Taman Nakajima

Home / Attraction / Taman Nakajima
Item image

Siapa yang tidak kenal Sapporo? Ibukota Prefektur Hokkaido di utara Jepang ini selalu masuk ke dalam destinasi favorit wisatawan dunia di Jepang. Gabungan kota modern, udara yang relatif sejuk sepanjang tahun, dengan suasana alam yang masih kental ada ciri khas Sapporo. Bisa dibilang penduduk Sapporo adalah pecinta taman. Hampir setiap sore, para penduduk menghabiskan waktu, entah dengan bermain bersama anak-anak, berolahraga senam atau lari, atau sekadar duduk santai menikmati pemandangan. Tidak heran, ada banyak taman-taman kota yang dibangun di Sapporo. Ada Taman Maruyama di sisi barat, Taman Moerenuma di sisi timur, dan Taman Odori di pusat kota dekat Stasiun Sapporo. Satu lagi nih taman indah yang ada di Sapporo, Taman Nakajima atau Nakajima Koen.

Kalau teman-teman pernah mengunjungi Susukino di Sapporo, pasti pernah melihat area taman luas di sisi selatannya. Itulah Taman Nakajima. Taman ini dibangun tahun 1874 sebagai tempat penampungan kayu sementara yang diambil dari sekitar Gunung Teine dan Gunung Moiwa. Kemudian, di tahun 1957, area ini diubah menjadi taman kota dan dibuka untuk umum.

Baca juga: Panduan Wisata Terlengkap di Sapporo

Kegiatan Seru di Taman Nakajima

1. Berkeliling Nakajima

Taman Nakajima punya luas 21 hektar dengan bentuk lonjong mirip telur yang membentang dari utara ke selatan. Ada lebih dari 5.000 pohon beraneka jenis yang tumbuh di area taman ini, mulai dari pohon bunga sakura, gingko dan elm, Japanese spruce (sejenis pinus yang banyak tumbuh di Jepang), dan pohon akasia. Pohon-pohon ini tumbuh rapi mengelilingi kolam Shobu yang ada di tengah-tengah taman. Saat sedang musim hanami atau musim gugur, pantulan pemandangan pepohonan sakura, gingko, dan elm akan terpantul sempurna di permukaan kolam. Sungguh indah. Tersedia juga penyewaan perahu bagi kita yang ingin menyusuri keindahan kolam Shobu ini dengan lebih dekat. Masih ada juga sungai Kamokamo dengan airnya yang begitu jernih, di mana anak-anak sangat suka bermain air atau berenang di tepian sungai.

Lighting up di Taman Nakajima Sapporo

Lighting up di Taman Nakajima Sapporo

Saat musim dingin, kawasan kolam Shobu dan Taman Nakajima berubah menjadi kawasan resort ski di Sapporo, khususnya bagi para pemula. Kalau di Resort Ski Gunung Teine trek ski-nya cukup menantang dan tidak diperuntukkan untuk pemula, di Taman Nakajima, kita bisa “belajar” bermain ski. Tenang, tersedia kios-kios yang menyediakan perlengkapan ski seperti sepatu, pelindung kaki, hingga sarung tangan juga kok baik yang berbayar atau bahkan ada yang gratis! Jadi, kita tidak perlu repot-repot membawa perlengkapan untuk mencoba olahraga musim dingin ini.

2. Melihat bangunan Hasso-an dan hoheikan

Selain menikmati keindahan taman dengan berjalan kaki atau berolahraga, kita juga bisa melihat bangunan Hasso-an-yang sering digunakan untuk upacara minum teh. Bangunan yang mulai dipergunakan sejak tahun 1963 ini, kini masuk sebagai bangunan sejarah penting Hokkaido.

Masih di area taman, masih ada bangunan sejarah penting lainnya, yakni Hoheikan. Hoheikan ini adalah area hotel dan penginapan pertama yang ada di Sapporo. Hoheikan selesai dibangun tahun 1880 dengan interior tradisional rumah Jepang. Meskipun tidak menginap di sini, kita diperbolehkan untuk masuk ke area lobby dan melihat-lihat Hoheikan juga kok.

