Farm Tomita

Home / Park / Farm Tomita
Item image

Kalau teman-teman ingin berkunjung ke Jepang dan merasakan alam terbuka dengan hamparan pemandangan yang menawan, maka Farm Tomita adalah tujuan yang tepat. Selain aksesnya yang gampang dari Shin-Chitose Airport di Sapporo atau Asahikawa Airport, Farm Tomita juga menawarkan tiket-tiket bus dan kereta api dengan harga sangat terjangkau. Jadi tidak sulit jika ingin berwisata ke Hokkaido dan mengunjungi Farm Tomita. Hampir seluruh wilayah di Furano ditanami oleh bunga-bunga, menjadikan Anda seperti lebah kecil di tengah-tengah bunga. Namun, spot terbaik adalah Farm Tomita di mana kebun-kebun lavender berpadu dengan latar belakang pegunungan Tokachi yang terkenal di Hokkaido. Sebuah perpaduan yang begitu indah dan tak terlupakan.

Farm Tomita sendiri adalah gabungan beberapa kebun bunga di bagian tengah Hokkaido. Karena di Jepang ada 4 musim, maka bunga-bunga yang bermekaran pun beraneka ragam menurut musimnya. Teman-teman bisa menyaksikan keindahan bunga sakura di musim semi, bunga lavender dan tulip di musim panas, dan bunga kosmos di musim gugur. Di musim dingin, bunga-bunga tidak tumbuh sebab salju tebal menutupi seluruh permukaan tanah hingga setinggi lutut. Jadi saran saya, jika ingin pergi ke Hokkaido dan mengunjungi Farm Tomita, sebaiknya di antara bulan Mei sampai Oktober. Selain bunga-bunga yang bermekaran, suhu udara pun relatif hangat. Jadi kita bisa melakukan aktivitas lainnya, seperti mengunjungi peternakan sapi, melihat proses pembuatan keju khas Hokkaido, melihat proses pembuatan parfum dari bunga Lavender, dan sederetan aktivitas lainnya.

Di tahun 2008, perkebunan Tomita membuka kebun bunga yang kedua, Lavender East, sekitar empat kilometer dari perkebunan Tomita. Kebun lavender ini menjadi yang terbesar di Furano. Jangan kuatir, di sini juga ada toko-toko suvenir dan kafe. Ada juga Bus Lavender yang akan membawa Anda berkeliling di kebun seluas 14 hektar ini.

Pada minggu pertama bulan Agustus (sekitar tanggal 5-7 Agustus) selalu diadakan proses pemanenan bunga lavender, jadi sebaiknya teman-teman datang di akhir bulan Juli hingga awal bulan Agustus supaya masih bisa melihat keindahan bunga lavender yang berwarna ungu.

Untuk dapat masuk ke dalam perkebunan Tomita, Anda tidak dipungut biaya sama sekali. Selain itu, tersedia juga kafe dan toko yang menjual berbagai oleh-oleh. Kita bisa membeli teh aroma lavender, lilin aroma lavender atau kosmos, dan pernak-pernik khas yang hanya ada di Farm Tomita. Jangan lupa nikmati makan siang steak daging Hokkaido yang gurih dengan pemandangan kebun bunga di depan mata.

Tips Pergi ke Tomita Farm

  1. Ikuti petunjuk atau peta cara berjalan (walking trip) yang ada di tiap stasiun di Hokkaido. Orang Jepang telah menyusun walking trips sedemikian rupa sehingga mudahkan kita bepergian dan mengunjungi Farm Tomita tanpa kelelahan dan kelaparan.
  2. Di stasiun, ada Pusat Informasi Turis dengan staf yang bisa berbahasa Inggris. Jangan sungkan-sungkan bertanya.
  3. Kenakan pakaian sesuai musim. Pada musim semi dan gugur, bawa jaket kalau suhu mulai dingin. Saat musim panas, kenakan topi dan baju lengan pendek saja. Satu lagi, gunakan sepatu kets yang nyaman untuk bisa berjalan kaki mengelilingi kebun bunga.
  4. Beli tiket terusan JR Hokkaido. Dengan membeli tiket ini, perjalanan akan jauh lebih murah dan kita bisa mengunjungi banyak tempat.
  5. Buat teman-teman yang beragama muslim dan ingin sholat atau beribadah sejenak saat berwisata ke Farm Tomita, bisa menggunakan area lantai 2 di Hanabito House di perkebunan Tomita. Info lengkap lokasinya bisa dilihat di halaman berikut ini: Hanabito House.
Farm Tomita di Furano Hokkaido

Farm Tomita di Furano Hokkaido

Mumpung lagi di Tomita, jangan lupa untuk ke Tomita Melon House untuk melihat Yubari King Melon. Buat teman-teman yang belum tahu, Yubari King Melon ini sangat terkenal karena buahnya yang manis dan lezat. Tomita Melon House ini dibuka untuk publik selama musim panas saja (dari awal Juni sampai akhir September).

