Taman Ashikaga

Home / Park / Taman Ashikaga
Item image

Taman Ashikaga adalah taman bunga wisteria atau bunga fuji dalam bahasa Jepang, salah satu bunga paling terkenal di Jepang selain bunga sakura. Menurut websitenya, Taman Ashikaga yang terletak di Tochigi ini adalah taman bunga wisteria terindah di dunia! Di taman ini kita bisa melihat bunga wisteria dengan warna merah jambu, ungu, dan kuning, paduan warna yang sangat menarik di hamparan dedaunan berwarna hijau. Selain bunga wisteria, Taman Ashikaga juga memiliki 8 taman lainnya yang berbunga tiap musim berganti, menjadikan taman ini selalu menarik dikunjungi sepanjang tahun. Tim Info Jepang sudah merangkum kegiatan-kegiatan seru yang bisa dilakukan waktu mengunjungi Taman Ashikaga ini.

Kegiatan Seru di Taman Ashikaga

1. Melihat bunga-bunga yang menawan

Tidak perlu diragukan lagi! Taman seluas 9 hektar ini sudah berhasil mempesona jutaan wisatawan dengan keindahan bunga wisteria 3 warnanya. Orang-orang biasanya akan mulai ramai berdatangan saat awal bulan Mei, melihat bunga-bunga sakura, tulip, crocus yang mungil yang mulai mekar. Teman-teman perlu bersiap-siap karena taman ini akan sangat ramai saat puncak musim bunga sakura! Spring Festival atau festival bunga musim semi berlangsung pada 2 Maret hingga 8 April 2018.

Piramid bunga di Taman Ashikaga

Piramid bunga di Taman Ashikaga

Tapi tidak hanya bunga sakura, ada banyak bunga lainnya yang akan mekar sepanjang tahun. Kita bisa melihat bunga musim panas seperti wisteria, azalea, bunga peony, mawar, dan banyak jenis teratai, lalu bunga musim gugur seperti bunga lantana, pansy, bunga maple dan momiji dan juga musim dingin dengan iluminasi lampu yang indah. Festival bunga mawar di Rainbow Garden berlangsung dari bulan April hingga bulan Mei.

Kita bisa melihat arch (gapura), air mancur, terowongan, piramida yang dibentuk dari bunga-bunga wisteria, pengalaman baru melihat keindahan bunga dengan sejarah panjang di Jepang ini. Ada juga jembatan dan sungai-sungai di dalam taman, yang memberikan efek segar dan sejuk bagi seisi taman.

Terowongan bunga di Taman Ashikaga

Terowongan bunga di Taman Ashikaga

2. Membeli oleh-oleh dan bibit bunga

Di Taman Ashikaga ada juga stand-stand jualan yang menjual makanan, minuman, dan juga oleh-oleh khas Tochigi. Kita bisa membelinya sebelum perjalanan pulang kembali ke Tokyo. Selain itu, jika berminat kita juga bisa membeli bibit bunga untuk ditanam di rumah? Bagaimana berminat?

3. Melihat iluminasi musim dingin Flower Fantasy

Di musim dingin, Taman Ashikaga juga tetap ramai dikunjungi karena ada iluminasi/ set pencahayaan lampu yang menerangi bunga-bunga, menciptakan suasana yang sama sekali berbeda! Kita bisa melihat bunga wisteria yang bercahaya di seluruh taman! Lampu-lampu juga diset untuk menghiasi jalan setapal, pagar-pagar di sekeliling halaman, dan juga objek-objek kesenian dalam ukuran raksasa. Dijamin tidak bakal rugi datang ke taman ini. Iluminasi musim dingin bisa kita saksikan dari minggu terakhir Oktober sampai minggu pertama bulan Februari setiap tahunnya.

4. Lihat Festival Great Wisteria

Festival Great Wisteria diadakan di Taman Ashikaga saat bunga-bunga wisteria mekar sempurna. Festival biasanya diadakan pada pertengahan bulan April sampai bulan Mei. Pada tahun 2019 ini, berdasarkan informasi yang Tim Info Jepang dapatkan, Festival Great Wisteria akan diadakan pada tanggal 13 April 2019 sampai 19 Mei 2019. Sementara itu, iluminasi wisteria dengan lampu-lampu yang keren akan dimulai dari tanggal 20 April 2019 sampai 12 Mei 2019 (1 minggu sebelum Festival berakhir). Tim Info Jepang menyarankan untuk datang ke sini sekalian saja pada saat iluminasi supaya bisa melihat keindahan iluminasi bunga yang tidak ada duanya di tempat lain. Festival berlangsung dari saat matahari terbenam, sekitar pukul 17.30-21.00, dengan biaya masuk 600-1.400 yen untuk dewasa, dan 300-700 yen untuk anak-anak (biaya bergantung dengan keadaan bunga).