3. Berkunjung ke bangunan Konser Hall Sapporo yang megah

Masih dalam kawasan Taman Nakajima, kita bisa berkunjung ke tempat konser Kitara. Dengan kapasitas 2000 tempat duduk, tempat konser ini menjadi yang terbesar di Pulau Hokkaido. Mayoritas konser musik, khususnya konser musik klasik diadakan di Kitara. Di sini ada juga beberapa restoran untuk tempat makan siang sambil menikmati keindahan pemandangan taman.

Hall Konser Kitara di Taman Nakajima Sapporo

Hall Konser Kitara di Taman Nakajima Sapporo

4. Melihat keindahan bintang di Observatorium Sapporo

Sebagai penutup di malam hari, saya berkesempatan mengunjungi observatorium Sapporo. Area ini dibuka gratis untuk publik sebagai atraksi malam hari. Karena berada di sisi utara, area Sapporo bisa melihat planet maupun konstelasi bintang-bintang. Buat teman-teman yang penasaran atau ingin melihat keindahan angkasa luar, pas banget buat mengunjungi tempat ini. Ada beberapa atraksi menarik loh setiap musimnya, seperti melihat planet Jupiter dan satelit-satelitnya di musim semi, Saturnus dengan cincinnya di musim panas, lalu Venus dan bulan di musim gugur lengkap dengan konstelasi bintang Andromeda yang terkenal. Di musim dingin (yang menurut petugas adalah waktu terbaik menikmati pemandangan bintang-bintang), kita bisa melihat sabuk orion, nebula, dan bentuk-bentuk bintang dalam astronomi.

5. Makan Genghis Khan Lamb di Kirin Beer Garden

Restoran Kirin Beer Garden di Sapporo terkenal dengan daging domba Genghis Khan nya yang begitu lezat. Setelah puas berjalan-jalan menikmati keindahan Taman Nakajima, jangan lewatkan pengalaman tak tergantikan menikmati menu favorit hampir seluruh wisatawan Eropa dan Amerika yang berkunjung ke Sapporo. Dengan desain restoran yang mewah, nyaman, dan hangat dengan interior kayu, dijamin makan malam bersama dengan pasangan atau keluarga di sini akan terasa menyenangkan. Menu andalan yang Tim Info Jepang sarankan tentu daging domba Genghis Khan dan juga King Crab dari perairan Hokkaido. Restoran ini biasanya selalu penuh dengan pengunjung, sehingga kami sarankan teman-teman untuk melakukan reservasi secara online terlebih dahulu supaya tidak perlu mengantri.

Booking Kursi untuk Makan
Genghis Khan Lamb

Akses ke Taman Nakajima

Dari Stasiun subway Sapporo, kita bisa naik kereta subway Namboku Line dan turun di Stasiun Nakajimakoen. Lama perjalanan sekitar 5 menit dengan ongkos 200 yen. Dari Stasiun Nakajimakoen, kita lanjut jalan kaki selama 5 menit sampai ke pintu masuk Taman Nakajima.

Baca juga: Akses ke Sapporo di Hokkaido

Cheap Hotels in Sapporo [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Keio Plaza Hotel
3 km away
Keio Plaza Hotel Sapporo
from ¥14006/night
Hotel Hamilton Sapporo
2 km away
Hotel Hamilton Sapporo
from ¥7427/night
JR Inn Sapporo
3 km away
JR Inn Sapporo
from ¥10292/night
Hotel Sonia
33 km away
Hotel Sonia
from ¥20584/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Hokkaido
4 km away
kuil hokkaido
Kebun Binatang Maruyama
4 km away
Beruang kutub di Kebun Binatang Maruyama
Resort Ski Teine Sapporo
13 km away
bermain ski di resort ski teine di sapporo
Taman Nakajima
0 km away
Keindahan musim gugur di Taman Nakajima Sapporo

Sumber gambar: Flickr MIKI Yoshihito, Takuya Yoshimura, Hideo


Recommended for you


Last modified: November 8, 2017 by

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!