Taman Horaien

Home / Park / Taman Horaien
Item image

Taman Horaien adalah taman Jepang yang terletak di dekat stasiun kereta Hakone Tozan Train Kowakidani di daerah wisata Hakone. Taman ini awalnya dibangun oleh pemilik ryokan Mikawaya dan sudah berdiri sejak 100 tahun yang lalu. Meskipun tidak seluas taman-taman terkenal seperti Taman Ashikaga atau Taman Hitachi Seaside Park, namun ada banyak kegiatan wisata seru yang bisa dilakukan di taman ini. Taman ini terkenal dengan bunga azalea di musim panas dan momiji di musim gugur. Di dekat taman ini ada hotel-hotel terkenal di Hakone, seperti Ryokan Mikawaya yang terkenal dengan makanannya yang sangat lezat dan juga hotel Hakone Yunessun yang sudah viral dengan pemandian air panas atau onsennya yang punya beraneka ragam rasa. Seperti apa keindahan Taman Horaien dan kegiatan wisata apa saja yang bisa dilakukan di Taman Horaien ini? Ini dia liputan kami ke Taman Horaien Hakone, salah satu taman dengan pemandangan terunik yang pernah saya temukan selama berada di Jepang.

Kegiatan wisata di Taman Horaien

1. Melihat taman bunga tsutsuji atau rhododendron

Taman Horaien dibangun sejak tahun 1883 oleh pemilik ryokan Mikawaya. Di lahan seluas 66.000 meter persegi, bunga-bunga azalea mekar sempurna dan menjadi ikon wisata Hakone di musim panas. Setiap tahun sekitar akhir bulan April hingga pertengahan bulan Mei, lebih dari 30 ribu tangkai bunga azalea dari 40 spesies mekar sempurna dan mewarnai keindahan alam Hakone. Pemerintah daerah Hakone bahkan sengaja membuat festival azalea khusus untuk mengundang makin banyak pengunjung ke Taman Horaien ini. Meskipun awalnya merupakan milik ryokan Mikawaya, kita bisa mengunjungi Taman Horaien ini gratis tanpa dipungut biaya.

Bunga-bunga indah di Taman Horaien Hakone

Bunga-bunga indah di Taman Horaien Hakone

2. Keindahan Momiji di musim gugur

Taman Horaien tidak hanya terkenal dengan bunga azalea-nya saja, namun juga momiji musim gugur yang bisa dinikmati pada awal hingga pertengahan bulan November. Taman Horaien sering disanjung-sanjung karena memiliki pemandangan momiji terindah di daerah wisata Hakone. Hanya dengan 30 menit teman-teman bisa berkeliling area taman yang tidak terlalu luas ini, dan kemudian bisa melanjutkan perjalanan kembali.

3. Menginap di Ryokan Mikawaya

Ryokan Mikawaya adalah salah satu ryokan paling terkenal di Hakone, dan menjadi tempat penginapan pejabat-pejabat penting di Jepang, bahkan tamu-tamu kenegaraan yang sedang berkunjung. Ryokan Mikawaya yang letaknya tidak jauh dari Taman Horaien. Makanan yang disajikan di sini sering disebut-sebut yang paling enak seantrero Jepang. Gimana rasanya ya?

Menu sarapan di Ryokan Mikawaya Hakone

Menu sarapan di Ryokan Mikawaya Hakone

Menu makan malam di Ryokan Mikawaya Hakone

Menu makan malam di Ryokan Mikawaya Hakone

4. Menginap di Hakone Kowakien Hotel

Hakone Hotel Yunessun mungkin sudah tidak asing lagi di antara orang Indonesia karena video pemandian air panasnya yang sempat viral di media sosial. Ya, di Hakone Hotel Yunessun inilah kita bisa mencoba berendam di onsen dengan rasa kopi, sake, wine merah, sambil menikmati pemandangan luar.

Tidak hanya itu saja, kita juga bisa mencoba berendam di pemandian air panas ala Eropa kuno dengan latar belakang Laut Aegea di Mediterania. Kita juga bisa mencoba sensasi berendam di laut mati di pemandian air panas yang kadar garamnya tinggi. Selain itu, bisa mencoba jacuzzi dengan gelembung-gelembung udara atau mandi bersama bunga-bunga mawar yang indah. Semuanya hanya di Hakone Hotel Yunessun.

Pemandian air panas di Hakone Yunessun Hotel

Pemandian air panas di Hakone Yunessun Hotel

5. Melihat fenomena alam kabut tebal menyelubungi Taman Horaien

Jika teman-teman bangun pagi dan jalan kaki ke arah Taman Horaien, teman-teman bisa menyaksikan fenomena kabut yang menyelubungi seluruh area taman. Kabut ini sering muncul di Taman Horaien karena letaknya yang berada di pegunungan Hakone dan memiliki kelembaban udara yang tinggi. Teman-teman juga bisa berkeliling Taman Horaien sambil menikmati udara sejuk dan pemandangan indah taman ala Jepang. Mantap bukan?

