Info Wisata di Kamakura

You are here Home  > Nature, Temple, Wisata Jepang >  Info Wisata di Kamakura

Kamakura adalah wilayah pesisir pantai di Prefektur Kanagawa di selatan Tokyo. Berhadapan langsung dengan Teluk Sagami membuat Kamakura terkenal oleh objek wisata pantai dan laut yang indah. Apalagi dengan jarak yang hanya 1 jam dari pusat kota Tokyo, menjadikan pantai di Kamakura dan Enoshima menjadi tujuan wisata favorit di musim panas. Tapi tahukah teman-teman kalau Kamakura juga pernah menjadi ibukota negara Jepang jaman dulu yakni tahun 1185-1333? Tim Isnfo Jepang baru-baru ini berkesempatan mengunjungi Kamakura dan Enoshima, dan berikut ulasan dan berikut ini ulasan wisata di Kamakura, semoga bisa menjadi panduan wisata teman-teman selama di Kamakura.

  • Sempat menjadi ibukota negara Jepang, di Kamakura kita bisa menjumpai banyak bangunan dan kuil-kuil bersejarah. Kamakura selain dikenal oleh wisata pantainya, juga dikenal oleh kuil-kuilnya. Di kota ini ada banyak kuil dengan sejarahnya masing-masing. Saking banyaknya, butuh setidaknya dua hari untuk mengunjungi semua kuil di Kamakura.

    Info Wisata di Kamakura

    1. Mengunjungi Great Buddha of Kamakura

    The Great Buddha of Kamakura atau yang lebih dikenal dengan Kamakura Daibutsu adalah patung Amida Buddha raksasa. Budha di Kamakura adalah tujuan wisata di Kamakura yang paling terkenal. Patung ini dibuat dari Perunggu sekitar tahun 1252. Patung Buddha setinggi 13,35 meter ini adalah Patung Buddha terbesar kedua di Jepang, setelah Daibutsu yang ada di Kuil Todaiji, Nara. Awalnya patung Buddha ini berada di dalam ruangan utama Kuil Kotokuin, namun di awal abad ke 15 terjadi topan dan gelombang pasang yang merusak Kuil Kotokuin. Sejak tahun 1495 sampai sekarang, Great Buddha of Kamakura diletakkan di luar ruangan. Untuk melihat patung ini, teman-teman bisa berjalan kaki 10 menit dari Stasiun Hase ke arah utara.

    great buddha kamakura

    2. Mengunjungi Kuil Hasedera

    Tujuan wisata di Kamakura yang lainnya adalah Kuil Hasedera. Di dalam Kuil Hasedera atau Hase Kannon, teman-teman bisa melihat patung kayu terbesar di Jepang, yaitu patung Buddha Kannon. Patung kayu setinggi 9 meter ini memiliki kembaran di Kuil Hasedera di Nara. Awalnya ada dua buah patung kayu yang dibuat di Nara, kemudian salah satu patung ditemukan di pantai Kamakura. Orang-orang percaya bahwa Dewi yang membawa patung itu, sehingga untuk menghormatinya, mereka mendirikan kuil di Kamakura, yang kini menjadi Kuil Hasedera. Di Kuil Hasedera teman-teman juga bisa melihat patung-patung lainnya yang dipercaya sebagai wujud Kannon (Dewi Kemurahan), Ungyo dan Agyo (Dewi pelindung dari rasa takut), Benzaiten (Dewi Musik), Jizo (Dewi pelindung anak-anak di akhirat) dan Jikokuten, Zochoten, Komokuten, dan Tamonten (Dewi pelindung Buddha dari godaan setan).

    Patung budha di Kuil Hasedera Kamakura

    3. Mengunjungi Kuil Hachimangu

    Kuil Hachimangu adalah kuil Shinto terbesar di Kamakura. Kuil ini jadi tempat wisata di Kamakura yang paling sering dikunjungi orang Jepang. Kuil ini didirikan oleh Minamoto Yuritomo yang juga merupakan pendiri Shogun Kamakura. Di tahun baru, Kuil Hachimangu ini akan dipenuhi lebih dari dua juta pengunjung yang ingin menyaksikan terbitnya matahari pertama di tahun itu. Selain itu, Kuil Hachimangu juga menyelenggarakan Kamakura Festival di Bulan April dan September. Dalam festival ini, kita bisa melihat parade Yabusame (pemanah berkuda).

