Musim Panas di Hokkaido Jepang

You are here Home  > Musim di Jepang, Wisata Jepang >  Musim Panas di Hokkaido Jepang

Musim panas sudah mulai datang di awal Juni ini di Jepang. Inilah musim yang paling saya tunggu selama 6 tahun terakhir tinggal di Jepang, juga ditunggu-tunggu oleh orang Jepang sendiri. Sebab, ada liburan panjang bagi anak sekolah dan liburan obon sekitar seminggu penuh bagi para pekerja (seperti Golden Week di awal Mei). Di musim panas, kita bisa pergi ke pantai, menikmati barbeque bersama keluarga dan teman, melihat hanabi (festival kembang api) yang indah, atau bergabung dalam festival musim panas di Jepang. Suhu udara sekitar 26-35 derajat di daerah Tokyo, Kyoto, dan Osaka, sama seperti di Jakarta, Indonesia. Itulah mengapa mengunjungi Jepang di musim panas adalah pilihan terbaik bagi teman-teman yang ingin membawa anak-anak liburan atau yang tidak ingin terlalu repot mempersiapkan pakaian. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati musim panas di Jepang adalah di Hokkaido. Di prefektur dengan wilayah terbesar di Jepang ini, kita bisa menikmati bunga-bunga yang bermekaran indah sekaligus merasakan suasana alam Jepang berupa kebun bunga dan bukit-bukit yang asri.

Waktu terbaik untuk mengunjungi dan menikmati musim panas di Hokkaido adalah akhir Juni sampai pertengahan Juli. Kalau di awal Juni, biasanya masih turun hujan yang menandakan peralihan musim dari musim semi ke musim gugur. Selain itu, di awal Bulan Juli, beragam bunga-bunga mulai bermekaran dan bisa kita nikmati.

Itinerary Musim Panas di Hokkaido Jepang

1. Sapporo

Sebagai ibukota sekaligus kota terbesar di Hokkaido, Sapporo tidak mungkin kita lewatkan dalam liburan musim panas di Hokkaido Jepang. Setibanya di Bandara Shin-Chitose kita bisa langsung menuju pusat kota Sapporo dengan menggunakan bus. Di Sapporo, kita bisa melihat keindahan ribuan bunga lili warna-warni yang bermekaran berpadu dengan pepohonan hijau lebat di Taman Odori dan Taman Moerenuma.

Keindahan Taman Odori di Sapporo Hokkaido

Dengan perjalanan kira-kira 1,5 jam dari Sapporo, Kebun Bunga Matahari Himawari no Sato di Hokuryu juga harus masuk ke objek wisata musim panas di Hokkaido. Di sini, lebih dari 1,5 juta pohon bunga matahari akan mekar bersamaan di area taman ini  Kita bisa menikmati pemandangan kebun bunga matahari dari atas bukit atau sambil berkeliling menggunakan sepeda.

Kebun bunga matahari Himawari no Sato

2. Furano

Setelah puas berkeliling dan menikmati kota Sapporo, kita bisa naik kereta ekspres Asahikawa menuju Furano. Furano dikenal dunia oleh karena kebun bunga lavendernya. Sekitar bulan Juni sampai Juli, kita bisa menikmati pemandangan hamparan bunga lavender ungu hamparan bunga Lavender akan membuat Anda terkagum-kagum dan tidak percaya (saya pribadi amazed melihat keindahan kebun bunga di Furano).

Memandang hamparan bunga lavender di Furano

Selain kebun bunga lavender, kita juga bisa melihat bunga-bunga lainnya seperti bunga rape blossom, lupin, lili, salvia, dan cosmos yang juga mekar. Sejauh mata memandang, kita hanya akan melihat kebun bunga beraneka warna berpadu dengan suasana kota yang asri. Oiya, salah satu tempat terbaik untuk melihat kebun bunga di Furano adalah Tomita Farm. Letaknya di bagian utara Furano. Di sini, kita bisa menikmati pemandangan kebun bunga lavender dan cosmos gratis.

Panorama Farm Tomita di Furano Hokkaido

Artikel terkait wisata ke Hokkaido (selengkapnya)

Taman Odori di Sapporo

Itinerary Liburan di Sapporo: rute utama mengelilingi tempat-tempat wisata terkenal di kota Sapporo: Taman Maruyam, Kuil Hokkaido, Gunung Moiwa, Taman Odori, Gedung Sapporo Clock yang bersejarah.

Festival Musim Dingin di Hokkaido Festival Salju Sapporo

Musim dingin telah dimulai di Hokkaido, pulau di sebelah utara Jepang. Tim Infojepang sudah merangkum festival-festival musim dingin seru beserta dengan pemandangan dan aksesnya lengkap.

Sapporo Matsuri

Saat musim panas (tanggal 14-16 Juni setiap tahun), Kuil Hokkaido akan menjadi pusat penyelenggaraan Sapporo Matsuri atau Festival Sapporo.

Istana Osaka di Festival musim salju Sapporo

Salah satu festival musim dingin terbesar di Jepang adalah festival salju Sapporo, yang berlangsung selama 7 hari di Tsudome, Susukino, dan Odori Park di pusat kota Sapporo, Hokkaido Jepang. Tiap tahunnya lebih dari 2 juta orang datang ke festival ini.

