Taman Gora

Home / Park / Taman Gora
Item image

Dibuka pada tahun 1914, Gora Park atau Taman Gora adalah taman pertama bergaya Prancis di Jepang dengan desain difokuskan pada peletakan komponen taman secara simetri dan geometris. Pengunjung dapat menikmati bunga sakura, azalea, rhododendron, hydrangea dan tanaman hidup lainnya sepanjang empat musim. Taman terletak di lereng curam di atas Stasiun Gora di ketinggian 450 meter, yang merupakan stasiun transit paling ramai di Hakone yang menghubungkan kereta gunung Hakone dan Hakone Tozan Cable Car. Jadi tidak ada ruginya jikalau mampir ke Taman Gora yang jaraknya hanya 5 menit dengan berjalan kaki dari stasiun Gora. Tempat ini adalah tempat terbaik untuk menikmati pemandangan Hakone.

Apa yang bisa dilakukan di Taman Gora?

1. Menikmati pemandangan bunga-bunga menawan

Taman Gora memiliki daya tarik air mancur raksasa dan kebun mawar. Selain itu, di Taman Gora juga ada dua rumah kaca. Yang pertama digunakan sebagai taman bunga atau penyemaian bunga-bunga. Sedang yang lainnya menjadi kebun tanaman tropis. Beragam kebun bunga di sini dijamin jadi latar belakang foto yang keren buat teman-teman yang hobi selfie.

Air mancur raksasa di Taman Gora Hakone

Air mancur raksasa di Taman Gora Hakone

rumah kaca di taman gora park

Rumah kaca di Taman Gora Park

Di Taman Gora, kita bisa menikmati pemandangan bunga empat musim, dari bunga sakura, azalea, rhododendron, dan hydrangea.

2. Merasakan Upacara Minum Teh Khas Jepang

Di dalam Taman Gora ada Haku-undo Cha atau Haku-undo Tea Garden. Teman-teman bisa merasakan upacara minum teh khas Jepang yang terkenal. Selain itu, ada juga restoran Tea Room Pic, yang menyajikan makanan ringan dan beberapa desert yang bisa teman-teman nikmati sambil melihat pemandangan taman Gora.

3. Membuat kerajinan tangan

Di sini juga ada Crafthouse, di mana teman-teman bisa ikut serta dalam membuat kerajinan tangan, seperti membuat botol kaca, melukis kaca, membuat kendi atau tembikar dari tanah liat, atau merangkai bunga. Biaya pelatihan ini berkisar antara 1.000-3.500 yen. Hasil karya teman-teman juga bisa dibawa pulang untuk dijadikan kenangan.

Biaya masuk ke taman ini adalah 550 yen, namun dengan Hakone Free Pass, teman-teman bisa masuk gratis.

4. Mengunjungi Museum Terbuka Hakone

Jika museum-museum di Jepang seperti Museum Sains dan Alam Tokyo dan Tokyo National Museum adalah ruangan tertutup, di Museum Terbuka Hakone kita bisa melihat lebih dari 700 benda-benda bersejarah dan karya seni karya peseni Jepang atau dari barat langsung di alam terbuka dengan rumput dan pepohonan hijau, kolam air, serta langit biru sebagai latar belakangnya. Tenang saja bagi teman-teman yang datang membawa keluarga, ada juga tempat bermain terbuka untuk anak-anak dimana mereka bebas berlarian dan memanjat.

Keindahan Taman Gora di Hakone

Keindahan Taman Gora di Hakone

Museum Terbuka Hakone bisa diakses dengan berjalan kaki sebentar dari Chokoku no Mori Station di jalur Hakone Tozan Railway, berbeda satu stasiun dengan Gora Station. Kita gratis dan tidak perlu membayar tiket kereta jika telah membeli Hakone Free Pass. Museum buka mulai pukul 09.00 sampai 17.00 di sore hari dengan biaya masuk 1600 Yen. Agak mahal memang, namun kita akan mendapatkan potongan harga juga jika menunjukkan Hakone Free Pass kita. Menguntungkan bukan? Informasi lebih lanjut bisa dibaca di website berikut.

Akses ke Taman Gora di Hakone

Dari Stasiun Gora, kita bisa ke Taman Gora dengan berjalan kaki sekitar 5 menit.

Dengan menggunakan kereta Hakone Tozan dari Stasiun Hakone-Yumoto Stasiun Gora, sekitar 35-40 menit, dengan harga tiket 400 yen.

Kalau dari Gotemba, bisa naik bus Hakone Tozan lewat Sengokuhara sampai Stasiun Gora.

