Stasiun Hakata di Fukuoka

Home / Stations / Stasiun Hakata di Fukuoka
Item image

Stasiun Hakata adalah stasiun kereta terbesar dan tersibuk yang ada di Pulau Kyushu, yang menghubungkan Kyushu dengan kota Tokyo, Kyoto, dan Shin-Osaka dengan kereta Sanyo dan Tokaido Shinkansen (Nozomi). Sejak tahun 2011, Stasiun Hakata ini direnovasi besar-besaran seiring dengan beroperasinya kereta Kyushu Shinkansen dari Stasiun Hakata sampai ke Kumamoto dan Kagoshima di ujung selatan Pulau Kyushu. Stasiun ini berlokasi persis di tengah kota Fukuoka, persisnya di distrik Hakata-ku. Bisa dibilang, stasiun ini adalah jantung utama transportasi Kyushu dan Fukuoka, di mana ada ratusan perjalanan kereta lokal maupun cepat ke seluruh penjuru kota dan ratusan bus yang siap melayani kita menyusuri tempat-tempat wisata keren di Fukuoka. Pikiran saya melayang sejenak, saat melakukan kerja praktek di Prefektur Saga tahun 2013 lalu, Stasiun Hakata menyambut kedatangan saya waktu itu. Saya begitu kagum dengan kemegahan stasiun ini.

Informasi mengenai Stasiun Hakata

Total ada 16 peron kereta JR dan 2 peron kereta subway yang ada di Stasiun Hakata. Kereta Subway Kūkō Line melayani rute-rute di dalam kota Fukuoka seperti ke Tenjin. Sementara itu, peron 1-8 melayani kereta Kagoshima Main Line dan beberapa kereta ekspress ke Kokura dan Oita (sisi timur Pulau Kyushu) dan ke arah Mojiko, Saga, Nagasaki, Sasebo, dan Huis Ten Bosch si sisi barat dan selatan Pulau Kyushu.

Sementara itu, peron 11 dan 15 melayani kereta Kyushu Shinkansen ke arah Kumamoto dan Kagoshima, dan peron 12-14 melayani kereta Sanyo Shinkansen ke arah Hiroshima, Shin-Osaka, hingga Stasiun Tokyo.

Kegiatan Seru yang bisa dilakukan di Stasiun Hakata

1. Berbelanja barang dan oleh-oleh di Stasiun Hakata

Setelah tiba atau sebelum kembali ke Tokyo dengan menggunakan kereta shinkansen, tentulah kita ingin membawa oleh-oleh khas Fukuoka. Nah, tidak perlu repot-repot berkeliling kota buat berburu oleh-oleh. Di Stasiun Hakata ini, kita bisa menemukan lebih dari 200 toko pakaian, sepatu, tas, aksesoris, dan juga elektronik. Kamu bisa mampir di Hakata Hankyu Department Store, Hakata Tokyu Hands, Amu Plaza, Yodobashi Camera, atau ke Miyagemon Ichiba di lantai satu yang punya oleh-oleh khas dengan harga yang cukup murah.

Setiap tahunnya juga diadakan iluminasi musim dingin di kawasan sekitar Stasiun Hakata. Kita bisa berfoto dengan latar belakang lampu-lampu natal yang cantik dan menikmati pemandangan malam di sini.

Info Wisata di Hakata Iluminasi di Hakata Station

Pemandangan malam di Stasiun Hakata

2. Melihat pemandangan kota dari lantai teratas Stasiun Hakata

Stasiun Hakata adalah stasiun penghubung antara kereta jarak jauh dengan transportasi lokal (baik bus atau kereta lokal) di Kyushu. Desain bangunannya megah dengan taman terbuka di atapnya. Dengan beragam pepohonan dan bunga khas setiap musimnya, kita bisa melihat keindahan kota dan pelabuhan Hakata dari atas sini. Jangan lewatkan juga atraksi menarik yakni melihat kereta shinkansen yang bergerak cepat dari area “observasi kereta” di taman ini.