Taman Horaien diselubungi kabut di pagi hari

Taman Horaien diselubungi kabut di pagi hari

Jalan pagi-pagi keliling Taman Horaien

Jalan pagi-pagi keliling Taman Horaien

Akses ke Taman Horaien di Kowakudani Hakone

Stasiun terdekat menuju Taman Horaien adalah Stasiun Kowakidani di jalur kereta Hakone Tozan Train. Dari stasiun Kowakidani bisa berjalan kaki sekitar 20 menit sampai ke Taman Horaien. Sepanjang jalan kita bisa menemukan Hotel Hakone Yunessun dan Ryokan Mikawaya. Bisa juga naik Hakone Tozan Bus ke arah Hakone Machi dan turun di halte bus Horaien. Untuk masuk ke Taman Horaien kita tidak dikenakan tiket masuk alias gratis.

Informasi tempat wisata lain di Hakone (selengkapnya)

  • Danau Ashinoko

    Kapal wisata bajak laut di Danau Ashinoko

    Danau Ashinoko dengan latar belakang Gunung Fuji menjadi simbol Hakone yang terkenal sebagai objek wisata hingga ke mancanegara. Airnya yang bersih dan pemandangan alam pegunungan yang memukau, membuat jutaan wisatawan menyempatkan diri pergi ke danau terbesar di Prefektur Kanagawa ini....


  • Hakone Onsen

    Hakone Onsen Kappa Tengoku

    Kini sudah semakin banyak onsen-onsen yang dibuka untuk umum. Termasuk di Hakone. Berikut ini adalah beberapa tempat pemandian air panas (Hakone Onsen) yang bisa teman-teman coba kunjungi....


  • Hakone Open Air Museum

    Satu objek di Hakone Open Air Museum

    Museum Terbuka Hakone kita bisa melihat lebih dari 700 benda-benda bersejarah dan karya seni dari seniman Jepang dan luar negeri yang dipresentasikan langsung di alam terbuka dengan rumput dan pepohonan hijau, kolam air, serta langit biru sebagai latar belakangnya....


  • Museum Seni Narukawa

    Pemandangan dari Museum Seni Narukawa di Hakone

    Museum Seni Narukawa adalah museum indah di tepi Danau Ashinoko di Hakone. Simak kunjungan Tim Info Jepang ke museum seni yang disebut sebagai museum dengan pemandangan terbaik di Jepang....


  • Museum Seni Hakone

    Momiji musim gugur di Museum Seni Hakone

    Museum Seni Hakone adalah perpaduan sempurna antara museum koleksi benda seni dengan pemandangan taman di musim gugur yang keren jadi daya tarik utama para pengunjung....



Akses menuju Hakone

Ada dua akses menuju ke Hakone, naik bus ekspress atau naik kereta. Walaupun naik bus mungkin terlihat murah, sebaiknya pilih naik kereta. Ada 2 jenis kereta yang bisa dipakai dari Shinjuku Station: Odakyu Romance Car dan kereta Odakyu biasa. Odakyu Romance Car adalah kereta super ekspress yang menghubungkan Shinjuku dan Odawara. Waktu tempuhnya hanya 85 menit atau lebih cepat satu jam dibanding kereta biasa, namun harga tiketnya sedikit lebih mahal sekitar 2080 Yen. Buat temen-teman yang mau berhemat, bisa naik kereta Odakyu biasa dengan tiket 1.190 yen.

Satu moda transportasi adalah dengan menggunakan kereta rapid JR Tokaido Line. Kereta ini menempuh waktu kurang lebih 120 menit dari Tokyo Station sampai Odawara Station dengan harga 1500 Yen, sedikit lebih murah dibandingkan dengan kereta super ekspress Romance Car. Jika memiliki JR Pass atau JR Tokyo Wide Pass, maka ongkos kereta sampai ke Odawara tercover oleh dua pass tersebut.

Ada juga pilihan dengan naik bus seharga 1850 Yen per orang. Dengan jarak tempuh sekitar 2,5 jam, bus adalah moda transportasi paling lambat untuk mencapai tempat ini. Namun, jika bepergian dalam grup atau bersama keluarga besar, pilihan untuk naik bus adalah pilihan yang tepat. Ada 11 bus yang berangkat dari Stasiun Shinjuku tiap harinya (kurang lebih 1 bus tiap jamnya), yang mengantarkan kita langsung ke pusat kota yakni Hakone-machi.

Liburan Hemat dengan Hakone Free Pass atau jika ingin mengunjungi kawasan Fuji dan Hakone sekaligus, silahkan gunakan Fuji Hakone Pass.

