Hakone Ropeway

Home / Attraction / Hakone Ropeway
Item image

Dianugerahi dengan pemandangan alam dan sumber mata air panas alami, Hakone kini menjadi kawasan wisata yang menarik bagi para wisatawan. Jaraknya yang lumayan dekat dari Tokyo dan bisa dijadikan sebagai day-trip atau perjalanan pulang pergi sehari juga semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke sini. Nah, selain berendam di onsen-onsen di Hakone atau menikmati keindahan Danau Ashinoko, kita juga bisa menikmati keindahan panorama Hakone dari atas Hakone Ropeway atau kereta gantung Hakone. Buat kamu yang masih penasaran di mana ya letaknya atau bagaimana cara mencapainya dari Odawara atau Gotemba, baca ulasan khas dari Tim Info Jepang mengenai Hakone Ropeway berikut ini.

Keseruan dan pemandangan indah dari atas Hakone Ropeway

Hakone Ropeway berperasi dengan rute Stasiun Sounzan ke Stasiun Togendai lalu berputar kembali ke Stasiun Sounzan. Kedua stasiun itu adalah ujung rute, sementara ada Stasiun Owakudani dan Stasiun Obako juga, sehingga total ada 4 buah stasiun dalam rute kereta gantung ini. Sambil naik kereta gantung, kita setidaknya bisa melihat 4 pemandangan indah nan spektakuler, antara lain: hijaunya hamparan wilayah Hakone, warna biru kristal Danau Ashinoko, uap kawah aktif Owakudani, dan tentu keindahan puncak Gunung Fuji di kejauhan.

keindahan hakone dari atas hakone ropeway

Keindahan Hakone dari atas Hakone Ropeway

Kereta gantung Hakone ini berangkat setiap 5 menit sekali, dan kira-kira membutuhkan waktu 30 menit untuk menempuh 1 rute penuh dari Stasiun Sounzan ke Stasiun Togendai. Kapasitas penumpang untuk satu kereta adalah 18 orang penumpang. Di musim puncak liburan, seperti pada musim gugur, akan terjadi antrian yang cukup panjang di Stasiun Sounzan atau Stasiun Togendai karena banyak wisatawan yang ingin melihat pemandangan musim gugur Hakone yang keren.

Stasiun Sounzan bisa dicapai dengan naik cable car dari Stasiun Gora (dekat Taman Gora). Sementara itu, Stasiun Togendai yang terletak di ujung utara Danau Ashinoko, bisa dicapai dengan naik bus Odakyu atau Hakone Tozan dari Gotemba, Sengoku, atau dengan naik kapal sightseeing cruise yang berangkat dari Moto-Hakone dan Hakone Machi di sisi selatan Danau Ashinoko.

Jam Operasional Hakone Ropeway

Kereta gantung Hakone beroperasi dari jam 09.00-17.00 untuk periode 1 Maret – 30 November, lalu 09.00-16.15 untuk periode 1 Desember – 28 Februari.

Berapa biaya naik Hakone Ropeway?

Berikut ini adalah tabel harga tiket perjalanan Hakone Ropeway searah dan pulang pergi (dalam yen) untuk orang dewasa. Untuk harga tiket anak-anak, harganya setengah dari orang dewasa.

SounzanOwakudaniObakoTogendai
Sounzan  –   840/1.5101.050/1.8801.370/2.410
Owakudani  840/1.510  –   730/1.3101.050/1.880
Obako1.050/1.880   730/1.310   –   730/1.310
Togendai1.370/2.4101.050/1.880   730/1.310   –
area yang dicover hakone free pass

Area yang dicover Hakone Free Pass

Ada dua akses menuju ke Hakone, naik bus ekspress atau naik kereta. Walaupun naik bus mungkin terlihat murah, sebaiknya pilih naik kereta. Ada 2 jenis kereta yang bisa dipakai dari Shinjuku Station ke Stasiun Hakone Yumoto: Odakyu Romance Car dan kereta Odakyu biasa. Odakyu Romance Car adalah kereta super ekspress yang menghubungkan Shinjuku dan Odawara. Waktu tempuhnya hanya 85 menit atau lebih cepat satu jam dibanding kereta biasa, namun harga tiketnya sedikit lebih mahal sekitar 2.020 Yen. Buat temen-teman yang mau berhemat, bisa naik kereta Odakyu biasa dengan tiket 1.190 yen. Untuk jadwal keberangkatan keretanya, teman-teman bisa langsung mengecek di Website Kereta Odakyu.