    Kuil Hachimangu di Kamakura

    4. Mengunjungi Kuil Myohonji

    Kuil Myohonji adalah kuil di mana Eiji Tsuburaya dimakamkan. Eiji Tsuburaya adalah pencipta dan penulis cerita Ultraman (manusia biasa yang bisa berubah menjadi raksasa dan melindungi masyarakat dari monster raksasa). Di kuburannya, ada banyak mainan Ultraman yang diletakkan untuk mengenang jasanya sebagai pelopor cerita science-fiction di Jepang.

    Kuil Myohonji di Kamakura

    5. Mencoba Hiking sambil melihat pemandangan alam di Kamakura

    Letak Kamakura yang dikelilingi perbukitan di sisi timur, utara, dan barat memberikan kesempatan bagi kita untuk bisa hiking sekaligus melihat pemandangan alam di Kamakura. Ada beberapa kuil juga yang bisa teman-teman temukan di atas bukit.

    Keindahan alam Kamakura

    6. Bermain dan berenang di Pantai Kamakura

    Wisata di Kamakura tidak lengkap jika tidak bermain dan berenang di pantai. Pantai-pantai ini paling pas dikunjungi saat musim panas (sekitar bulan Juli-Agustus). Seperti di Enoshima, ombak di pantai Kamakura amat cocok untuk berselancar. Ada tiga pantai di Kamakura yang bisa teman-teman nikmati dengan pesona pantai berpasir yang indah.

    Pantai Kamakura dan Enoshima

    7. Coba naik kereta wisata Enoden menyusuri tepi pantai Kamakura

    Sejak mulai beroperasi di hari Natal 1900, kereta Enoden (singkatan dari Enoshima Dentetsu atau kereta listrik Enoshima) sudah menghubungkan kota Fujisawa, Enoshima, dan Kamakura sejauh kurang lebih 10 kilometer selama lebih dari 1 abad. Setelah melalui Stasiun Koshigoe di Kota Kamakura, kereta akan melewati jalur di pinggir pantai Shonan yang sudah menjadi tujuan wisata di Jepang selama ratusan tahun.

    kereta enoden

    Menikmati pemandangan tepi pantai Shonan dari kereta Enoden

  • Tempat Wisata Terkenal di Kamakura

    • Kuil Hachimangu

      Kuil Hachimangu di Kamakura

      Kuil Hachimangu adalah kuil Shinto terbesar di Kamakura. Kuil ini didirikan untuk menghormati Hachiman Yang membuat Kuil Hachimangu terkenal adalah jalan masuk kuil yang berupa jalan setapak dengan pohon sakura di kiri dan kanannya. ...


    • Pantai Kamakura

      Pantai Kamakura di musim panas

      Kamakura dan Enoshima adalah tempat terbaik untuk menghabiskan waktu liburan teman-teman yang sudah bosan dengan tempat-tempat wisata Tokyo. Letaknya yang berada di selatan tidak jauh dari Tokyo, membuat Kamakura menjadi objek wisata musim panas yang paling sering dikunjungi wisatawan lokal. Di Kama...


    • Buddha Kamakura

      great buddha kamakura

      The Great Buddha of Kamakura atau yang lebih dikenal dengan Kamakura Daibutsu adalah patung Amida Buddha raksasa. Patung ini dibuat dari Perunggu sekitar tahun 1252. Patung Buddha setinggi 13,35 meter dan seberat 93 ton ini adalah Patung Buddha terbesar kedua di Jepang di Kuil Todaiji Nara...


    • Kuil Hasedera

      Foto Kuil Hasedera

      Dari Great Buddha Kamakura teman-teman bisa mengunjungi Kuil Hasedera. Jaraknya hanya 5 menit dengan berjalan kaki. Letaknya di lereng bukit yang agak curam, namun ada anak tangga yang memudahkan kita untuk dapat mencapai halaman dan juga bangunan utama kuil Hasedera. Teman-teman juga bisa bekelilin...