Terowongan bunga saat iluminasi musim dingin

Terowongan bunga wisteria saat iluminasi musim dingin di Ashikaga

Akses dan Informasi Taman Ashikaga

Taman Ashikaga di Tochigi bisa diakses menggunakan kereta JR Utsunomiya (Kereta Lokal), JR Shonan Shinjuku (Ekspress) dari Tokyo Station atau Shinjuku Station sampai ke Oyama Station. Lalu berpindah ke jalur kereta JR Ryomo dan turun di Ashikaga Flower Park Station, satu stasiun sebelum Ashikaga (ingat jangan turun di Ashikaga Station). Taman bisa ditempuh dengan berjalan kaki kurang lebih 3 menit dari stasiun. Jika naik Shinkansen dari Tokyo Station sampai Oyama Station perlu sekitar 4.000 yen dalam 70 menit atau 1.940 yen bila naik kereta biasa (Shonan Shinjuku Line) dalam 110 menit. Semua transportasi ke Taman Ashikaga tercover dengan Tokyo Wide Pass atau JRPass.

Kita juga bisa naik jalur kereta Tobu Isesaki Line dari Asakusa Station sampai ke Ashikaga-shi Station. Bila naik kereta ekspress “Ryomo Limited Express” durasinya 70 menit dengan ongkos 2.000 yen, dan bila naik kereta biasa ongkosnya 970 yen dengan jarak tempuh sekitar 2 jam. Dari Stasiun Ashikaga-shi, kita bisa naik bis shuttle (hanya tersedia di akhir pekan/ hari libur, dan pada musim selain musim dingin, dengan ongkos 300 yen). Atau bisa dengan naik taksi selama kurang lebih 10 menit dengan ongkos sekitar 2.500-3.000 yen.

Biaya masuk dan jam buka Taman

Taman Ashikaga buka sepanjang tahun kecuali pada hari Rabu dan Kamis ketiga bulan Februari dan tanggal 31 Desember. Sementara itu, biaya masuknya selain berbeda sepanjang tahun, juga bervariasi sesuai keadaan mekarnya bunga.

  1. Bulan Maret hingga tengah April buka jam 9.00 – 18.00 dengan biaya masuk 300-1.200 yen untuk dewasa dan anak-anak setengahnya.
  2. Pertengahan April hingga akhir Mei buka jam 9.00 – 18.00 dengan biaya masuk 900-1.700 yen untuk dewasa dan anak-anak setengahnya. Sementara itu, untuk tiket malam harinya (saat iluminasi wisteria dalam Festival Great Wisteria) tiketnya 600-1.400 yen untuk dewasa dan anak-anak setengahnya.
  3. Mei hingga akhir Juni buka jam 9.00 – 18.00 dengan biaya masuk 500-1.200 yen untuk dewasa dan anak-anak setengahnya.
  4. Juli sampai Februari buka jam 10.00 – 17.00 dengan biaya masuk 300-700 yen untuk dewasa dan anak-anak setengahnya.
  5. Iluminasi musim dingin dari jam 15:30 – 21:00 (awal Desember sampai Februari).

Cheap Hotels near Ashikaga Park [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Select Inn Sano-Eki
5 km away
from ¥6925/night
Hotel Route-Inn Ashikaga
6 km away
from ¥7550/night
Hotel Route-Inn Ashikaga-
7 km away
from ¥6412/night
Hotel Route-Inn Sanofujio
7 km away
from ¥7029/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kinugawa Onsen
56 km away
Suasana Kinugawa Line Kudari
Kereta Wisata Watarase
22 km away
Musim semi di jalur Kereta Wisata Watarase
Danau Chuzenji
47 km away
Pemandangan musim gugur di Lake Chuzenji Tochigi
Tobu World Square
57 km away
Info Wisata di Nikko ke Tobu World Square

Sumber gambar: Flickr Manish PrabhuneHetarllen MumrikenHetarllen MumrikenManish Prabhune


Recommended for you


Last modified: May 28, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Ryan Aries
2016-10-23 13:48:11
Menarik sekali untuk wisata malam. Terima kasih rekomennya! ;)

Close Comments

Comments (61)

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk iluminasi musim dingin, sudah berakhir di awal februari pak.

  1. Selamat pagi Pak. Kalau mau ke ashikaga di awal bulan juni 2019,

    1. apakah bunganya masih ada yang mekar? Bunga apa ya?

