Kinugawa Onsen

Home / Hot Spring / Kinugawa Onsen
Item image

Seperti Hakone, Nikko di Tochigi adalah kawasan wisata alam pegunungan yang cukup dekat dengan Tokyo. Kalau Hakone ada di sisi barat Tokyo, Nikko ada di sisi utara Tokyo dan dapat dicapai dengan naik kereta selama 2 jam saja. Selain terkenal dengan resort ski-nya yang terkenal di musim dingin, Nikko juga dikenal dengan pemandangan alam pegunungan dan pemandian air panas. Kinugawa Onsen adalah kompleks resort pemandian air panas yang terletak di pusat kota Nikko. Nama Kinugawa diambil karena onsen atau pemandian air panas ini terletak di tepi sungai Kinugawa. Kalau teman-teman berencana mengunjungi Tobu World Square atau Nikko Edomura, jangan lewatkan juga pengalaman berendam di pemandian air panas di sini.

Sungai Kinugawa membelah kota Nikko di sisi utara. Kondisi air sungai dan alam sekitar yang masih terjaga jadi salah satu alasan mengapa sungai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Saya pun sempat mengabadikan momen sebelum bermain di sungai ini bersama dengan teman-teman di pertengahan September 2016 kemarin.

Mayoritas pemandian air panas (onsen) yang ada di Kinugawa berada di dalam hotel atau ryokan, diberikan gratis sebagai fasilitas bagi pengunjung yang menginap di hotel atau ryokan tersebut. Nah, harga menginap di ryokan atau hotel yang punya fasilitas onsen biasanya cukup mahal, mulai dari 17.000 yen per malamnya. Wah…bisa gak jadi nyoba berendam di pemandian air panas dong…

Tapi tenang, Tim Info Jepang punya solusinya. Buat teman-teman yang ingin mencoba berendam di pemandian air panas (onsen) dengan biaya murah, bisa mengunjungi onsen umum (dibuka bagi pengunjung umum) tanpa harus menginap atau melakukan reservasi kamar di sini. Berikut adalah kegiatan seru yang bisa dilakukan di Kinugawa Onsen.

1. Mencoba Pemandian Air Panas Yudokoro Suzukaze

Yudokoro Suzukaze punya pemandian umum luar ruangan dengan pemandangan pepohonan dan sungai Kinugawa secara langsung. Selesai berendam dan berelaksasi, ada restoran dengan menu-menu tradisional Jepang yang bisa kita coba sebelum melanjutkan perjalanan ke Nikko Edomura atau Tobu World Square.

Yudokoro Suzukaze buka dari jam 12.00-20.00 (khusus untuk akhir pekan atau hari libur, buka lebih cepat dari jam 10.00). Oiya, setiap hari rabu, onsen ini tutup. Untuk harganya, mulai dari 500 yen untuk anak-anak dan 900 yen untuk orang dewasa. Alamat: Nikko, Tochigi Prefecture Kosagoe 19-5, dan bisa dicapai dengan 10 menit berjalan kaki dari Stasiun Kosagoe. Website Suzukaze bisa dilihat di halaman berikut (bahasa Jepang).

Pemandangan Kinugawa Onsen di musim dingin

Pemandangan Kinugawa Onsen di musim dingin

2. Menyaksikan Pemandangan terindah Kinugawa Onsen Koen Iwaburo

Pemandian air panas Iwaburo disebut-sebut sebagai pemandian air panas dengan view atau pemandangan terbaik di Kinugawa. Selain dikelilingi oleh pepohonan alami dan bukit hijau, udara di sini juga terasa begitu menyegarkan. Kinugawa Onsen Koen Iwaburo buka dari jam 10.00-21.30 dan tutup setiap hari selasa. Untuk harganya cukup murah yakni 510 yen untuk 12 tahun ke atas, 250 yen untuk 12 tahun ke bawah. Alamat: 19 Fujiwara, Nikko-shi, Tochigi, yang terletak tidak jauh dari Stasiun Kinugawa Koen. Informasi lebih lanjut mengenai Onsen Iwaburo bisa dibaca di halaman berikut (bahasa Jepang).

3. Mencoba pemandian air panas untuk kaki

Bagi yang tidak terbiasa untuk berendam di air panas, mungkin bisa mencoba ashiburo atau pemandian air panas untuk kaki yang tersebar di seluruh wilayah Kinugawa Onsen.

