Taman Wisteria Kawachi Fujien

Home / Park / Taman Wisteria Kawachi Fujien
Item image

Meskipun bunga wisteria bukanlah bunga nasional Jepang, namun catatan sejarah bunga ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Taman Wisteria Kawachi Fujien adalah taman yang didedikasikan untuk menikmati taman bunga wisteria di Kitakyushu, selatan Jepang. Kalau teman-teman tahu, di sekitaran Tokyo, ada taman bunga Ashikaga yang terkenal dengan bunga wisteria dan iluminasi bunga yang keren. Nah, sejak dibuka untuk publik di tahun 1977, Taman Kawachi seluas 3000 meter persegi ini mulai dikenal dengan terowongan bunga wisterianya yang unik. Suasana taman yang asri, aroma bunga wisteria yang melegakan, dan didukung dengan iklim sejuk Kawachi yang ada di perbukitan menambah semarak liburan saya di Taman Kawachi Fujien.

Terletak di atas perbukitan di wilayah tengah Kitakyushu, Kawachi Fujien tidak begitu populer sebagai tempat wisata di area Kyushu. Tidak pernah ada iklan, brosur wisata, atau bahkan website-website wisata terkenal. Namun, keindahan dan keunikan taman bunga wisteria di sini telah bergema luas di telinga para wisatawan. Kabar keindahan ini tersebar dari mulut ke mulut, dan kini dari blog ke blog. Tidak heran, setelah hampir 40 tahun dibuka untuk umum, Kawachi Fujien kini sedang menuai puncak ketenarannya.

indahnya taman wisteria kawachi fujien

Indahnya Taman Wisteria Kawachi  Fujien

Di Kawachi Fujien, kita bisa menikmati panorama bunga wisteria yang mekar sempurna di bagian tengah taman berbentuk lingkaran yang dikelilingi oleh beberapa jenis pohon bunga wisteria. Selanjutnya, ada 2 buah terowongan bunga wisteria sepanjang 220 meter. Bahkan di ujung terowongan, kita bisa menemukan pohon wisteria raksasa yang sudah berusia ratusan tahun. Bunga-bunga wisteria yang menjuntai sangat indah menjadi latar belakang foto kita.

terowongan bunga wisteria di taman kawachi

Terowongan bunga wisteria di Taman Kawachi

Selain di musim semi, kita juga bisa menikmati momiji di Taman Kawachi Fujien di akhir September sampai awal November. Ada sekitar 700 pohon maple yang tumbuh di sekitaran taman ini akan berubah warna dari hijau menjadi kuning, jingga, kemerahan, hingga akhirnya gugur di awal musim dingin.

Informasi Tiket Masuk

Kita dikenakan biaya tiket masuk seharga 300 yen untuk ke Taman Kawachi Fujien sepanjang tahun. Namun, pada saat peak season yakni saat wisteria bermekaran (22 April sampai 7 Mei), tiket masuknya menjadi 1000 yen.

Catatan Penting sebelum mengunjungi Kawachi Fujien

Pada musim 22 April sampai 7 Mei (bertepatan dengan liburan Golden Week), suasana Taman Kawachi akan sangat padat pengunjung yang terdiri dari penduduk lokal Kitakyushu dan Hakata Fukuoka, termasuk juga para wisatawan. Kita tidak bisa masuk tanpa reservasi tiket terlebih dahulu. Bagi teman-teman yang berencana mengunjungi Kawachi Fujien, bisa membeli tiketnya secara online.

Saran dari Tim Info Jepang, sebaiknya teman-teman sudah tiba di sini pagi-pagi sebelum suasana taman menjadi padat di mana kita sudah tidak bebas untuk berfoto-foto lagi. Caranya adalah dengan menginap di Hakata Fukuoka atau di Mojiko-Retro sebelumnya, lalu tinggal naik kereta ke Stasiun Yahata.