Baca juga: Panduan Lengkap Wisata di Fukuoka 

Info Wisata di Hakata Suasana di lantai atas Stasiun Hakata

Suasana di lantai atas Stasiun Hakata

3. Jalan-jalan dengan naik bus keliling kota Fukuoka

Dari terminal bus di depan pintu gerbang stasiun kita bisa naik bus loop Fukuoka ke tempat-tempat wisata di Hakata Fukuoka, seperti Canal City, Tenjin, area pelabuhan, hingga ke Fukuoka Tower. Harga tiketnya juga cukup murah, hanya 100 yen untuk sekali perjalanan. Ayo berpetualang berkeliling Fukuoka!

Green bus berkeliling sekitar Stasiun Hakata

Green bus berkeliling sekitar Stasiun Hakata

Akses ke Fukuoka

1. Dari Tokyo

Setiap harinya, ada puluhan jadwal penerbangan yang melayani rute dari Bandara Haneda menuju Bandara Fukuoka. Teman-teman bisa naik maskapai ANA, JAL, Skymark, dan Starflyer. Sementara itu, ada 12 jadwal penerbangan dari Bandara Narita ke Fukuoka dengan maskapai ANA, JAL, Jetstar, dan Peach. Lama perjalanan sekitar 2 jam. Untuk harga tiketnya, ANA atau JAL biasanya mulai dari 40.000 yen, atau sekitar 20.000 yen untuk diskon penerbangan murah khusus wisatawan. Skymark, Starflyer tiketnya mulai dari 9.000 yen, sedangkan Peach dan Jetstar mulai dari 5.000-6.000 yen.

Kalau tidak mau naik pesawat, teman-teman bisa naik kereta Shinkansen. Kereta Shinkansen Nozomi menghubungkan langsung Stasiun Tokyo dan Stasiun Hakata selama kurang lebih 5 jam. Ongkosnya 21.810 yen. Namun, kereta Nozomi ini tidak tercover oleh JR Pass. Teman-teman bisa naik kereta Shinkansen Hikari sampai Shin-Osaka kemudian berpindah ke kereta Shinkansen Sakura sampai ke Stasiun Fukuoka.

2. Dari Kyoto dan Osaka

Setiap harinya ada 6 penerbangan dari Bandara Kansai ke Bandara Fukuoka, yang dilayani oleh maskapai ANA, JAL, Jetstar and Peach. Lama perjalanannya sekitar 1 jam. Sementara itu, untuk harga tiketnya, ANA atau JAL biasanya mulai dari 24.000 yen, atau sekitar 13.000 yen untuk diskon penerbangan murah khusus wisatawan. Tiket Peach dan Jetstar mulai dari 4.000-6.000 yen.

Selain itu, teman-teman bisa naik kereta Shinkansen Sakura dari Stasiun Shin-Osaka sampai Stasiun Hakata. Harga tiketnya 14.480 yen dengan lama perjalanan 2,5 jam. Kalau dari Kyoto, teman-teman bisa naik kereta JR Special Rapid selama 25 menit dahulu ke Stasiun Shin-Osaka, baru naik kereta yang sama.

Recommended Hotel in Hakata [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Centraza Hakata
0 km away
from ‎¥7496/night
Comfort Hotel Hakata
0 km away
from ‎¥8073/night
JR Kyushu Hotel Blossom F
0 km away
from ‎¥8880/night
Hakata Green Hotel Annex
0 km away
from ‎¥8880/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Fukuoka Tower
6 km away
Pergi ke Fukuoka Tower
Taman Wisteria Kawachi Fu
44 km away
indahnya taman wisteria kawachi fujien
Kuil Dazaifu Temmangu
13 km away
Pintu gerbang utama Roumon di Kuil Dazaifu Temmangu
Canal City Hakata
1 km away
Air mancur di Canal City Hakata

Sumber gambar: Flickr findup, Chun-Chih FAN, Jeff, MASA YANA


Recommended for you


Last modified: July 13, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (8)

  1. Selamat pagi Pak. saya dari Nipponbashi Sta mau ke Yufuin Floral Village menggunakan JR Pass.

    apakah ruteny :

    1. lebih baik saya dari nippombashi ke namba dan lanjut ke shin osaka dengan subway?
    baru dari shin osaka ke hakata dengan JR (Tokaido Sanyo Shinkansen)?
    dan lanjut dengan kereta yufu atau yufuin no mori ke yufuin sta ?

