Umekoji Park

Home / Aquarium / Umekoji Park
Item image

Umekoji Park atau Taman Umekoji mulai dibuka untuk publik di tahun 1995 di atas lokasi bekas pergudangan Stasiun Kyoto. Sejak saat itu, taman ini menjadi lokasi favorit para penduduk Kyoto untuk berolahraga atau bermain karena lokasinya yang strategis dan berada di pusat kota Kyoto. Ada lapangan rumput luas yang bisa digunakan bermain bola, piknik sekeluarga, atau bermain lempar frisbee, taman bunga plum atau ume Jepang, dan kolam kecil yang bisa diekplorasi. Selain itu, masih di area Umekoji Park, kita bisa juga berkunjung ke Kyoto Akuarium yang adalah akuarium hewan laut satu-satunya di Kyoto, atau ke Museum Kereta Kyoto di mana kita bisa melihat sejarah perkembangan kereta di Jepang. Meskipun tidak setenar objek-objek wisata lainnya di Kyoto, seperti Kuil Kiyomizudera atau Kuil Kinkakuji, namun mengunjungi tiga tempat wisata dalam satu area di pusat kota bukanlah ide buruk menghabiskan hari di sini. Yuk, simak liputan Tim Info Jepang berkeliling di sekitaran Umekoji Park.

1. Berkeliling dan bermain di taman

Di area taman, ada lapangan rumput luas yang menjadi favorit penduduk Kyoto. Mereka biasanya berolahraga, piknik sekeluarga, yoga, atau sekadar berjemur dan menikmati segarnya udara. Selain itu, masih ada taman bunga ume yang bermekaran di awal musim semi (sekitar pertengahan hingga akhir Maret). Bagi anak-anak, tersedia juga wahana permainan anak-anak seperti seluncuran. Jika teman-teman haus atau lapar, ada juga kafe dan tea-house yang menawarkan makanan ringan seperti hotdog atau crepes, berbagai jenis minuman dan es krim, dan tentunya minuman teh khas Jepang.

umekoji park

Keadaan Taman Umekoji

2. Mengunjungi Kyoto Akuarium

Di sisi utara taman, ada bangunan Kyoto Akuarium yang menjadi satu-satunya tempat di Kyoto untuk mengamati kehidupan bawah laut. Yang menjadi pusat perhatian di sini adalah pertunjukkan lumba-lumba dan Giant Salamander -spesies terancam punah di Jepang. Hewan laut dan ikan dapat dilihat berdasarkan tema atau lingkungan hidup mereka, seperti kehidupan di sungai Kyoto atau pedesaan Kyoto. Ada juga penguin, kura-kura, anjing laut, dan beragam jenis ikan dalam akuarium raksasa.

kyoto aquarium

Kyoto Akuarium yang selalu ramai

Kyoto Aquarium atau Kyoto Suizokukan, termasuk salah satu atraksi baru di Kyoto dan diresmikan dan dibuka pada tanggal 14 Maret 2012. Pada awalnya memperoleh banyak penolakan termasuk dari penduduk kota. Alasannya, karena wilayah Taman Umekoji berkurang hampir seperempat luasnya untuk dijadikan bangunan akuarium. Namun, seiring berjalannya waktu, masyarakat mulai menikmati akuarium ini karena di sini mereka bisa memperoleh hiburan dalam bentuk lain, tidak hanya pemandangan kuil yang menjadi daya tarik utama Kyoto.

Berikut beberapa informasi tentang Akuarium Kyoto di kompleks Umekoji Park. Ada 9 zona laut yang ada di Akuarium kota Kyoto. Zona pertama adalah zona sungai kota Kyoto dimana kita bisa menyaksikan variasi flora dan fauna yang ada di kota Kyoto, terutama di bagian hulu dan hilir sungai Yurakawa, sungai utama di Kyoto. Ada dua kolam yang isinya mendeskripsikan habitat asli Sungai Kamo dan Sungai Yura, sungai utama di kota Kyoto. Zona kedua adalah zona hewan laut. Bentuk kolamnya dibuat seperti tapal kuda, sehingga jika masuk ke bagian tengahnya kita seperti dikelilingi lautan. Disini kita bisa melihat bermacam-macamhewan antara lain singa laut. Kita juga bisa melihat seluruh bagian kolam dari lantai dua Akuarium Kyoto.

Zona ketiga adalah zona pinguin. Di sini hidup pinguin yang hidup di daerah sub tropis dan tropis. Dengan kolam berpasir, kita bisa melihat puluhan pinguin hidup seperti di habitat aslinya. Zona keempat adalah bagian kolam utama. Dengan ukuran berkapasitas 500 ton air, kolam raksasa ini menjadi tempat hidup bermacam-macam hewan laut seperti penyu, ikan pari manta ray, dan ikan-ikan kecil lautan lainnya.

