Hakone Ropeway

Home / Attraction / Hakone Ropeway
Item image

Dianugerahi dengan pemandangan alam dan sumber mata air panas alami, Hakone kini menjadi kawasan wisata yang menarik bagi para wisatawan. Jaraknya yang lumayan dekat dari Tokyo dan bisa dijadikan sebagai day-trip atau perjalanan pulang pergi sehari juga semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke sini. Nah, selain berendam di onsen-onsen di Hakone atau menikmati keindahan Danau Ashinoko, kita juga bisa menikmati keindahan panorama Hakone dari atas Hakone Ropeway atau kereta gantung Hakone. Buat kamu yang masih penasaran di mana ya letaknya atau bagaimana cara mencapainya dari Odawara atau Gotemba, baca ulasan khas dari Tim Info Jepang mengenai Hakone Ropeway berikut ini.

Keseruan dan pemandangan indah dari atas Hakone Ropeway

Hakone Ropeway berperasi dengan rute Stasiun Sounzan ke Stasiun Togendai lalu berputar kembali ke Stasiun Sounzan. Kedua stasiun itu adalah ujung rute, sementara ada Stasiun Owakudani dan Stasiun Obako juga, sehingga total ada 4 buah stasiun dalam rute kereta gantung ini. Sambil naik kereta gantung, kita setidaknya bisa melihat 4 pemandangan indah nan spektakuler, antara lain: hijaunya hamparan wilayah Hakone, warna biru kristal Danau Ashinoko, uap kawah aktif Owakudani, dan tentu keindahan puncak Gunung Fuji di kejauhan.

keindahan hakone dari atas hakone ropeway

Keindahan Hakone dari atas Hakone Ropeway

Kereta gantung Hakone ini berangkat setiap 5 menit sekali, dan kira-kira membutuhkan waktu 30 menit untuk menempuh 1 rute penuh dari Stasiun Sounzan ke Stasiun Togendai. Kapasitas penumpang untuk satu kereta adalah 18 orang penumpang. Di musim puncak liburan, seperti pada musim gugur, akan terjadi antrian yang cukup panjang di Stasiun Sounzan atau Stasiun Togendai karena banyak wisatawan yang ingin melihat pemandangan musim gugur Hakone yang keren.

Stasiun Sounzan bisa dicapai dengan naik cable car dari Stasiun Gora (dekat Taman Gora). Sementara itu, Stasiun Togendai yang terletak di ujung utara Danau Ashinoko, bisa dicapai dengan naik bus Odakyu atau Hakone Tozan dari Gotemba, Sengoku, atau dengan naik kapal sightseeing cruise yang berangkat dari Moto-Hakone dan Hakone Machi di sisi selatan Danau Ashinoko.

Jam Operasional Hakone Ropeway

Kereta gantung Hakone beroperasi dari jam 09.00-17.00 untuk periode 1 Maret – 30 November, lalu 09.00-16.15 untuk periode 1 Desember – 28 Februari.

Berapa biaya naik Hakone Ropeway?

Berikut ini adalah tabel harga tiket perjalanan Hakone Ropeway searah dan pulang pergi (dalam yen) untuk orang dewasa. Untuk harga tiket anak-anak, harganya setengah dari orang dewasa.

SounzanOwakudaniObakoTogendai
Sounzan  –   840/1.5101.050/1.8801.370/2.410
Owakudani  840/1.510  –   730/1.3101.050/1.880
Obako1.050/1.880   730/1.310   –   730/1.310
Togendai1.370/2.4101.050/1.880   730/1.310   –
area yang dicover hakone free pass

Area yang dicover Hakone Free Pass

Ada dua akses menuju ke Hakone, naik bus ekspress atau naik kereta. Walaupun naik bus mungkin terlihat murah, sebaiknya pilih naik kereta. Ada 2 jenis kereta yang bisa dipakai dari Shinjuku Station ke Stasiun Hakone Yumoto: Odakyu Romance Car dan kereta Odakyu biasa. Odakyu Romance Car adalah kereta super ekspress yang menghubungkan Shinjuku dan Odawara. Waktu tempuhnya hanya 85 menit atau lebih cepat satu jam dibanding kereta biasa, namun harga tiketnya sedikit lebih mahal sekitar 2.020 Yen. Buat temen-teman yang mau berhemat, bisa naik kereta Odakyu biasa dengan tiket 1.190 yen. Untuk jadwal keberangkatan keretanya, teman-teman bisa langsung mengecek di Website Kereta Odakyu.

Satu moda transportasi adalah dengan menggunakan kereta rapid JR Tokaido Line. Kereta ini menempuh waktu kurang lebih 120 menit dari Tokyo Station sampai Odawara Station dengan harga 1.500 Yen, sedikit lebih murah dibandingkan dengan kereta super ekspress Romance Car. Jika memiliki JR Pass atau JR Tokyo Wide Pass, maka ongkos kereta sampai ke Odawara tercover oleh dua pass tersebut.