    Tour ke Kamakura

    yokohama bay bridge

    Dalam satu hari, teman-teman bisa mengunjungi Kuil Hasedera, Patung Great Buddha of Kamakura, dan Kuil Hachimangu. Setelah itu, kita akan mengunjungi Yokohama Chinatown dan melihat Yokohama Bay Bridge.

  • Bagaimana cara ke Kamakura?

    Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik JR Yokosuka Line sampai ke Kamakura Station. Lama perjalanan sekitar 1 jam dengan ongkos tiket 920 yen.

    Dari Stasiun Shinjuku, teman-teman bisa naik kereta JR Shonan Shinjuku Line sampai ke Kamakura Station. Lama perjalanan sekitar 1 jam dengan ongkos tiket 920 yen. Kalau naik kereta JR Shonan Shinjuku tanyakan apakah langsung ke Kamakura atau harus berpindah di Ofuna. Baik kereta JR Yokosuka Line maupun JR Shonan Shinjuku Line ini tercover dengan Tokyo Wide Pass.

    Cara termurah mengunjungi Kamakura adalah dengan membeli Enoshima Kamakura Free Pass. Teman-teman bisa gratis naik kereta dari Shinjuku, Kamakura, dan juga ke Enoshima hanya dengan 1.470 yen. Ini rekomendasi Tim Info Jepang, apalagi jika ingin mengelilingi Kamakura dan Enoshima sekaligus.

    jalur kereta enoden Jepang kamakura-enoshima

    Jalur kereta Enoden Jepang dari Kamakura-Enoshima

    Informasi Mengenai Hotel di Kamakura

    Meskipun sebagian besar pengunjung Kamakura melakukan perjalanan harian dari Tokyo, teman-teman bisa mencoba menginap di Kamakura. Selain lebih dekat dengan objek-objek wisata di Kamakura, Yokohama, dan Enoshima, Harga hotel di sini jauh lebih murah daripada di Tokyo atau Yokohama.  Berikut ini adalah hotel atau tempat penginapan murah rekomendasi Tim Info Jepang.

Cheap Hotels in Kamakura [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hotel Wing International
from ¥8700/night
Sotetsu Fresa Inn Fujisaw
from ¥9125/night
Kinokuniya Ryokan
from ¥10822/night
Kamakura Prince Hotel
from ¥20902/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber Gambar: Flickr Julien LOZELLI, Kentaro OhnoitchysTadashi Okoshibryan…Yoshikazu TAKADA, Yoshikazu TAKADA


Recommended for you

Last modified: May 28, 2017

Comments (18)

  1. siang Pak Nugroho, maaf kalau diluar topik. cuma mau tanya apakah stasiun Yugawara tercover oleh Kamakura-Enoshima pass?
    Terima kasih sebelumnya

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Stasiun Yugawara tidak tercover dengan Kamakura-Enoshima pass Lia. Salam.

  2. Selamat pagi Pak Nugroho,
    saya berencana pergi ke Jepang di Golden Week
    dengan itinenary
    D1: Kyoto
    D2-3: Takayama
    D4: Kamakura
    D5-6: Tokyo
    D7: Osaka
    PP via Kansai

    *menginap di Yokohama.

    Apakah perlu beli JR Pass dan saya masih bingung apabila saya naik kereta JR di stasiun yang tidak hanya dilewati kereta JR saja apakah saya perlu membayar biaya tambahan? (misalkan di St. Kannai)

    Apakah perlu

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Karena ada rute PP Kyoto-Tokyo sudah akan untung jika membeli JR Pass. Selama ibu naik kereta JR (dalam hal ini naik kereta JR Negishi Line) ke Stasiun Kannai, JR Pass bisa mengcover semua ongkos perjalanan ibu. Salam.

    • Maaf Pak Nugroho,

      saya ternyata yang kurang jelas memberikan paparan. kereta jarak jauhnya hanya Takayama-Yokohama dan Tokyo-Osaka. Saya menginap berpindah-pindah juga.