PROMO HOTEL DI FURANO/ SAPPORO HOKKAIDO
(Diupdate otomatis)

Booking.com


Booking.com

Akses Menuju ke Farm Tomita

DENGAN PESAWAT TERBANG SAMPAI KE ASAHIKAWA AIRPORT

JAL dan Air Do adalah maskapai yang melayani penerbangan domestik dari Bandara Haneda, Tokyo menuju Bandara Asahikawa, bandara paling dekat Furano. Tarif pesawat JAL sekitar 45.000 Yen. Sementara tiket Air Do sekitar 36.000 Yen. Namun, tersedia tiket murah penerbangan domestik bagi wisatawan asing, bisa di cek di sini.

DENGAN KERETA SAMPAI KE SAPPORO STATION

Perjalanan dengan kereta Shinkansen dari Tokyo menuju Furano dapat ditempuh sekitar 10 jam. Melalui Stasiun Shin-Hakodate-Hokuto, sampai ke Sapporo Station. Harga tiketnya sekitar 28 ribu Yen dengan menggunakan tiket terusan kereta.

KE FARM TOMITA DARI ASAHIKAWA

Dari Bandara Asahikawa, teman-teman dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan “Furano Bus” sampai ke halte Naka-Furano (halte terdekat dengan Farm Tomita) dengan ongkos 680 yen dan waktu perjalanan 48 menit. Atau dari Stasiun Asahikawa dengan ongkos 780 yen dan waktu perjalanan 85 menit.

KE FARM TOMITA DARI SAPPORO STATION

Jika naik Chuo Bus dari Sapporo Station sampai ke Terminal Bus Furano dengan ongkos 2.260 Yen dan waktu perjalanan 2 jam setengah. Perjalanan bisa dilanjutkan dengan naik kereta ke arah utara sampai ke Naka Furano Station. Perlu diperhatikan stasiun terdekat sebenarnya adalah Stasiun Lavender Batake Station, namun kereta lokal tidak berhenti di stasiun ini hanya kereta liburan Norokko. Dari Naka Furano bisa berjalan kaki sekitar 20 menit sampai ke pintu masuk Taman Furano.

Kemudian stasiun Lavender Batake adalah stasiun khusus untuk kereta wisata Torokko, kereta lokal JR tidak berhenti di stasiun ini. Adapun jadwal kereta wisata torokko adalah:

  1. Sabtu, Minggu antara 11 Juni 2016 – 19 Juni 2016
  2. Setiap hari antara 25 Juni sampai 21 Agustus 2016
  3. Sabtu, Minggu antara 27 Agustus 2016 – 25 September 2016

Bisa juga naik kereta lokal dari Sapporo Station dengan rute Sapporo-Takikawa-Furano-Nakafurano dengan ongkos 3940 yen dan waktu perjalanan 2 jam 15 menit. Atau dengan kereta ekspress “Super Kamui” dengan rute memutar ke Asahikawa Station dengan ongkos 5470 yen dan waktu perjalanan 2 jam 30 menit.

Peta Sekitar Farm Tomita di Hokkaido

Informasi Lebih Lanjut

  1. Petunjuk fasilitas kegiatan memerah sapi, berkunjung ke peternakan, dan lainnya (English)
  2. Kafe dan Restoran di sekitar Tomita Farm (English)
  3. Walk in the Garden (English)
  4. Cara Pergi ke Tomita Farm dari Shin-Chitose Airport Hokkaido

Cheap Hotels in Furano [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Pension Young House
10 km away
from ¥10000/night
Hotel Naturwald Furano
10 km away
from ¥9000/night
New Furano Hotel
10 km away
from ¥9180/night
Minshuku Mutsukari
9 km away
from ¥4900/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Resort Ski Teine Sapporo
106 km away
bermain ski di resort ski teine di sapporo
Sapporo Factory
95 km away
Pusat perbelanjaan Sapporo Factory
Jozankei Onsen
114 km away
Keindahan Tebing Jozankei Onsen
Taman Nakajima
96 km away
Lighting up di Taman Nakajima Sapporo

Sumber Gambar : Flickr wootton_AC,  Nakae


Recommended for you


Last modified: February 25, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Reza
2016-05-28 05:33:16
Bagus bgt tomita farm! Bunga2 bermekaran di musim panas!

Close Comments

Comments (18)

  1. Selamat malam Pak. untuk ke furano – kamifurano – tomita farm dari sapporo sta dengan menggunakan JR PASS,

    1. apakah benar transportasi ke sana sudah tercover semua oleh JR PASS? (Lilac Kamui, Nemuro Line, hakodate line, furano line,super kamui)

    2. apakah ada jam terakhir kereta dari furano / kamifurano ke sapporo sta? kalau ada, jam berapa y?

