Museum Kereta Kyoto

Home / Museum / Museum Kereta Kyoto
Item image

Bangunan Museum Kereta Kyoto kini menjadi museum kereta terbesar di Jepang. Museum ini selesai dipugar dan baru dibuka untuk umum sejak tanggal 29 April 2016. Sebelumnya, museum ini dikenal sebagai museum lokomotif uap Umekoji. Dengan renovasi berupa perluasan areal bangunan dan penambahan koleksi kereta, kini kita bisa melihat tidak hanya kereta uap Jepang di masa lampau, tetapi juga kereta-kereta listrik modern, dan juga kereta paling terkenal di dunia yakni Shinkansen. Kini mengunjungi Kyoto tidak hanya mengunjungi kuil bersejarah saja, namun kita bisa melihat kecanggihan dan pekembangan kereta di Jepang.

Sekilas mengenai Museum Kereta Kyoto

Museum Kereta Kyoto ini memegang rekor baru sebagai museum kereta terbesar di Jepang, jauh lebih besar dari Museum Kereta yang ada di Kota Saitama.  Dengan area bangunan seluas 30.000 meter persegi, kita bisa melihat 53 kereta dan lokomotif yang dipajang di sini. Letaknya yang dekat dengan Taman Umekoji dan Akuarium Kyoto membuat museum kereta Kyoto jadi salah satu tempat wisata menarik di kota Kyoto selain Kuil Kiyomizudera, Kuil Kinkakuji yang terkenal. Akses yang mudah 20 menit berjalan kaki dari Stasiun Kyoto juga membuat Museum Kereta Kyoto jadi pilihan tepat tempat wisata waktu berlibur di Kyoto.

Kegiatan seru di Museum Kereta Kyoto

1. Mengenal sejarah dan perkembangan kereta Jepang

Kita bisa melihat penjelasan mengenai setiap kereta atau gerbong yang dipamerkan. Mulai dari tahun pembuatan, tahun dan jalur operasi, dan perusahaan pembuatnya. Membaca penjelasan yang tersedia membuat kita bisa melihat perkembangan kereta jepang yang begitu pesat, mulai dari jaman kereta uap, kemudian ke kereta diesel, kereta listrik, dan kini kereta Shinkansen. Bentuk dan desain kereta juga semakin dinamis dengan desain interior yang membuat penumpang semakin nyaman.

Koleksi Kereta Uap di Museum Kereta Kyoto

Koleksi Kereta Uap di Museum Kereta Kyoto

2. Mencoba menjadi masinis kereta

Salah satu area terfavorit di museum ini adalah wahana simulator kereta. Kita bisa merasakan menjadi masinis kereta dengan simulator yang begitu mirip dengan aslinya. Kita bisa menaikkan kecepatan kereta dengan menggerakkan tuas, membunyikan peluit kereta “puup puup”, menurunkan kecepatan kereta di tikungan atau menjelang perhentian di stasiun. Tenang, karena simulasi tidak akan pernah terjadi kecelakaan. Sungguh mengasyikkan! Sayangnya di Indonesia kita belum wahana simulator kereta yang dibuka untuk publik.

Pengunjung melihat koleksi Museum Kereta Kyoto

Pengunjung melihat koleksi Museum Kereta Kyoto

3. Melihat diorama kereta terbesar

Salah satu yang paling menyenangkan bagi Tim Info Jepang sejak kecil adalah melihat diorama atau miniatur sebuah wilayah dengan kereta yang bergerak. Diorama berukuran 30m x 10 meter di museum ini akan mengajak kita untuk berfantasi membayangkan kereta sungguhan yang melaju dinamis di tengah kesibukan kota. Diorama kereta di sini dibuat menyerupai keadaan kereta di Jepang, seperti terowongan, jembatan, kereta bawah tanah, dan monorail.

diorama di museum kereta saitama

Anak-anak melihat diorama kereta di Museum Kereta

4. Menikmati pemandangan jalur kereta Kyoto

Di lantai atas, ada restoran dan kafe dengan pemandangan ke arah kota Kyoto. Dari sini  kita bisa melihat Shinkansen yang melaju hampir 200 km/jam. Dari atas, kita juga bisa menikmati keindahan Kota Kyoto, pepohonan Taman Umekoji yang hijau dan Kyoto Akuarium.

5. Mencoba naik kereta uap

Di sini, para pengunjung bisa merasakan naik kereta uap seperti pada tahun 1800-an, di mana seluruh kereta masih mengandalkan batubara sebagai bahan bakar penggerak kereta. Kita akan berkeliling kurang lebih selama 10 menit melalui jalur di sekeliling museum dan taman Umekoji.

Akses ke Museum Kereta Kyoto

Teman-teman bisa berjalan kaki sekitar 800 meter (15 menit) ke arah barat dari Stasiun Kyoto. Museum Kereta Kyoto ada di sisi barat Taman Umekoji.

