balik modal.
      Minimal top up untuk icoca adalah 500 atau 1000 yen, dan maksimal sampai 10.000 yen. Salam

    • Maaf Pak …nanya lagi …kalo Pasmo card jg sama ya ? Bisa dipakai di hokkaido , osaka , kyoto , tokyo ? Thanks ya pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya, bisa dipakai di seluruh kota di Jepang termasuk Hokkaido, Osaka, Kyoto, dan Tokyo. Salam

  5. salam kak, mau nnya , apa JRPass bisa dipakai untuk ke sapporo (jrpass 7days)? saya rencana dari narita ke osaka-kobe-osaka-kyoto-osaka-tokyo-narita ,apa perlu jrpass? mohon bantuan nya kak .. trims

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Karena ada perjalanan shinkansen PP Osaka-Tokyo, maka JR PASS sudah balik modal.
      Ditambah kalau ada perjalanan ke Sapporo (tercover juga dengan JR PASS), maka JR PASS akan sangat menguntungkan. Salam

    • kak mau tanya juga , jika dari narita – ke sapporo apa tercover jrPass? apakah kakak tau rute2 nya ? dan tempat wisata apa di sapporo ? HayaBusa shinkansen apa tercover JRpass ?

    • Nugroho Christian  |  

      Ya, tercover. kamu bisa naik kereta Narita Express dari Narita ke Stasiun Tokyo, lalu naik kereta Hokkaido shinkansen dari Tokyo sampai Stasiun Hakodate Hokuto, dan kereta limited ekspress dari Hakodate Hokuto sampai Stasiun Sapporo. silahkan baca lengkapnya di info wisata di sapporo.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!