Maruyama Park

Home / Park / Maruyama Park
Item image

Maruyama Park atau Taman Maruyama adalah taman terbesar di Kota Sapporo. Di dalam area taman seluas lebih dari 70 hektar ini, ada ribuan pohon Oak, Maple, Magnolia, dan termasuk tanaman khas Jepang Katsura dan Sakura. Katsura adalah pohon caramel yang hidup di daratan Jepang dan China. Warna bunganya pink, sangat mirip dengan sakura, dan beraroma sangat enak di musim gugur. Masih di area Taman Maruyama ini, teman-teman juga bisa mengunjungi Stadion Baseball Maruyama dan Kuil Hokkaido di sisi utara taman, dan Kebun Binatang Maruyama di sisi timur. Jadi kita bisa mengunjungi banyak objek wisata jika pergi ke taman yang ada di sebelah barat kota Sapporo. Di awal tahun 2016 kemarin Tim Info Jepang berkesempatan mengunjungi Sapporo, dan tentunya juga ke Taman Maruyama.

Taman Maruyama berada di luar kota Sapporo sekitar 3 kilometer dari pusat kota. Sejarah taman ini dimulai saat Kuil Hokkaido selesai dibangun tahun 1871 dan empat tahun berikutnya pemerintah kota Sapporo menanam lebih dari 150 pohon Sakura di sekitar kuil. Kemudian, pohon-pohon lainnya yang berasal dari Gunung Moiwa dan Gunung Teine juga ditanam di area sekitar kuil. Lama-kelamaan pohon-pohon ini tumbuh besar dan menjadi hutan kota, di mana penduduk Sapporo suka menghabiskan sore hari mereka. Di tahun 1908, akhirnya pemerintah meresmikan nama baru bagi taman ini, yakni Taman Maruyama.

Kegiatan di Taman Maruyama

1. Menyaksikan Hanami di Musim Semi

Kini, sudah ada lebih dari 1800 pohon bunga sakura yang tumbuh di wilayah taman. Taman Maruyama merupakan salah satu lokasi di mana kita bisa melihat sakura bermekaran terakhir kalinya setiap tahun. Di pertengahan hingga akhir bulan April, taman ini akan dipenuhi para penduduk kota maupun wisatawan untuk hanami bersama-sama. Di sini diadakan juga yozakura- atau menyaksikan hanami di malam hari. Pohon bunga sakura akan diberikan pencahayaan khusus, sehingga kita bisa merasakan hanami di malam hari dengan view yang berbeda.

2. Menyaksikan momiji di Musim Gugur

Selain terkenal karena hanaminya, di Taman Maruyama kita juga bisa menyaksikan keindahan warna daun yang berubah warna di musim gugur atau istilahnya momiji. Pohon-pohon momiji, Maple, Oak, dan Magnolia akan berubah warna menjadi kuning kemerahan di akhir Oktober. Sungguh pemandangan yang amat indah!

Bunga sakura di Taman Maruyama

Bunga sakura di Taman Maruyama

3. Pergi ke Kuil Hokkaido

Kuil ini di awal pembangunannya dikenal sebagai Sapporo Jinja (Kuil Shinto Sapporo). Namun, di tahun 1964 (pada masa pemerintahan Kaisar Meiji) namanya diubah menjadi Hokkaido Jinja, yang menjadikannya sebagai kuil Shinto terpenting di Pulau Hokkaido. Teman-teman bisa datang ke sini dan melihat bunga-bunga bermekaran. Saat musim panas (tanggal 14-16 Juni setiap tahun), di kuil Hokkaido ini diselenggarakan Sapporo Matsuri. Saat festival ini, para penduduk Sapporo akan berkumpul dan berpawai mengelilingin jalan-jalan kota sambil membawa Mikoshi (tempat di mana Kami atau roh para dewa tinggal).

4. Mengunjungi Kebun Binatang Maruyama

Kebun Binatang Maruyama menempati area seluas 22,5 hektar di sisi barat Taman Maruyama. Menjadi lokasi favorit bagi para penduduk dan wisatawan untuk menghabiskan waktu sambil mengenal perilaku hewan-hewan. Ada lebih dari 700 hewan dari 168 spesies yang hidup di sini, termasuk beruang kutub, singa, dan jerapah. Hanya ada dua Kebun Binatang di Jepang yakni di Asahikawa dan Maruyama, di mana teman-teman bisa melihat perilaku hewan-hewan untuk bertahan hidup di tengah salju dan musim dingin. Jika teman-teman berkunjung sekitar bulan Januari-Februari ke sini, datang ke Kebun Binatang Maruyama untuk melihat tingkah laku singa atau jerapah yang bermain salju atau yang saat mereka kedinginan, pastinya menarik, hehe.

