Furano Hokkaido

Home / Nature / Furano Hokkaido
Item image

Furano adalah daerah pegunungan yang letaknya di tengah-tengah pulau Hokkaido, dan dapat ditempuh satu hingga dua jam perjalanan dari kota Sapporo. Daerah ini dikenal karena daerah pedesaan yang indah dan menakjubkan dengan hamparan luas kebun-kebun dengan bunga-bunga beraneka warna. Kebun bunga Furano adalah sebuah area luas di Furano tempat berkumpulnya kebun-kebun bunga. Ada kebun bunga Tomita, Kamifurano, Shikisai-no-Oka (Bukit empat musim), kebun melon Furano, dan masih banyak kebun bunga lain yang tidak kalah luasnya. Pemandangan kebun bunga terhampar luas menyatu dengan birunya langit. Pegunungan di seberang jauh pun tampak hijau dan berpadu indah dengan warna-warni bunga. Kini daerah Furano menjadi daerah produksi sabun dan sampo serta lilin aromaterapi lavender yang terkenal di Jepang. Namun tidak hanya saat musim berbunga saja, di musim dingin, Furano berubah menjadi sebuah resort ski terkenal dengan bukit-bukit terjalnya yang menantang para wisatawan. Simak kisah liburan Tim Info Jepang di Furano Hokkaido yang menyenangkan.

Kegiatan Seru di Furano Hokkaido

1. Mengunjungi kebun-kebun bunga yang menakjubkan

Memandang hamparan bunga lavender di Furano

Memandang hamparan bunga lavender di Furano

Bunga Lavender telah dibudidayakan di Hokkaido selama lebih dari setengah abad. Penduduk daerah ini menikmati masa-masa jaya ketika komoditi bunga Lavender diminati hampir seluruh Jepang di tahun 1950-1960-an. Namun, di awal 1970, harga lavender impor yang jauh lebih murah memukul perekonomian Furano. Permintaan Lavender turun drastis. Penduduk kemudian mengubah fungsi utama kebun bunga lavender dari produk pertanian ke objek wisata. Nama Furano jadi lebih terkenal karena perusahaan kereta JR menggunakan foto kebun bewarna-warni Furano dalam poster promosi Hokkaido, dan pengaruhnya masih ada bahkan hingga saat ini.

Di Furano kita bisa naik kereta gantung atau ropeway untuk melihat pemandangan alam Furano dari atas. Kereta gantung ini biasanya digunakan untuk hiking saat musim panas dan juga mengantarkan para peseluncur ke atas gunung saat musim ski di musim dingin. Dari atas kereta gantung kita bisa melihat dataran tinggi Furano, panorama pegunungan Tokachidake dan juga pegunungan Daisetsusan di kejauhan. Menurut pengalaman Tim Info Jepang, pemandangan momiji dimana daun berubah menjadi kuning dan kemerahan, adalah pemandangan terbaik di Furano. Beberapa informasi penting mengenai kereta gantung di Furano: beroperasi mulai dari jam 8 pagi hingga 4 sore, dengan biaya 1900 yen untuk orang dewasa dan 950 yen untuk anak-anak.

Saat ini, kebun-kebun lavender ini menjadi alasan wisatawan mengunjungi Furano. Musim panas (sekitar akhir Juni-Agustus) adalah waktu terbaik untuk mengunjungi dan menikmati bunga-bunga Lavender bermekaran. Warna hijau dan ungu hamparan bunga Lavender akan membuat kita bisa melupakan sejenak rutinitas yang membosankan dan menikmati pemandangan alam Jepang. Berbeda dengan apa yang kita lihat di kota-kota besar seperti Tokyo dan Osaka. Udara di Hokkaido juga relatif hangat, sehingga mudah dikunjugi oleh para wisatawan Indonesia. Beberapa foto tentang kebun bunganya bisa dilihat disini.

Selain lavender sebagai daya tarik utama, kita juga dapat menikmati bunga-bunga lainnya seperti bunga rape blossom, lupin, lili, salvia, dan cosmos. Kita pasti terhipnotis oleh indahnya hamparan bunga sejauh mata memandang. Kemampuan masyarakat Jepang dalam menciptakan kebun-kebun bunga yang indah yang berpadu suasana pedesaan yang asri membuat Furano tidak boleh terlupa saat mengunjungi Hokkaido, Jepang.

Kamifurano

Kebun bunga di Kamifurano

2. Menikmati pemandangan Kebun Lavender East dan Kamifurano

Hampir seluruh wilayah Furano ditanami oleh bunga-bunga, menjadikan kita seperti lebah kecil di tengah-tengah bunga. Namun, spot terbaik adalah Farm Tomita di mana kebun-kebun lavender berpadu dengan latar belakang pegunungan Tokachi yang terkenal di Hokkaido. Sebuah perpaduan yang begitu indah dan tak terlupakan.

Untuk dapat masuk ke dalam perkebunan Tomita, kita tidak dipungut biaya sama sekali. Selain itu, tersedia juga kafe dan toko yang menjual berbagai produk turunan Lavender.

Di tahun 2008, perkebunan Tomita membuka kebun bunga yang kedua, Lavender East, sekitar empat kilometer dari perkebunan Tomita. Kebun lavender ini menjadi yang terbesar di Furano. Jangan kuatir, di sini juga ada toko-toko suvenir dan kafe. Ada juga Bus Lavender yang akan membawa kita berkeliling di kebun seluas 14 hektar ini.

Selain itu, kita juga bisa mengunjungi perkebunan Kamifurano yang letaknya di perbukitan 3 kilometer dari Tomita Farm (1 jam dengan berjalan kaki). Di sini Anda dapat berkeliling dengan traktor, merasakan pengalaman langsung memotong lavender, dan juga proses ekstraksi bunga lavender.

