Asahiyama Zoo

Home / Zoo / Asahiyama Zoo
Item image

Kebun Binatang Asahiyama (Asahiyama Dobutsuen) adalah kebun binatang yang sangat populer di Hokkaido. Kebun binatang ini berlokasi di Kota Asahikawa, itulah sebabnya ada beberapa orang menyebutnya sebagai Kebun Binatang Asahikawa. Buat teman-teman yang belum tahu, Asahikawa itu ada di tengah-tengah Hokkaido, persis di sebelah timur laut Pegunungan Daisetsuzan. Setiap tahunnya, ada lebih dari 3 juta pengunjung datang ke sini, padahal di tahun 1995, kebun binatang ini hampir ditutup. Apa yang spesial dari kebun binatang Asahiyama? Simak ulasan Tim Info Jepang berikut!

Mengapa Asahiyama begitu spesial?

Berbeda dengan kebun binatang lain di Jepang di mana para pengunjung melihat hewan-hewan yang dikurung dalam kandang, di Kebun Binatang Asahiyama kita dapat mengamati hewan dengan dekat dan dari berbagai sudut dalam habitat asli hewan-hewan tersebut. Lewat terowongan pipa transparan akuarium atau jembatan di atas kandang kita seakan-akan dibawa untuk hidup, berjalan, atau berenang bersama dengan hewan-hewan itu. Selain itu, ada juga kubah kecil transparan untuk melihat kegiatan beruang kutub atau serigala hitam secara dekat. Kita seakan-akan dibawa “ke dalam” kandang dan dapat menikmati sifat dan perilaku hewan-hewan ini, sungguh pengalaman yang mungkin hanya bisa kita nikmati di Asahiyama.

beruang kutub di asahikawa

Jika kita mengunjungi Asahiyama di musim dingin (sekitar bulan Desember-Maret), jangan lewatkan parade penguin di kebun binatang ini. Penguin-penguin melakukan tour mengelilingi kebun binatang layaknya manusia. Sungguh menggemaskan melihat penguin-penguin ini berbaris dan berjalan di tengah salju sambil berkomunikasi dengan teman-temannya.

Penguin Parade Asahikawa Zoo

Ada banyak hewan yang dapat kita nikmati di sini, di antaranya rusa, elang, bangau, serigala asli Hokkaido yang hampir punah. Selain itu, ada juga beruang kutub, kera dan orang utan, singa, harimau, jaguar, kuda nil, monyet hutan, dan jerapah. Kita dapat mengamati bagaimana hewan-hewan ini secara naluriah dapat bertahan di tengah musim dingin.

Biaya masuk kebun binatang ini tergolong murah, hanya 820 Yen. Harga tiket yang terjangkau membuat kebun binatang Asahiyama menjadi tempat yang amat pas untuk menghabiskan waktu seharian. Ada juga paket tiket tahunan dan anak-anak dibawah usia 15 tahun gratis masuk ke sini.

Lihat keadaan kebun binatang Asahiyama secara live!

kandang penguin [LIVE!]
kandang kaca anjing laut [LIVE!]
kandang beruang kutub [LIVE!]

Waktu terbaik untuk mengunjungi kebun binatang Asahiyama adalah saat musim dingin (Desember-Maret). Kita bisa melihat tingkah laku lucu hewan-hewan tropis yang senang bermain dengan salju. Atau juga bagaimana anjing laut dan berenang di bawah lapisan es layaknya di alam liar.

Akses ke Kebun Binatang Asahiyama

Dengan Pesawat Terbang

JAL dan Air Do adalah maskapai yang melayani  penerbangan domestik dari Bandara Haneda, Tokyo menuju Bandara Asahikawa di Hokkaido. Tarif pesawat JAL sekitar 45.000 yen. Sementara tiket Air Do sekitar 36.000 yen. Namun, tersedia juga harga tiket pesawat murah ke Asahikawa hanya 10.000-15.000 yen. Dari Bandara Asahikawa, kita bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus ke pusat kota Asahikawa (35 menit, 620 yen).

Dengan kereta Dari Tokyo

Perjalanan dengan kereta api dari Tokyo menuju Asahikawa dapat ditempuh sekitar 10 jam. Melalui Stasiun Shin-Hakodate-Hokuto dan transfer di Stasiun Sapporo. Harga tiketnya sekitar 29.110 yen dengan menggunakan Jepang Rail Pass.

Dengan kereta Dari Sapporo

Dari Stasiun Sapporo, kita bisa naik kereta limited ekspress Lilac, Kamui, atau Okhotsk. Lama perjalanannya sekitar 85 menit dengan harga tiketnya sekitar 4.290 yen dan tercover dengan Jepang Rail Pass.

Dengan Bus dari Sapporo

Teman-teman juga bisa naik Chuo Bus dari Sapporo langsung ke Asahikawa Station. Durasi perjalanan adalah sekitar 2 jam, dengan ongkos 2.060 yen dan bisa langsung naik tanpa reservasi. Bus berangkat setiap 30 menit sekali dari jam 06.00-20.30.