Singa laut di Kebun Binatang Maruyama

Singa laut di Kebun Binatang Maruyama

5. Mengunjungi Stadion Baseball Maruyama

Sejak selesai dibangun tahun 1935, stadion berkapasitas 25.000 tempat duduk ini jadi tempat berlatih anak-anak dan para remaja di Sapporo bermain baseball. Selain itu, di sore hari atau hari libur, para penduduk Sapporo biasanya juga berolah raga di stadion ini.

Akses ke Taman Maruyama

Dari Stasiun Sapporo, teman-teman bisa naik kereta Tozan Subway Line dan turun di Stasiun Maruyama Koen (lama perjalanan 6 menit, dengan ongkos 250 yen). Dari stasiun, teman-teman bisa berjalan kaki 5 menit untuk sampai ke Taman Maruyama.

Cheap Hotels in Sapporo [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Kaiko Sapporo
3 km away
Hotel Kaiko Sapporo
from ¥6366/night
Dormy Inn Premium Otaru
30 km away
Dormy Inn Premium Otaru
from ¥22706/night
Hotel Monterey Sapporo
4 km away
Hotel Monterey Sapporo
from ¥13263/night
Best Western Hotel
4 km away
Best western Hotel Fino Sapporo
from ¥10822/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Pabrik Shiroikoibito
5 km away
Bangunan Pabrik Shiroikoibito
Gedung Jam Sapporo
4 km away
Kanal Otaru
30 km away
kanal otaru
JR Tower Observation Deck
4 km away
Bangunan JR Tower Observation Deck

Sumber gambar: Flickr Gavin AndersonMIKI Yoshihito


Last modified: February 28, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Devi
2016-06-11 08:23:36
Tamannya indah, harus dikunjungi kalau ke Sapporo.

Close Comments

Comments (10)

  1. pak kereta subway di sapporo tercover JR Pass gak yak? selain menggunakan subway apa ada cara lain untuk ke maruyama park (yg bisa di cover JR Pass)? thank

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. ya, suica bisa dipakai di seluruh kota di Jepang termasuk di Hokkaido. Salam

  2. Mau tanya mas, saya punya itinerary sbb:
    Hari pertama tiba di Kansai airport, lalu menginap di Namba, setelah itu mau explore tempat2 wisata di osaka, spt osaka castle, dotonbori, umeda skybuilding.
    Hari kedua dari Namba mau explore Kobe, sorenya kembali ke Namba
    Hari Ketiga paginya menuju kyoto, kemudian ke arashimaya,, tenryuji temple, maruyama park dll. menginap di kyoto
    Hari keempat kiyomizudera temple, kinkaku temple, fushimi inari dan masih menginap di kyoto
    Hari kelima pagi menuju kanazawa.
    yang akan saya tanyakan, selama 4 hari pertama apakah efektif apabila saya menggunakan JR Kansai Pass yang berlaku 4 hari (6500 Yen). Atau ada alternatif lain yang menguntungkan, karena saran teman saya agar membeli ICOCA. Tks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau hanya ke tempat-tempat wisata di pusat kota seperti yang ibu tulis, Kansai Pass malah merugikan.
      Sepertinya ibu cukup menggunakan ICOCA saja.
      Untuk perjalanan hari keempat bisa menggunakan one day bus pass Kyoto. Salam

    • Kalau hari pertamanya saya beli osaka amazing pass nankai expansion apakah lebih irit, tentunya dg memaksimalkan perjalanan ke tempat2 wisata di osaka. Apakah takayama hokuriku pass mengcover perjalanan osaka-kyoto pp. Tks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya Ibu, silakan kalau berencana membeli Osaka Amazing Pass Nankai Expansion.
      Jika dihitung-hitung sudah balik modal, mengingat dengan pass ini tiket masuk ke Osaka Castle dan Umeda Sky Bulding jadi gratis.
      Hanya mungkin akan cukup lelah karena bakalan cukup jauh berjalan kaki.
      Salam

  3. Liburan ke Sapporo harus ke Maruyama Park. Terima kasih untuk Info Jepang buat info-info wisatanya yang keren dan up to date. Sangat membantu saya dan keluarga liburan di Sapporo kemarin.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!