Kyu-Karuizawa

Home / Attraction / Kyu-Karuizawa
Item image

Karuizawa punya banyak tempat wisata seru yang bisa teman-teman kunjungi sebagai daytrip dari Tokyo. Area ini terletak di jalur Nakasendo yang dahulu menghubungkan area ibukota Jepang Tokyo dengan ibukota Shogun di Edo (kini disebut Tokyo), dua kota besar bersejarah di Jepang. Selain area Naka-Karuizawa dengan onsen dan pusat belanjanya yang menyatu dengan alam, kita juga bisa mengunjungi area Kyu-Karuizawa. Kalau teman-teman pernah mendengar Karuizawa Prince Shopping Plaza, nah letaknya ada di Kyu-Karuizawa. Selain dikenal sebagai pusat belanja, kawasan resort kota yang sangat mirip dengan Puncak Bogor atau Lembang Bandung ini punya banyak tempat wisata seru yang bisa dikunjungi. Simak perjalanan kontributor Tim Info Jepang ke Kyu-Karuizawa berikut ini.

Kegiatan Wisata di Kyu-Karuizawa

1. Berbelanja seru di Karuizawa Prince Shopping Plaza

Kawasan pusat perbelanjaan ini masuk ke dalam jajaran outlet mall terkemuka di Jepang. Ada beragam merek-merek dunia yang bisa teman-teman temukan di sini, mulai dari pakaian, aksesoris seperti jam tangan dan perhiasan, sepatu, peralatan olahraga. Desain bangunan toko di dalam pusat perbelanjaan ini sangat bagus dan cocok buat kita yang ingin merasakan pengalaman baru dalam berbelanja, dengan perpaduan area terbuka yang menyatu dengan alam. Kita juga bisa menikmati juga beragam hidangan tradisional di dalam mal Karuizawa Prince Shopping Plaza yang letaknya persis di selatan Stasiun Karuizawa. Mal ini yang buka setiap hari dari jam 10.00-20.00.

2. Merasakan belanja oleh-oleh khas Karuizawa di Karuizawa Ginza

Pusat perbelanjaan ini dikenal dengan Karuizawa Ginza karena mayoritas pedagang di sini juga berdagang di Ginza Tokyo. Kalau di Karuizawa Prince mayoritas barang yang dijual adalah barang-barang dari merek dunia, nah, di Karuizawa Ginza kita bisa berburu barang-barang atau oleh-oleh lokal. Salah satunya adalah selai aneka rasa Karuizawa yang sangat lezat. Karuizawa Ginza terletak di utara Stasiun Karuizawa, persis di seberang Gereja Katolik Santo Paulus.

Jalan Karuizawa Ginza di Kyu-Karuizawa

Jalan Karuizawa Ginza di Kyu-Karuizawa

3. Lihat Pemandangan Gunung Dek Observasi Kyu Usui

Dari Karuizawa Ginza, kita bisa lanjut berjalan kaki ke arah utara dan menyusuri jalur pendakian Kyu Usui dan melihat pemandangan pegunungan Asama yang terletak di Prefektur Gunma dan Nagano. Sepanjang jalur pendakian sejauh 5 kilometer yang dahulu masuk ke dalam rute Nakasendo, kita bisa melihat pemandangan gunung dan pepohonan yang masih asri terjaga. Di sekitar dek observasi, kita bisa mengunjungi Kuil Kumano Koutai dan juga kedai minum teh penyandang status sebagai yang tertinggi di Jepang. Jika teman-teman punya cukup waktu, bisa berangkat selepas makan siang dan mengejar pemandangan matahari terbenam yang sangat indah dari puncak Kyu Usui.