Satu moda transportasi adalah dengan menggunakan kereta rapid JR Tokaido Line. Kereta ini menempuh waktu kurang lebih 120 menit dari Tokyo Station sampai Odawara Station dengan harga 1.500 Yen, sedikit lebih murah dibandingkan dengan kereta super ekspress Romance Car. Jika memiliki JR Pass atau JR Tokyo Wide Pass, maka ongkos kereta sampai ke Odawara tercover oleh dua pass tersebut.

Ada juga pilihan dengan naik bus seharga 1.950 Yen per orang untuk rute Stasiun Shinjuku-Hakone-Togendai. Dengan jarak tempuh sekitar 2,5 jam, bus adalah moda transportasi paling lambat untuk mencapai tempat ini. Namun, jika bepergian dalam grup atau bersama keluarga besar, pilihan untuk naik bus adalah pilihan yang tepat. Ada 11 bus yang berangkat dari Stasiun Shinjuku tiap harinya (kurang lebih 1 bus tiap jamnya), yang mengantarkan kita langsung ke pusat kota yakni Hakone-machi.

Liburan Hemat dengan Hakone Free Pass atau jika ingin mengunjungi kawasan Fuji dan Hakone sekaligus, silahkan gunakan Fuji Hakone Pass

Informasi mengenai Hakone Free Pass

Kita bisa menghemat ongkos-ongkos ketika mengelilingi objek-objek wisata di daerah Hakone dengan membeli Free Pass saat di Shinjuku (harganya 5700 Yen) atau di Odawara Station dengan harga 4600 Yen. Dengan Free Pass kita bisa mengelilingi objek-objek wisata di Hakone sepuasnya termasuk kereta pulang pergi dari Shinjuku atau Odawara. Baca juga transportasi di Hakone yang mencakup kereta dan bus Hakone Tozan, kereta gantung Owakudani, dan juga kapal sightseeing tur di Danau Ashinoko yang bisa teman-teman nikmati.

Kita bisa membeli Hakone Free Pass ini di kantor Odakyu Sightseeing Service Center atau kantor informasi turisme di Shinjuku Station atau lewat mesin tiket milik Odakyu. Tim Info Jepang menyarankan untuk mengunjungi daerah ini saat hari kerja untuk menghindari harga tiket yang mahal saat hari libur dan kepadatan pengunjung.

Recommended Hotels in Hakone [More Hotels]

Pesan sekarang, bayar pas check in!

Kinreisou
0 km away
from ¥8382/night
Hakone Lake Hotel
5 km away
from ¥27800/night
Tabibito no Yado e-Rooms
0 km away
from ¥17613/night
Onsen Guesthouse Hakone T
0 km away
from ¥3077/night

(sponsored by Booking.com)

Cek Juga Objek Wisata Berikut!

Odawara
10 km away
Kastil Odawara di sore hari
Museum Seni Narukawa
6 km away
Pemandangan dari Museum Seni Narukawa di Hakone
Taman Gora
1 km away
Air mancur raksasa di Taman Gora Hakone
Kastil Odawara
10 km away
Kastil Odawara di sore hari

Sumber gambar: Flickr Mark Doliner


Recommended for you


Last modified: April 29, 2019 by

Berikan nilai untuk tempat wisata ini!

Rating

Close Comments

Comments (98)

  1. Hi pak, saya berencana untuk pergi ke jepang thl 5 sd 11 juli 2019. Menginap di daerah ginza. Tempat yang ingin kami kunjungi disneyland, hakone, alpine route, dan sekitar tokyo kota. Tiket kereta apa yg sebaiknya kami beli untuk rute tsb? Untuk itin tsb jika saya menggunakan land guide tour biayanya berapa? Thanks

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Ibu. Ya, Hakone Ropeway beroperasi tiap hari dari jam 7 pagi sampai 7 malam. Salam

  2. Halo selamat siang. Saya rencananya ke Hakone dari Tokyo tgl 23 Maret. Saya punya JR pass. Rencananya saat tiba di hakone sekitar jm 11, saya ke hotel di hakone hostel menaruh tas. kemudian ke open air museum, taman gora, owakudani, dan menikmati onsen di tenzan onsen.
    Sebaiknya saya membeli Hakone Free Pass atau tidak? Apakah JR pass saya bisa digunakan di hakone utk mengunjungi tempat-tempat tersebut?

    Terima Kasih

    • Nugroho Christian  |  

      Sore bu Irene, rencananya ibu mau berapa hari ya ke Hakone dan mengunjungi tempat-tempat tersebut? Jika lebih dari 2 hari, sudah akan balik modal jika membeli Hakone Free Pass. Yang versi Odawara saja, karena ibu bisa naik kereta Shinkansen Kodama dari Tokyo sampai Odawara dan tercover oleh JR Pass. Tempat-tempat tersebut tidak tercover oleh JR Pass, rute Hakone yang tercover hanya sejauh Stasiun Odawara saja. Salam.