Zona kelima adalah zona lautan di mana kita bisa melihat habitat laut air dangkal dengan koral dan pasir bewarna putih bersama dengan ribuan ikan koral kecil-kecil beraneka warna. Zona keenam adalah zona keindahan alam yang dipergunakan sebagai tempat konservasi spesies air langka, yang hidup di sungai Yura atau danau Biwa di daerah Shiga. Zona ketujuh adalah kolam pertunjukkan lumnba-lumba. Di sini kita bisa bersama-sama menyaksikan pertunjukkan lumba-lumba yang sangat disukai anak-anak.

Zona kedelapan adalah zona edukasi, di mana sering diadakan acara atau workshop, seperti membuat kerajinan tangan berbahan dasar laut, dan kegiatan-kegiatan edukasi bertemakan laut yang sangat cocok bagi edukasi anak-anak. Zona kesembilan atau zona terakhir adalah zona pinggiran Kyoto di mana kita bisa melihat suasana daerah desa pinggiran kota Kyoto. Kita bisa menyusuri area sawah, melihat sistem irigasi, dan melihat langsung ikan-ikan kecil berenang di saluran irigasi.

Akuarium Kyoto di kompleks Umekoji Park buka setiap hari sepanjang tahun mulai dari jam 09.00 hingga 17.00. Harga tiketnya 2.050 yen untuk dewasa, 1.500 yen untuk pelajar SMA, 1.000 yen untuk pelajar SD dan SMP, serta 600 yen untuk anak-anak.

Beli Online Tiket Masuk
Kyoto Akuarium


Rangkuman informasi terlengkap mengenai objek wisata terbaik kota Kyoto. Objek wisata ini dipilih berdasarkan kemudahan akses dan keindahan panoramanya.


Kuil Terindah di Kyoto Kiyomizudera di musim panas

15 top tempat wisata di Kyoto berdasarkan oleh laporan pusat informasi turis, akses kunjungan, daftar itinerary pengguna Tour Guide Online, dan pertanyaan yang masuk ke website Info Jepang.



kyoto aquarium pertunjukan lumba-lumba

Pertunjukan lumba-lumba di Akuarium Kyoto

3. Melihat sejarah kereta Jepang di Museum Kereta Kyoto

Bangunan Museum Kereta Kyoto baru selesai dipugar dan baru dibuka untuk umum akhir april 2016. Sebelumnya, museum ini dikenal sebagai museum lokomotif uap Umekoji. Dengan perluasan areal bangunan dan koleksi, kita bisa melihat tidak hanya kereta uap Jepang di masa lampau, melainkan kereta-kereta listrik modern, dan juga kereta shinkansen. Museum Kereta Kyoto ini adalah museum kereta terbesar di Jepang, di mana ada lebih dari 53 kereta dan lokomotif yang dipajang. Ada juga diorama jalur kereta api di Kyoto, toko-toko suvenir dengan tema kereta, hingga wahana permainan dan simulasi kereta. Tempat ini amat cocok bagi yang ingin belajar mengenai teknologi perkeretaapian Jepang, dan tentu amat pas untuk mengenalkan kereta api kepada anak-anak kita.

museum kereta umekoji

Museum Kereta Kyoto

Akses ke Umekoji Park dan Kyoto Akuarium

Teman-teman bisa berjalan kaki sekitar 800 meter (15 menit) ke arah barat dari Stasiun Kyoto. Kyoto Akuarium letaknya di sisi utara taman, dan masuk dari jalan Kitsuya bashi-dori. Kalau teman-teman dari Stasiun Osaka, bisa naik kereta JR Kyoto Line selama kurang lebih 30 menit dengan ongkos 560 yen.

Tempat wisata di sekitar Stasiun Kyoto

Cheap Hotels in Kyoto [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Keihan Kyoto
1 km away
from ¥7000/night
Hotel Excellence Kyoto
1 km away
from ¥6000/night
Kyoto Plaza Hotel
1 km away
from ¥8800/night
New Miyako Hotel
1 km away
from ¥17000/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kereta Wisata Sagano
7 km away
Jalur Kereta wisata Sagano
Kuil Byodoin
12 km away
Bangunan Kuil Byodoin Kyoto
Kuil Eikando
6 km away
Suasana iluminasi malam di Kuil Eikando
Kuil Kodaiji
4 km away
Taman batu di Kuil Kodaiji Kyoto

Sumber gambar: Flickr Chris Gladis, cezzie901, Ryuichi Okumura, pelican, 4563_pic


Recommended for you


Taman buka 24 jam setiap hari. Tiket masuk akuarium Kyoto sebesar 2050 yen untuk orang dewasa dan 600 yen untuk anak-anak
Last modified: December 9, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!