Mengunjungi Kuil Kumano Kotai Jinja saat menuju Usui Pass

Mengunjungi Kuil Kumano Kotai Jinja saat menuju Usui Pass

Untuk ke Dek Observasi Kyu Usui bisa naik bus turis bernama Karuizawa Aka Bus dari Manpei Hotel, Karuizawa Ginza. Namun sayangnya bus ini hanya beroperasi pada akhir pekan selain musim dingin, liburan Golden week, dan liburan musim panas. Ongkosnya 500 yen, atau 800 yen bila membeli tiket PP. Bisa juga naik taksi dari Karuizawa Station dengan ongkos kira-kira 2.000 yen, atau jalan kaki sekitar 30-40 menit dari Karuizawa Ginza.

4. Melihat Momiji Musim Gugur Danau Kumoba

Danau Kumoba atau Kumoba-ike ini sering disebut dengan Swan Lake atau Kolam Angsa karena ada banyak angsa yang hidup bebas di sini. Permukaan Danau Kumoba yang tenang berpadu cantik dengan pepohonan yang tumbuh di sekitarnya. Dari Stasiun Karuizawa, kita bisa mencapai area kolam ini dengan 25 menit berjalan kaki ke arah utara. Jangan lewatkan juga pemandangan musim gugur saat dedaunan pohon di sekeliling kolam ini berubah warna menjadi kemerahan. Begitu cantik dan tak terlupakan. Waktu terbaik mengunjungi Danau Kumoba adalah pada periode pertengahan Oktober sampai awal November setiap tahunnya.

Pemandangan musim gugur di Kolam Kumoba Karuizawa

Pemandangan musim gugur di Kolam Kumoba Karuizawa

Kalau ingin ke Danau Kumoba bisa jalan kaki dari Karuizawa Ginza ke arah berlawanan dari Dek Observasi Kyu Usu, sekitar 15-20 menit.

5. Menginap di Hotel Bersejarah Kyu Kyu-Mikasa

Hotel Kyu-Mikasa bisa jadi hotel biasa saja seperti hotel-hotel lainnya yang ada di Karuizawa atau di Jepang. Namun, struktur kayu berusia lebih dari 100 tahun (sejak tahun 1906) menjadikan hotel ini begitu istimewa, dan menjadi properti budaya penting Jepang. Di perjalanan menuju Hotel Kyu-Mikasa, kita juga bisa melihat deretan pohon elm Jepang berusia ratusan tahun dan juga monumen penghormatan Arishima Takeo, seorang penulis novel terkenal yang meninggal di Karuizawa.

Hotel Kyu Mikasa di Kyu-Karuizawa

Hotel Kyu Mikasa di Kyu-Karuizawa

6. Lanjut ke Kusatsu Onsen

Teman-teman juga bisa melanjutkan perjalanan ke Kusatsu Onsen dan Air Terjun Shiraito dengan bus dari Stasiun Karuizawa. Lama perjalanan sekitar 80 menit dengan ongkos 2.200 yen.

Akses ke Kyu-Karuizawa

Kyu-Karuizawa adalah daerah di sekitar Stasiun Karuizawa. Teman-teman bisa berkeliling ke tempat-tempat wisata di atas dengan berjalan kaki, naik sepeda sewaan, atau naik bus kota. Untuk penyewaan sepeda sendiri, bisa teman-teman temukan di sekitar Stasiun Karuizawa dengan biaya sewa 1.000 yen per harinya.

Karuizawa Prince Shopping Plaza bisa dicapai dengan 3-5 menit berjalan kaki dari pintu keluar selatan Stasiun Karuizawa.

Tersedia bus shuttle dari Stasiun Karuizawa sampai ke Karuizawa Ginza dengan 2 kali keberangkatan per jam. Lama perjalanannya 10 menit dengan ongkos 150 yen. Atau bisa dengan berjalan kaki selama 20-25 menit dari Stasiun Karuizawa.

Kita bisa ke Naka-Karuizawa dari Kyu-Karuizawa dengan kereta Shinano selama 4 menit dengan ongkos 230 yen.

Akses ke Karuizawa

DARI TOKYO

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik kereta JR Hokuriku Shinkansen sampai ke Stasiun Karuizawa. Lama perjalanan sekitar 70-80 menit dengan ongkos 5.500 yen, yang tercover dengan JR Pass, Tokyo-Osaka Hokuriku Arch Pass, dan juga JR Tokyo Wide Pass.