Tempat wisata di sekitar Stasiun Kyoto

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Excellence Kyoto
1 km away
from ¥6000/night
Hotel Ibis Styles Kyoto
1 km away
from ¥7800/night
Green Rich Hotel Kyoto
1 km away
from ¥7900/night
Hotel Keihan Kyoto
2 km away
from ¥7000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kuil Yasaka
4 km away
kuil yasaka kyoto
Pasar Nishiki
3 km away
Suasana nishiki market di Kyoto
Sannenzaka Ninenzaka
4 km away
Suasana Sannenzaka Ninenzaka di siang hari
Museum Manga Kyoto
3 km away
Rak buku di Museum Manga Kyoto

Sumber gambar: Flickr Aapo Haapanen


Recommended for you


Tiket masuk Museum Kereta Kyoto: 1.200 yen
Last modified: February 25, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (14)

  1. Selamat siang Pak, saya ingin bertanya. Apakah Hokuriku Arch Pass juga mencover bis-bis JR untuk berwisata di dalam kota Kyoto ? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Pak. Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass tidak mengcover ongkos bus wisata di dalam kota Kyoto. Salam

    • Selamat siang pak, saya ada rencana ke jpn tgl 28 april – 5 mei 2019 dgn rute :
      28 april dr osaka ke tokyo
      29 april – 2 mei di tokyo dan salah satu jadwalnya ke tokyo disneyland
      3 mei kyoto
      4-5 mei osaka
      Saya sdh beli jr hokuriku arch pass. Apakah saya msh perlu beli icoca/suica..mana yg lbh mengakomodasi perjalanan saya? Terima kasih sblmnya

    • Nugroho Christian  |  

      Iya saya sarankan tetap membeli kartu ICOCA (karena pertama kali tiba di Kansai), bisa dipergunakan untuk naik subway atau bus yang tidak tercover oleh Hokuriku Arch Pass ini. Salam.

  2. Pagi Pak Nugroho, jadi kalau saya mau pakai IC card dan rute saya Osaka, Kyoto dan Tokyo. Jadi di osaka saya beli ICOCA. Lalu di Kyoto saya redeem kartu nya. Dan di Tokyo saya beli lagi SUICA/PASMO. Dan di reedem di bandara Haneda?

    Thanks pak infonya.

  3. Maaf Pak mau nanya, saya tinggal d saitama,jepang. Liburan sekolah/TK anak saya nanti di bulan Agustus. Rencananya saya dan suami mau ajak anak saya (3,5 thn) ke Kyoto dan Osaka dengan Bus. Ini itinerary saya:
    Day 1
    Willer Bus from Shinjuku
    Beli tiket one day pass bus Kyoto untuk Day 2
    Foto di sktr Kyoto Tower
    Stay d penginapan

    Day 2
    Golden Pavilion/Kinkakuji
    Railway museum kyoto

    Day 3
    Fushumi Inari Taisha Shrine
    Gion foto with GEISA, jika ketemu
    Pasar Nishiki
    Arashiyama Bamboo Groves

    Day 4
    Otw Osaka Station dgn JR
    Beli osaka amazing pass 1 hari
    Tempozan Ferris Wheel
    Aquarium Kaiyukan
    Legoland osaka
    Captain lain/kapal Santa maria
    menginap di sekitar st. Namba
    Malamnya cari diner di Dotonbori dan shinsaibasi

    Day 5
    Tennoji Zoo
    Foto di sekitar tsutenkaku tower
    Osaka science museum
    HEP Ferris Wheel
    Foto d sekitar umeda skybuilding
    Naik wille bus malam ke shinjuku

    Apakah itinerary itu sudah cocok untuk travel dengan anak 3,5 tahun?
    Apakah saya bisa membeli Osaka 2 day amazing pass karena saya di sini bukan pakai visa wisata tetapi visa residen/menetap dalam jangka waktu tertentu?

    Makasih sebelumnya..
    Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Sudah pas bu. Namun rasanya untuk yang Day 4 cukup melelahkan jadwalnya. Sebaiknya ada yang dihilangkan salah satu. Osaka Amazing Pass versi 1 hari dijual untuk umum sedangkan yang versi 2 hari (penggunaan untuk hari berurutan) hanya untuk wisatawan internasional dengan visa kunjungan wisata. Ibu bisa membeli versi yang 1 hari rasanya. Salam.

  4. Hi mau tanya,
    JR pass itu cover semua perjalanan ke tempat-tempat terkenal yang didatangi di tokyo, kyoto, osaka ga? Saya rencana 11 hari di jepang, tapi mo beli yg 7 hari jr pass. Menurut anda, sisa 4 hari tanpa jr pass kemana ya enaknya? 4 hari itu bakal di tokyo rencananya.

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau hanya mengunjungi satu tempat silakan membayar tiket satuan. Free pass harian baru untung kalau mengunjungi 3-4 tempat dalam sehari.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!