  3. Halo pa….sy mo bertny :
    1.ttg kereta romance car dr shinjuku ke hakone,berhentinya di odawara ato di hakone yumoto pa?
    2.Klo sy baca itinary 1 hr di hakone itu apakah itu memang memutar ya pa arahnya sampe kembali di Gora.bener ga pa?
    3.klo sy mo menginap di hakone lake hotel ,sy harus berhenti dmn pa?itu klo sy liat di peta dekat danau nya.apakah ada kendaraan ato taksi yg membawa saya sampe di hotel tsb?
    4. Sy baca ada pengiriman koper dr station ,apakah dr odawara ato dr hakone station?
    Caranya gmn pa?
    Terima kasih pa utk bantuannya

    • Nugroho Christian  |  

      1. Di keduanya bu Sheila, setelah Odawara, Romance Car lanjut ke Hakone Yumoto. Namun, tidak semua kereta, hanya beberapa (biasanya yang pagi saja).
      2. Ya, memang memutar, supaya dapat semua tempat wisata di Hakone (yang memang tersebar dan cukup banyak).
      3. Dari Hakone Ropeway, Togendai, ibu tinggal jalan kaki 3 menit ke hotel itu. Selain itu, ibu bisa naik bus dari Odawara atau Hakone Yumoto sampai Togendai.
      4. Hakone Yumoto dan Odawara bisa dikirimkan kok bu, atau minta jasa pengiriman koper saja dari hotel tempat ibu menginap (bisa ditanyakan lewat email dahulu). Salam.

  4. malam pak maaf saya mau bertanya kalau kami sudah memilik jr pass lalu kami berminat membeli fuji hakine pass via odawara..dg internity sbb :
    1. hari pertama mau berkeliling gunung fuji lalu lanjut ke yeti snow…nginap semalem di gotenba
    2. hari ke 2 keliling hakone lalu melanjutkan perjalanan ke osaka

    nah yg mau saya tanyakan dari tokyo dg jr pass kami naik apa dan turun di stsiun mana jdinya ?
    teimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Dari Tokyo, ibu bisa naik JR Chuo Line sampai ke Shinjuku, kemudian naik JR Chuo Main Line sampai ke Otsuki Station.
      Dari Otsuki, bisa naik kereta Fujikyu sampai ke Kawaguchiko Station (baca akses menuju ke Kawaguchiko Station). Kembalinya dari Hakone, bisa ke Odawara Station, dan naik shinkansen dari Odawara menuju ke Osaka. Salam

  5. Hallo pak Nugroho ..
    Kami berencana akan ke Hakone ( stay 1 night ) & Kawaguchiko ( 2 nights ).
    Sebaiknya menggunakan Hakone Pass atau Fuji Hakine Pass ya ? Trus beli on line atau on the spot ) ?
    Thank you ..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat pagi Ibu. Karena ada 2 malam di Kawaguchiko, bisa membeli Fuji Hakone Pass seperti di artikel di atas. Salam

  6. Siang Pak Nugroho,
    Sebelumnya saya sudah banyak baca2 informasi di sini. Cuman masih sj bingung dengan Jr pass atau city pass yang mesti dibeli. Saya rencana pergi ke Jepang ber 5 org, dri tgl 16 Apr-28Apr (pp Narita Tokyo) Berikut itinerary saya :
    Tgl 16, tiba di narita jam 4 sore
    Tgl 17, keliling hakone dengan hakone pass
    Tgl 18 19 ke asakusa, ueno, harajuku, shibuya, shinjuku dll
    Tgl 20 ke disneysea
    Tgl 21 ke takayama, shirakawago. Lanjut otw ke osaka
    Tgl 22 23keliling osaka +USJ
    Tgl 24 ke himeji castle + kobe
    Tgl 25 26 keliling kyoto
    Tgl 27 hiroshima+ miyajima island
    Tgl 28 ke tokyo lgsg ke narita pulang jam 6 sore

    Nantinya akan menginap di daerah Tokyo dan Osaka saja.

    Menurut Pak Nugroho bagaimana? Ada saran dri temen kalo hri pertama lgsg ke kanazawa, lalu ke daerah osaka lalu trakir baru keliling tokyo dan hakone.

    Mohon bantuannya pak Nugroho dan team. Karena ini pertama kalinya saya ke Jepang. Terima kasih sebelumnya.

