Museum Kereta Kyushu

Home / Museum / Museum Kereta Kyushu
Item image

Bingung siang hari mau melakukan apa di Mojiko Retro? Mengunjungi Museum Kereta Kyushu mungkin bisa jadi solusinya. Bangunan dua lantai dengan bata eksposnya yang berwarna merah ini menyimpan banyak sejarah mengenai kereta di Pulau Kyushu. Sebagai tambahan, Stasiun Mojiko di area Kitakyushu adalah wilayah Kyushu pertama yang dilintasi jalur kereta di awal tahun 1900-an. Seiring berjalannya waktu, kini Pulau Kyushu sudah terhubung dengan Tokyo dan Osaka melalui kereta Shinkansen, terus memanjang sampai ke sisi selatan Pulau Kyushu di Nagasaki dan Kagoshima. Saat kerja praktek beberapa tahun di Saga, beberapa kali saya sempat mampir ke Fukuoka dan Mojiko, selain Mojiko Retro, saya pun menyempatkan diri ke Museum Kereta Kyushu.

Kegiatan seru di Museum Kereta Kyushu

1. Lihat kereta-kereta unik di Jepang seperti kereta uap

Seperti museum-museum kereta lainnya yang ada di Jepang, kita bisa melihat berbagai jenis koleksi kereta di museum ini. Ada kereta shinkansen, ada kereta malam (sleeper train), dan juga kereta yang dahulu melayani Kagoshima Line (jalur kereta utama Kyushu). Hampir semuanya sudah pensiun dan tidak digunakan lagi. Ada juga beberapa lokomotif uap yang disusun di area luar museum. Semua kereta dan lokomotifnya masih dalam kondisi yang baik, meski sudah berusia puluhan bahkan ada yang ratusan tahun. Dengan beberapa penjelasan dalam bahasa Inggris, kita seakan-akan dibawa membayangkan mesin-mesin raksasa ini menarik beban berat di masa jayanya.

Kereta sleeper train Gekko yang sudah pensiun

Kereta sleeper train Gekko yang sudah pensiun

Oiya, kalau punya banyak waktu, teman-teman bisa bergabung dalam tur berkeliling museum. Bagian serunya, ada beberapa hadiah/ suvenir juga loh kalau kita bisa menjawab pertanyaan yang diutarakan oleh para guide/staff. Yippie!

Bangunan Museum Kereta Kyushu

Bangunan Museum Kereta Kyushu

2. Asyik bisa jadi masinis! Tutt!

Salah satu yang tidak boleh terlewatkan saat mengunjungi museum kereta di Jepang adalah area simulator kereta. Namun, kita harus datang agak pagi, kalau gak antriannya panjaaang sekali.

Interior shinkansen di Museum Kereta Kyushu

Interior shinkansen di Museum Kereta Kyushu

3. Melihat bangunan Mojiko Station yang bersejarah

Stasiun Mojiko adalah stasiun pertama yang ada di Pulau Kyushu. Dibangun tahun 1914 dengan struktur kayu membuat stasiun ini menjadi stasiun pertama yang menyandang aset bersejarah nasional. Desainnya yang bergaya Eropa masih dipertahankan sampai dengan hari ini.

Suasana bangunan Mojiko Station
Suasana bangunan Mojiko Station


Pengunjung melihat koleksi Museum Kereta Kyoto

Bangunan Museum Kereta Kyoto kini menjadi museum kereta terbesar di Jepang. Museum ini selesai dipugar dan baru dibuka untuk umum sejak tanggal 29 April 2016. Kini mengunjungi Kyoto tidak hanya mengunjungi kuil bersejarah saja, namun kita bisa melihat kecanggihan dan pekembangan kereta di Jepang.


Koleksi kereta-kereta Museum Kereta Nagoya

Belajar teknologi kereta supercepat Shinkansen juga desain interior, menyaksikan diorama kota dan jalur kereta terbesar di Jepang di Museum Kereta Nagoya.


Kereta ekspress Tipe 485 yang jadi koleksi Museum Kereta Saitama

Berkeliling melihat koleksi kereta, bermain di diorama kereta, dan menjadi masinis beneran di museum kereta Saitama. Bagaimana cara ke sini?


Informasi Tiket Masuk Museum Kereta Kyushu

Tiket masuk museum adalah 300 yen untuk orang dewasa dan 150 yen untuk anak-anak. Oiya, museum ini tutup setiap rabu minggu kedua setiap bulannya kecuali bulan Agustus yakni saat puncak musim panas, museum ini buka setiap hari.

Akses ke Museum Kereta Kyushu

Museum Kereta Kyushu masuk ke dalam kawasan wisata utama Kitakyushu yakni Mojiko Retro. Teman-teman bisa berjalan kaki dari Stasiun Mojiko selama kurang lebih 5 menit sampai ke pintu masuk museum.

Recommended Hotel in Mojiko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Station Hotel Kokura
10 km away
Station Hotel Kokura
from ‎¥9800/night
Rihga Royal Kokura
9 km away
Rihga Royal Kokura
from ‎¥8000/night
APA Hotel Kokura Ekimae
9 km away
APA Hotel Kokura Ekimae
from ‎¥5754/night
Hotel Route-Inn Mojiko
1 km away
Hotel Route-Inn Mojiko
from ‎¥7200/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Akuarium Uminonakamichi F
64 km away
Gedung Akuarium Uminonakamichi di Fukuoka
Kuil Dazaifu Temmangu
61 km away
Pintu gerbang torii Kuil Dazaifu Temmangu
Museum Kereta Kyushu
0 km away
Lokomotif uap di Museum Kereta Kyushu
Uminonakamichi Seaside Pa
64 km away
Pohon-pohon bunga sakura di Uminonakamichi Seaside Park

Sumber gambar: Flickr itoh2011, Pepper(ぺっぱー), itoh2011, Farahdina Septiantini, Pepper(ぺっぱー)


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!