Karuizawa sangat cocok untuk teman-teman yang ingin melakukan day-trip dari Tokyo. Khusus untuk Tokyo Wide Pass seharga 10.000 yen untuk 3 hari, jika teman-teman melakukan perjalanan PP Tokyo-Karuizawa sudah balik modal, ditambah dengan kesempatan di hari kedua dan ketiga dengan Tokyo Wide Pass.

Selain itu, tersedia bus cepat dari Stasiun Ikebukuro ke Stasiun Karuizawa. Lama perjalanannya sekitar 3-3,5 jam dengan ongkos 2.600 yen.

DARI NAGANO

Dari Stasiun Nagano, ada dua pilihan kereta untuk ke Stasiun Karuizawa. Pertama dengan kereta JR Hokuriku Shinkansen selama 35 menit dengan ongkos 3.500 yen, atau dengan kereta Shinano selama 90 menit dengan ongkos 1.640 yen (tidak dapat menggunakan JR Pass).

Cheap Hotels in Karuizawa [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Karuizawa Prince Hotel We
2 km away
from ‎¥14156/night
APA Hotel Karuizawa
1 km away
from ‎¥5822/night
The Prince Villa Karuizaw
2 km away
from ‎¥30253/night
Hotel Shinonome Salon
1 km away
from ‎¥10160/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Resort Ski Karuizawa Prin
1 km away
Suasana Karuizawa Prince Snow Resort di Nagano
Danau Nakatsuna Hakuba
76 km away
Sakura dan salju di Danau Nakatsuna Hakuba
Kastil Ueda
35 km away
Pintu gerbang Kastil Ueda
Resort Ski Fujimi Panoram
62 km away
Ayuk ke Resort Ski Fujimi Panorama

Sumber gambar: Flickr Yusuke Kawasaki, Dal LuJun Takeuchi, Rosewoman


Recommended for you


Last modified: January 8, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating
Dian
2016-11-29 20:23:31
Nice place to stay out of tokyo

Close Comments

Comments (31)

  1. halo pak nugroho, saya rencana ke karuizawa pebruari ini. dari karuizawa prince saya ingin mengunjungi 2 tempat di hari yg sama yaitu karuizawa ginza dan harunire terrace. sebaiknya rutenya bagaimana ya? sepeda apakah memungkinkan di musim salju? terima kasih banyak pak…

    • Nugroho Christian  |  

      Bapak harus naik kereta dahulu (shinano) ke Stasiun Naka-Karuizawa, setelah itu naik shuttle bus ke arah Hoshino Resort dan turun di Harunire Terrace, ya masih bisa pak di musim salju. Salam.

  2. kan saya mau ke karuizawa marriot hotel dari osaka, saya udah searching dan turun di naka karuizawa stasion atau shinano-oiwake stasion, tapi masih 2,5 km dari hotel. Cara ke hotel nya gimana kan jauh, ada taxi disana? atau bagaimana?

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau saya cek website hotelnya, Bapak bisa naik taksi dari stasiun terdekat Naka Karuizawa, atau naik shuttle bus gratis dari Karuizawa Station.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak. Hokuriku Shinkansen menuju ke Karuizawa Station, bisa dari Ueno Station atau Tokyo Station. Salam

  3. Pak klo saya dri taman ashikaga trus lanjut ke karuizawa ap ckup wakt ya…. Berrti saya dri taman ashikaga balik ke st tokyo pindah kereta baru ke karuizawa ya pak… Mks

    • Nugroho Christian  |  

      Cukup bu, namun berarti harus berangkat agak pagi dan tidak bisa terlalu lama di Taman Ashikaga-nya. Iya, itu cara yang paling mudah dan paling cepat, karena ada kereta shinkansen.