Akses ke Taman Wisteria Kawachi Fujien

Dari Stasiun Yahata, kita bisa naik bus nomor 56 dan turun di halte Sekolah Dasar Kawachi Kawachi Shogakko-Mae) selama 20 menit, dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 15 menit naik bukit sampai Taman Kawachi Fujien (melalui Ajisa-no-yu Onsen). Busnya tersedia 2 keberangkatan setiap jamnya, mulai dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore.

bus dari stasiun yahata ke taman kawachi

Bus dari Stasiun Yahata ke Taman Kawachi

Akses menuju Kawachi Fujien

Kawachi termasuk kota kecil di Pulau Kyushu, yang terletak di antara Stasiun Kokura dan Stasiun Hakata. Namun, Kawachi jauh lebih dekat dicapai dari Stasiun Kokura. Dari Stasiun Kokura, teman-teman bisa naik kereta lokal JR Kagoshima Line sampai Stasiun Yahata. Lama perjalanannya sekitar 15 menit dengan ongkos 280 yen.

Akses ke Kokura

1. DARI TOKYO

Setiap harinya, ada belasan jadwal penerbangan yang melayani rute dari Bandara Haneda menuju Bandara Kitakyushu. Teman-teman bisa naik maskapai ANA, JAL, dan Starflyer. Lama perjalanan sekitar 100 menit. Untuk harga tiketnya, ANA atau JAL biasanya mulai dari 44.000 yen, atau sekitar 25.000 yen untuk diskon penerbangan murah khusus wisatawan. Untuk maskapai Starflyer tiketnya mulai dari 13.000 yen. Setibanya di Bandara Kitakyushu, kita bisa naik bus selama 40 menit dengan ongkos 620 yen sampai ke Stasiun Kokura.

Kalau tidak mau naik pesawat, teman-teman bisa naik kereta Shinkansen. Kereta Shinkansen Nozomi menghubungkan langsung Stasiun Tokyo dan Stasiun Kokura selama 4 jam 40 menit. Ongkosnya 21.170 yen. Namun, kereta Nozomi ini tidak tercover oleh JR Pass. Teman-teman bisa naik kereta Shinkansen Hikari sampai Shin-Osaka kemudian berpindah ke kereta Shinkansen Sakura sampai ke Stasiun Kokura. Lama perjalanannya sekitar 5,5 jam namun tercover sepenuhnya dengan JR Pass.

2. DARI KYOTO/OSAKA

Kita bisa naik kereta Shinkansen Sakura dari Stasiun Shin-Osaka sampai Stasiun Kokura. Harga tiketnya 13.620 yen dengan lama perjalanan 2,5 jam. Kalau dari Stasiun Kyoto, teman-teman bisa naik kereta JR Special Rapid selama 25 menit dahulu ke Stasiun Shin-Osaka, baru naik kereta yang sama.

Satu lagi transportasi yang bisa dicoba adalah dengan naik bus malam, baik dari Kyoto maupun Osaka. Busnya biasanya sama, berangkat dari Kyoto dan berhenti di Osaka untuk kemudian lanjut ke Kokura. Lama perjalanannya sekitar 9 jam dengan ongkos mulai dari 9.500 yen (tergantung dari jenis dan fasilitas bus).

Recommended Hotel near Kitakyushu [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

APA Hotel Kokura Ekimae
11 km away
APA Hotel Kokura Ekimae
from ‎¥5754/night
Hotel Route-Inn Mojiko
19 km away
Hotel Route-Inn Mojiko
from ‎¥7200/night
Hotel Port Moji
21 km away
Hotel Port Moji
from ‎¥5700/night
Premier Hotel Mojiko
20 km away
Premier Hotel Mojiko
from ‎¥7560/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Canal City Hakata
44 km away
Air mancur di Canal City Hakata
Taman Ohori Fukuoka
47 km away
Paviliun di tengah kolam Taman Ohori
Fukuoka Tower
49 km away
Pergi ke Fukuoka Tower
Uminonakamichi Seaside Pa
44 km away
Pohon-pohon bunga sakura di Uminonakamichi Seaside Park

Sumber gambar: Dokumentasi Pribadi Tim Info Jepang


Recommended for you


Last modified: February 17, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!