Kebun bunga lavender di Furano Hokkaido

Kebun bunga lavender di Furano Hokkaido

3. Coba melihat pemandangan kebun bunga dari atas udara

Selain menikmati kebun-kebun bunga dengan berjalan kaki atau traktor, ada lagi atraksi baru di Furano. Kita bisa naik balon udara! Seru pastinya bisa menikmati pemandangan kebun bunga Furano yang berwarna-warni berpadu dengan pepohonan hijau di lereng bukit.  Atraksi naik balon udara ini adalah atraksi terbaru yang disediakan pemerintah setempat untuk meningkatkan kunjungan di Furano. So, kami tunggu teman-teman di atas langit Furano!

Naik balon udara di Furano Hokkaido

Naik balon udara di Furano Hokkaido

4. Jangan lupa Kunjungi Biei

Setelah puas menikmati Furano, jangan lupa mengunjungi Biei. Biei terletak di sisi utara Furano. Untuk mencapai Biei, kita bisa naik kereta Furano-Biei Norokko dengan pemandangan kebun Lavender di kiri dan kanan sepanjang perjalanan. Biei juga dikenal dengan kebun bunga lavendernya dengan kontur yang berbukit-bukit. Buat yang mau coba sensasi lain, bisa mencoba tur Furano-Biei dengan naik sepeda bersama dengan para wisatawan lainnya. Teman-teman bisa mencoba menyewa sepeda di tempat penyewaan sepeda di Furano.

Informasi lebih lanjut mengenai Kebun Bunga di Furano Hokkaido

  1. Furano Tourism (Bahasa Inggris, Bahasa Jepang)
  2. Travel suggestions (Bahasa Inggris, Bahasa Jepang)
  3. Pergi ke Kebun Bunga di Furano Hokkaido
  4. Buat teman-teman muslim yang sedang berkunjung ke

PROMO HOTEL DI FURANO/ SAPPORO HOKKAIDO
(Diupdate otomatis)

Booking.com


Booking.com

Akses Menuju ke Furano

Dengan Pesawat Terbang sampai ke Asahikawa Airport

JAL dan Air Do adalah maskapai yang melayani penerbangan domestik dari Bandara Haneda, Tokyo menuju Bandara Asahikawa, bandara paling dekat Furano. Tarif pesawat JAL sekitar 45.000 Yen. Sementara tiket Air Do sekitar 36.000 Yen. Namun, tersedia tiket murah penerbangan domestik bagi wisatawan asing, bisa di cek di sini.

Dengan kereta sampai ke Sapporo Station

Perjalanan dengan kereta Shinkansen dari Tokyo menuju Furano dapat ditempuh sekitar 10 jam. Melalui Stasiun Shin-Hakodate-Hokuto, sampai ke Sapporo Station, lalu ke Stasiun Furano. Harga tiketnya sekitar 28 ribu Yen dengan menggunakan JR Rail Pass.

Ke Farm Tomita dari Asahikawa

Dari Bandara Asahikawa, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan “Furano Bus” sampai ke halte Naka-Furano (halte terdekat dengan Farm Tomita) dengan ongkos 680 yen dan waktu perjalanan 48 menit. Atau dari Stasiun Asahikawa dengan ongkos 780 yen dan waktu perjalanan 85 menit.

Ke Farm Tomita dari Sapporo Station

Jika naik Chuo Bus (Hokkaido Intercity Bus) dari Sapporo Station sampai ke Terminal Bus Furano dengan ongkos 2.260 Yen dan waktu perjalanan 2 jam setengah. Perjalanan bisa dilanjutkan dengan naik kereta ke arah utara sampai ke Naka Furano Station. Perlu diperhatikan stasiun terdekat sebenarnya adalah Stasiun Lavender Batake Station, namun kereta lokal tidak berhenti di stasiun ini hanya kereta liburan Norokko.

Bisa juga naik kereta lokal dari Sapporo Station dengan rute Sapporo-Takikawa-Furano-Nakafurano dengan ongkos 3.940 yen dan waktu perjalanan 2 jam 15 menit. Atau dengan kereta ekspress “Super Kamui” dengan rute memutar ke Asahikawa Station dengan ongkos 5.470 yen dan waktu perjalanan 2 jam 30 menit.

Cheap Hotels in Furano [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Sunfuraton
0 km away
from ¥10800/night
Cottage Yuyu
4 km away
from ¥10584/night
Hotel Edel Warme
2 km away
from ¥11760/night
Pension Young House
3 km away
from ¥10000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kanal Otaru
114 km away
kanal otaru
Museum Kotak Musik Otaru
113 km away
Tampak luar bangunan Museum Musik Otaru
Gedung Jam Sapporo
90 km away
Nijo Market
90 km away
Suasana pasar makanan laut Nijo Market

Sumber gambar: Flickr Alvin Lukito, Alvin Lukito, haniel francesca, hokkaido-labo


Recommended for you


Last modified: May 20, 2018 by

Close Comments

Comments (33)

  1. Pagi pak Nugroho. Mau bertanya menuju ke Shikotsuko hot spring dari Minami Chitose station lewat bus limousine new chitose airport tercover dengan JR tidak? Atau ada transport lain yang tercover JR?
    Thank you pak.

    • Nugroho Christian  |  

      TIdak bu Irene, busnya tidak tercover dengan JR Pass. Ibu bisa naik bus selama kurang lebih 1 jam dengan ongkos 1.030 yen. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Garen
2016-04-14 11:46:48
Kebun bunganya indah!
Fritz
2016-03-28 11:12:29
Furano di Hokkaido recommended, jangan hanya ke Sapporo saja. Taman-tamannya indah dan suasana desanya gak bakal terlupa

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!