    2. atau lebih baik saya dari nippombashi ke namba dan lanjut ke osaka sta dengan subway?
    lalu dari osaka sta ke shin osaka dengan JR (ini tercover dengan JR pass kan ya?) ?
    baru dari shin osaka ke hakata dengan JR (Tokaido Sanyo Shinkansen)?
    dan lanjut dengan kereta yufu atau yufuin no mori ke yufuin sta ?

    3. dari yufuin sta ke Yufuin Floral Village apakah masih jauh?
    bisa dengan berjalan kaki? atau menggunakan bus?
    kalau jalan kaki kurang lebih berapa lama?
    kalau dengan bus, naik yang mana? langsung sampai villagenya?
    dan apakah mudah menemukan villagenya?

    mohon info dan sarannya Pak. Terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Untuk rute menuju ke Shin Osaka, ibu bisa naik subway dari Namba ke Shin Osaka, tidak perlu berganti JR di Osaka Station. Alasannya karena jauh lebih praktis dan dekat dibandingkan dengan perbedaan ongkosnya yang hanya 50 yen. Untuk kereta Yufu atau Yufuin No Mori, sama saja bu, sesuaikan dengan jamnya saja.
      Tim Info Jepang mengatakan Yufuin No Mori karena 1 level di atas kereta Yufu. Yufuin No Mori keretanya lebih bagus dan durasi perjalanannya lebih cepat.
      Dari Yufuin Station bisa jalan menuju ke Yufuin Floral Village. Kalau ibu berkenan, ibu mungkin nanti bisa berbagi informasi, sebab Tim Info Jepang juga belum pernah ke sini. Salam

  2. siang salam kenal bu indri
    Mau tanya
    1.tiket JR pass bisa dibeli tidak ya oleh anak yg akan berangkat study di jepang( visa belajar)?
    2.Jika iten tokyo-osaka dan osaka-fukuoka perlu tidak beli JR pass?
    2.Jika beli tiket langsung tanpa JR pass apa bisa reserved seat ketika langsung beli dan jika ada JR pass utk reserved seat nya di mana?
    Terimakasih atas jawabannya

    • Nugroho Christian  |  

      1. Tidak bisa bu, hanya visa turis/ kunjungan sementara.
      2. Setelah dari Fukuoka, kemana lagi ya? Mohon lebih jelas supaya saya bisa hitung dan kasih saran yang lebih tepat.
      3. Tanpa JR Pass, bisa reserved seat dengan tambahan biaya reserved seat selain harga tiket. Lalu jika punya JR Pass, cukup ke kantor loket JR di semua stasiun JR, tunjukkan JR Pass, dan bilang ke petugas untuk reservasi kursi. Salam.

    • bu indri  |  

      terimakasih atas infonya.🙏🏻
      Jadi dari fukuoka akan ke beppu oita ,jika naik shinkansen sebaiknya osaka-fukuoka atau osaka – oita ya? dan kepulangan dari bandara fukuoka.Sebaiknya bgmn apa maksimal jika beli JR pass,mengingat jalan2 di tokyo 5 hari, osaka dan kyoto 3 hari dan fukuoka 2 hr?
      Terimakasih atas jawabannya

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Shinakansennya hanya sampai di Hakata Fukuoka, kemudian bisa lanjut kereta eskpress ke Oita.
      Ya sudah balik modal bu jika membeli JR PASS. Salam

  3. Saya mau ke fukuoka dari kanazawa kalo naik KA apa jadwal nya setiap jam fan bisa beli dimama tiketnya krn saya mau turun dari cruise dan balik lagi ambil bagasi di port fukuoka tgl 10 juli

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Fukuoka, ibu bisa naik kereta Shinkansen ke Stasiun Shin-Osaka (ada 10-20 menit sekali), dilanjutkan dengan naik kereta limited ekspress Thunderbird sampai Stasiun Kanazawa (ada setiap 20-30 menit sekali). Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!