Festival Musim Dingin Asahikawa

Home / Attraction / Festival Musim Dingin Asahikawa
Item image

Festival Musim Dingin Asahikawa atau Asahikawa Fuyu Matsuri adalah festival musim dingin terbesar kedua yang ada di Hokkaido. Tentu festival musim dingin yang paling terkenal adalah Festival Musim Dingin Sapporo dengan lebih dari 2 juta pengunjung. Namun, bukan berarti Festival Musim Dingin di Asahikawa kurang menarik atau kurang megah ketimbang yang ada di Sapporo. Paling, karena perjalanan ke Asahikawa saja yang memerlukan waktu yang lebih lama. Berlokasi persis di kaki Pegunungan Daisetsuzan di tengah-tengah Hokkaido, Asahikawa dianugerahi pemandangan alam pegunungan yang begitu indah, dan tidak dapat ditemukan di tempat lainnya di Jepang.

Informasi tentang Festival Musim Dingin Asahikawa

Festival Musim Dingin Asahikawa tahun 2018 akan diselenggarakan seminggu penuh dari tanggal 7 Februari hingga 12 Februari. Dalam festival ini, kita bisa melihat bangunan dari es dalam skala besar. Seperti replika Benteng Korea, bahkan deretan Pegunungan Daisetsuzan di tahun 2011. Di luar itu, kita juga bisa melihat patung es yang berukuran lebih kecil, seperti orang-orangan salju, air mancur, termasuk lantai dansa dari es. Ditambah dengan sedikit istrumen musik dan pertunjukan tarian dan dansa, makin menambah semarak Festival Musim Dingin Asahikawa.

Para seniman membuat patung es di Festival Musim Dingin Asahikawa

Para seniman membuat patung es di Festival Musim Dingin Asahikawa

Festival ini dilangsungkan di pusat kota Asahikawa, di mana dipusatkan di dekat jembatan Asahibashi dan di Heiwa Dori. Acara pembukaan dan penutupan festival biasanya diadakan di area Asahibashi yang biasanya lengkap dengan penyalaan kembang api di atas sungai. Di area Asahibashi, kita bisa menikmati beragam permainan es, seperti seluncuran es, mengendarai kereta salju, hingga menikmati iluminasi patung-patung es yang keren di malam hari. Selama festival, ada bus shuttle gratis yang akan mengantar kita dari Stasiun Asahikawa sampai ke Asahibashi.

Patung es di Festival Musim Dingin Asahikawa

Patung es di Festival Musim Dingin Asahikawa

Area Heiwa Dori sendiri adalah area di sepanjang jalan yang menghubungkan Stasiun Asahikawa sampai ke area Asahibashi. Di dua hari pertama festival ini, kita bisa melihat para seniman membuat patung-patung es dalam kompetisi yang diadakan bersamaan dengan festival ini. Selanjutnya, patung-patung yang telah selesai ini akan disusun rapi di sepanjang jalan Heiwa Dori lengkap dengan iluminasi yang menawan. Di sore terakhir festival, panitia akan mengumumkan patung es terbaik di mana sang pembuat akan memperoleh sejumlah hadiah. Jangan lupa, kita juga bisa menikmati beragam makanan lokal Asahikawa yang dijual di sepanjang jalan oleh para penduduk lokal.

patung es di sepanjang jalan Asahikawa

Patung es di sepanjang jalan Asahikawa

Untuk menikmati festival ini, Tim Info Jepang menyarankan itinerary satu hari PP dari Sapporo. Teman-teman bisa berangkat pagi hari dari Sapporo ke Asahikawa, lalu mengunjungi Asahiyama Zoo (yang punya event spesial di musim dingin) dilanjutkan dengan Festival Musim Dingin Asahikawa. Malam harinya kita bisa naik kereta kembali ke Sapporo atau jika teman-teman mau menginap di Asahikawa.

Akses ke Asahikawa

Dari Tokyo dengan Pesawat Terbang

JAL dan Air Do adalah maskapai yang melayani  penerbangan domestik dari Bandara Haneda, Tokyo menuju Bandara Asahikawa di Hokkaido. Tarif pesawat JAL sekitar 45.000 yen. Sementara tiket Air Do sekitar 36.000 yen. Namun, tersedia juga harga tiket pesawat murah ke Asahikawa hanya 10.000-15.000 yen. Dari Bandara Asahikawa, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus ke pusat kota Asahikawa. Lama perjalannnya sekitar 35 menit dengan 620 yen.

Dari Tokyo dengan Kereta Api

Perjalanan dengan kereta api dari Tokyo menuju Asahikawa dapat ditempuh sekitar 10 jam. Melalui Stasiun Shin-Hakodate-Hokuto (di Hakodate) dan transfer di Stasiun Sapporo. Harga tiketnya sekitar ¥ 29.000 dengan menggunakan JR Pass.

Dari Sapporo dengan Kereta Api

Dari Stasiun Sapporo, kita bisa naik kereta limited ekspress (Lilac, Okhotsk, Soya, dan Kamui) menuju Asahikawa dapat ditempuh selama 90 menit. Keretanya sendiri tersedia setiap 30 menit hingga 1 jam sekali dengan ongkos 4.290 yen dan tercover dengan JR Pass maupun Hokkaido Pass.

Cheap Hotels in Asahikawa [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Asahikawa Sun Hotel
0 km away
Asahikawa Sun Hotel
from ¥5093/night
Smile Hotel Asahikawa
0 km away
Smile Hotel Asahikawa
from ¥5199/night
Art Hotels Asahikawa
0 km away
Art Hotels Asahikawa
from ¥14854/night
Hotel Route-Inn Asahikawa
0 km away
Hotel Route-Inn Asahikawa Ekimae Ichijodori
from ¥10292/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Maruyama Park
117 km away
Bunga sakura di Taman Maruyama
Cape Tachimachi
262 km away
Panorama laut Tsugaru dari Cape Tachimachi
Sounkyo Onsen
47 km away
Kurodake ke Asahidake
Danau Shikotsu
140 km away
Festival salju di Danau Shikotsu

Sumber gambar: Flickr  ray.k, redlegsfan21, ray.k


Recommended for you


Last modified: February 17, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comment (1)

  1. Selamat Malam Pak Nugroho.. saya rencana akan ke asahikawa tanggal 11 februari 2019 dari sapporo.. jadinya PP seperti yang bapak sarankan.. saya mau tanya bagaimana untuk transportasi dari asahiyama zoo menuju asahibashi winter festival lalu kembali ke asahikawa stationnya? Terima kasih banyak pak

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!