      Dengan begitu masih untungkah beli JR Pass?

      Terima kasih sekali lagi

    • selamat malam pak.. mohon saran untuk jadwal sbb :

      april 13 = narita, drop off bagasi, akihabara, harajuku, roppongi, ginza, shibuya
      april 14 = tsukiji market, sumida river, sensoji temple, ueno park, shinjuku gyoen
      april 15 = mt fuji, festival shibazakura, hakone
      april 16 = disney sea
      april 17 = narita

      jadwal tersebut masih tentative, apakah sudah sesuai pak ? urutannya bagaimana ?
      bagusnya saya membeli tokyo wide pass atau apa ya pak ? karena tokyo wide pass hanya berlaku 3 hari dan saya total 5 hari, biar irit tapi nyaman untuk transportasinya hehe..

      saya sewa apartemen didaerah sasazuka

      terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Untuk tanggal 13-15 April sebaiknya menggunakan Tokyo Wide Pass, sementara untuk tanggal 16 dan 17 silahkan beli tiket ketengan saja. Salam.

  3. Dear Pak Nugroho
    Apakah kereta Enoden yang menyusuri tepi pantai kamakura sudah termasuk dalam Enoshima Kamakura Free Pass belum ya pak?
    jika belum kira kira brapa harganya hehe
    thanks

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Harga tiketnya bervariasi antara 190 yen (jarak terdekat) sampai 290 yen (untuk jarak terjauh). Bapak bisa membeli Kamakura-Enoshima Pass seharga 600 Yen untuk dewasa dan 300 Yen bagi anak-anak untuk dapat berkeliling kota Kamakura-Enoshima-Fujisawa serta jalur kereta JR ke Ofuna. Harga yang sangat murah, mengingat ada begitu banyak objek wisata yang bisa kita kunjungi di sepanjang jalur kereta Enoden.

  4. Halo, mau nanya kalo misal ittinerary saya: kamakura – hasedera temple – meigetsuin temple – hokokuji temple – tsurugaoka hachimangu shrine – cosmoland – shin yokohama ramen museum dan menginap di yokohama

    apakah ada pass yang mengcover kereta menuju tempat wisata tersebut? apakah tokyo subway pass dapat mengcover tempat tersebut?

    terima kasih

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Tokyo subway pass tidak mengcover ongkos ke daerah Yokohama dan Kamakura, karena keduanya sudah berada di luar kota Tokyo.
      Silakan ibu membaca-baca mengenai Enoshima-Kamakura Freepass. Salam

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Enoshima Kamakura pass hanya mengcover ongkos di tempat wisata di Kamakura dan Enoshima, tidak ke Yokohama.
      Sepertinya kalau ingin ke Cosmoland dan shin yokohama ramen museum, Ibu bisa membeli tiket satuan.
      Salam

  5. Selamat malam, salam kenal..mohon informasinya, saya dan teman berencana ke Jepang pada 26 April-4 Mei 2017.

    DAY 1: Tiba di Osaka-Kyoto

    DAY 2: Masih di Kyoto

    DAY 3:Kyoto-Takayama
    DAY 4:Takayama-Toyama-Yokohama (nginap di Yokohama)
    DAY 5:Yokohama-Kamakura-Yokohama
    DAY 6: Yokohama -Tokyo-Yokohama
    DAY 7: Yokohama-Osaka
    DAY 8: Osaka-kansai

    apakah lebih baik pakai JR Pass? atau ada saran untuk transportasi selama di Jepang dengan rute tersebut?

    Terima kasih

    • Baik..terimakasih, oh iya mas apakah kalau sudah beli JR Pass kita perlu pesan kursi lagi atau hanya berbekal JR Pass dan kita bisa langsung naik keretanya saja?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau untuk shinkansen, ibu silakan memesan kursinya supaya bisa duduk berdekatan kalau pergi bersamakeluarga.
      Untuk kereta selain shinkansen tidak perlu memesan kursi, sebab memang tidak ada reservasi kursi, bisa langsung naik keretanya.
      Di pintu karcis tinggal menunjukkan JR Pass kepada petugas yang berjaga di loket. Salam

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!