  4. Hallo mas Nugroho, saya mau minta masukannya. Sebelum itu saya rincikan dulu intenary saya ya. Saya ke Tokyo dari tanggal 8-12 Februari.
    – 8 Feb: Keliling Tokyo
    – 9 Feb: Keliling Tokyo
    – 10 Feb: Ke Mount Fuji
    – 11 Feb: Ke Gala Yuzawa
    – 12 Feb: Ke Karuizawa + keliling Tokyo

    Dari itenary itu, saya putuskan untuk beli tiket kereta:
    – Pasmo or Suica card: untuk jaga-jaga
    – JR Tokunai Pass: untuk keliling Tokyo
    – JR Tokyo Wide Pass: untuk keliling ke Mount Fuji, Gala Yuzawa dan Karuizawa.

    Berikut mas, apa ada masukan?
    Thanks… Salam

  5. Pagi Team Info Jepang,
    Saya ingin bertanya.
    Tgl 16 feb saya akan tiba di Narita sekitar pukul 10 malam.
    Tgl 17 feb saya ingin ke kazawa izu tmpt melihat sakura
    Tgl 18 feb saya ingin ke karuizawa
    Tgl 19 shijuku-harajuku-shibuya
    Tgl 20 akihabara ueno dan sekitar tokyo. Tgl 20 saya pulang dgn pesawat jam 11 malam dr bandara haneda.
    Pertanyaan saya,
    1. Wide pass nya kan cuman 3 hari, lebih efektif di pakai kapan ya?
    2. Saya pergi selama musim dingin, apakah ada tmpt wisata yg wajib saya kunjungi dgn jr pass ini? Sekadar info, tgl 16 saya dtg dr hokkaido, jd saya tdk ingin ke gala yuzawa dan fuji karena saya sdh pernah pergi. Bagaimana dgn kobe nara dan patung buddha di Kamakura itu? Apakah menarik dikunjungi pada musim dingin?

    Salam dan terima kasih

    • Sore Pak,
      Jadi sebaiknya, saya pake wide pass nya
      Tgl 18 untuk ke karuizawa,
      Tgl 19 route enaknya seperti apa ya? Klo saya ingin ke kazawu izu, atami dan kembang api di kawaguchiko? Bus Transport ke observatorium usui selama bulan february beroperasi setiap hari kan?
      Tgl 20 saya keliling tokyo dan pulang ke haneda dgn tokyo wide pass nya?
      Tadi saya baca ada yg ingin ke kawazu izu tapi tiket pulang nya pake JR pass sudah habis di hyperdia, bagaimana mencegah spya saya tidak dpt tiket pulang? Kita baru bisa booking tiket nya 3 hari sblm keberangkatan ke izu kan?.
      Boleh minta link hotel yg terkait dgn JR pass?
      Salam dan terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk bus ke dek observasi Usui di Karuizawa, tidak tersedia di bulan Februari Ibu. Untuk yang tanggal 19 Februari terserah Ibu dan keluarga, mau melihat pemandangan alam atau kembang api. Sebetulnya kalau berangkat pagi-pagi sampai ke Kawazu, ketiga tempat itu bisa dikunjungi kok. Itu karena festival kembang apinya baru mulai pukul 20.00 malam.
      Untuk pertanyaan yang terakhir, maksudnya apa ya? Maksudnya tiket pulangnya sudah habis apa ya?
      Supaya dapat kembali ke Tokyo, ya jangan pulang larut malam. Mungkin sekitar sebelum jam 9 harus naik kereta menuju ke Tokyo, supaya bisa naik kereta langsung. Kalau sudah malam, kereta ekspress langsung biasanya sudah tidak ada, jadi harus naik kereta lokal yang harus sering ganti-ganti.
      Lalu link hotel terkait dengan JR Pass apa maksudnya? Salam