  7. Siang,

    Kalo sy rencana ke jepang di bulan feb2018, mau minta info apakah kachi kachiyama beroperasi saat musim dingin? Atau kalo di hakone ropeway beroperasi? Takutnya udah kesana jauh2 ga jalan lagi.

    • Nugroho Christian  |  

      Selama cuacanya cerah (tidak hujan/ badai) keduanya tetap beroperasi Lany. Saran saya, nanti bisa dicek kondisi/ ramalan cuaca sebelum berangkat, nanti kalau hujan bisa dipindahkan itinerarynya ke hari sebelumnya atau setelahnya. Salam.

  8. mlm pak nugroho, jika 12 hr di jepang rute
    1.tokyo- osaka
    2.osaka
    3.osaka
    4.kyoto
    5.kyoto
    6.hakone
    7.kawaguchiko-tokyo
    8.tokyo
    9.tokyo
    10.tokyo
    11.tokyo
    12.tokyo – home

    yg cocok beli jrpass apa aja? mksh sblmnya…

    • Nugroho Christian  |  

      Cukup membeli JR Pass 7 hari, dan diaktifkan untuk penggunaan pada day 1 sampai day 7. Sisa di Tokyo bisa menggunakan salah satu dari Pass Kereta di Tokyo disesuaikan dengan tempat wisata yang ingin dikunjungi. Salam.

  9. Siang pak Nugroho,

    Saya mau tanya, kalau rute perjalanannya dari Tokyo – Kawazu – Shirakawago – Fuji kawaguchiko/hakone – Tokyo, apakah sebaiknya memakai JR pass? Hanya sekitar 5 hari di Jepangnya. Dan apakah sebaiknya penginapan hanya di Tokyo saja? Terima kasih :)

  10. selamat sore pak nugroho
    saya berencana pergi dari tokyo menuju fuji dan hakone namun saya hanya menghabiskan waktu selama sehari ( dari tokyo pagi kemudian pulang ke tokyo lg malam). saya sudah memiliki jr pass. menurut bapak, apakah saya perlu membeli fuji hakone pass? atau hanya hakone pass saja? kemudian saya berencana menjadikan kawaguchi sebagai tujuan akhir setelah menjelajahi hakone. pertanyaan saya apabila saya ingin kembali ke tokyo apakah saya perlu balik dulu ke odawara kemudian naik jr atau bisa dari fujikyu? terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. Kalau ingin ke berakhir ke Kawaguchiko dalam satu hari, sepertinya tidak perlu membeli Fuji Hakone Pass, sebab tidak akan balik modal Pak.
      Perjalanan pulang dari Kawaguchiko, bapak bisa naik kereta Fujikyu sampai ke Otsuki station, lalu naik kereta JR sampai ke Shinjuku Station (kereta JR ini tercover oleh JR PASS), bisa baca akses ke Kawaguchiko. salam

    • untuk kereta dari fujikyu sampai ke otsuka apabila saya hanya membeli hakone pass saja apakah sudah tercover? terimakasih

    • Nugroho Christian  |  

      TIdak tercover Pak, Hakone Free Pass hanya mengcover ongkos di Hakone saja. Tapi kalau yang bapak maksud Fuji Hakone Pass, maka ongkos kereta akan tercover dari Stasiun Kawaguchiko-Stasiun Shimoyoshida (menuju Stasiun Otsuki) dengan Fuji Hakone Pass.

  11. hai info jepang.. saya mw tanya..
    saya berencana ke jepang 10 hari dengan rute tokyo – osaka – kyoto – osaka..
    apakah pasmo dan suica bisa digunakan di seluruh jalur kereta diwilayah itu?? jika mw ke hakone, sebaiknya pakai pasmo atau hakone free pass???

    • hai info jepang.. saya mw tanya..
      saya berencana ke jepang 10 hari dengan rute tokyo – osaka – kyoto – osaka..
      apakah pasmo dan suica bisa digunakan di seluruh jalur kereta diwilayah itu?? jika mw ke hakone, sebaiknya pakai pasmo atau hakone free pass???

      1 lagi pak.. apakah bisa suica / pasmo dipakai untuk pembayaran willer bus?? rencananya saya dari tokyo ke osaka naik willer..

    • Nugroho Christian  |  

      Selamat malam Pak. SUica bisa dipergunakan di Tokyo, Osaka, dan Kyoto. Semuanya sudah tertulis di artikel di atas, mohon diperhatikan ya Pak.
      Lalu silakan membaca hitung-hitungan Tim Info Jepang mengenai perlu tidaknya membeli Hakone Free Pass di itinerary satu hari di Hakone. Salam

Ask questions

You have to agree to the comment policy.

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!