4. Naik sampan menyusuri Tebing Kinugawa Onsen

Rasanya kurang lengkap kalau hanya melihat keindahan alam dari atas, dan belum mencoba naik sampan menyusuri Tebing Kinugawa Onsen. Nama tur ini adalah Kinugawa Line Kudari, tur dengan menggunakan perahu di mana kita bisa melihat keindahan tebing dari atas perahu. Tur ini memiliki sejarah yang sangat panjang, dimulai dari tahun 1930 saat penumpang diantarkan menyusuri sungai Kinugawa dengan naik sampan. Waktu itu ongkosnya adalah 30 sen Jepang (bandingkan dengan harga sekarung 60 kilogram beras 6 yen). Tur menyusuri sungai dan Tebing Kinugawa terus berlangsung hingga kini seiring dengan kepopuleran daerah Kinugawa Onsen sebagai tujuan wisata penduduk Jepang.

Perahu akan menyusuri sungai Kinugawa dari dekat hulu sungai Kinugawa selama kurang lebih 40 menit sampai ke pelabuhan dekat Shin Takatoku Station. Musim gugur menjadi puncak keramaian di sini karena kita bisa menyaksikan pemandangan indah momiji di tebing-tebing setinggi 40-100 meter di pinggir sungai dari atas perahu. Di musim dingin, kita bisa melihat pemandangan salju putih di sepanjang sungai Kinugawa, pemandangan yang hanya bisa dilihat di tempat ini.

Tenang saja, di musim dingin tersedia pemanas di atas perahu. Selain itu, ada pemandu berpengalaman yang mendayung perahu, masing-masing penumpang juga diberikan jaket pelampung untuk keadaan darurat. Dari pemberhentian terakhir, kita bisa sedikit berjalan kaki ke arah jalan raya, dan kemudian naik bus mini yang akan mengantarkan kembali ke pelabuhan awal yakni dekat Kinugawa Onsen Station. Tur sungai Kinugawa ini berlangsung sepanjang dari bulan April hingga bulan November, saat permukaan air sungai Kinugawa meninggi. Tur dimulai jam 09.00, 09.35, 10.10, 10.45, 11.20, 11.55, 12.50, 13.25, 14.00, 14.35, 15.10, 15.45. Biayanya adalah 2.700 yen untuk dewasa dan 1.350 yen untuk anak-anak. Dan khusus di hari kerja ada potongan harga 50% bila berangkat pada jam 15.45 (jadwal keberangkatan terakhir). Informasi lebih lengkap bisa dibaca di halaman tur Kinugawa Line Kudari berikut.

Start Kinugawa Line Kudari di Kinugawa Onsen

Start Kinugawa Line Kudari di Kinugawa Onsen

Akses menuju Kinugawa Onsen

Dari Bandara Narita atau Bandara Haneda, kita bisa naik kereta menuju Stasiun Asakusa atau Stasiun Shinjuku. Dari Stasiun Asakusa, kita bisa naik kereta Tobu Skytree Line sampai Stasiun Kinugawa Onsen melalui Stasiun Shimo-Imaichi. Lama perjalanan sekitar 140-160 menit dengan ongkos 1.550 yen. Selain itu, tersedia juga kereta Ekspress Tobu Kinu dari Stasiun Asakusa sampai Stasiun Kinugawa Onsen selama 2 jam dengan ongkos 2.890 yen. Kereta Tobu ini tercover oleh Tokyo Wide Pass.

Selain itu, jika dari Stasiun Shinjuku bisa naik kereta JR Yamanote Line sampai Stasiun Nippori. Lalu berpindah ke kereta JR Joban Line sampai Stasiun Kita-Senju. Lama perjalanan total sekitar 30 menit dengan ongkos tiket 310 yen. Dari Stasiun Kita-Senju, tersedia kereta Ekspress Tobu Kinu sampai Stasiun Kinugawa Onsen selama 110 menit dengan ongkos 2.700 yen.

Ada juga bus langsung dari Tokyo Station. Keberangkatan pukul 07.50 dari terminal bus Tokyo Station Yaesu Exit, tiba di Kinugawa Onsen Station pukul 11.15. Ongkosnya 2500 yen. Perjalanan pulang bisa juga dengan bus, berangkat pukul 15.30 dari Kinugawa Onsen Station dan tiba pukul 19.00 di Tokyo Station Nihombashi Exit.

Cheap Hotels near Kinugawa Onsen [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Sudomari Hotel Roman Tsut
4 km away
from ¥6515/night
Kashobou Fukumatsu
4 km away
from ¥6929/night
Hotel New Ohruri
3 km away
from ¥7963/night
Kinugawa Park Hotels
3 km away
from ¥9618/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Kereta Wisata Watarase
56 km away
Musim semi di jalur Kereta Wisata Watarase
Kinugawa Onsen
0 km away
Suasana Kinugawa Line Kudari
Danau Yunoko
25 km away
Pemandangan Danau Yunoko di Nikko
Danau Chuzenji
21 km away
Pemandangan musim gugur di Lake Chuzenji Tochigi

Sumber gambar: Flickr Bougvla, kumakumahiroshi atakaoko tono


Recommended for you


Last modified: February 18, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (24)