    3. untuk bus seperti chuo bus, asahikawa limousine bus, apakah tercover juga dengan JR pass?

    mohon info dan sarannya Pak. Terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ongkos perjalanan ke furano – kamifurano – tomita farm tercover dengan JR PASS. Kereta terakhir dari Furano menuju ke Sapporo adalah pukul 20.38.
      Chuo bus, Asahikawa limousine bus bukan JR Bus, tidak tercover dengan JR PASS. Salam

  2. selamat siang pak. saya agak bingung untuk ke furano dan tomita farm ini. saya dari sapporo station mau ke furano dan tomita farm menggunakan JR pass dengan rute :

    (by JR lilac kamui ) tercover JR pass
    1. sapporo sta – iwamizawa sta – bibai sta – sunagawa sta – takikawa sta

    (by JR Nemuro Line) tercover JR pass
    2. takikawa sta – akabira sta – moshiri sta – ashibetsu sta – kami ashibetsu sta – nokanan sta – furano sta

    pertanyaan :

    1. apakah benar rute yang saya gunakan dan semua rute tersebut tercover dengan JR pass?

    2. dari furano sta apakah sebaiknya saya langsung melanjutkan ke naka furano sta apabila ingin langsung ke tomita farm?

    (by JR Furano Line… furano sta – gakuden sta – shikauchi sta – naka furano sta (tercover JR Pass))
    apakah itu ruteny sudah benar?

    3. lalu jalan kaki 20 menit dari naka furano sta ke tomita farm. apakah benar seperti itu?

    mohon info dan sarannya Pak. Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ya bu, ongkosnya tercover dengan JR PASS. Stasiun terdekat ke Furano adalah Naka Furano atau Lavender Farm (hanya dibuka saat musim bunga). Rutenya sudah benar. Ya betul bu, jalan kaki 20 menit itu dari Naka Furano menuju ke Tomita Farm sekitar 1,7 kilometer. Salam

    • Apabila awal bulan juni 2019 (bulan 6)… itu termasuk musim bunga pak?

      Kalau tidak termasuk musim bunga.. saya harus lewat rute apa y?

      Mohon info dan sarannya pak. Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Rutenya sama. Hanya kalau musim bunga ibu bisa turun satu stasiun sebelah Naka Furano yakni Levender Farm yang jaraknya lebih dekat daripada dari Naka Furano Station. Kereta Norokko Train ke Lavender Farm, tahun ini hanya beroperasi pada hari sabtu dan minggu di bulan Juni, 23 Juni-19 Agustus, dan Sabtu Minggu di akhir Agustus dan bulan September. Salam

  3. Saya ada plan liburan ke Hokkaido tahun 2018 pas liburan lebaran (14-20 Juni 2018) apakah disaat itu bunga2 sdh bermekaran ?. Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Tahun ini pengalaman kami bunga-bunga di Tomita (terutama bunga Lavender) mekar dari awal Juli. Jika asumsinya sama, mungkin tahun depan sekitaran 14-20 juni, bunga belum mekar sempurna Yogi. Salam.

  4. dear pak Nugroho.
    Saya ada rencana bulan 15 Juni 2017 mua ke Jepang.
    Mohon petunjuk daerah yang sejuk sejuk , tidak terlalu panas.

    Trims
    Linna

  5. Selamat sore pa Nugroho, kalau dari stasiun Naka Furano ke Farm Tomita apakah bisa naik bus? Kalau Lavender Batake stasiun tdk beroperasi? Thx ya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat sore Pak. Tidak ada bus yang menghubungkan Naka Furano ke Lavender Batake Station atau Farm Tomita.
      Kemudian stasiun Lavender Batake adalah stasiun khusus untuk kereta wisata Torokko, kereta lokal JR tidak berhenti di stasiun ini.
      Adapun jadwal kereta wisata torokko adalah
      Sabtu, Minggu antara 11 Juni 2016 – 19 Juni 2016
      Setiap hari antara 25 Juni sampai 21 Agustus 2016
      Sabtu, Minggu antara 27 Agustus 2016 – 25 September 2016
      Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak Daniel. Bisa berjalan kaki sekitar 20 menit dari Stasiun Naka Furano sampai ke pintu masuk Farm Tomita.
      Salam

    • Dear Admin Info Jepang
      Saya kalau mau ke Tomita Farm naik kereta JR Limited Express Super Kamui 3, bisa tdk saya turun di stasiun Naka Furano atau saya harus turun di stasiun Furano, soalnya saya lihat kereta JR Furano Line for Furano dari Asahikawa tdk berhenti di Naka Furano kalau saya searching di Hyperdia. thx sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Kereta ekspress Super Kamui hanya menghubungkan Sapporo Station sampai Asahikawa Station.
      Dari Asahikawa Station bapak harus naik kereta lokal Furano line sampai ke Naka Furano. Salam

    • Dear Adm Info Jepang,
      Berarti kereta lokal JR Furano Line bisa berhenti di stasiun Naka Furano ya?
      Kalau saya naik kereta Limited Express Super Kamui & Kereta Lokal Furano Line dari Sapporo ke Furano pp, apakah bisa free dgn menggunakan JR Pass ?
      Thx.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Ya betul Pak, dari awal kan sudah kami sampaikan.
      Seluruh ongkos kereta limited ekspress Super Kamui & Kereta Lokal Furano Line dari Sapporo ke Naka-Furano PP semuanya tercover oleh JR Pass.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!