Kuil Hachimangu

Home / Temple / Kuil Hachimangu
Item image

Kuil Hachimangu atau lengkapnya Kuil Tsurugaoka Hachimangu adalah kuil Shinto terbesar di Kamakura. Kuil ini didirikan untuk menghormati Hachiman, Dewa yang melindungi keluarga Minamoto dan seluruh shogun Kamakura. Yang membuat Kuil Hachimangu menjadi terkenal dan patut dikunjungi adalah jalan masuk kuil yang berupa jalan setapak panjang yang ditumbuhi pohon sakura di kiri dan kanannya, juga dengan bangunan tempat peristirahatan para pengunjung Kuil Hanchimangu dan museum warisan nasional Kamakura yang masih berada dalam satu kompleks kuil. Teman-teman akan dibawa kepada pengalaman menyusuri terowongan bunga sakura, gerbang-gerbang kuil Torii yang megah, kemudian naik ke atas bukit tempat Kuil Hachimangu berada. Simak liputan Tim Info Jepang dalam kunjungan ke Kuil Hachimangu Kamakura berikut ini.

Kuil ini didirikan oleh Minamoto Yoruyoshi di tahun 1063, kemudian pembangunannya dilanjutkan oleh keturunannya yaitu Minamoto Yuritomo di tahun 1180. Yuritomo dikenal sebagai pendiri Shogun Kamakura.Meskipun kini Kuil Hachimangu adalah Kuil Shinto, namun dulu Kuil ini digunakan untuk acara-acara dan pengajaran agama Buddha dan Shinto. Makanya teman-teman bisa melihat beberapa arca kecil khas Buddha di kuil ini, yang merupakan peninggalan ajaran Buddha di sini.

Mengunjungi Kuil Tsurugaoka Hachimangu di Kamakura

Mengunjungi Kuil Tsurugaoka Hachimangu di Kamakura

Kegiatan Menarik di Kuil Hachimangu

Kalau di Kuil Hasedera teman-teman tidak boleh mengambil foto, di sini kita bebas mengambil foto. Pohon sakura yang tumbuh di sepanjang jalan masuk, torii megah yang berwarna merah, dan juga pemandangan di sekitar bangunan utama kuil amat sayang jika tidak diabadikan.

Torii merah penanda Kuil Tsurugaoka Hachimangu

Torii merah penanda Kuil Tsurugaoka Hachimangu

Di dekat bangunan utama, teman-teman juga bisa melihat ada dua kolam. Satu kolam mewakili keluarga Minamoto dengan tiga pulau di tengah kolam. Satu kolam lainnya mewakili keluarga Taira dengan empat pulau di tengahnya. Kolam ini menjadi bukti sejarah permusuhan keluarga Minamoto dan Taira di masa lalu yang dimenangkan keluarga Minamoto. Empat pulau di kolam Taira melambangkan “kematian” karena angka empat dalam aksara Jepang memiliki makna yang sama dengan kematian.

Di tahun baru, penganut Shinto di Kamakura akan berkumpul di Kuil Hachimangu untuk menyaksikan matahari terbit di hari pertama di tahun tersebut. Kemudian mereka akan sama-sama berdoa di kuil untuk kelancaran usaha di tahun tersebut.  Jangan heran, kalau Kuil Hachimangu bisa dipenuhi lebih dari dua juta pengunjung dari Tokyo, Yokohama, Fujisawa, dan Kamakura setiap tahun baru.

Naik tangga menuju Kuil Tsurugaoka Hachimangu di Kamakura

Naik tangga menuju Kuil Tsurugaoka Hachimangu di Kamakura

Kalau teman-teman ke Kamakura sekitar akhir April atau September, teman-teman juga bisa menyaksikan Yabusame atau pemanah berkuda yang hidup di masa Minamoto dulu.

Akses ke Kuil Hachimangu Kamakura

jalur kereta enoden Jepang kamakura-enoshima

Jalur kereta Enoden Jepang dan objek wisata Kamakura-Enoshima

Dari Stasiun Tokyo, teman-teman bisa naik JR Yokosuka Line sampai ke Kamakura Station. Lama perjalanan sekitar 1 jam dengan ongkos tiket 920 yen.

Dari Stasiun Shinjuku, teman-teman bisa naik kereta JR Shonan Shinjuku Line sampai ke Kamakura Station. Lama perjalanan sekitar 1 jam dengan ongkos tiket 920 yen. Kalau naik kereta JR Shonan Shinjuku tanyakan apakah langsung ke Kamakura atau harus berpindah di Ofuna. Jika harus transfer kereta di Ofuna, teman-teman bisa naik kereta JR Yokosuka Line atau Shonan Shinjuku dari Ofuna sampai Stasiun Kamakura.

Dari Stasiun Kamakura, teman-teman tinggal berjalan kaki 15 menit melalui jalan Komachi-Dori (Shopping Street) yang dipenuhi toko-toko atau melalui Danzakura yang ditumbuhi ratusan pohon sakura. Saran Tim Info Jepang, teman-teman sebaiknya mencoba jalan Danzakura dahulu saat naik/ menuju Kuil, kemudian jalan pulangnya melalui Komachi-Dori untuk membeli oleh-oleh atau suvenir khas Kamakura. Di Komachi-Dori kita bisa berburu berbagai macam oleh-oleh unik seperti makanan atau kerajinan tangan,atau bersantai di kedai minum teh dengan makanan kecil khas Kamakura.

Lihat juga: Panduan Wisata di Kamakura.

Tour ke Kamakura

yokohama bay bridge

Dalam satu hari, teman-teman bisa mengunjungi Kuil Hasedera, Patung Great Buddha of Kamakura, dan Kuil Hachimangu. Setelah itu, kita akan mengunjungi Yokohama Chinatown dan melihat Yokohama Bay Bridge.

Cheap Hotels in Kamakura [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Sotetsu Fresa Inn Fujisaw
6 km away
from ¥9125/night
Hotel Hokke Club Shonan F
6 km away
from ¥8488/night
Kamakura Central Guest Ho
2 km away
from ¥2970/night
Kinokuniya Ryokan
48 km away
from ¥10822/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Hakone Ropeway
47 km away
keindahan hakone dari atas hakone ropeway
Museum Doraemon
32 km away
Suasana Museum Doraemon
Hakone Glass no Mori
49 km away
hakone glass no mori
Matsuda Sakura Festival
38 km away
sakura matsuda festival

Sumber Gambar: Flickr Michael CorneliusMichael CorneliusBill Hails


Recommended for you


Last modified: March 11, 2018 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!