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat siang Ibu. Kereta menuju ke masing-masing kota tersebut ada yang non reserved kok bu, ibu bisa langsung naik tanpa perlu melakukan reservasi, cukup tunjukkan JR Tokyo Wide Pass nya. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi ibu. Ibu bisa naik Tobu Nikko Line sampai ke Shimo Imaichi Station, kemudian naik Tobu Kinugawa Line sampai ke Kinugawa Koen Station.
      Dari Kinugawa Koen Station, tinggal jalan kaki menuju ke Kinugawa Onsen Koen Iwaburo. Salam

  1. Pagi pak saya nanya lg ya.
    1. Kalau rute hr 1 doraemon, yokohama ramen, tokyo tower, rute hr 2 tokyo disney, shinjuku, rute hr 3 edo nikko, tobu world square, shibuya, apakah dgn tokyo wide pass menguntungkan?
    2. Dgn tokyo wide pass rute kreta dr doraemon ke yokohama ramen bgmn? Dr yokohama ramen ke tokyo tower rute bgmn?
    3. Dgn tokyo wide pass ke st kinugawa bisa pake kreta express spacia tp jadwalnya jam 10 pagi, kok kurang pagi ya. Spy keburu sy naik kreta apa? Spy bisa sekaligus bisa ke tobu world square dan edo nikkho. Bisa tolong kasi runtutannya dr st shinjuku ke tws kmudian ke edo yg jam nya keburu utk menjelajah 2 tmpt itu sampe dgn pulang ke st shinjuku
    Terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Kalau rutenya seperti itu rasanya JR Tokyo Wide Pass akan sulit balik modal. Pertama, seperti yang ibu bilang, kalau ingin bisa mengunjungi edo nikko, tobu world square maka harus pergi pagi-pagi. Kereta ekspress tidak ada pagi-pagi, harus naik kereta biasa. Kereta biasa ongkosnya tidak terlalu mahal seperti kereta ekspress. Jadi bakalan sulit balik modal kalau menggunakan JR Tokyo Wide Pass.
      Untuk perjalanan dari Museum Doraemon, ibu bisa naik kereta Odakyu Line sampai ke Machida Station (ongkosnya 250 yen tidak tercover JR Tokyo Wide Pass), kemudian naik JR Yokohama Line sampai ke Shin Yokohama Station untuk menuju ke Ramen Museum.
      Ibu bisa naik kereta JR Yamanote Line sampai ke Ueno (berangkat jam 05.02 pagi), kemudian lanjut naik JR Utsunomiya Line sampai ke Utsunomiya, lalu naik JR Nikko Line, kemudian naik Tobu Kinugawa Line sampai ke Kinugawa Onsen via Shimo Imaichi. Sampai di Kinugawa Onsen sekitar pukul 09.49. Pulangnya bisa melewati rute yang sama. Salam

  2. salam pak nugroho ..
    saya ingin bertanya jika saya hanya ingin ke jembatan shinkyo, mencoba onsen dan menaikin sampan sepanjang sungai kinugawa, apakah worth it kalau memakai pass2 yg terdapat di nikko ?
    agar perjalanan saya efektif, bagaimana urutan tempat yg saya datangi ?
    dan untuk onsen, apakah onsenya itu harus tanpa busana sama sekali ? atau ada onsen yg memperbolehkan memakai baju renang saat berendam ? terimakasih salam ..

  3. Sherin Shanetta  |  

    Selamat malam pak Nugroho

    Mohon informasinya, jika saya menggunakan Tokyo Wide Pass dari stasiun tokyo menuju ke kinugawa onsen melalui stasiun utsunomiya menggunakan shinkansen, lalu dari utsunomiya ke kinugawa onsen, bagaimana rutenya, jalur kereta yg harus sy pakai dan apakah sampai kinugawa onsen sdh tercover smua dng Tokyo Wide Pass ?

    Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Sherin kalau dari Utsunomiya, bisa naik JR Nikko Line sampai Stasiun Nikko, jalan kaki ke Stasiun Tobu-Nikko lalu naik kereta Tobu Nikko Line ke Shimo-Imachi, lalu naik kereta Kinugawa Line sampai Kinugawa Onsen.
      Kalau masih bisa lebih gampang kalau kamu berangkat dari Shinjuku naik Spacia Kinugawa langsung sampai ke Kinugawa Onsen. Salam.

    • Sherin Shanetta  |  

      Terima kasih pak Nugroho atas informasinya, maaf sy lupa menanyakan 1 hal, mohon informasinya ya…..saat membeli Tokyo Wide Pass, ini kita khan perlu membawa pasport. apakah setiap menaiki kereta, kita juga perlu menunjukkan pasport ?

      Terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Ya, saat melalui gerbang manual masuk ke platform, biasanya petugas akan meminta Sherin menunjukkan Tokyo Wide Pass dan juga paspor. Persiapkan saja di tas kecil (tas selempang), jadi nanti bisa lebih cepat. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Kereta langsungnya jadwalnya terbatas, hanya berangkat di pagi hari. Sementara di jam lainnya harus berpindah kereta. Salam

  4. Malam pak… ada bbrp pertanyaan..mohon infonya..
    Untuk ke Tobu world square via Kinugawa onsen st.
    1. Kalau saya wkt berangkatnya dari Shinjuku dan kembalinya ke Asakusa, ini tercover dgn Toky wide pass kah ?
    2. Atau saya berangkat dan pulang nya dari dan ke Asakusa st. Apakah ini tercover Tokyo wide pass?

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Shinjuku, Ibu bisa naik kereta ekspress Spacia langsung turun di Kinugawa Onsen Station atau naik kereta ekspress Nikko sampai Shimo Imaichi Station, lanjut naik kereta Tobu sampai ke Kinugawa Onsen Station. Semua ongkosnya tercover oleh JR Tokyo Wide Pass.
      Sewaktu kembalinya ke Asakusa, bisa naik kereta Tobu sampai Shimo Imaichi (kalau kereta lokal) atau sampai Omiya Station (kalau kereta ekspress), kemudian lanjut naik kereta lokal sampai Ueno Station. Dari Ueno Station bisa naik Tokyo Metro Ginza Line sampai ke Asakusa Station. Hanya ongkos 170 yen dari Ueno Station sampai ke Asakusa Station yang ibu harus bayar. Salam

  5. Min mau tanya :
    1. Dari Tokyo ke kawaguchiko bisa naek Shinkansen yang di cover jr wide pass?
    Karena kalo naek lwat Shinjuku via jr Chuo line, itu bukan Shinkansen kan ya? Tapi limited express train?
    2. Bagaimana cara mengecek jadwal keberangkatan kereta Shinkansen?
    Trima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Pagi Michael,
      1. Kalau mau naik shinkansen bisa naik kereta shinkansen (kodama/hikari) dan turun di Stasiun Mishima. Dilanjutkan dengan naik bus ke Kawaguchiko selama 100 menit. Cara ini lebih tidak praktis karena rute sampai Stasiun Mishima hanya tercover sampai Stasiun Atami. Untuk chuo line benar, itu kereta limited ekspress atau semi ekspress.
      2. Bisa cek langsung di Hyperdia.com, panduan menggunakannya bisa dibaca di sini.

  6. Maksudnya kelewatan itu jangan sampai ketinggalan kereta ya min? Kalo ketinggalan kereta, untuk kereta selanjutnya lama ya min? Memangnya waktu untuk pindah line keretaitu hanya sebentar ya min, biasa berpa menit?

    • Nugroho Christian  |  

      Waktu untuk pindah kereta cukup, yang perlu diperhatikan adalah waktu naik kereta dari Kinugawa.
      Sebab kereta ekspress menuju ke Shinjuku hanya berangkat beberapa kali dalam sehari. Jadi perlu dihitung benar-benar waktu berangkatnya.
      Salam

  7. Min mau tanya dari kinugawa ke kawaguchiko :
    1. Dicover penuh kan kalo pake Tokyo jr wide pass?
    2. Rute keretanya apa aja ya min?
    3. Berapa lama min?
    Makasih min..

    • Nugroho Christian  |  

      Perjalanan dari Kinugawa sampai ke Danau Kawaguchiko memerlukan waktu sekitar 5 jam.
      Bisa naik kereta ekspress Kinugawa sampai ke Shinjuku, lanjut kereta ekspress Kaiji sampai Otsuki Station, lalu Fuji Kyuko Line sampai ke Kawaguchiko Station. Usahakan naik kereta ekspress, kalau kelewatan bisa berantakan waktunya. Salam

  8. hallo, blh minta tlg dikoreksi itinerary saya (trip tgl 26 s/d 31 dec2016):

    tgl 27 dec pagi tiba di narita ,

    beli Tokyo wide pass
    ke Nikko langsung (kinugawa onsen)
    check in hotel, naik bis ke Edo wonderland (beli Tiket yg stgh hari)

    tgl 28 DEC
    keliling Nikko

    tgl 29 DEC
    Nikko ke gala yuzawa ( dgn Tokyo wide pass)

    tgl 30 DEC, museum doraemon, museum ramen, dll dgn suica

    tgl 31 DEC, keliling tokyo dan ke narita dgn suica.

    ada saran kah? mksh sblmnya

    • Nugroho Christian  |  

      Ya sudah tepat Danis mengenai penggunaan JR Tokyo Wide Passnya. Cuma perlu dihitung supaya bisa kembali ke Tokyo dari Gala Yuzawa pada malam 29 Desember.
      Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!