Air Terjun Kegon

Home / Nature / Air Terjun Kegon
Item image

Kalau teman-teman pergi ke Nikko, jangan lupa untuk mengunjungi Danau Chuzenji dan Air terjun Kegon. Air terjun Kegon ini berada di sebelah timur Danau Chuzenji, dan merupakan air terjun tertinggi di Jepang. Tingginya mencapai 97 meter dan lebar sekitar 7 meter dengan sumber air Danau Chuzenji. Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di Air Terjun Kegon? Simak laporan Tim Info Jepang berikut.

Untuk dapat mencapai Air terjun Kegon, teman-teman bisa naik bus kemudian turun di halte bus Taki no Iriguchi, kemudian jalan menuju ke arah dek observasi. Di sini kita bisa melihat Air terjun Kegon dari sisi bawah, seperti yang terlihat di foto di samping. Nah, kalau teman-teman mau coba uji nyali dikit, bisa lanjut masuk ke dalam terowongan untuk menuju ke arah elevator yang akan membawa ke ketinggian 100 meter. Ada 2 elevator dan elevatornya cukup besar berkapasitas 30 orang. Elevator ini akan membawa teman-teman ke atas dalam waktu 1 menit. Sampai di atas, kita bisa melihat Danau Chuzenji dan Air Terjun Kegon secara bersamaan.

Air terjun Kegon atau Kegon no taki setinggi hampir 100 meter masuk dalam jajaran air terjun terindah di Jepang. Ada dua tempat untuk menikmati keindahan air terjun ini, pertama yang berada di bawah (bisa dicapai dari jalan utama menuju danau). Dan yang kedua dari atas air terjun, yang bisa dicapai dengan naik elevator. Layanan elevator ini beroperasi dari jam 08.00-17.00 dengan biaya tiket sebesar 550 yen untuk dewasa dan 330 yen untuk anak-anak. Kita dapat melihat keindahan air terjun ini dari dekat. Dari dasar air terjun, kita bisa merasakan “percikan dan bunyi gemuruh” air terjun. Jelas saja air terjun ini bergemuruh, sebab Air terjun Kegon adalah satu-satunya pintu keluar air Danau Chuzenji.

Tangga turun dari Air Terjun Kegon

Tangga turun dari Air Terjun

Pintu masuk elevator ke Air Terjun Kegon

Pintu masuk elevator ke Air Terjun

Pengalaman Pergi ke Air Terjun Kegon

Waktu yang paling baik menurut Tim Info Jepang adalah awal hingga pertengahan bulan Mei. Itu karena kita bisa menyaksikan pemandangan bunga sakura yang langka. Bunga sakura mekarnya agak telat dibandingkan dengan Tokyo, Kyoto, atau Osaka di sekitaran bulan Maret dan April. Bunga sakura mekar agak terlambat karena memang lokasi air terjun yang berada di ketinggian, sehingga suhu udaranya lebih sejuk dan menghambat bunga sakura yang mekar. Air Terjun Kegon cocok sekali dikunjungi buat teman-teman yang ingin pergi ke Tateyama Kurobe Alpine Route namun tetap ingin melihat bunga sakura. Di musim panas, sekitar bulan Juni dan Juli teman-teman bisa melihat pelangi yang muncul akibat pancuran dan cipratan air terjun. Di musim gugur, sekitar bulan Oktober teman-teman bisa melihat pemandangan musim gugur dan pohon-pohonan yang berubah warna. Oh ya, curah air terjun juga paling banyak dan deras di musim gugur. Ini karena Danau Chuzenji yang menampung banyak air hujan selama musim panas/ musim penghujan. Teman-teman yang pergi saat musim dingin, bisa melihat pemandangan salju putih dan air terjun yang membeku. Suatu pemandangan yang unik dan hanya ada di musim dingin. Tapi harus siap-siap jaket tebal untuk melawan suhu udara yang jatuh di musim dingin.

Air Terjun Kegon dan Danau Chuzenji

Pemandangan Air Terjun dan Danau Chuzenji

Akses menuju Nikko

Dari Bandara Narita atau Bandara Haneda, kita bisa naik kereta menuju Stasiun Asakusa atau Stasiun Shinjuku. Dari Stasiun Asakusa, kita bisa naik kereta Tobu Skytree Line sampai Stasiun Tobu-Nikko melalui Stasiun Shimo-Imaichi. Lama perjalanan sekitar 140-160 menit dengan ongkos 1.360 yen. Selain itu, tersedia juga kereta Ekspress Tobu Kinu dari Stasiun Asakusa sampai Stasiun Tobu-Nikko selama 2 jam dengan ongkos 2.800 yen. JR Pass tidak dapat digunakan untuk naik kereta Tobu. Namun, jika teman-teman punya Tokyo Wide Pass, East Nagano-Niigata Pass, East Tohoku Area Pass, dan East-South Hokkaido Pass bisa digunakan untuk perjalanan ke Nikko. Baca juga: Tipe-Tipe Japan Rail Pass.

Kalaupun terpaksa hanya dengan JR Pass, teman-teman bisa naik kereta Shinkansen Yamabiko sampai Stasiun Utsunomiya, lalu dilanjutkan dengan kereta lokal Nikko sampai Stasiun Nikko. Dari stasiun Nikko bisa naik Tobu Bus menuju ke Chuzenji Onsen atau Taki no Iriguchi.

Cheap Hotels near Danau Chuzenji Nikko [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Nikko Station Hotel Class
11 km away
Nikko Station Hotel Classic
from ¥4800/night
Nikko Guesthouse Sumica
11 km away
Nikko Guesthouse Sumica
from ¥2961/night
Hotel Natural Garden Nikk
7 km away
Hotel Natural Garden Nikko
from ¥3574/night
Nikkosan BackPackers Inn
10 km away
Nikkosan BackPackers Inn
from ¥3983/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kereta Wisata Watarase
40 km away
Musim semi di jalur Kereta Wisata Watarase
Tobu World Square
20 km away
Info Wisata di Nikko ke Tobu World Square
Kuil Rinnoji
9 km away
Jembatan Shinkyo menuju ke Kuil Rinnoji di Nikko
Taman Ashikaga
47 km away
Bunga Wisteria di Taman Ashikaga

Sumber gambar: Flickr KzaralKentaro OhnoSaul AderethGuilhem Vellut


Recommended for you


Last modified: July 14, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!