Kapan Saya Perlu Membeli Hakone Free Pass?

You are here Home  > Tips Wisata, Transportasi Jepang >  Kapan Saya Perlu Membeli Hakone Free Pass?

Kapan Saya Perlu Membeli Hakone Pass, Mas Nugroho?–adalah pertanyaan yang sering saya peroleh dari para pembaca. Ternyata masih cukup banyak yang bingung penggunaan Hakone Free Pass ini. Apakah akan balik modal jika saya melakukan day-trip dari Tokyo ke Hakone? Apakah Hakone Free Pass mengcover bus Hakone Tozan ke Togendai atau bus Odakyu ke Gotemba Premium Outlet?

Hitung-hitungan penggunaan Hakone Free Pass ala Info Jepang

Hakone Free Pass adalah pass terbaik buat teman-teman yang ingin melakukan perjalanan keliling Hakone sebagai day-trip dari Tokyo (versi Shinjuku) atau day-trip di tengah-tengah perjalanan dari Tokyo ke Kyoto atau Osaka dan sebaliknya.

area yang dicover hakone free pass

Area yang dicover Hakone Free Pass

Hitung-hitungan Penggunaan Hakone Free Pass ala Tim Info Jepang

Berikut ini adalah total pengeluaran untuk ongkos melakukan Itinerary Perjalanan di Hakone selama 1 hari.

1. Perjalanan dari Stasiun Shinjuku ke Odawara/ Hakone Yumoto dengan kereta Odakyu, ongkosnya 1.190 yen.

2. Perjalanan dari Hakone Yumoto ke Stasiun Gora dengan Hakone Tozan Railway, ongkosnya 400 yen.

3. Perjalanan dari Gora ke Sounzan dengan naik Hakone Tozan Cable Car, ongkosnya 420 yen.

4. Naik Hakone Ropeway dari Sounzan ke Togendai lewat kawah Owakudani yang terkenal, ongkosnya 1.370 yen.

5. Naik Hakone Sightseeing Cruise melintasi Danau Ashinoko dari Togendai ke Moto-Hakone atau Hakone Machi, ongkosnya 1.000 yen.

6. Naik bus Hakone Tozan dari Moto-Hakone ke Hakone Yumoto, ongkosnya 960 yen.

7. Perjalanan kembali dari Stasiun Hakone Yumoto ke Stasiun Shinjuku dengan kereta Odakyu, ongkosnya 1.190 yen.

Total pengeluaran untuk ongkos transportasinya saja sudah 6.530 yen. Artinya, jika teman-teman membeli Hakone Free Pass versi Shinjuku 2 hari seharga 5.140 yen, kita sudah menghemat 1.390 yen!

Perhitungan yang Tim Info Jepang lakukan hanyalah detail transportasi dasar untuk keliling Hakone selama 1 hari (day-trip dari Tokyo). Jadi, kalau teman-teman berencana berwisata atau berkeliling Hakone selama 2 hari, tentu akan lebih banyak total keuntungan yang bisa diperoleh.

Masih ada tempat-tempat wisata lain yang bisa teman-teman kunjungi, seperti:

  1. Kowakien Yunessun (onsen terkenal dengan bak pemandian kopi, sake, atau wine yang ada di Hakone). Bisa dicapai dengan naik bus Hakone Tozan rute S, M, atau G, dari Stasiun Gora seharga 190 yen.
  2. Gotemba Premium Outlet (tempat belanja terkenal dengan pemandangan Gunung Fuji). Bisa dicapai dengan naik bus Odakyu dari Togendai seharga 1.020 yen.
  3. Museum Little Prince Hakone, bisa dicapai dengan naik  Hakone Tozan Bus dari Stasiun Gora dan turun di Halte Kawamukai
  4. Padang Rumput Sengokuhara, bisa dicapai dengan naik bus Hakone Tozan Line T atau Bus Odakyu dari Stasiun Gora ke arah Togendai dan turun di halte bus Sengoku Kogen, seharga 860 yen.
  5. Mishima Skywalk (jembatan suspensi di mana kita bisa melihat pemandangan Gunung Fuji dan laut Teluk Tsurugi) atau Stasiun Mishima (buat teman-teman yang ingin melanjutkan perjalanan ke Nagoya, Kyoto, atau Shin-Osaka, bisa naik bus Tokai dengan ongkos 650 yen.

Membeli Hakone Free Pass

Berikut ini adalah tabel harga Hakone Free Pass. Teman-teman bisa membelinya sesuai dengan jadwal waktu mengelilingi Hakone.

Free Pass 2 hari Free Pass 3 hari
Shinjuku (termasuk kereta Shinjuku-Hakone) 5.140 yen 5.640 yen
Odawara 4.000 yen 4.500 yen

Beli Hakone Free Pass
Online (biar gak ribet)

Catatan Tambahan

Kalau teman-teman memiliki JR Pass, dan ingin mengunjungi Hakone, sebaiknya membeli Hakone Free Pass versi Odawara (4.000 yen). Mengapa? Karena perjalanan dari Tokyo ke Stasiun Odawara, atau dari Kyoto dan Osaka ke Odawara tercover dengan JR Pass. Artinya, teman-teman bisa mengganti perjalanan rute kereta Odakyu dari Shinjuku ke Odawara atau Hakone Yumoto dengan kereta Shinkansen yang jauh lebih cepat, dan tentu tidak overlap dengan area yang tercover antara JR Pass dan Hakone Free Pass.

Sumber gambar: Flickr IQRemix


Recommended for you

Last modified: July 10, 2017

Comments (6)

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bisa pak, bapak bisa pilih saja, ada perjalanan dengan rute Togendai Moto-Hakone atau Togendai Moto Hakone-Hakone Machi. Salam.

    • Harris  |  

      Maksudnya saya jalan balik pak naiknya dengan tujuan togendai, depart dari moto-hakone atau hakone machi

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Kalau bapak berangkat dari Hakone-Machi, maka akan lewat Moto-Hakone lalu Togendai. Sementara kalau berangkat dari Moto Hakone akan langsung ke Togendai. Salam.

  1. Pak nanya. Kalau liat Google maps disarankan dr tempat tinggal saya nanti dianjurkan tidak lewat shinjuku utk ke Odawara apa masalah?

    • Nugroho Christian
      Nugroho Christian  |  

      Bapak tinggal di mana ya? Padahal untuk ke Odawara, ada kereta Odakyu langsung dari Shinjuku. Salam.

Silakan bertanya...

Email terjamin dan hanya dipakai untuk memberitahu balasan pertanyaan

Yakin dengan itinerary kamu? Takut kesasar? Coba Tour Guide Online!