    • Malam Mas,
      Tiket habis itu tentang pertanyaan mas danny, dia bil – ketika mau pulang dr kawazu tiket odori express nya sudah habis,sehingga harus naik yg lokal.
      Mksd ku, hotel yg dekat dengan JR line atau hotel yg bisa dapat potongan dr JR pass itu mas.
      Salam dan terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Tiketnya bukan habis ibu, tapi memang kereta ekspress Odoriko berangkat terakhir pukul 18.30.
      Kalau di atas jam segitu, harus naik kereta lokal, tapi waktunya sangat lama untuk sampai ke Tokyo. Akhirnya Pak Danny mencari alternatif dengan kereta Tokaido shinkansen.
      Namun kereta Tokaido shinkansen tidak tercover oleh JR Tokyo Wide Pass. Salam

    • Malam Pak,
      Kembang api nya aja baru mulai jam 8, klo gt mau gk mau harus pake lokal atau tokaido shinkansen. Harga tiket tokaido shinkansen ke tokyo station berapa ya? Dan berapa lama perjalanannya?
      Salam dan terima kasih.

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Dari Kawazu Ibu bisa potong jalan, tidak musti kembali ke Tokyo Station.
      Bisa naik kereta sampai ke Atami, pindah ke kereta lokal sampai Mishima Station, dan naik bus Fujikyu langsung ke Kawaguchiko Station.
      Salam

  6. pak mau tanya lagi kalau naik shinkansen dari stasiun tokyo ke karuizawa apa keretanya langsung ke karuizawa atau ada berapa kali pemberhentian seblm sampai karuizawa? beli tiketnya bisa langsung di stasiun tokyo ya?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ibu silakan naik shinkansen Hakutaka. Kalau dari Tokyo, Karuizawa adalah stasiun keempat di mana shinkansen berhenti.
      Tapi tenang saja, ibu tidak perlu berpindah-pindah shinkansen. Salam

  7. pak mau tanya sy tiba di haneda dg garuda jam 8.50 kalau mau ke karuizawa naik shinkusen pergi ke stasiun mana ya dan brp tiket kereta ke karuizawa?

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Apakah Ibu berencana membeli pass kereta seperti JR Pass atau Tokyo Wide Pass?
      Kalau ada maka seluruh ongkos kereta dari Haneda Airport sampai ke Karuizawa, semuanya tercover.
      Ibu bisa naik Tokyo Monorel dari Haneda Airport sampai Hamamatsucho Station, kemudian pindah ke kereta JR sampai Tokyo Station, dan naik kereta Hokuriku/ Nagano Shinkansen sampai Karuizawa. Tanpa pass kereta ongkosnya 5.880 yen. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk ke Dek Observasi Kyu Usui bisa naik bus turis bernama Karuizawa Aka Bus dari Manpei Hotel, Karuizawa Ginza. Namun sayangnya bus ini hanya beroperasi pada akhir pekan selain musim dingin, liburan Golden week, dan liburan musim panas. Ongkosnya 500 yen, atau 800 yen bila membeli tiket PP. Bisa juga naik taksi dari Karuizawa Station dengan ongkos kira-kira 2000 yen, atau jalan kaki sekitar 30-40 menit dari Karuizawa Ginza.

      Sedangkan kalau ingin ke Danau Kumoba bisa jalan kaki dari Karuizawa Ginza ke arah berlawanan dari Dek Observasi Kyu Usu, sekitar 15-20 menit.
      Dari Tokyo sendiri bisa naik shinkansen sampai ke Karuizawa Station (stasiun terdekat dari Karuizawa Ginza dan Kyu Karuizawa).

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Tokyo ke Osaka (Stasiun Shin-Osaka) dilayani oleh kereta Shinkansen Hikari dan Kodama, keduanya tercover oleh JR Pass.

  8. hi

    kami berencana mengunjungi Karuizawa mid des ini
    saya cek di hyperdia dr st tokyo menuju Karuizawa knp tdk ada JR Hokuriku nya
    apakah ada perubahan

    mohon infonya

    thx

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Hokuriku Shinkansen menunjuk pada rute shinkansennya. Kalau di hyperdia yang tertulis adalah nama keretanya: Asama, Hakutaka, atau Kagayaki. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!