Ada juga pilihan dengan naik bus seharga 1.950 Yen per orang untuk rute Stasiun Shinjuku-Hakone-Togendai. Dengan jarak tempuh sekitar 2,5 jam, bus adalah moda transportasi paling lambat untuk mencapai tempat ini. Namun, jika bepergian dalam grup atau bersama keluarga besar, pilihan untuk naik bus adalah pilihan yang tepat. Ada 11 bus yang berangkat dari Stasiun Shinjuku tiap harinya (kurang lebih 1 bus tiap jamnya), yang mengantarkan kita langsung ke pusat kota yakni Hakone-machi.

Liburan Hemat dengan Hakone Free Pass atau jika ingin mengunjungi kawasan Fuji dan Hakone sekaligus, silahkan gunakan Fuji Hakone Pass

Kita bisa menghemat ongkos-ongkos ketika mengelilingi objek-objek wisata di daerah Hakone dengan membeli Free Pass saat di Shinjuku (harganya 5700 Yen) atau di Odawara Station dengan harga 4600 Yen. Dengan Free Pass kita bisa mengelilingi objek-objek wisata di Hakone sepuasnya termasuk kereta pulang pergi dari Shinjuku atau Odawara. Baca juga transportasi di Hakone yang mencakup kereta dan bus Hakone Tozan, kereta gantung Owakudani, dan juga kapal sightseeing tur di Danau Ashinoko yang bisa teman-teman nikmati.

Kita bisa membeli Hakone Free Pass ini di kantor Odakyu Sightseeing Service Center atau kantor informasi turisme di Shinjuku Station atau lewat mesin tiket milik Odakyu. Tim Info Jepang menyarankan untuk mengunjungi daerah ini saat hari kerja untuk menghindari harga tiket yang mahal saat hari libur dan kepadatan pengunjung.

Recommended Hotels in Hakone [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Hakone Sengokuhara Prince
5 km away
from ¥19735/night
Senkei
5 km away
from ¥18143/night
Hakone Onsen Sanso Nakamu
3 km away
from ¥11247/night
Hotel Hakone Powell
5 km away
from ¥14005/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Museum Little Prince Hako
4 km away
Objek di taman Museum Little Prince Hakone
Kastil Odawara
10 km away
Kastil Odawara di sore hari
Hakone Ropeway
0 km away
keindahan hakone dari atas hakone ropeway
Hakone Onsen
6 km away
Hakone Onsen Kappa Tengoku

Sumber gambar: Flickr Mark Doliner


Recommended for you


Last modified: July 14, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (120)

  1. Halo, saya mau tanya kalau misalkan saya ke daerah hakone saja berarti tidak usah beli hakone free pass? lalu di station odawara bisa titip koper dulu ga ya pagi nya dan pulang diambil untuk melanjutkan perjalanan ke osaka? kira2 kalau misalkan explore hakone saja makan waktu berapa jam? thankyou

    • Nugroho Christian  |  

      Kalau hanya ingin ke Hakone, boleh diinfokan mau kemana dalam 1 hari itu? Supaya bisa saya hitung apakah bisa balik modal dengan Hakone Free Pass. Bisa, di Odawara ada loker penitipan untuk koper jika mau transit ke Hakone sebelum ke Osaka. Sebagai pertimbangan, Tokyo-Odawara (Hakone) itu 90 menit, lalu Odawara-Osaka itu 2,5-3 jam perjalanan. Salam.

    • Rencananya sih mau dari Gora sampai ke moto hakone. Itu memang sudah 1 jalur gitu kan ya? Kalo saya hitung2 tiketnya skitar 4.700 yen ya? Kira2 baiknya sampai di stasiun odawara jam berapa supaya nggak terlalu malem pulangnya? Thankyou

    • Nugroho Christian  |  

      Iya sekitaran itu bu, dari Odawara mungkin maksimal sekitar jam 6 atau 6.30 malam supaya sampai di Osaka sekitar jam 9-10 malam. Salam.

    • Nugroho Christian  |  

      Ya bu, plus perjalanan dari Tokyo (Shinjuku)-Odawara/ Hakone Yumoto itu sudah tercover. Salam.

  2. Arie Kurniadi  |  

    Dear Bpk/Ibu

    2adults 2child Juni 2019 mau ke fuji dgn itinerary:
    Shinjuku-Hakoneropeway-hakone pirate ship-Gotemba-Shinjuku.

    Bisa advise tranport detail untuk itinerary diatas?

    • Nugroho Christian  |  

      Bapak bisa membeli Hakone Free Pass, naik kereta Odakyu paling pagi (maksimal jam 07.30). Dari Odawara bapak bisa naik bus menuju Moto-Hakone dan Hakone-machi di sisi selatan Danau Ashinoko. Setelah menempuh rute Danau Ashinoko, bisa ke Hakone Ropeway dari Togendai. Lalu lanjut ke Gotemba. Dari Gotemba Premium Outlet bisa naik bus ke Shinjuku. Salam.

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!