Dari Stasiun Asahikawa

Nai bus nomor 41, 42 atau 47 dari Stasiun Asahikawa menuju ke kebun binatang Asahiyama. Sekali perjalanan memakan waktu 40 menit dan biaya 440 yen. Jam keberangkatannya bisa dicek di halaman website berikut.

Dari Pusat Kota Asahikawa

Dari pusat kota, kita dapat menuju ke kebun binatang dengan naik taksi. Tarifnya cukup mahal, sekitar 3.000-4.000 yen. Perjalanan ditempuh sekitar 30 menit. Saran Tim Info Jepang, biaya akan jauh lebih murah jika teman-teman menyewa mobil di Asahikawa atau di Furano.

Dari Furano atau Biei

Untuk dapat sampai ke Asahikawa, naik kereta JR Furano dari Stasiun Furano atau Stasiun Biei ke Asahikawa (70 menit, 1.070 yen). Kereta ada setiap jam. Kemudian, dari stasiun Asahikawa, kita bisa naik bus sampai ke kebun binatang.

Cheap Hotels in Asahikawa [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Route-Inn Asahikawa
10 km away
Hotel Route-Inn Asahikawa Ekimae Ichijodori
from ¥10292/night
Fujita Kanko Washington H
10 km away
Fujita Kanko Washington Hotel Asahikawa
from ¥6048/night
Custom Plaza
10 km away
Custom Plaza
from ¥2971/night
Yado Retro House Ginza As
9 km away
Yado Retro House Ginza Asahikawa
from ¥2850/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Gunung Kurodake
36 km away
pemandangan dari kurodake
Yachigashira Onsen
267 km away
Pemandian air panas indoor Yachigashira Onsen
Jigokudani Noboribetsu
178 km away
Jigokudani Noboberitsu saat musim gugur
Farm Tomita
39 km away
tomita farm

Sumber gambar: Flickr Kazuya IRIE, SteFou!


Recommended for you


Last modified: August 12, 2017 by

Close Comments

Comments (12)

  1. siang pak. dengan JR pass rute tokyo hakodate dengan shinkasnsen apakah pasti mendapat seat ? atau apa ada kemungkinan berdiri di dalam shinkansen.thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Dengan JR Pass, sebaiknya Willy melakukan reservasi kursi terlebih dahulu. Gratis biayanya. Salam.

  2. selamat malam Pak. mau nanya. kalau dari sta sapporo ke sta. asahiyama (menggunakan kereta). dilanjutkan dari sta. asahiyama ke asahiyama zoo menggunakan bus, apakah sudah tercover dengan JR PASS (gratis)? Terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk busnya tidak tercover Rin, sementara untuk keretanya (Lilac, Kamui), tercover dengan JR Pass sepenuhnya.

  3. Chris ..aku Ada jadwal ke Sapporo 4 hari lanjut ke Tokyo 6 hari…transportasi yg pling hemat di Sapporo, Sapporo-Tokyo Dan di Tokyo pakai apa? That

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Untuk transportasi di Sapporo (dalam kota saja) bisa menggunakan kartu Kitaca (sama persis seperti suica/pasmo, namun hanya berbeda nama saja).
      Lalu perjalanan ke Tokyo nya bisa dengan pesawat. Namun kalau di Sapporo ingin jalan-jalan ke luar kota (lihat info wisata Hokkaido), lebih bagus membeli JR PASS, dan kemudian naik shinkansen untuk perjalanan dari Sapporo ke Tokyo (tercover juga oleh JR PASS)/
      Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Dari Sapporo ke Shin Hakodate Hokuto bisa naik kereta JR Ekspress Hokuto selama 3,5 jam dengan ongkos 5.720 yen. Kemudian lanjut JR Hokkaido Shinkansen sampai ke Tokyo selama 4 jam dengan harga tiket 22.690 yen. Salam

  4. Dear pak nugroho,

    Apakah shinkansen tersebut berhenti di stasiun asahikawa? Apakah ada link nya agar saya dapat melihat jadwal kereta tsb?

    Terimakasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Shinkansen dari Tokyo hanya sampai ke Hakodate. Dari Hakodate Station ibu bisa naik kereta sampai Sapporo, lalu lanjut naik kereta ekspress lagi sampai Asahikawa. Ibu bisa mengecek jadwal perjalanan kereta dengan aplikasi Hyperdia. Salam

  5. Selamat siang,

    Saya berencana ke jepang pada bulan maret 2017, dari haneda mau langsung ke hokkaido selama 2 malam dan kembali ke tokyo. Tukuan utamanya adalah asahiyama zoo dan jika memungkinkan bisa main ski juga. untuk tempat menginap yg strategis kira” di daerah mana ya? Kemudian apakah shinkansen tokyo-hokkaido yg baru diresmikan dapat menggunakan JR Pass?

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!