    2. Kereta paling akhir dari ashikaga ke tokyo jam brp ya?

    Mohon info dan sarannya Pak. Terima kasih sebelumnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Ada bunga hydragea yang mekar sampai akhir Juni. Kereta terakhir dari Ashikaga Flower Park Station berangkat pukul 21.47 bu.
      Salam

  2. Malam Pak, kalau saya bayar tiket ashikaga Siang Hari, apakah bisa lanjut lihat iluminasinya di Malam Hari, atau harus beli tiket lagi? Kalau pakai shinkasen dari Tokyo, turun di station mana? Dari stasiun Naik apa lagi ke ashikaga parknya?

    • Nugroho Christian  |  

      Pertengahan April hingga akhir Mei buka jam 9.00 – 18.00 dengan biaya masuk 900-1.700 yen untuk dewasa dan anak-anak setengahnya. Sementara itu, untuk tiket malam harinya (saat iluminasi wisteria dalam Festival Great Wisteria) tiketnya 600-1.400 yen untuk dewasa dan anak-anak setengahnya. Jadi ada 2 tiket bu. Salam.

  3. Malam p Nug, saya mau tanya kalau ke taman Ashikaga tercover dengan Tokyo Wide Pass, apakah juga tercover dengan JR Pass (7 hari) ?

  4. Selamat pagi pak, jika saya punya itinerary
    Tokyo – kanazawa -shirakawago – gn.tateyama – tokyo (ashikaga flower park).
    Apakah sy harus memakai JR PASS? Atau membeli tokyo osaka hokuriku arch pass + suica card? Mana kah yg lebih hemat? Atau adakah option lain yg lbh hemat? Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Beda bu, kalau mau ke Ashikaga Flower Park, ibu mesti naik kereta Tohoku Shinkansen ke Oyama, lalu naik kereta Ryomo Line. Sementara Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass ini hanya mengcover ongkos kereta Hokuriku Shinkansen saja. Salam.

    • Pagi pak nugroho, kalau begitu saya harus beli JR PASS ya pak? Atau tetap beli Tokyo Osaka Hokuriku Arch Pass+Suica card(utk mengcover ke ashikaga).
      Atau adakah option lain yg lebuh hemat? Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau naik kereta ekspress tiket PP nya ke Taman Ashikaga sudah 8.000 yen (sudah balik modal jika membeli JR Pass ketimbang Tokyo Osaka Hokuriku Pass). Salam.

  5. siang mas, kalau ke Ashikaga Flower park, apakah Tokyo Wide pass bisa di gunakanan sampai dengan stasiun terakhir nya apa ya ?

  6. siang pak nugroho, jika saya inginnke nikko dan ke taman ini juga pd hari yg sama apakah bisa ? saya menggunakan tokyo wide pass.. trims

    • Nugroho Christian  |  

      Secara teori bisa saja pak, namun perjalanan dari Nikko ke Taman Ashikaga sudah memakan waktu paling cepat 2 jam 40 menit (harus kembali dahulu ke Stasiun Utsunomiya). Salam.

  7. Malam Pak Nug, apakah ticket Tokyo Wide Pass bisa mengcover kereta lokal & ekspress ke Taman Ashikaga? Kereta lokal & ekspress tidak termasuk kereta swasta kah? Saya mau lihat suasana taman saat terang & gelap (illumination), baiknya saya disana mulai sore – malam hari?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kalau ibu memperhatikan artikel di atas, Tim Info Jepang menuliskan dengan detail rute perjalanan dengan jalur kereta JR dan dengan kereta swasta. Kalau kereta JR, semua transportasi ke Taman Ashikaga tercover dengan Tokyo Wide Pass.

  8. sore pak
    kalau saya mau ke daerah nikko, fuji, hakone, hitachi sea side park, festival great wisteria, shirakawa gokayama selama 10 hr . JR pass tipe apa yah lbh menguntungkan?? terimakasih salam

    • Nugroho Christian  |  

      Silahkan beli JR Pass reguler saja Giselle yang harganya 29.110 yen. Salam

    • calista  |  

      pak nugroho .. untuk kereta yg mewajibkan reservasi seat seperti Narita ekspress dan shinkansen lainnya, apa harus reservasi sehari sebelumnya?? boleh tidak kita reservasi kursi sesaat sebelum kita mau berangkat?? karena takutnya sudah reservasi ternyata jam nya gak keburu karena proses imigrasi bagasi dll .. makasih

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau mau sesaat sebelumnya ada kemungkinan tidak mendapat tempat duduk karena kursi reserved nya sudah habis, sehingga dialihkan ke kereta berikutnya. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!