Taman bunga terkenal

Mengunjungi Jepang memang memberikan pengalaman baru bagi kita. Selain masyarakat yang tertib dan teratur, kuil-kuilnya yang bersejarah, Jepang juga menawarkan pengalaman melihat pemandangan 4 musim yang tidak dimiliki Indonesia, yang paling dinantikan...

Kebun Bunga Lavender di Hokkaido

Hokkaido adalah pulau paling utara negara Jepang. Meskipun luasnya seperempat luas negara Jepang, namun populasinya hanya sepersepuluh populasi Jepang. Daerah Hokkaido yang luas kebanyakan berupa padang rumput di mana rubah, rusa, dan beruang bebas...


3. Kamifurano

Tidak jauh dari Furano, kita juga bisa mengunjungi perkebunan bunga lavender di Kamifurano. Pemandangan bunga lavender di sini hampir sama seperti yang ada di Furano, namun, kita bisa turut serta dalam proses produksi bunga lavender, mulai dari menyiram dan memberi pupuk, memanen, hingga ekstraksi dengan mesin tradisional hingga menjadi diperoleh ekstrak lavender untuk parfum dan sabun. Satu lagi atraksi yang bisa kita ikuti adalah berkeliling kebun bunga dengan naik traktor. Wah serasa pemilik kebun ya!

Kamifurano

4. Biei

Setelah puas menikmati Furano, jangan lupa mengunjungi Biei. Kita bisa naik kereta Furano-Biei Norokko yang memiliki pemandangan kebun Lavender sepanjang perjalanan. Kota Biei biasa disebut oleh orang Jepang sebagai Bukit Biei karena konturnya kotanya yang berbukit-bukit. Kita bisa bersepeda naik sambil mengunjungi kebun-kebun bunga yang tersebar hampir di seluruh wilayah Biei. Menurut saya pribadi, pemandangan bunga di Biei adalah yang paling bagus yang ada di Hokkaido.

Kebun bunga Biei di Hokkaido
peta liburan musim panas di hokkaido jepang

Akses ke Hokkaido

Dari Tokyo kita bisa pergi ke Sapporo (Bandara New Chitose) dengan pesawat terbang domestik. Maskapai JAL, ANA, atau Air Do memiliki paket penerbangan murah dari Haneda ke Sapporo mulai dari 10.000 yen – 27.000 yen. Dari bandara naik kereta JR Chitose Line sampai ke JR Sapporo Station kurang lebih 35 menit.

Atau juga bisa ke Bandara Asahikawa di kota Asahikawa (sekitar 1 jam dari kota Biei). Tarif pesawat JAL sekitar 45.000 Yen. Sementara tiket Air Do sekitar 36.000 Yen. Namun, tersedia tiket murah penerbangan domestik bagi wisatawan asing, sekitar 15.000 – 27.000 yen. Teman-teman bisa di melihat info lengkapnya di sini.

Kota-kota di Hokkaido terpisah cukup jauh, dan membuat ongkos transportasi kereta menjadi cukup mahal. Untuk berpindah-pindah kota selama di Hokkaido, kami sarankan untuk menggunakan Hokkaido Pass atau JR Pass.

Selamat menikmati liburan musim panas di Hokkaido Jepang, jika teman-teman ingin bertanya lebih jauh, saya siap menjawabnya. Salam, dan selamat liburan!

Cheap Hotels in Sapporo [More Hotels]

ANA Hotel Sapporo
ANA Hotel Sapporo
from ¥18568/night
Best Western Hotel
Best western Hotel Fino Sapporo
from ¥10822/night
Nakamuraya Ryokan
Nakamuraya Ryokan
from ¥16632/night
Keio Plaza Hotel
Keio Plaza Hotel Sapporo
from ¥14006/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Wasin Waeosri, PROKentaro Ohno, Alvin Lukito, rurinoshimaTzuhsun Hsu


Recommended for you

Last modified: August 18, 2017

TAGS  : ,

Comments (6)

  1. Saya sdh mengunjungi tokyo..osaka kyoto .. april thn 2016. Saya ingin kembali lagi ke jepang tepatnya ke hokaido, ingin melihat bukit pink dan kebun tulip kira2.. bulan apa ya.. mohon info tks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kebun bunga di Hokkaido bagus dikunjungi saat musim panas. Menurut pengalaman mengantarkan ke Hokkaido, pemandangan paling bagus di pertengahan sampai akhir Juli. Untuk informasi lengkapnya bisa dibaca nanti di website Info Jepang.
      Salam

  2. Apakah awal sampai pertengahan bulan Juli nanti masih bisa melihat keindahan kebun bunga di Biei atau Furano? Rencananya saya dan keluarga ingin ke Hokkaido, karena udah ke Tokyo dan Kyoto-Osaka. Baca-baca di infojepang.net kemarin jadi kepingin buat next trip tahun depan.

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Berdasarkan pengalaman kami, sepanjang bulan Juni-Agustus (di musim panas), kita bisa menikmati keindahan kebun bunga di Furano, Biei, atau ke Tomita Farm yang indah. Rasanya pas buat Fajar buat coba liburan dan melihat keindahan alam Jepang di Hokkaido.

      Salam dan selamat liburan!

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!