Ada dua akses menuju ke Hakone, naik bus ekspress atau naik kereta. Walaupun naik bus mungkin terlihat murah, sebaiknya pilih naik kereta. Ada 2 jenis kereta yang bisa dipakai dari Shinjuku Station: Odakyu Romance Car (kereta tercepat) dan kereta Odakyu biasa. Odakyu Romance Car adalah kereta super ekspress yang menghubungkan Shinjuku dan Odawara. Waktu tempuhnya hanya 85 menit atau lebih cepat satu jam dibanding kereta biasa, namun harga tiketnya sedikit lebih mahal sekitar 2.080 Yen. Buat temen-teman yang mau berhemat, bisa naik kereta Odakyu biasa dengan tiket 1.190 yen.

area yang dicover hakone free pass

Area yang dicover Hakone Free Pass

Liburan Hemat dengan Hakone Free Pass atau jika ingin mengunjungi kawasan Fuji dan Hakone sekaligus, silahkan gunakan Fuji Hakone Pass

Cheap Hotels in Hakone [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hakone Kintouen
5 km away
from ¥28012/night
Hotel Hakone Powell
4 km away
from ¥14005/night
Onsen Guesthouse Hakone T
0 km away
from ¥3077/night
Hakone Hotel Kowakien
1 km away
from ¥11286/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Museum Kereta Hara
58 km away
Kereta melintas diorama di Museum Kereta Hara
Yokohama Cosmo
58 km away
Bianglala di Yokohama Cosmo World
Pantai Kamakura
46 km away
blog-image
Danau Ashinoko
6 km away
Keindahan Danau Ashinoko dari atas gunung

Sumber gambar: Flickr Guilhem VellutGuilhem VellutGuilhem Vellut


Recommended for you


Last modified: March 16, 2018 by

Close Comments

Comments (17)

  1. Dear Pak Nugroho,

    Ada 2 hal yg ingin saya tanyakan:
    1. Jika saya ingin pergi ke Hakone dr Shinjuku hanya 1 harian pp dgn rute spt dlm contoh “Itinerary Perjalanan ke Hakone” yg diberikan di infojepang ini, apakah perlu menggunakan Hakone Free Pass, atau cukup dgn JR Pass saja (kebetulan saya jg ada rencana ke Tokyo – Kyoto pp)?

    2. Apakah Hakone Free Pass mencakup biaya utk naik Kapal Wisata Hakone Sightseeing Cruise juga?

    Terima kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Sepertinya tidak akan balik modal bu Hakone Free Passnya. Kapal Wisata Hakone Sightseeing Cruise dan semua transportasi di Hakone itu tercover dengan Hakone Free Pass. Salam.

  2. Siang Pak Nugroho saya mau tanya lagi, saya mau tanya tentang penginapan di hakone yang bagus dan dekat stasiun terdekat mohon di infoin dong Pak ,
    Dan saya juga mau tanya kalau jr yamanote line di cover sama jr Tokyo wide pass atau tidak ya Pak?

  3. Pak, upacara minum teh di gora apakah ada setiap saat atau ada jadwalnya ?
    Lalu.. dari gotemba station ke hakone moto nai apa ya pak ? Saya rencana dari gotemba station-hakone moto-togendai-owakudani-sounzan-gora-hakone yumoto-odawara-tokyo. Tq

    • Nugroho Christian  |  

      Ada setiap hari, namun kalau cuaca hujan biasanya ditiadakan. Namun, orang-orang biasanya hanya ingin berkeliling dan berfoto di bangunan gazebo khusus minum teh saja. Dari Gotemba ke Moto-Hakone bisa naik bus Hakone Tozan rute S ke Gora, lalu naik bus Hakone Tozan arah ke Hakone Yumoto dan Moto-Hakone. Salam.

  4. Halo, mau tanya ya :
    Kalau saya dari sta. Shinjuku manakah yg lbh hemat waktu dan nyaman viewnya yaitu :
    – ke Sta Hakone Yumoto dan naik kereta gunung ke Gora
    atau sebaiknya
    – dari sta. Shinjuku turun di odawara, baru naik ka gunung ke Gora?
    Terima kasih pak

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Rute keretanya sebenarnya adalah Shinjuku-Odawara-Hakone Yumoto-Gora.
      Jadi baik kedua-duanya pasti melewati Odawara dan Hakone Yumoto Station. Salam

    • yovieta  |  

      Hakone Free Pass 2 days nya bisa dipakai keesokan harinya, tanpa menginap di Hakone? Saya rencana 2 hari berturut2 ke Hakone, tapi menginap di Tokyo.

      Terima kasih banyak sebelum dan sesudahnya.

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau PP dari Shinjuku berarti ongkos PP yang hari kedua tidak tercover, jadi biaya tambahannya adalah 2 X 1.190 yen. Salam

    • Nugroho Christian  |  

      Dari Danau Ashinoko kita melihat dari bawah (atas air), sedangkan dari Kachi-kachi Yama di utara Kawaguchiko kita melihat dari ketinggian.
      Kalau boleh tahu ibu pergi bulan apa ke Fuji-Kawaguchiko nya? Salam

  5. Minta saran nya ya, tujuan pertama sy di jepang ke Hakone-Odawara & menginap 2 malam di odawara.
    Tiba di haneda jam 9 pagi, langsung ke keliling hakone (kastil Odawara, lake Ashi, kuil Hakone, Gora park)
    Hari ke-2 gotemba, gn fuji, lake kawaguchiko sampai malam krn ada festival kawaguchiko saat musim gugur) selanjutnya bermalam
    lagi di Odawara.
    Apakah sdh betul rencana perjalanan nya?

    • Nugroho Christian  |  

      Ya, sudah benar dan sudah searah Riana. Namun untuk hari ke-2 mungkin bisa mempertimbangkan menginap di sekitaran Danau Kawaguchiko supaya tidak kejauhan dari Danau Kawaguchiko ke Odawara, takutnya sudah tidak ada bus atau angkutan lagi. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!