Taman Ohori Fukuoka

Home / Park / Taman Ohori Fukuoka
Item image

Taman Ohori, sekilas mungkin punya nama yang mirip dengan Taman Odori yang ada di Sapporo. Namun, keduanya berbeda jarak hampir 2000 kilometer. Kalau Taman Odori adalah taman di pusat kota Sapporo di Hokkaido, pulau paling utara Jepang. Sementara itu, taman ini terletak di pusat kota Fukuoka di Kyushu, pulau paling selatan Jepang. Berdasarkan data informasi wisata Fukuoka, Taman Ohori memegang predikat sebagai taman air paling cantik di Jepang. Selain bisa duduk santai dan beristirahat, jalan-jalan atau olahraga sore hari, kita juga menikmati pemandangan taman landskap Jepang, apalagi dengan keberadaan kolam di tengah-tengah taman. Kehadiran taman seluas 3 hektar dengan danau yang teduh di pusat kota yang dikelilingi dengan pepohonan rimbun jadi oase di tengah kota Fukuoka. Simak laporan kunjungan salah seorang kontributor Tim Info Jepang ke Taman Ohori Fukuoka berikut ini.

Kegiatan seru di Taman Ohori

1. Menikmati keindahan kolam dan berfoto!

Taman Ohori dibangun dari tahun 1926-1929, persis di sebelah bangunan Kastil Fukuoka. Desain taman ini dibuat mirip dengan West Lake yang ada di Cina, dan membuatnya begitu alami dan cantik. Kolam di tengah-tengah taman dikelilingi dengan jalur jogging atau pejalan kaki dengan pepohonan rapi yang tumbuh di kiri dan kanannya. Di tengah-tengah kolam ada tiga buah pulau buatan yang terhubung dengan jembatan beton berwarna merah yang sangat ikonik. Para wisatawan biasanya berfoto di atas jembatan dengan latar belakang birunya permukaan kolam.

Suasana hanami di Taman Ohori Fukuoka

Suasana hanami di Taman Ohori Fukuoka

2. Mengunjungi Kuil Gokoku

Tidak begitu jauh dari sisi selatan taman, kita bisa mengunjungi Kuil Gokoku. Kuil bersejarah bagi penduduk Fukuoka bersama dengan Kuil Dazaifu Tenmangu ini punya gerbang kuil (torii) dari kayu yang megah. Bangunan Kuil Gokoku terbuat dari kayu berwarna emas.

3. Coba naik perahu angsa

Seperti di danau buatan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), kita juga bisa menikmati pemandangan kolam Taman Ohori lebih dekat dengan naik perahu angsa. Wah, pas banget nih kalau sedang ke Fukuoka bersama dengan keluarga atau pasangan. Kamu bisa menyewanya cukup dengan 500 yen di dermaga kecil di tepi kolam.

Baca juga: Panduan Lengkap Wisata di Fukuoka 

Naik perahu bebek di Taman Ohori

Naik perahu bebek di Taman Ohori

4. Ikut serta dalam festival musiman di Taman Ohori

Taman Ohori ini adalah jantungnya festival di Fukuoka. Hampir seluruh festival-festival besar musiman di Fukuoka diselenggarakan di taman ini. Di awal April, kita bisa bergabung dengan festival hanami (bunga sakura mekar) bersama dengan para penduduk Fukuoka dan sekitarnya. Selanjutnya, di puncak musim panas (biasanya dilangsungkan pada tanggal 1 Agustus), kita bisa mengikuti festival kembang api Ohori yang meriah. Para penduduk akan melakukan parade keliling kota dengan pakaian tradisional Jinbei dan Yukata. Musim gugur pun tidak kalah semarak, dedaunan pohon-pohon maple berubah warna menjadi kuning kemerahan. Di penghujung tahun, ada juga iluminasi natal dengan ratusan ribu lampu yang menambah semarak liburan musim dingin kita di Fukuoka.

Light up bunga sakura di kompleks Taman Ohori

Light up bunga sakura

Suasana festival kembang api musim panas di Taman Ohori

Suasana festival kembang api musim panas

Akses ke Taman Ohori Fukuoka

Teman-teman bisa naik kereta subway Fukuoka dari Stasiun Hakata sampai ke Stasiun Ohori Koen. Lama perjalanan sekitar 10 menit dengan ongkos 260 yen. Taman ini bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar 100 meter (3-5 menit) dari Stasiun Ohori Koen.

Baca juga: Akses menuju Fukuoka dari Osaka, Kyoto, dan Osaka

Recommended Hotel near Taman Ohori [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hakata Green Hotel Annex
4 km away
from ‎¥8880/night
Dukes Hotel Hakata
4 km away
from ‎¥9111/night
JR Kyushu Hotel Blossom F
5 km away
from ‎¥8880/night
Hotel La Foresta By Rigna
4 km away
from ‎¥7035/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Fukuoka Tower
2 km away
Pergi ke Fukuoka Tower
Stasiun Hakata di Fukuoka
4 km away
Info Wisata di Hakata Hakata Station
Uminonakamichi Seaside Pa
8 km away
Pohon-pohon bunga sakura di Uminonakamichi Seaside Park
Taman Wisteria Kawachi Fu
47 km away
indahnya taman wisteria kawachi fujien

Sumber gambar: Flickr Chih Hung Chen,  Chun-Chih FAN, coloredby, hiroyuki mouri, YURI KATO


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (4)

  1. Pagi bapak,
    saya ingin bertanya, agustus nnti akan ke fukuoka. pesawat dg JAL transit dulu di narita baru ke fukuoka. Untuk transit saya menuju transit international kah ?? trus untuk baggage tdk perlu saya ambil dulu ya pak ato bgmana ? sebelumnya saya ke fukuoka tp lewat seoul, yg sekarang saya coba lewat narita. di tunggu balsannnya ya pak, terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Siang bu Amy. Selama maskapainya masih sama, sepertinya ibu tidak perlu repot mengambil dan memasukkan kembali bagasinya. Di Narita, ada 3 terminal, mungkin ibu bisa cek dahulu, dimana tiba dan berangkatnya. Untuk transportasi antar terminal ada bus gratis yang bisa digunakan. Salam.

    • makasih untuk balasannya, untuk transitnya amy ke transit/tranfers domestic ( krn sama2 bandara japan ) ato masuk tranfer international kalo ke fukuoka ya pak. itu yg sedikit masih bingung.

      klo dr seoul- fukuoka ( sdh jelas tranfer international )
      terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Bandara Narita itu tidak dipisahkan berdasarkan internasional atau domestik, melainkan terminal 1,2,3. Mohon ibu lihat saja terminal arrival atau departurenya. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!