Kita bisa menghemat ongkos-ongkos ketika mengelilingi objek-objek wisata di daerah Hakone dengan membeli Free Pass saat di Shinjuku (harganya 5700 Yen) atau di Odawara Station dengan harga 4600 Yen. Dengan Free Pass kita bisa mengelilingi objek-objek wisata di Hakone sepuasnya termasuk kereta pulang pergi dari Shinjuku atau Odawara. Baca juga transportasi di Hakone yang mencakup kereta dan bus Hakone Tozan, kereta gantung Owakudani, dan juga kapal sightseeing tur di Danau Ashinoko yang bisa teman-teman nikmati.

Kita bisa membeli Free Pass ini di kantor Odakyu Sightseeing Service Center atau kantor informasi turisme di Shinjuku Station atau lewat mesin tiket milik Odakyu. Tim Info Jepang menyarankan untuk mengunjungi daerah ini saat hari kerja untuk menghindari harga tiket yang mahal saat hari libur dan kepadatan pengunjung.

area yang dicover hakone free pass

Area yang dicover Hakone Free Pass

Cheap Hotels in Hakone [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Onsen Guesthouse Hakone T
2 km away
from ¥3077/night
Tabibito no Yado e-Rooms
2 km away
from ¥17613/night
Senkei
5 km away
from ¥18143/night
Hakone Prince Hotel Lakes
4 km away
from ¥10936/night

(sponsored by Booking.com)

Sumber gambar: Flickr Jill Shih, Chih Hung Chen, 家禎 張, Heather and Randy, Heather and Randy, poko rin, poko rin


Recommended for you


Last modified: April 29, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (10)

  1. Selamat Pagi Pak Nugroho,

    saya tanggal 18 mendarat di Tokyo Narita, explore tokyo dengan jadwal sbb:
    H1: Narita Airport – Hotel di Shinjuku – Tokyo Sky Tree – Tokyo Tower – Odaiba
    H2: Asakusa-Ueno Park-Fujiko Fujio Museum-Harajuku-Shibuya-Shinjuku
    H3: Gala Yuzawa-Sanrio Puroland-Tokyo Disneyland
    H4: Yunessun Spa Resort (Hakone), Gotemba, Kawaguchi Lake,

    pertanyaan saya:
    1. apakah Tokyo Wide Pass tercover semua tempat diatas atau ada tambahan kartu pak..?

    saya merencanakan agar bisa efektif selama menggunakan transportasi disana pak..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Pak Arthur. Untuk perjalanan di hari keempat, Tokyo Wide Pass hanya mengcover perjalanan dari Tokyo sampai Odawara (pintu masuk Hakone), dan dari Kawaguchiko kembali menuju ke Tokyo. Ongkos Hakone Tozan Bus dari Odawara ke Yunessun Hotel, lalu bus dari Yunessun Hotel ke Gotemba, Gotemba ke Kawaguchiko tidak tercover.
      Salam

    • ok pak
      untuk efektifnya pak, Hari pertama langsung aktifkan Tokyo Wide pass atau nanti hari kedua – keempat..? karena Tokyo Wide pass berlaku 3 Hari

      atau hari pertama sebaiknya kartu apa yang bisa cover dari bandara narita ke hotel d shinjuku dan explore tokyo…? saya tiba jam 6 sore di narita tokyo…

    • Nugroho Christian  |  

      Bagaimana kalau hari kedua ditukar dengan hari keempat Pak?
      Perjalanan hari kedua hanya sekitaran Tokyo, ongkosnya tidak seberapa dibandingkan dengan perjalanan ke Narita Airport, Gala Yuzawa, dan Kawaguchiko.
      Salam

    • ok pak.. jika saya tukar maka hari keempat itu pindah dari hari selasa ke hari minggu, apakah tidak padat ramai karena jatuh hari minggu di tempat wisata tersebut…..?

      jika dirubah maka

      H1-H3: Tokyo Wide Pass Card
      H4: Bisa gunakan pasmo atau…? apakah bisa cover museum doraemon pak.?

      maaf nanya banyak pak…

    • Nugroho Christian  |  

      Untuk Asakusa-Ueno Park-Harajuku-Shibuya-Shinjuku selalu ramai Pak.
      Kemudian Pasmo bisa dipakai dalam perjalanan kereta dari Tokyo ke Noborito (stasiun terdekat sampai ke Museum Doraemon), juga bus dari stasiun ke depan Museum Doraemon. Bapak juga jadi ada waktu untuk membeli tiket masuk Museum Doraemon. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Bisa pak, hanya perjalanan ke Museum Doraemon tidak tercover. Perjalanan ke Asakusa, Ueno, Harajuku, Shibuya, Shinjuku semuanya tercover jika menggunakan stasiun Tokyo Metro dan Tokyo Metro 24-hours Pass. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!